Cara mengasah pisau

Pisau tumpul adalah salah satu masalah dapur yang paling menyebalkan. Mengasah pisau pun tidak bisa sembarangan, karena untuk mengembalikan ketajamanalat dapur ini perlu cara mengasah pisau yang tepat.

Cara mengasah pisau paling umum adalah dengan menggunakan batu asahan. Namun, beberapa jenis pisau memiliki teknik mengasah pisau yang tidak bisa sembarangan. Untuk itu, yuk simak tips dan cara mengasah pisau yang benar agar tajam maksimal berikut ini!

BACA JUGA: 14 Inspirasi Model Rak Bumbu Dapur dari Kayu Terbaik

1. Asah saat pisau dalam keadaan basah

Cara mengasah pisau
The Kitchn

 

-->

 

 

Cara mengasah pisau agar bisa setajam silet paling efektif menggunakan batu asahan. Teknik mengasah ini cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, alat asahan yang digunakan juga tidak terlalu mahal.

Agar pisau yang diasah bisa tajam, Sedulur harus memastikan pisau dan batu asahan dalam keadaan basah. Ini penting karena kondisi permukaan pisau dan batu yang kering malah bisa membuat pisau tumpul.

Umumnya batu asahan akan direndam terlebih dahulu selama 20 menit agar air bisa meresap ke pori-pori batu asahan sehingga proses mengasah jadi maksimal.

2. Gunakan tatakan untuk asahan

Cara mengasah pisau
All Recipes

Cara mengasah pisau selanjutnya adalah memastikan batu asahan tidak dipegang menggunakan tangan. Ini agar proses mengasah bisa lebih maksimal dan Sedulur bisa memberikan tekanan saat mengasah.

Selain itu, memegang batu asahan saat proses malah bisa berbahaya. Jika terpeleset, tangan Sedulur bisa terluka karena sayatan pisau. Sedulur bisa meletakkan batu asahan dengan alas kayu atau kain agar tidak licin.

3. Asah pisau pada bagian kasar dahulu

Teknik menajamkan pisau
Master Class

Batu asahan biasanya memiliki dua sisi, yaitu halus dan kasar. Pemilihan sisi ini sangat penting agar bisa mendapatkan mata pisau yang tajam dan awet. Apalagi pisau yang Sedulur miliki sudah lama tidak diasah dan tumpul.

Langkah yang perlu dilakukan adalah mengasah pisau pada sisi yang kasar terlebih dahulu. Cara mengasah pisau stainless pun juga harus demikian, karena sisi yang kasar berguna untuk meratakan mata pisau dan menghilangkan karat yang menempel.

Proses ini biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup mengasah pada dua bilah mata pisau 10 kali, maka permukaan pisau akan rata dan bebas karat.

4. Pastikan posisi mengasah tepat

Cara mengasah pisau
The Manual

Pada proses pengasahan dengan menggunakan sisi kasar batu asah, Sedulur wajib memperhatikan posisi pisau. Pastikan pisau berada pada kemiringan 15-22 derajat saat di asah, bukan pada posisi tegak lurus.

5. Beri tekanan pada permukaan pisau

Teknik menajamkan pisau
CNET

Jika sudah berada posisi yag tepat, maka Sedulur bisa mulai dengan memberikan tekanan pada bilah pisau menggunakan jari tangah. Beri tekanan secukupnya agar pisau lebih cepat rata.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik, Murah & Berkualitas

6. Asah pada sisi lain pisau

Cara mengasah pisau
Hawk N Knives

Pada tahap ini, Sedulur juga harus memperhatikan arah mengasah. Pastikan menggosok pisau ke arah depan secara berulang. Jangan mengasah pisau dengan cara kedepan dan belakang karena akan membuat permukaan tidak rata.

Jadi lakukan proses mengasah secara bergantian agar tiap sisi pisau memiliki permukaan rata yang sempurna sehingga pisau jadi lebih tajam.

7. Mulai asah pada bagian halus asahan

Teknik menajamkan pisau
Serious Eats

Bila semua langkah di atas sudah Sedulur jalani, maka untuk menyempurnakan ketajaman pisau gunakan sisi halus dari batu asah.

Sedulur bisa mempertajam dengan menggosok 10 kali pada tiap sisinya. Untuk melakukan pengecekan, Sedulur bisa menyiapkan satu buah wortel atau kentang untuk melihat ketajaman pisau.

