Kue khas jawa timur

Sajian kue tradisional khas daerah biasanya memiliki cita rasa yang dominan manis. Namun, berbeda dengan kue khas Jawa Timur yang terkenal lezat dan bikin nagih. Alih-alih memiliki rasa yang sama, kue khas Jawa Timur memiliki cita rasa yang lebih beragam dari asam, legit, dan gurih.

Kue khas Jawa Timur juga sangat diburu oleh banyak wisatawan karena menjadi oleh-oleh yang menarik untuk kerabat atau saudara di rumah. Bila Sedulur sedang mencari referensi atau rekomendasi jajanan tradisional dari Jawa Timur yang enak, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Mengulik Resep Nasi Minyak Surabaya Yang Viral Nan Lezat!

1. Onde-Onde Mojokerto

kue khas jawa timur
Fimela

Jajanan kue khas Jawa Timur pertama adalah onde-onde. Makanan berbentuk bulat dengan taburan biji wijen ini berasal dari salah satu kabupaten di Jawa Timur bernama Mojokerto.

-->

Untuk Sedulur yang suka dengan rasa manis gurih, maka onde-onde Mojokerto cocok untuk Sedulur. Perpaduan kulit legit gurih dengan isian kacang ijo tumbuk yang manis memang kombinasi luar biasa. Apalagi harga kue satu ini juga termasuk murah meriah sehingga nggak bakal bikin kantong jebol.

Salah satu tempat untuk mencicipi onde-onde Mojokerto terlezat ada di Onde-Onde Bo Liem Empulana. Adonan onde-onde di sini sangat lembut dengan banyak varian rasa selain kacang ijo. Misalnya, rasa coklat dan keju yang tak kalah enak.

2. Pudak Gresik

Makanan khas jawa timur
Foodnesia

Berwisata ke Gresik rasanya tidak afdol bila Sedulur tidak mencicipi kelezatan pudak. Kue khas Jawa Timur ini merupakan jajanan tradisional khas Gresik dengan bentuk yang unik.

Bagaimana tidak? DIbungkus dengan pelepah daun pinang, pudak diolah dari tepung beras, gula pasir, dan santan. Setelah dibungkus, kue ini akan dikukus cukup lama sampai matang sempurna. Untuk rasa, Sedulur bisa merasakan manis legit dengan aroma unik dari daun pinang. Dijamin rasanya bisa bikin Sedulur ketagihan.

Keunikan Pudak Gresik juga sangat spesial karena di daerah lain tidak ada kue atau jajanan yang memiliki rasa dan tampilan mirip dengan pudak. Jadi, Sedulur wajib banget untuk mencoba atau menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Jawa Timur.

3. Sale Pisang Pacitan

Sale pisang
Pinterest

Ada banyak jajanan khas Jawa Timur yang terbuat dari olahan buah-buahan, salah satunya sale pisang. Camilan ini berasal dari pisang matang yang dijemur hingga kering kemudian digoreng bersama tepung. Hasilnya cemilan ringan ini memiliki cita rasa legit alami yang menyehatkan.

Untuk mendapatkan jajanan ini Sedulur tidak perlu bingung harus pergi kemana. Cukup kunjungi saja daerah Pacitan, maka akan bisa dijumpai banayk sekali penjual sale pisang. Jangan khawatir soal harga, karena sale pisang dijual dengan harga yang murah meriah.

4. Brem Madiun

Kue khas jawa timur
Suara

Brem termasuk makanan populer di kota Madiun. Brem terbuat dari fermentasi sari ketan. Bentuknya persegi panjang pipih. Sedangkan warna brem khas Madiun ini beragam ada hijau, merah muda, dan putih.

Karakter brem juga tergolong unik, kue khas Jawa Timur ini akan terasa lembut dan meleleh saat masuk ke mulut. Rasanya manis juga bisa memanjakan lidah Sedulur yang ingin mencuci mulut setelah makan.

Bila Sedulur tertarik mencicipi Brem Madiun, lansung saja kunjungi pusat kota dan akan banyak sekali toko oleh-oleh yang menyediakan makanan ini.

BACA JUGA: Resep Sambal Pencit Khas Jawa Timur, Pedas Asem yang Bikin Nagih!

