pisau dapur

Saat membahas tentang pisau dapur, tahukah Sedulur bahwa ada tiga jenis pisau yang seharusnya ada di dapur? Ketiganya adalah pisau koki, bergerigi, dan pengupas. Bahannya pun cukup beragam mulai dari keramik, stainless steel, hingga baja. Ketiganya memiliki fungsi yang sama, yaitu membuat memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Kali ini, kita akan membahas mengenai rekomendasi merek pisau dapur yang bisa digunakan untuk pengupas dan yang lainnya, atau biasa disebut dengan serbaguna. Selain memiliki kualitas yang mumpuni, tentu saja harganya juga pas di kantong Sedulur. Yuk, simak selengkapnya di sini.

BACA JUGA: 25 Daftar Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Punya!

1. BOLDe Super Utensil Titanium Big Knife

pisau dapur terbaik
BOLDe Store

Pilihan pisau dapur keramik yang pertama adalah dari BOLDe Super Utensil Titanium Big Knife. Rekomendasi yang satu ini sangat cocok untuk Sedulur yang sedang mencari peralatan memasak yang tajam sekaligus ringan. Yang menjadi pembeda merek ini dengan yang lainnya adalah karena memiliki dua mata yang ketajamannya sangat tinggi. 

-->

BOLDe Super Utensil Titanium Big Knife juga menggunakan bahan dasar atau material utama high steel carbon Aus-8 titanium, yang pastinya anti karat serta dijamin tahan lama. Dengan adanya desain unibody, merek ini akan mencegah sisa bahan makanan menumpuk pada mata dan gagangnya serta mencegah bakteri untuk menempel. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp80 ribuan saja. 

Merek ini memang terkenal sebagai produsen peralatan rumah tangga yang murah meriah, namun tetap memiliki kualitas yang baik. Mengapa bisa murah? Karena BOLDe Super Utensil ini memiliki lapisan granit. 

Walaupun harganya terjangkau, bukan berarti murahan, ya. Granit coating-nya membuat merek ini lebih tahan lama serta tajam walaupun digunakan berkali-kali. BOLDe Super Utensil juga sudah Food Grade Approved Kitchen Tools, lho. Jadi, bebas dari bahan yang berbahaya.

2. Oxone OX-961 Pisau Dapur Warna

pisau dapur oxone
Bhinneka

Pisau dapur juga merupakan salah satu peralatan yang wajib ada di dapur pengantin baru. Fungsinya sangat beragam, yaitu untuk memotong ujung kemasan plastik, mengupas bahan masakan, memotong sayuran, serta mengupas kulit buah-buahan. Salah satu rekomendasi yang bisa dipilih oleh Sedulur untuk bisa melakukan berbagai aktivitas diatas adalah Oxone OX-961.

Selain berfungsi seperti di atas, peralatan memasak ini juga bisa digunakan untuk menghias dapur karena memiliki warna yang ceria. Oxone Knife Set OX-961 ini tersedia dalam pilihan warna yang atraktif, yaitu hijau, biru, dan pink. Materialnya pun sudah terbuat dari stainless steel.

Selain tidak mudah rusak, ia juga sangat kuat dan juga mudah untuk dibersihkan. Jadi, tidak ada ruginya untuk menyiapkan alat ini di dapur supaya kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

3. Maxim Tools Pisau Daging

pisau dapur set
Anteraja Blog

Rekomendasi pisau dapur serbaguna selanjutnya adalah Maxim Tools. Produk ini memang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan berkualitas, serta menghadirkan berbagai macam alat masak yang anti lengket dan modern. Maxim kembali berinovasi dengan mengeluarkan alat untuk mengiris dengan ukuran 7 inch dan panjang 29 cm yang nyaman untuk digunakan. 

Sedulur bisa menggunakannya untuk memotong berbagai protein hewani yang tebal, seperti daging ikan, daging sapi, dan daging ayam. Produk dari Maxim ini memiliki harga mulai dari 100 ribuan saja. Maxim Tools memiliki kelebihan yaitu gagang yang anti-slip dan menggunakan material stainless terbaik pada kelasnya.

BACA JUGA: 18 Peralatan Dapur Paling Penting yang Wajib Kamu Punya

4. Tanica Pro Set 

pisau dapur harga
Shopee

Jika Sedulur sedang bingung dalam memilih pisau dapur terbaik, maka solusi tepatnya adalah Tanica Pro Set. Produk keluaran Tanica ini terdiri dari utility knife yang berukuran 12 cm serta chef knife yang memiliki ukuran 18 cm. Keduanya sangat ideal untuk digunakan sebagai alat pemotong berbagai bahan masakan.

