kuliner 24 jam Surabaya

Rasa lapar kadang bisa datang kapan saja. Tak heran, ada beberapa tempat makan yang melihat peluang ini dan memilih untuk buka hingga 24 jam. Kehadiran tempat kuliner 24 jam Surabaya ini, ternyata menjadi berkah bagi masyarakat khususnya para wisatawan. Mereka menjadi memiliki banyak opsi untuk berburu makanan tanpa kenal batas waktu.

Jika Sedulur sedang mencari kuliner 24 jam di Surabaya sebagai referensi dan pilihan di saat berkunjung kesana. Aplikasi Super sudah menyiapkan beberapa rekomendasi terbaik nih. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Tempat Makan Outdoor di Kota Surabaya

1. Sup Buntut Gelora

Ingin mencari hidangan segar di Surabaya di malam hari? Datang saja ke Sup Buntut Gelora Pancasila. Rumah makan ini adalah salah satu tempat yang menjual sup buntut paling terkenal di Surabaya.

Sedulur dapat menikmati buntut bakar yang sangat empuk di rumah makan ini. Menu lain yang bisa dipesan adalah sup iga dan iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi berukuran besar akan memuaskan makan malam Sedulur .

2. Bebek Wachid Hasyim

Bebek goreng adalah hidangan favorit banyak orang. Bagi Sedulur pecinta hidangan bebek, rasanya wajib untuk mencoba bebek goreng di Surabaya. Kota ini memang termasuk salah satu gudang hidangan bebek.

Bila Sedulur bertanya di mana rekomendasi hidangan bebek di Surabaya, Bebek Wachid Hasysim harus masuk di dalamnya. Daging bebek di rumah makan ini terkenal empuk, lembut, dan gurih. Bumbunya gurihnya meresap sampai lapisan terdalam daging. Maknyus.

Bagaimana soal harga? Tak perlu khawatir. Harganya dibandrol mulai Rp20.000. Sangat murah bukan? Disajikan dengan nasi hangat, lalap, dan sambal, jangan kaget bila Sedulur tak puas dengan hanya satu porsi.

3. Rawon Setan

Mendengar nama Rawon Setan, apa yang pertama Sedulur bayangkan? Pelayannya seram-seram atau terbayang rasa pedas karena menggunakan cabe setan? Ternyata nama Rawon Setan tidak ada hubungan dengan keduanya.

Warung rawon yang sangat terkenal di Surabaya ini dinamai Rawon Setan, karena buka warungnya menjelang tengah malam. Warung ini mulai buka jam 22.00 dan tutup saat dini hari. Karena beroperasi saat larut malam tersebut, akhirnya diberi nama Rawon Setan.

Namun, Rawon Setan sekarang sudah mengubah jam operasionalnya buka lebih awal, meskipun tutupnya tetap menjelang tengah malam. Kelebihan dari kuliner malam Surabaya ini adalah menyajikan rawon dengan potongan daging sapi yang berukuran besar, tapi teksturnya tetap empuk. Warung ini terletak di bilangan Genteng, Surabaya.

4. Sego Sambel Mak Yeye

Sego sambel adalah salah satu hidangan khas Surabaya. Hidangan ini terbilang sederhana, yaitu berupa nasi putih dan sambal yang disajikan dengan lauk sesuai dengan selera pelanggan. Mirip dengan pecel lele sebenarnya.

Bedanya, sambal untuk hidangan sego sambel biasanya memiliki level pedas menyengat. Lauk yang disajikan paling umum adalah ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Salah satu warung paling terkenal adalah Sego Sambel Mak Yeye yang sudah berdiri sejak 1982.

Kuliner malam Surabaya dengan sepiring nasi putih, sambal super pedas, dan ikan pari ini akan memberikan sensasi tak terlupakan.

5. Pecel Ambulance Bu Hana

Salah satu hidangan yang terkenal di Jawa Timur adalah pecel. Di Surabaya tentu juga cukup mudah menemukan hidangan pecel. Rasa pecel Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya biasanya lebih pedas dibanding pecel dari Jawa Tengah.

Nasi pecel biasa dikonsumsi untuk sarapan pagi. Namun, di Surabaya terdapat warung pecel yang bukanya justru menjelang tengah malam, yaitu mulai pukul 22.30. Kuliner malam Surabaya ini bernama Pecel Ambulance Bu Hana.