5. Madumongso Ponorogo

Madumongso
PUSAKA

Jajanan manis khas Jawa Timur memang cukup banyak, salah satu yang terkenal adalah madumongso. Cemilan berwarna hitam ini bisa dijumpai di banyak daerah seperti Madiun, Blitar, Pacitan, hingga Sidoarjo.

Namun, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, kue khas Jawa Timur ini pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Ponorogo. Bahan dasar madumongso sendiri adalah ketan hitam yang banyak diproduksi di kota tersebut.

Proses pembuatan madumongso memang cukup rumit. Adonan ketan hitam harus diolah menjadi tapal atau fermentasi ketan. Setelah itu, tapal akan dicampur dengan gula, santan dan buah nanas. Bahan-bahan tersebut lalu dimasak hingga berubah menjadi dodol atau jenang.

Rasa manis alami madumongso ini memang menjadi daya pikat sendiri bagi lidah wisatawan. Jadi tidak heran jika madumongso menjadi salah satu makanan paling bikin ketagihan ketika datang ke Jawa Timur.

6. Gethuk Pisang Kediri

Kue khas jawa timur
Detik

Getuk pisang merupakan oleh-oleh khas Kediri yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan aroma khas yang menggugah selera. Konon dulunya gethuk pisang adalah camilan tradisional warisan turun temurun dari zaman kerjaan.

Gethuk Pisang yang dijual di Kediri berbentuk lonjong dengan bungkus daun pisang menyerupai lontong. Gethuk Pisang dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan Kediri khususnya di sepanjang jalan Doho.

Harga untuk kue khas Jawa Timur ini sangat murah meriah lho Sedulur. Jadi cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah ataupun kerabat.

7. Opak Gambir Blitar

Kue khas jawa timur
Liputan6

Opak gambir menjadi salah satu oleh-oleh khas Blitar yang masih populer sampai saat ini. Jajanan tradisional ini terbuat dari gula, tepung ketan, santan kelapa, dan telur.

Bisa dikatakan, opak gambir menjadi salah satu jenis panganan beraroma wangi, renyah menyerupai kerupuk dengan sensasi manis saat mengenai lidah.

Opak gambir memiliki bentuk yang identic unik seperti sebuah conthong. Conthong adalah bentuk menyerupai kerucut. Pada bagian bawah berbentuk lancip, dan bagian atas berbentuk melingkar.

Jika dilihat dari jarak jauh, makanan ini akan terlihat menyerupai segitiga terbalik. Conthong menjadi bentuk yang paling umum pada cemilan opak gambir.

Kini, semakin kreatifnya para pedagang opak gambir dalam membuat berbagai macam bentuk dan rasa, berdampak pada meningkatnya penjualan kue khas Jawa Timur tersebut. Ada berbagai varian rasa opak gambir yang dapat dicoba. Mulai dari rasa nangka, durian, jambu, cokelat, pandan, ubi ungu dan ubi madu, wijen, dan jahe. Menarik sekali kan Sedulur?

8. Kue Geti Tulungagung

Kue khas jawa timur
IniBaru

Berbicara tentang oleh-oleh khas Jawa Timur lainnya, maka Sedulur tidak boleh melewatkan kue geti. Geti sendiri merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Tulungagung. Makanan ini biasanya sangat populer ketika hari raya tiba.

Harganya juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp35 ribu per kilo. Geti juga menjadi jajanan yang mudah ditemui dan dapat dikonsumsi kapan saja. Lantas, terbuat dari apa jajanan satu ini?

Geti terbuat dari kombinasi olahan kacang tanah, wijen, dan gula merah. Cara membuatnya terbilang sederhana, yaitu kacang tanah dan wijen direkatkan dengan rebusan gula merah yang pekat. Kemudian, adonan tersebut dikeringkan. Untuk itu, geti memiliki cita rasa yang manis dan gurih sehingga cocok dijadikan camilan yang lezat.

Bila Sedulur ingin melihat langsung proses pembuatan kue geti, bisa datang ke Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol yang dikenal sebagai sentra industri kue geti.

Ada tiga jenis pilihan geti, yaitu geti wijen, geti kacang tanah, dan geti yang terbuat dari gabungan keduanya. Meski terasa lezat dan gurih, perlu dipahami bahwa tekstur geti sangat lengket dan bisa menempel pada gigi.

