Sedulur yang hobi masak wajib tahu, ini dia peralatan dapur paling esensial yang harus dimiliki! Bikin kegiatan masak makin seru!

Hobi memasak akan terasa semakin seru jika Sedulur memiliki alat dapur serbaguna yang bikin aktivitas memasak makin mudah. Mulai dari pisau yang tajam, panci dan wajan berkualitas bagus, hingga perlengkapan lain seperti alat pengasah pisau dan peeler. Setiap produk peralatan ini didesain memiliki fungsi masing-masing yang akan mendukung aktivitas memasak.

Meski memiliki dapur minimalis, peralatan yang lengkap akan membuat Sedulur semakin semangat mengasah skill memasak. Karena itu, yuk simak rekomendasi peralatan dapur lengkap dan harganya di bawah ini!

Peralatan Dapur Paling Penting yang Wajib Dimiliki, Demi Masak Makin Nyaman!

1. Pisau Koki

nytimes.com

Hal paling penting yang Sedulur perlukan di dapur adalah pisau koki yang tajam dan nyaman digunakan. Keberadaan pisau yang berkualitas baik akan mempermudah proses memasak Sedulur dan lebih aman juga untuk digunakan. Pisau yang tajam akan memotong bahan makanan secara presisi dan dengan terkontrol, sehingga risiko terluka pun lebih kecil. Pisau koki memang biasanya memiliki harga yang cukup tinggi, akan tetapi mengingat peran pentingnya di dapur, tentu saja pengeluaran ini jadi dibutuhkan.

-->

2. Pisau Buah

shopdiscountstoredeals.com

Pisau koki saja tak cukup di dapur, apalagi bagi Sedulur yang hobi masak. Pasalnya, Sedulur membutuhkan pisau berbeda untuk memotong buah jika tidak mau rasa buah tercampur dengan rasa bumbu dapur yang kuat. Pisau buah ini pun biasanya lebih ringan dan kecil sehingga memudahkan dalam memotong serta mengupas buah. Untuk hasil maksimal, Sedulur bisa mencoba pisau buah yang terbuat dari keramik. Pisau ini diklaim dapat menjaga nutrisi buah karena tidak akan mengoksidasi makanan.

3. Panci Stainless

masakapahariini.com

Sedulur perlu memiliki setidaknya satu panci stainless untuk memasak di dapur. Perkakas satu ini dapat Sedulur gunakan untuk memasak masakan berkuah, merebus kaldu, hingga merebus air untuk berbagai keperluan. Bahan stainless dikenal lebih kuat dan tidak akan berkarat sehingga awet digunakan selama bertahun-tahun. Meski begitu, perhatikan juga kualitas stainless-nya, ya. Karena kualitas stainless juga berperan besar dalam hasil akhir kualitas masakan.

4. Wok Anti Lengket

eatthis.com

Wok merupakan alat masak yang tak kalah penting untuk dimiliki. Terlebih wok anti lengket. Sedulur bisa mendapatkan wok anti lengket ini dengan teknik seasoning pada wajan. Namun Sedulur juga bisa membeli wok anti lengket secara langsung yang sudah dilengkapi dengan lapisan teflon, granit, atau ceramic coating.

Baca Juga: Memasak dengan Air Fryer, Belajar Hidup Sehat & Lebih Hemat?

5. Wajan Anti Lengket

kitcheninfinity.com

Sama seperti wok anti lengket, Sedulur membutuhkan wajan anti lengket yang bagus. Wajan anti lengket akan memudahkan proses memasak Sedulur. Pasalnya, Sedulur jadi bisa memasak makanan yang lengket seperti telur atau daging-dagingan dengan mudah tanpa memerlukan banyak minyak. Akan tetapi Sedulur perlu menjaga lapisan anti lengket ini dengan baik agar tak tergores dan mengelupas. Terdapat cara perawatan khusus bagi wajan atau perkakas dapur yang memiliki lapisan anti lengket.

6. Talenan

cooksillustrated.com

Talenan perlu ada di setiap dapur. Perkakas ini sangat berguna dalam proses preparasi bahan-bahan makanan sebelum akhirnya masuk ke dalam proses pemanasan. Talenan berkualitas bagus juga penting karena akan lebih awet dan mudah dibersihkan. Sedulur juga sebaiknya memiliki talenan terpisah untuk daging-dagingan, sayuran, dan buah. Hal ini diperlukan untuk menjaga dari kontaminasi antar makanan.

7. Batu Pengasah Pisau

foodandwine.com

Pisau yang tajam tak akan bertahan lama jika Sedulur tidak secara rutin mengasahnya. Untuk itu, setiap dapur membutuhkan batu pengasah pisau. Benda satu ini akan membantu Sedulur untuk kembali menajamkan pisau saat sudah terasa mulai tumpul. Ingat, pisau tajam akan sangat mempermudah proses masak dan jauh lebih aman bagi Sedulur.

8. Cobek dan Muntu

fimela.com

Tak akan lengkap alat dapur Sedulur jika tidak memiliki cobek dan muntu. Pasangan ini akan membantu Sedulur dalam menyiapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan dalam memasak. Terlebih bagi Sedulur yang hobi makan pedas, cobek dan muntu adalah teman baik dalam membuat sambal yang lezat.

