Kuliner pasar Atom Surabaya

Pasar Atom merupakan salah satu pasar terbesar dan paling legendaris di Surabaya. Tak hanya menjual beragam pakaian dan kebutuhan sehari-hari, ada beberapa pedagang pasar yang juga menyajikan beragam makanan lezat di dalam pasar. Bahkan, kuliner Pasar Atom Surabaya dikenal unik dan tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Kuliner di dalam Pasar Atom tak hanya menarik perhatian bagi para masyarakat lokal Surabaya saja. Ada banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke Surabaya untuk bisa mencicipi beragam kuliner unik di sana. Bahkan, mungkin Sedulur termasuk salah satunya. Lantas apa saja daftar rekomendasi kuliner Pasar Atom Surabaya yang legendaris dan wajib Sedulur coba ketika tiba di Surabaya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Tempat Makan Outdoor di Kota Surabaya

1. Nasi Cumi Pasar Atom

kuliner pasar atom
Garvin Goei

Rekomendasi kuliner Pasar Atom Surabaya yang pertama yaitu Nasi Cumi Pasar Atom. Nasi cumi ini menjadi sajian yang nikmat bagi lidah masyarakat Surabaya dan masyarakat Indonesia secara umum. Kuliner ini terletak di di Jalan Waspada Nomor 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Nasi Cumi Pasar Atom terletak di sebelah gedung lama Pasar Atom.

Warung nasi cumi ini dijajakan untuk para pelanggan selama 24 jam. Hidangan nasi cumi yang menjadi andalannya terdiri dari cumi yang dimasak dengan tinta cumi itu sendiri, bercitarasa gurih manis. Sepiring nasi cumi dilengkapu dengan empal, paru, usus sapi.

Serta tidak ketinggalan peyek udang yang siap bikin ketagihan. Hidangan satu ini juga di lengkapi sambal uleknya, rasanya tidak begitu pedas namun sedikit asin. Mie dengan bumbu yang tidak begitu kuat, juga dihadirkan dalam satu piring nasi cumi.

2. Cakue Peneleh

Jatin Network

Kuliner Pasar Atom Surabaya satu ini cocok bagi Sedulur yang mencari camilan nikmat. Cakue Peneleh terletak di Jl. Buguran No. 45, Bongkaran, Surabaya. Letaknya tepat berada di Pasar Atom Lama Tahap III, lantai I. Tempatnya sederhana namun banyak dikunjungi pembeli.

Mulai buka dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Cakue Peneleh, sudah menjajakan cakue di Surabaya sejak tahun 1988. Sejak 31 tahun ini, Cakue peneleh menawarkan kue cakue polos pada umumnya. Jajanan legendaris ini bisa ditemukan di Pasar Atom gedung lama.

Di sini Sedulur juga bisa menemukan kudapan legendaris seperti roti goreng, ote-ote, kompiang, kacang kuah dan masih banyak lagi. Cakue udang terdiri dari cakue polos yang ditengahnya diberi adonan udan dan sedikit potongan sayur-sayuran. Kemudian dihidangkan dengan saus tomat asam manis. Satu buah cakwe original dipatok Rp 5.000. Sementara yang rasa udang dibanderol Rp 6.000.

3. Es Kacang Ijo Goyang Lidah

Pergi Kuliner

Rekomendasi kuliner Pasar Atom Surabaya yang segar yaitu es kacang ijo Goyang Lidah. Bubur Kacang Ijo dari Es Kacang Ijo Goyang Lidah dilengkapi dengan kelapa muda, santan, serutan es. Semangkuk kacang hijau dari Es Kacang Ijo Goyang Lidah dihargai sebesar Rp 10.000.

Es Kacang Ijo Goyang Lidah Jalan Waspada, Pintu Samping Pasar Atom, Pabean Cantian, Surabaya. Tempat ini buka pada pukul 01.00 sampai 00.00 WIB.