8. Mengasah pisau dengan batu keramik

Cara mengasah pisau
Reactions

Salah satu cara mengasah pisau tanpa batu asahan yang bisa dilakukan adalah dengan batu keramik. Sedulur bisa mencoba beberapa barang yang terbuat dari keramik seperti cangkir, piring, atau mangkok.

Sedulur cukup menjaga posisi mengasah yaitu 15-20 derajat dengan menggunakan bagian bawah peralatan yang terbuat dari keramik. Biasanya terdapat bagian kasar yang cocok untuk mengasah pisau agar bisa tajam kembali.

Cara mengasah pisau satu ini bisa dilakukan ketika Sedulur tidak memiliki batu asahan padahal butuh pisau dalam keadaan tajam.

BACA JUGA: 18 Peralatan Dapur Paling Penting yang Wajib Kamu Punya

9. Gunakan amplas untuk mempertajam

Mengasah pakai amplas
Outdoor Life

Selain keramik, peralatan lain yang bisa digunakan untuk mengasah pisau adalah amplas. Cara mengasah pisau dengan amplas sebenarnya cukup simpel tapi harus dilakukan secara hati-hati.

Hal ini lantaran amplas yang memiliki bentuk lembaran dan bisa membuat tangan mudah terluka jika dilakukan dengan sembarangan.

Amplas sendiri memiliki permukaan yang cukup mirip dengan batu asahan, karena ada yang memiliki sisi kasar dan sisi halus.

10. Bisa manfaatkan lumpang atau ulekan

Ulekan
USS Feed

Cara mengasah pisau tanpa batu asahan lainnya adalah dengan lumpang atau ulekan. Barang yang biasanya berguna untuk menghaluskan bumbu masakan itu terbuat dari batu kali yang memiliki permukaan kasar.

Selain itu, karakter ulekan juga cukup mirip dengan batu asahan meskipun tingkat pori-porinya lebih besar dan kasar. Namun, Sedulur bisa memaksimalkan sisi kasar pada ulekan tersebut untuk mengasah pisau agar bisa tajam kembali.

11. Cara mengasah pisau ala Jepang

Mesin pengasah pisau
Cook Ilustrated

Salah satu negara yang memiliki teknik mengasah pisau terbaik adalah Jepang. Apalagi banyak koki Jepang yang memang sangat terkenal dengan ketrampilannya dalam memotong bahan makanan secara presisi.

Kemampuan tersebut bisa didapatkan karena pisau Jepang memiliki ketajaman yang sangat baik. Cara mengasah pisau ala Jepang pun tidak sembarangan karena hanya dilakukan pada satu sisi saja.

Dilansir dari Bitemybun, alasan pisau di Jepang diasah pada satu sisi karena menghasilkan sisi yang lebih tajam dan sudut yang lebih kecil. Apalagi Jepang memiliki berbagai macam makanan mentah dengan serat yang kuat seperti sushi.

Jepang sendiri memang sudah sangat memperhatikan penggunaan teknologi pada tiap aktivitas kehidupannya. Banyak ahli pisau menggunakan mesin untuk menghasah karena lebih cepat dan efisien.

Namun, pada beberapa orang, penggunaan batu asah dua sisi juga masih dilakukan karena menjaga gaya tradisional mengasah pisau.

12. Mengasah dengan baja pengasah

Cara mengasah pisau
Home and Garden

Selain penggunaan batu asah dan keramik, Sedulur pasti pernah melihat seorang tukang potong daging menggunakan alat pengasah yang terbuat dari baja bergerigi. Alat ini sering disebut dengan baja pengasah.

Namun, untuk bisa menggunakan alat pengasah ini perlu ketrampilan khusus dan tidak boleh sembarangan. Sedulur harus melakukan teknik pengasahan secara presisi agar mata pisau tidak berubah menjadi tumpul.

Selalu gosok pisau pada satu arah agar permukaan pisau benar-benar rata. Jika tidak, kemungkinan besar mata pisau yang Sedulur miliki malah akan rusak.

Demikian tadi tips dan cara mengasah pisau yang baik dan benar. Semoga tips ini bisa membantu Sedulur agar memiliki peralatan dapur yang prima dan awet ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.