9. Spatula

lancastercastiron.com

Wajan sudah, pisau sudah, talenan sudah. Namun Sedulur tidak bisa memasak jika belum memiliki spatula. Sedulur dapat memilih spatula yang terbuat dari kayu atau silikon. Kedua spatula jenis ini tahan panas sehingga dapat digunakan untuk memasak, dan tidak melukai lapisan anti lengket di wajan Sedulur.

10. Sendok dan Gelas Ukur

epicurious.com

Sendok dan gelas ukur mungkin terdengar seperti hal yang tak terlalu dibutuhkan. Akan tetapi, Sedulur yang hobi membuat kue atau makanan asing akan membutuhkan kedua perkakas ini demi membuat resep dengan presisi. Sendok dan gelas ukur akan memastikan hasil makanan Sedulur sesuai dengan resep.

11. Food Processor

thespruce.com

Peralatan dapur kekinian ini merupakan alat serbaguna yang bisa Sedulur gunakan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari mencincang bahan makanan, menghaluskan, membuat selai hingga adonan roti. Food processor memang tidak wajib ada, namun keberadaan alat ini akan sangat mempermudah proses masak Sedulur.

Baca Juga: 25 Daftar Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Punya!

12. Parutan

williams-sonoma.com

Alat satu ini bisa Sedulur gunakan untuk banyak sekali kegunaan. Fungsi alat ini memang hanya satu yakni memarut. Akan tetapi banyak aspek memasak yang membutuhkan alat ini. Mulai dari memarut keju sebagai topping, memarut sayuran hingga bumbu untuk memasak. Sedulur pasti akan membutuhkan alat ini dalam proses memasak Sedulur.

13. Whisk

kumparan.com

Whisk biasanya digunakan untuk mengocok telur atau adonan yang berbentuk cair. Alat ini dapat membantu adonan tercampur dengan rata dan menciptakan tekstur berongga dalam makanan. Sebaiknya Sedulur memilih whisk yang terbuat dari silikon untuk menjaga lapisan anti lengket di wajan Sedulur.

14. Oven

wired.com

Perkakas satu ini mungkin tak dimiliki oleh semua orang. Bagi Sedulur yang lebih suka membuat makanan tradisional, keberadaan oven jadi tak seberapa penting. Akan tetapi bagi Sedulur yang hobi bereksperimen dengan makanan dan mencoba resep masakan luar negeri, oven jadi hal yang wajib dimiliki. Alat satu ini akan mempermudah bagi Sedulur yang sedang ingin melakukan diet dan mengurangi asupan minyak.

15. Peeler atau Pengupas

nytimes.com

Sedulur mungkin bertanya-tanya, untuk apa memiliki peeler jika sudah ada pisau? Memang, kegiatan mengupas dapat dilakukan dengan pisau saja. Namun penggunaan peeler akan membuat proses mengupas lebih cepat serta mudah. Sedulur tak perlu membuang waktu lama-lama untuk mengupas kulit makanan. Selain itu, peeler juga berfungsi untuk membuat irisan tipis-tipis pada makanan.

16. Garlic Crusher

womenshealthmag.com

Sedulur yang benci bau bawang yang menempel pada jari-jari habis memasak, perlu memiliki alat satu ini. Garlic crusher sebenarnya hanya punya satu fungsi, yakni untuk melumat bawang putih hingga halus. Akan tetapi alat ini sangat berfungsi bagi Sedulur untuk menghindari jari bau bawang setelah memasak.

17. Pembuka Kaleng

nytimes.com

Tidak semua kaleng dapat dibuka dengan mudah tanpa alat. Beberapa jenis kaleng membutuhkan alat pembuka yang mampu mengiris kaleng dengan rapi tanpa melukai. Tentu membuka kaleng bisa digunakan hanya dengan pisau semata, akan tetapi metode ini berisiko melukasi Sedulur dan akan jauh lebih aman menggunakan alat pembuka kaleng.

18. Penjepit atau Food Tong

foodnetwork.com

Sedulur yang hobi memasak pasti tahu betapa pentingnya penjepit atau food tong dalam proses memasak. Terutama untuk memanggang, alat satu ini akan mempermudah Sedulur dalam membolak-balik makanan. Tapi jangan khawatir, jika Sedulur memang tidak punya penjepit, bisa menggantikannya dengan sumpit. Namun Sedulur yang tak mahir menggunakan sumpit akan lebih baik memiliki penjepit makanan ini.

Peralatan dapur modern dan tradisional, semuanya harus mendapatkan tempat di dapur Sedulur. Pasalnya, alat dapur modern akan mudah digunakan kala Sedulur harus masak dengan terburu-buru. Akan tetapi rasa masakan dengan alat masak tradisional biasanya akan lebih nikmat. Beberapa makanan juga tidak bisa dimasak menggunakan alat masak modern semata.

Terlepas dari apa perkakas dapur yang Sedulur gunakan, hal lain yang juga penting adalah menggunakan bahan masakan yang berkualitas tinggi. Bahan berkualitas ini akan membuat makanan terasa lebih nikmat dan juga lebih sehat. Yuk install Aplikasi Super dan dapatkan berbagai bahan makanan berkualitas dengan harga miring!