Nama tersebut dipilih karena di depan gerobak pecelnya memang terdapat sirine ambulance. Terlihat sedikit seram ya. Tapi jangan tanya soal rasa. Pedas gurihnya bikin nagih. Lauknya bervariasi, mulai dari bakwan jagung, telur bali, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

6. Chinesse Food Yung Ho

Ingin makan malam menu restoran, khususnya Chinese food di Surabaya? Tenang saja, semua tersedia di Surabaya. Sedulur bisa mendatangi Restoran Yung Ho di daerah Kertoarjo.

Menu favorit restoran ini adalah bubur Taiwan dan susu kedelai. Jika tidak ingin menyantap bubur, Sedulur bisa mencoba menu lain seperti ayam goreng, sup, dan aneka menu seafood. Ada banyak pilihan di restoran ini. Jam operasional resto ini cukup panjang yaitu dari pukul 07.00 sampai 02.00.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Spot Makan Nasi Goreng Terkenal di Surabaya

7. Nasi Bali Pengampon

Ingin cari nasi Bali di Surabaya? Jangan khawatir, cukup banyak warung yang menyediakan menu ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Bali Pengampon yang nama warungnya diambil dari nama jalan tempat warung ini berada, yaitu Jalan Pengampon.

Nasi Bali yang disajikan di Surabaya adalah sajian nasi dengan lauk telur, tempe, tahu, dan daging yang dimasak dengan bumbu merah. Bila ingin menikmati sepiring nasi Bali di malam hari, segera meluncur ke Nasi Bali Pengampon di Jalan Pengampon.

8. Penyetan Bang Ali

Rekomendasi kuliner 24 jam Surabaya yang pertama adalah warung Penyetan Bang Ali. Berlokasi di Jl. Simpang Darmo Permai Utara No.22, Sambikerep, Kota Surabaya, warung penyetan yang satu ini menyuguhkan beragam menu ala warung Lamongan.

Lauk yang tersedia antara lain ayam, bebek, ikan lele, gurame, ati ampela, usus, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Penyetan Bang Ali telah buka sejak tahun 2000-an, lho! Warung ini terkenal dengan aneka lauk serta sambalnya yang pedas. Sangat cocok untuk para pecinta pedas dan orang-orang yang suka kelaparan di tengah malam.

9. Nasi Babat Kampung Malang

Rekomendasi kuliner 24 jam Surabaya yang kelima adalah Nasi Babat Kampung Malang. Bertempat di Jl. Kampung Malang Tengah I, Wonorejo, Kota Surabaya warung nasi ini menghadirkan olahan babat, yakni jeroan sapi yang dimasak menjadi aneka hidangan. Babat telah menjadi kuliner khas bagi masyarakat Jawa, yang banyak peminatnya.

Jika sedang ingin makan babat, maka datang saja ke warung Nasi Babat Kampung Malang ini. Selain menyediakan babat, ada juga aneka olahan jeroan sapi lainnya seperti hati, paru-paru, limpa hingga kikil. Nikmati sepuasnya dengan nasi hangat, lalapan dan tak ketinggalan sambal.

10. Carl’s Jr

Salah satu kuliner 24 jam Surabaya yang bisa jadi tempat makan setiap waktu adalah Carl’s Jr. Restoran satu ini memang memiliki layanan 24 jam sehingga Sedulur bisa menyantap berbagai macam menu yang telah disediakan.

Carl’s Jr sendiri memiliki makanan berjenis fast food seperti burger, kentang goreng, ayam, dan beberapa menu lainnya. Jadi ketika Sedulur memang dalam keadaan sangat lapar dan bingung, maka bisa memilih restoran satu ini untuk mengisi perutmu.

11. Nasi Cumi Bu Atun

Rekomendasi kuliner 24 jam Surabaya yang kedua adalah Warung Nasi Cumi Pasar Atom milik Ibu Atun. Berlokasi di Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kota Surabaya, warung nasi cumi ini menyajikan menu masakan cumi-cumi sesuai namanya. Namun, ada juga lauk lain seperti ikan tongkol, jeroan, hingga rawon.

Warung Nasi Cumi Pasar Atom atau yang juga dikenal dengan Warung Nasi Cumi Waspada ini telah melegenda kelezatannya. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong kemari untuk mencicipinya padahal tempat dan menunya sederhana saja.

12. Sego Babat Cak Yasin

Tempat makan 24 jam di Surabaya selanjutnya adalah warung nasi babat milik Cak Yasin. Berada di Jalan Raya Dukuh Kupang No. 30, Pakis, Surabaya. Tempat ini banyak menjadi spot para pecinta kuliner ketika kelaparan di tengah malam.

