cafe pusat kota surabaya

Tidak kalah dari daerah-daerah yang lain, banyak cafe pusat Kota Surabaya yang sangat seru dijadikan sebagai tempat nongkrong. Daerah pusat ini memang didominasi oleh jajaran perkantoran. Sehingga cukup sulit untuk mencari spot yang nyaman untuk bersantai.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada tempat nongkrong seperti cafe dan coffee shop di daerah tersebut. Oleh sebab itu, jika Sedulur sedang berada di pusat Kota Surabaya dan ingin bersantai, berikut ini beberapa rekomendasi cafe yang wajib untuk dikunjungi!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cafe di Kintamani dengan View Indah!

1. Carpentier Kitchen

Laura Angelia

Dapat dikatakan jika Carpentier Kitchen ini merupakan salah satu cafe paling populer dan hits di kawasan Surabaya Pusat. Cafe satu ini hadir dengan dekorasi yang super menarik, berupa ornamen berwarna putih lengkap dengan aksen retro alias vintage.

Desainnya yang estetik dan klasik, membuat Sedulur bisa nongkrong sambil mengisi feed Instagram yang dimiliki. Tidak hanya bangunannya aja, hidangan yang disajikan pun juga lezat dan lengkap. Mulai dari aneka pasta, burger, dan lain sebagainya.

2. Zangrandi

Bagi yang tinggal di wilayah pusat Surabaya, tentu saja sudah tidak asing dengan Graha Es Krim Zangrandi. Ya, cafe sekaligus kedai es krim ini telah berdiri sejak tahun 1930-an silam, dan masih tetap exist sampai saat ini.

Nuansa dan sajian menu ala tempo dulu juga tetap dipertahankan, sehingga cocok bagi Sedulur yang ingin bernostalgia. Di tempat ini, tersedia beragam hidangan menarik seperti risol, pastel, kroket, dan pastinya aneka es krim seperti banana split, cassata, nutty monkey, dan masih banyak lagi.

3. Threelogy Coffee

Salah satu cafe pusat Kota Surabaya ini terasa menarik dikunjungi, berikat konsep bangunan yang benar-benar cozy. Threelogy Coffee mengusung konsep bertemakan serba putih, sehingga hampir semua interiornya memiliki warna terang tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, rasa nyaman juga akan didukung dengan secangkir hazelnut coffee dan cheesecake yang merupakan menu andalan mereka.

4. BlackBarn Coffee

IDN Times

Rekomendasi tempat nongkrong asyik yang di Surabaya Pusat yang berikutnya adalah BlackBarn Coffee. Konsep yang digunakan pada cafe ini memadukan antara gaya yang vintage dan klasik, sehingga membuatnya terasa nyaman untuk hangout seharian.

Bahkan tersedia pula area outdoor, yang mana ketika sudah malam akan terasa semakin asyik untuk nongkrong sembari minum kopi atau bir. Sementara untuk menu makanan yang dihadirkan, antara lain yaitu pasta, chicken pop, sandwich, dan lain-lain.

5. Ada Apa Dengan Kopi (AADK)

AADK alias Ada Apa Dengan Kopi menjadi salah satu cafe yang wajib untuk Sedulur kunjungi ketika berada di Surabaya Pusat. Walaupun masih tergolong sebagai cafe baru, namun dijamin AADK mampu memberikan kenangan tersendiri di hati.

Arsitekturnya benar-benar memikat, dengan penggunaan atap kaca berkonsep semi-outdoor serta area rooftop dengan pemandangan khas perkotaan modern. Menu hidangannya pun juga cukup lengkap, mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga aneka kopi dan minuman segar.

6. Calibre Coffee Roaster

Dilihat dari luar saja, tampilan dari Calibre Coffee Roaster mampu memikat mata. Apalagi jika mengunjunginya, Sedulur akan langsung disuguhi dengan suasana yang sangat nyaman dan cozy. Para pengunjung dapat minum kopi sambil menikmati pemandangan kehidupan Kota Surabaya.