Alat memasak dari Tanica ini dibuat dengan menggunakan teknologi laser dan dilengkapi ferigi mikro guna menjaga ketajamannya. Gerigi mikro yang ada di dalam produk ini membuatnya tidak perlu sering mengasah sebelum digunakan. Selain itu, merek ini juga memiliki material yang terbuat dari high carbon stainless steel dan special tempering process. Sehingga, kelebihannya adalah anti bakteri dan nyaman ketika dipakai.

5. G-Smart Pisau Dapur Jepang

pisau dapur serbaguna
Rumah123

Tak hanya pisau dapur Oxone yang bisa Sedulur pilih untuk menjadi alat masak kesayangan, G-Smart pun juga bisa menjadi salah satu rekomendasi. Produk ini memiliki bahan dan material utama stainless steel premium yang kuat serta tajam. Selain itu, produk ini juga menggunakan desain granton edge yang terletak pada pinggirannya, sehingga bisa memudahkan penggunanya untuk bisa mengiris berbagai jenis bahan makanan.

Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan Sedulur yang menginginkan kualitas terbaik dengan harga yang tentunya terjangkau. Sedulur bisa mendapatkan alat memasak yang satu ini dengan harga Rp60 ribuan saja.

6. Oxone Pisau Dapur Carving Knife 7″

pisau set
BigGo Indonesia

Berbeda dengan sebelumnya yang memiliki tipe OX-961, Carving Knife 7” ini terbuat dari 100% logam dari bilah sampai gagangnya. Alat memasak dari Oxone ini memiliki bilah yang tipis dan panjang, sehingga pas untuk membuat aneka hiasan dari sayuran dan buah. Tak hanya memiliki kelebihan dalam carving, tipe ini juga ideal untuk mengiris sayuran, memotong daging yang telah matang, serta mencincang berbagai bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih.

Oxone Carving Knife 7” merupakan pisau harganya cukup terjangkau, yaitu Rp120 ribuan saja. Jika sedang mencari alat memasak yang anti karat dan memiliki banyak kegunaan lainnya, maka tipe ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang cocok.

BACA JUGA: 10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Atasi Dengan Hal Berikut

7. MIISOO Pisau Set Dapur Stainless 

pisau dapur keramik
Shopee

Untuk Sedulur yang sedang mencari pisau dapur yang memiliki kualitas tinggi serta harga yang tidak menguras kantong, maka merek MIISOO bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Salah satu peralatan dapur serbaguna ini memiliki material dasar dari bahan stainless steel dengan non-stick coating.

Bahan non-stick ini bisa membuat alat tidak akan lengket ketika sedang digunakan untuk memotong makanan bertekstur lembek. Selain itu, merek ini juga mudah untuk dibersihkan tanpa adanya korosi dari sisa makanan yang menempel.

Satu setnya memiliki isi 6 yang terdiri dari satu pisau besar, kecil, daging, untuk memotong roti, gunting, dan serutan. Cocok digunakan untuk pemakaian rumah tangga pribadi serta sebagai hadiah untuk keluarga atau teman terdekat yang baru melangsungkan pernikahan. Kualitas dari alat ini dijamin anti karat, tajam, serta memiliki desain yang mewah.

8. Stein Cookware Pisau Diamond Knives Set 6 in 1

pisau harga
Lazada

Selain MIISOO, ada juga rekomendasi pisau dapur set lainnya yang sedang populer di kalangan masyarakat. Stein Cookware adalah salah satu merek peralatan dapur yang hadir dengan berbagai pilihan warna yang menggemaskan untuk dibeli. Bukan hanya memiliki tampilan yang cantik, kualitasnya pun juga terjamin.

Fungsi dari alat memasak ini bermacam-macam karena tergantung dari jenisnya. Yang pertama adalah Diamond Knives yang berfungsi untuk memotong daging ayam dan ikan. Kemudian, ada cleaver knife yang berguna untuk mengiris buah dan sayuran. Terakhir, ada utility knife yang berfungsi untuk memotong buah dan yang lainnya.

Kehebatan dari merek ini adalah Sedulur bisa mendapatkan tambahan satu buah gunting dapur serbaguna serta pengasah atau ceramic sharpener di dalam setnya. Untuk mengasahnya, Sedulur bisa melakukannya dengan cara 10 kali asahan baja dan 10 kali asahan keramik untuk membuatnya menjadi lebih halus.