Ada cukup banyak menu yang disediakan. Tapi ingat ya Sedulur, semuanya merupakan menu jeroan yang sudah diungkep dengan bumbu kuning. Semua jeroan tersebut akan digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan bersama dengan nasi panas, serundeng, dan seporsi sambal korek.

13. Padin Bu Dewi

Ingin menikmati menu bakaran dan gorengan di Surabaya? Datang saja ke Padin Bu Dewi Achmad di daerah Bubutan, Surabaya. Warung yang buka 24 jam ini selalu ramai pengunjung, baik siang maupun malam hari.

Menu istimewa yang terkenal di Warung Padin Bu Dewi Achmad adalah sambal pencit dan sambal tomat. Kedua sambal ini pas disajikan dengan enak lauk seperti ayam goreng, ikan dorang goreng, cumi goreng, paru goreng, dan banyak pilihan lauk lainnya.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding tempat makan sejenis, tetapi tetap diminati oleh masyarakat dari dalam dan luar Surabaya.

14. Soto Pak Prawito

Ingin makan soto di tengah malam saat di Surabaya? Soto Pak Prawito bisa jadi salah satu pilihannya. Salah satu tujuan kuliner malam Surabaya yang wajib ini terletak di daerah Wonorejo, Tegalsari. Soto di warung ini disajikan dengan kuah kuning pekat dengan cita rasa gurih yang memikat.

Sola harga tak perlu khawatir. Untuk makan per orang, cukup dengan kisaran harga Rp20.000-Rp30.000. Cukup terjangkau bukan. Bila ditambah minuman dan aneka lauk tambahan, dana Rp50.000 sudah pasti cukup.

15. Rawon Kalkulator

Ketika datang ke Surabaya, maka wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas seperti rawon. Namun, warung rawon kadang hanya buka dipagi hari sampai sore hari. Tidak banyak yang buka pada malam hari seperti Rawon Kalkulator. Warung rawon ini jadi salah satu pelopor tempat makan rawon 24 jam. Jadi Sedulur tetap bisa menikmati kuliner malam Surabaya yang sudah sangat terkenal ini.

Untuk bisa mencicipi kelezatan Rawon Kalkulator, Sedulur cukup datang ke Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya. Di Sentra PKL, akan langsung bisa terlihat satu warung yang begitu ramai dengan ratusan orang berkunjung.

Warung Rawon Kalkulator sendiri buka dari pukul 10.00 pagi sampai 03.00 dini hari. Namun, ada cerita unik dibalik nama Rawon Kalkulator ini. Konon dari pengalaman para pembeli, penjual Rawon Kalkulator memiliki kebiasaan menghitung harga rawon dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Sedulur juga tidak akan kecewa karena rasa rawonnya sungguh sangat lezat dan sudah teruji selama 35 tahun. Jadi warung ini termasuk dalam kuliner malam Surabaya yang legendaris. Lauknya juga beragam mulai dari perkedel, tempe, telur asin, dan paru.

16. Pecel Suzzana

Pecel Suzanna Kertajaya jadi rekomendasi kuliner 24 jam Surabaya selanjutnya. Walaupun dari segi nama saja sudah cukup menyeramkan. Tapi, Sedulur akan selalu dibuat teringat dengan kelezatan masakannya.

Namun ada cerita unik dari pemilihan nama Pecel Suzzana ini. Bukan karena ini merupakan usaha milik mendiang almarhum Suzanna, tapi karena lokasi berjualan pecel ini dekat dengan toko pakaian bayi bernama Suzanna.

Beruntungnya, penggunaan nama ini ternyata cukup cocok dengan konsep Pecel Suzanna yang memang berjualan dari pukul 02.00 dini hari hingga pukul 09.00 pagi. Jadi buat kamu yang ingin bersantap malam sembari mencari hawa-hawa seram di tengah petang, maka bisa coba datang ke Pecel Suzanna Kertajaya.

17. Pecel Madiun Murni

Sedulur yang suka sekali pecel Madiun tak perlu hingga ke kotanya tinggal datang langsung ke Pecel Madiun Murni. Tempat ini seringkali menjadi pilihan kuliner tengah malam Surabaya. Lauk pauknya banyak mulai dari dadar jagung, tahu tempe bacem, telur dan empal. Bumbu pecelnya bisa dipesan pedas, sedang atau tidak pedas sama sekali.

Demikian daftar kuliner 24 jam Surabaya terbaik yang bisa Sedulur jadikan referensi ketika berkunjung ke Kota Pahlawan. Selamat mencoba!