Bagi yang suka dengan menu khas Italia, sepertinya ini adalah cafe yang sangat cocok. Tersedia beragam makanan Italia seperti aneka pasta, panini, dan masih banyak lagi.

7. Volks Coffee

cafe pusat kota surabaya
Tummy Properity

Volks Coffee menjadi salah satu cafe pusat Kota Surabaya yang saat ini sedang banyak diminati. Cafe ini mengusung desain minimalis dengan konsep black and white, sangat cocok dijadikan sebagai destinasi nongkrong di pusat kota.

Walaupun terbilang minimalis dan ukurannya tidak terlalu besar, namun ambiance yang ada di dalamnya terasa sangat cocok untuk bersantai. Menu makanan yang disediakan ada dori sambal matah, salted egg bowl, dan juga aneka kopi serta artisan tea.

8. TGC Basra Coffee

Jika Sedulur sedang berada di daerah Basrah alias Basuki Rahmat, jangan lupa untuk mampir ke TGC Coffee. Cafe ini memang cukup luas dan besar, apalagi dengan adanya area outdoor dan rooftop yang bisa digunakan untuk bersantai sambil memandangi aktivitas kota.

Dapat dikatakan jika cafe ini mengusung konsep ala Jepang, dengan adanya lukisan pesumo besar di dalamnya. Hidangan yang disediakan pun juga bergaya Jepang seperti chocochiz, choco miruku, serta choco konatsu.

9. Duduk Tenang Kopi

Sesuai dengan namanya, Sedulur bisa duduk tenang sambil minum kopi di tempat ini. Mengusung konsep cafe outdoor, Duduk Tenang Kopi seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang di Kota Surabaya. Adanya kaca transparan di bagian atas, membuat pengunjung bisa menikmati indahnya langit Surabaya.

Bantai berkerikil ala taman di depan rumah juga akan membuat suasana semakin homey. Kemudian untuk menu andalannya, Sedulur dapat menikmati kopi susu ketenangan dengan biji kopi arabika serta gula aren.

10. IMHO Coffee

Instagram IMHO Coffee

Seperti yang telah diketahui, daerah pusat Kota Surabaya memang banyak dijumpai bangunan kuno peninggalan Belanda. Salah satunya IMHO Coffee yang mengusung konsep vintage dengan memanfaatkan bangunan lawas tersebut.

Dengan begitu, cafe yang satu ini benar-benar cocok untuk nongkrong sambil berburu foto, bukan? Nah, selain bangunannya yang menarik, hidangan yang disediakan juga cukup banyak dan pastinya sangat menarik.

11. Fore Coffee

Cafe yang satu ini berlokasi di salah satu Tunjungan Plaza Surabaya, tepatnya di Tunjungan Plaza 6 Lantai 3. Fore Coffee dikenal dengan menu khas Indonesia, seperti aren latte, pandan latte, es kue putu, gula merah latte, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sekadar menikmati minuman saja, Fore juga menyediakan berbagai macam cake dan sandwich yang menarik untuk dicicipi.

12. Kedai Ciamso

cafe pusat kota surabaya
IDN Times

Rekomendasi cafe pusat Kota Surabaya yang terakhir adalah Kedai Ciamso. Kedai ini mengusung desain interior yang klasik dan otentik dengan nuansa khas China. Sedulur bisa menikmati sarapan, ngemil, mengerjakan tugas, hingga berburu selfie di tempat ini.

Tersedia dua area yang bisa diakses oleh pengunjung, yakni area indoor serta outdoor dengan konsep bernuansa ala pecinan.

Sebenarnya masih ada banyak cafe pusat Kota Surabaya yang bisa ditemukan. Namun sebelum pergi ke tempat-tempat yang lain, pastikan untuk berkunjung ke setiap cafe yang sudah disebutkan di atas, ya! Jangan sampai rugi karena belum mencoba beberapa café tersebut.