4. Lontong Mie Ny. Marlia

Tripadvisor

Lontong Mie Ny. Marlia berada di Pasar Atom Lantai 2 Tahap 1. Lontong Mie Ny. Marlia dihadirkan dengan udang kering, petis, irisan tahu goreng yang lembut, sayur taoge yang masih renyah dan segar. Setelah itu dilengkapi dengan sambal yang pedas gurih.

Di Lontong Mie Ny. Marlia, pengunjung disuguhkan sate kerang dan lento goreng yang menggugah selera. Hidangan tersebut sangat cocok untuk menjadi makanan pendamping bagi sepiring lontong mi. Rasa gurih dan khas dari petis akan menambah nikmat hidangan ini.

Selain lontong mi biasa, Lontong Mie Ny. Marlia juga mengahdirkan lontong mi spesial dengan menambahkan kikil sapi yang sudah diolah dengan empuk dan masih kenyal. Satu porsi lontong mi biasa dipatuk dengan harga Rp 18.000, sedangakan lontong mi spesial dihargai Rp 24.000.

5. Bubur Madura

Detik Food

Banyak pedagang bubur madura menjajakan dagangnnya di pinggir jalan Pasar Atom sisi timur. Di sana berjejran penjual bubur madura yang sudah ada sejak pagi hari. Sesuai dengan namanya, bubur ini merupakan kudapan manis asal Madura. Bubur Madura terdiri dari bubur sum-sum, bubur mutiara, bubur ketan hitam, dan bubur candil.

Di atasnya diberi parutan daging kelapa dan ditaburi “juruh” atau gula merah yang sudah dicairkan. Untuk menyantap bubur madura Sedulur nya perlu bubuk di depan penjualnya dengan kursi kecil. Lalu penjualnya akan menyajikan bubur madura dengan sigap. Satu porsi bubur madura dihargai Rp 10.000.

6. Kartiko – Warung Kopi & Jajanan Pasar Atom

Pergi Kuliner

Sedulur yang sedang mencari camilan tradisional bisa mampir ke Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom. Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom berada di Pasar Atom Mall Tahap 1, Lantai 3 St BA 42, Jl. Waspada, Pabean Cantian, Surabaya.

Di tempat ini, Sedulur bisa menemukan aneka jajanan pasar seperti ote-ote udang, wingko, bubur grendul, kue cucur, klepon, spikoe, kue perut ayam, onde-onde, dan masih banyak lagi. Sedulur harus cepat-cepat datang kemari jika ingin semu sajian masih lengkap dan tak kehabisan.

Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom buka mengikuti jam operasional dari Pasar Atom yang itu pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Harga jajanan di Kartiko cukup beragam, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp. 18.000.

7. Depot Tip-Top

Tribunnews

Keragaman kuliner di Pasar Atom semakin lengkap dengan adanya Depot Tip-Top. Depot Tip-Top menawarkan nasi timbel super lengkap yang sudah buka selama puluhan tahun. Meski tampak sederhana dari luar, tapi rumah makan ini memiliki banyak pelanggan setia.

Salah satu menu andalannya adalah nasi timbel yang merupakan salah satu kuliner khas Indonesia.  Nasi Timbel khas Tip Top ciri khasnya pakai sayur asem yang rasanya benar-benar asem, tapi menyegarkan. Kamu bisa request mau pakai lauk ayam, bandeng, bakwan atau bebek. Ditemani segelas es teh manis, dijamin tambah puas makan dan lengkap sudah perjalanan wisata kuliner Sedulur.

8. Soto Ayam Lamongan Djoko Tarup

Channel E Indonesia

Bagi Sedulur yang ingin makan soto di Pasar Atom, jangan khawatri karena adal Soto Ayam Lamongan Djoko Tarup. Soto ini khas dengan kuahnya yang segar dan otentik serta tidak terlal berminyak. Sedulur dijamin ketagihan menyantap soto in

Selain itu, ada aneka menu soto yang dilengkapi dengan brutu, rempela, telur muda ayam, atau kulit dan daging. Bisa semakin membuat Sedulur puas wisata kuliner di Pasar Atom Surabaya. Ciri khas soto di sini adalah Sedulur bebas ambil koya yang bikin cita rasanya makin gurih. Jangan lupa juga perasan jeruk nipis dan sambalnya, ya, biar mata melek karena nikmat!

