Sambal pencit khas Jawa Timur

Jawa Timur tak hanya terkenal dengan sambal petisnya saja, tapi ada beberapa jenis sambal lain yang tidak kalah sedap untuk disantap. Salah satunya adalah sambal pencit khas Jawa Timur.

Cocolan sambal ini cukup berbeda dengan sambal pada umumnya, karena sambal pencit terbuat dari perpaduan cabe dan mangga muda. Rasa sambal yang berasal dari Madura ini juga begitu kompleks karena dicampur dengan bumbu lain seperti terasi dan gula merah.

Bila Sedulur penasaran dengan bagaimana cara membuat sambal pedas asam ini, yuk simak resep sambal pencit khas Jawa Timur berikut!

BACA JUGA: 12 Makanan Terpedas di Dunia, Ada Yang Dari Indonesia Lho!

-->

Mengenal sambal pencit

Cookidoo

Sebelum kita membahas tentang resep sambal pencit khas Jawa Timur yang segar banget untuk dijadikan cocolan, Sedulur perlu mengetahui tentang asal usul sambal ini terlebih dahulu.

Sambal pencit merupakan salah satu cocolan yang sangat populer di Surabaya, Madura, Sidoarjo, dan beberapa wilayah lainnya. Memiliki rasa asam pedas yang menggugah selera makan, sambal pencit terbuat dari mangga muda.

Nama pencit sendiri merupakan istilah Bahasa Jawa dari masyarakat Jawa Timur untuk menyebut buah mangga muda yang masih ranum. Sambal ini biasanya disajikan untuk jadi teman menyantap beberapa menu utama seperti ikan bakar, bebek, dan ayam.

BACA JUGA: 11 Wisata Kuliner Sidoarjo Paling Enak yang Wajib Dicoba

Bahan sambal

Sambal pencit khas Jawa Timur
Kumparan

Untuk bahan-bahan membuat sambal pencit cukup mudah ditemukan. Sedulur bisa mencarinya langsung di pasar tradisional atau membelinya lewat market place online.

  • 7 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • ½ buah mangga muda
  • ½ sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt petis udang atau gula merah
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam

BACA JUGA: Kreasi Resep Tahu Campur Khas Jawa Timur, Nendang Banget!

Langkah membuatnya

Resep koki

Proses membuat sambal pencit khas Jawa Timur juga cukup mudah kok. Sedulur hanya perlu melakukan setidaknya empat langkah untuk bisa membuat sambal ini.

  • Cuci dan kupas kulit mangga muda. Ambil bagian daging dan cincang memanjang. Sisihkan.
  • Persiapkan cabe rawit dan cabe keriting. Masukkan ke dalam ulekan lalu tumbuk bersama terasi dan garam.
  • Bila sudah agak cabe sudah agak hancur, mulai tambahkan petis udang dan air jeruk nipis.
  • Ulek kembali sampai semua bahan menyatu. Campurkan sambal dengan potongan mangga muda cincang. Aduk dan sambal pencit khas Jawa Timur siap disajikan!

Tips

Wikipedia

Untuk bisa menciptakan sambal pencit yang enak, tak hanya perlu bahan-bahan yang masih segar. Sedulur juga perlu memperhatikan beberapa detail lainnya. Misal:

  • Pilih jenis mangga yang mengkal atau setengah masak, Pilih juga jenis mangga yang tidak terlalu asam. seperti mangga Indramayu, mangga apel atau mangga golek. Namun bila Sedulur suka rasa kecut yang kuat bisa pakai mangga muda.
  • Gunakan terasi dan petis udang yang berkualitas. Ini sangat penting karena sambal akan memiliki rasa yang lebih gurih dan harum.

Itu tadi ulasan lengkap tentang sambal pencit khas Jawa Timur. Untuk bisa membuat menu cocolan satu ini, Sedulur cukup mengikuti resep sambal pencit yang mudah di atas. Dijamin sambal pencit ini bakal bikin Sedulur ketagihan.

Namun, jangan lupa untuk belanja semua kebutuhan memasak dan sembako di rumah lewat Aplikasi Super. Banyak sekali barang yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga spesial yang dijamin bikin kantong tersenyum lebar.

Selain itu, Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah karena semua transaksi di Aplikasi Super akan mendapatkan fasilitas gratis ongkir. Menarik sekali bukan? Jadi buruan download aplikasinya sekarang dan rasakan pengalaman belanja yang mudah, murah, seta bikin untung melimpah!