9. Lock & Lock CKK101S01 Kitchen Knife Set

Lock & Lock
Tokopedia

Rekomendasi set pisau dapur selanjutnya adalah Lock & Lock CKK101S01 Kitchen Knife Set yang mempunyai harga terjangkau dan sesuai dengan kualitasnya. Hanya dengan seratus ribuan saja, Sedulur sudah bisa mempunyai set lengkapnya dengan berbagai macam pilihan ukuran untuk kebutuhan memasak di dapur rumah.

Memasak jadi semakin mudah dan tidak membuat merogoh kantong terlalu dalam. Satu set alat pemotong dari Lock & Lock ini terdiri dari 1 chef knife 8 inch, 1 bread knife 8 inch, 1 utility knife 5 inch, 1 paring knife 3,5 inch, dan 1 peeler.

Yang satu ini dijamin anti lengket, tajam, dan food grade karena terbuat dari bahan stainless steel. Sehingga, aman untuk digunakan sebagai alat pemotong berbagai jenis olahan. Menariknya lagi, warna putih pada mata pisaunya sangat elegan, serta motif hitam putih pada gagangnya memberikan kesan yang menarik. 

BACA JUGA: 7 Pilihan Kulkas 4 Pintu Terbaik yang Elegan, Dibawah 10 Juta

10. Ezren EZ-0144

Ezren EZ-0144
Productnation

Pilihan pisau set selanjutnya yang bagus, premium, dan memiliki harga yang terjangkau jatuh pada merek Ezren EZ-0144. Merek ini memiliki material utama stainless steel yang anti karat, berkualitas kuat, serta tahan lama. Desainnya pun sangat ergonomis, sehingga mudah untuk digenggam, nyaman, serta tidak mudah tergelincir.

Tujuan utama dari produk ini adalah supaya Sedulur bisa dengan nyaman menggunakannya untuk memotong dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dalam satu setnya, terdiri dari beberapa alat memotong yang disesuaikan dengan fungsi seperti slicing knife, multi-function knife, fruits knife, food clip dish, dan alat cetakan goreng telur. 

Slicing knife sendiri hampir mirip dengan serbaguna, akan tetapi mempunyai desain yang lebih tipis serta sempit. Sedangkan pisau serbaguna mempunyai kegunaan yang cukup beragam, mulai dari mencincang bumbu-bumbu masakan, mengiris daging, memotong sayuran dan buah, serta masih banyak lagi.

11. Santoku AE-5200

Santoku AE-5200
Amazon

Rekomendasi selanjutnya adalah Santoku AE-5200 yang memiliki material dasar stainless steel dengan coating keramik. Produk ini cocok digunakan oleh Sedulur yang ingin mencoba kecanggihan pisau dapur keramik dengan harga yang tidak mahal. Keunggulan dari produk ini adalah memiliki tampilan yang mewah dan cantik serta tidak mudah tumpul dan berkarat.

Selain itu, bahan utama dari produk ini adalah stainless steel yang dilapisi dengan kayu sehingga mudah dan nyaman ketika dipegang. Bentuknya yang bagus dan pas membuat genggaman semakin kuat dan kokoh. Selain itu, pegangan yang dimiliki produk ini  tahan terhadap air dan tidak mudah lembab. Lalu, pegangannya sangat mudah dan ringan dan mudah untuk digunakan. Akan tetapi, kekurangan dari produk ini adalah susah didapatkan dan hanya bisa dibeli secara online.

12. GM Bear 1083 Set Pisau Dapur 

GM Bear 1083
Blibli

Agar pekerjaan memasak Sedulur menjadi lebih ringan, bisa memilih untuk menggunakan produk dari GM Bear 1083. Satu set alat pemotong bahan makanan ini terbuat dari bahan stainless steel yang sangat berkualitas dan anti karat. Pisau dapur harga terjangkau ini bisa Sedulur dapatkan dengan mudah, serta sudah dilengkapi berbagai alat pemotong yang fungsinya berbeda.

Set GM Bear 1083 ini terdiri dari slicing knife, multi-function knife, fruits knife, dish holder clip, serta alat cetakan untuk menggoreng telur. Jadi, Sedulur menjadi lebih mudah untuk memotong daging, buah dan sayur, dan lain sebagainnya. Bagian gagangnya didesain secara ergonomis sehingga nyaman untuk dipakai, tidak mudah tergelincir, serta mudah untuk digenggam.

Itu dia 12 rekomendasi merek pisau dapur terbaik dan tentunya memiliki harga yang terjangkau. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya utamakan ketajaman matanya dan kenyamanan ganggang, ya.

Supaya ketajamannya terjaga, jangan lupa untuk rutin diasah, ya! Cuci kembali peralatan dapur yang telah Sedulur gunakan, supaya bakteri tidak menempel dan menyebabkan peralatan mudah berkarat. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.