9. Rujak Bu Mah

kuliner pasar atom surabaya
Nicelocal

Jika Sedulur ke Pasar Atom, akan sangat tidak lengkap dan kurang pas jika Sedulur tidak mampir ke Rujak Bu Mah. Rujak Bu Mah menawarkan rujak cingur yang menjadi salah satu makanan khas dari Surabaya itu sendiri.

Meskipun termasuk menu sederhana, jangan pernah remehkan karena tempat Bu Mah ini selalu ramai pembelinya. Campuran bumbu kacang dengan petis yang banyak dan puas, sehingga menghasilkan rasa yang unik, tapi susah dilupa. Soal porsi Sedulur jangan khawatir, cukup mengenyangkan.

10. Cincau Station

kuliner pasar atom surabaya
Kompas

Cincau merupakan minuman khas Indonesia dengan rasa otentik. Minuman ini legendaris yang ada di Surabaya. Cincau Station memberi varian rasa yang berbeda, seperti cincau kelapa yang dicampur dengan daging kelapa, cincau sirup, cincau sari kedelai dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada gurin. Gurin adalah minuman dari olahan santan dan cincau yang masih cair. Rasanya manis, gurih dan creamy. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000. Selain cincau, di Cincau Station juga ada sinom, saridele, honey lime, dan marbling sirsak.

Cincai Station di Pasar Atom berada di Pasar Atom Lantai 2, Tahap 1-3 No. 3, Jl. Bunguran No. 45, Pabean Cantian, Surabaya.

BACA JUGA: Rekomendasi Spot Nasi Bebek Goreng Surabaya Terbaik, Wajib Dicicipi!

11. Depot Santong Cwie Kiauw Mie Asli

kuliner pasar atom surabaya
Pergi Kuliner

Rekomendasi kuliner selanjutnya yang ada di Pasar Atom adalah Depot Santong Cwie Kiauw Mie Asli. Salah satu menu andalan dari tempat kuliner ini adalah dumplingnya yang nikmat. Selain itu, ada juga menu mie yang legendari.

Mie yang sudah buka sejak tahun 1960-an yang terkenal hingga saat ini. Tempat makan ini tidak besar, terbilang sederhana. Namun pelanggannya bukan main banyaknya dan siap untuk mengantri agar mendapatkan kuliner khas dari Depot Santong ini.

Hal yang unik yaitu mpling ala Depot Santong gak hanya direbus, tapi juga digoreng dan dipanggang. Pun tekstur mie cukup kenyal, tapi tipis sehingga mudah disantap. Namun ada satu hal yang perlu Sedulur ingat, bahwa menu makan di depot ini non-halal karena mengandung babi, ya!

12. Bakwan Kapasari

kuliner pasar atom surabaya
Quora

Rekomendasi kuliner Pasar Atom Surabaya terakhir adalah Bakwan Kapasari. Bukan hanya di Pasar Atom Surabaya, Bakwan Kapasari juga merupakan makanan legendari di Surabaya. Karena sudah banyak cabang yang dibuka di Surabaya.

Selain menunya yang nikmat, Pasar Atom juga terkenal dengan gaya interior dekade 1980’an sampai 1990’an mungkin, serba keramik putih. Namun tempat makan ini merupakan salah satu yang non-halal. Maka dari itu, Sedulur yang muslim bisa mencoba daftar rekomendasi kuliner lainnya.

Nah itulah daftar rekomendasi tempat kuliner Pasar Atom Surabaya yang legendaris yang wajib hukumnya untuk Sedulur datangi ketika berada di kota pahlawan ini. Semoga artikel di atas membantu Sedulur saat berwisata dan berada di kota Surabaya, ya!