BACA JUGA: 16 Resep Olahan Kangkung Lezat, Segar, dan Mudah Dibuat

9. Wingko Babat Lamongan

Wingko Babat
Detik

Wingko babat merupakan salah satu jajanan tradisional terkenal di Indonesia. Namun, sebenarnya makanan satu ini berasal dari Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Babat sendiri menjadi titik persimpangan antara tiga daerah yaitu Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Wingko babat terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda dan gula pasir. Wingko biasanya berbentuk bundar dan disajikan dalam keadaan hangat. Namun, ada juga juga yang dibuat secara kotak lalu dipotong kecil-kecil.

Wingko babat memiliki tekstur yang unik seperti kenyal dan halus. Camilan ini punya rasa manis gurih yang legit. Salah satu tempat atau produk wingko babat yang terkenal di Lamongan adalah Wingko Babat Loe Lan Ing.

10. Ledre Bojonegoro

Ledre
Perpus Digital Budaya Indonesia

Oleh-oleh khas Bojonegoro yang sangat terkenal adalah ledre. Makanan ini merupakan jajanan tradisional dari yang terbuat dari olahan pisang. Tidak hanya terkenal, ledre juga selalu jadi pilihan utama para wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro untuk dijadikan oleh-oleh.

Selain rasanya yang enak dan gurih, ledre juga mempuyai rasa manis alami. Bahan untuk pembuatan ledre ini cukup mudah didapatkan yaitu tepung terigu, tepung beras, gula dan pisang raja yang menjadi sumber aroma dari ledre. Meskipun bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, namun rasa yang dihasilkan sangat lezat.

11. Bikang Surabaya

Bikang surabaya
Pinterest

Carabikang atau juga dikenal dengan nama kue bikang merupakan jajanan khas Surabaya. Kue yang berbentuk bulat dan mekar seperti bunga ini terbuat dari campuran tepung beras, santan kelapa dan gula.

Umumnya kue bikang dimasak dalam cetakan dan ketika sudah berbuih, adonan kue akan langsung dicungkil dari cetakan sehingga mekar dan berbentuk seperti bunga.

Masyarakat Surabaya biasanya menyantap kue bikang ketika pagi atau sore hari. Kue bikang juga nikmat disantap sembari ditemani secangkir kopi atau teh. Jika menyantap kue bikang, sebaiknya pilihlah kue bikang yang masih hangat. Pasalnya, dalam keadaan hangat kue bikang akan terasa lebih nikmat dan lezat.

12. Kue Putu Lanang Malang

kue putu
Good News From Indonesia

Berbeda dengan kue putu atau puthu pada umumnya, Puthu Lanang khas Malang jadi kue yang selalu diburu oleh banyak pelancong dari berbagai daerah. Makanan yang sudah ada sejak tahun 1935 juga termasuk sebagai kue legendaris di Jawa Timur.

Kue putu sendiri terbuat dari adonan tepung beras, kelapa, dan gula merah yang dicetak dalam selongsong bumbung atau potongan bambu mungil. Adonan kue lantas dikukus dalam wadah panas kurang lebih 3 hingga 5 menit hingga matang.

Setelah itu, kue putu akan ditaburi dengan kelapa parut agar memberikan rasa gurih dan tekstur renyah saat disantap. Jika umumnya, kue putu hanya berwarna putih saja. Puthu Lanang ini memiliki warna yang lebih mencolok. Kue ini berwarna hijauyang berasal dari sari daun pandan.

Demikian tadi ulasan tentang kue khas Jawa Timur yang bikin nagih dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Namun, bila Sedulur rindu tentang kelezatan rasa makanan di atas, tenang, karena cara membuatnya juga mudah kok.

Sedulur cukup mempersiapkan bahan dasar seperti tepung, gula, dan mentega yang bisa dibeli langsung lewat Aplikasi Super. Tak hanya terdapat beragam bumbu masak, Sedulur juga bisa mendapatkan sembako dengan harga spesial.

Aplikasi Super juga akan memberikan banyak promo menarik seperti cashback dan gratis ongkir untuk Sedulur. Jadi belanja akan semakin menyenangkan dan nggak bikin kantong jebol. Menarik sekali kan? Yuk buruan download Aplikasi Super sekarang!