Inspirasi rak bumbu kayu

Memiliki dapur yang rapi dan tertata memang jadi impian banyak orang. Jadi tidak heran jika model rak bumbu dapur dari kayu jadi salah satu incaran. Selain karena harganya yang murah, model rak bumbu dapur bisa membuat dapur menjadi lebih enak dipandang.

Jika Sedulur sedang mencari inspirasi model rak bumbu dapur minimalis baik itu dari bahan kayu atau metal, maka bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 18 Macam-Macam Bumbu Dapur Yang Wajib Ada di Rumah!

Rak bumbu kayu IKEA

model rak bumbu dari kayu
IKEA Indonesia

Jika Sedulur mencari model rak kayu tempat bumbu dapur yang classh dan simpel, maka bisa mencoba membeli Rak Bumbu BEKVAM dari IKEA.

-->

Rak keluaran perusahaan asal Swedia ini memiliki karakter yang kokoh karena terbuat dari kayu aspen solid. Selain itu, penampilannya sangat menarik karena menggunakan finishing natural yang menunjukkan serat-serat kayu alami.

Ada beberapa pilihan untuk rak bumbu ini, baik itu yang mode tempel gantung atau rak bumbu berdiri. Jadi Sedulur bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan rumah.

Rak bumbu dapur jaring

Rak bumbu stainless minimalis
Big Go

Selanjutnya ada model rak bumbu dapur minimalis berbentuk jaring. Walaupun tidak terbuat dari kayu, rak bumbu ini cocok untuk membuat dapurmu menjadi lebih rapi dan tertata.

Selain itu, harga rak bumbu jaring seperti ini tidak terlalu mahal. Sedulur bisa membelinya di kisaran harga 30 ribu sampai 50 ribu saja.

Keunggulan rak bumbu dapur jaring sendiri ada pada kemudahan pembersihannya. Rak bumbu ini tidak mudah kotor atau meninggalkan sisa bumbu dapur yang menumpuk.

Rak bumbu plastik dua susun

Rak bumbu plastik
Pinterest

Nah, kalau model rak bumbu dapur yang murah meriah bisa mencoba rak bumbu plastik. Rak bumbu ini cukup mudah dicari dan dirakit sendiri.

Sayangnya dengan harga yang cukup murah, material rak bumbu ini tidak begitu kokoh. Sehingga sebaiknya Sedulur tidak menaruh terlalu banyak bumbu dapur yang terlalu berat seperti botol kecap, botol saus, dan bumbu dengan botol besar lainnya.

Rak bumbu kawat minimalis

Rak bumbu stainless minimalis
Walmart

Kalau rak bumbu satu ini hampir mirip dengan rak bumbu jaring. Namun, bahan pembuatannya terbuat dari besi kawat yang lebih lunak.

Walaupun terkesan ‘murah’ tapi varian ini termasuk model rak bumbu dapur minimalis yang bisa Sedulur coba. Apalagi peletakan rak bumbu ini bisa sangat fleksibel dan mudah diaplikasikan. Selain itu, rak bumbu dari kawat ini juga lebih tahan lama dan tidak mudah terkena karat.

BACA JUGA: Tips Menata Dapur Agar Terlihat Rapi, Bersih dan Lebih Luas

Rak bumbu kayu tiga tingkat

model rak bumbu dari kayu
Simply Recipes

Untuk variasi, rak bumbu dapur dari kayu palet, Sedulur bisa mencoba ide interior di atas. Dengan menggunakan pola tingkat bersusun, Sedulur bisa memberikan 3 palet berbeda pada rak bumbu tersebut.

Selain itu, rak bumbu semacam ini juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan beberapa detail kecil seperti cantolan untuk pisau, gunting, atau peralata dapur lainnya.

Rak dinding minimalis futuristik

Rak bumbu futuristik
Dans Le Lakehouse

Bila ingin model rak bumbu dapur dari kayu yang unik dan tidak biasaya, bisa mencoba inspirasi model di atas. Selain memiliki bentuk yang unik, gaya rak bumbu ini juga membuat penampilan dapur semakin keren.

Rak bumbu dapur tempel

rak tempel
405 Cabinet Stone

Jika Sedulur memiliki dapur dengan ukuran yang mungil, maka bisa mencoba model rak bumbu dapur dari kayu ini. Varian ini sangat mudah diaplikasikan karena menggunakan konsep tempel, sehingga Sedulur tinggal mencari area kosong yang ada di dapur.

Apabila tidak banyak tempat kosong juga, rak bumbu dapur ini juga bisa ditempel di samping kulkas dengan catatan harus menggunakan magnet yang kuat sebagai mediator tempelnya.

Rak bumbu bubuk putar

model rak bumbu dari kayu
YT Makify1

Salah satu model rak bumbu dari kayu yang memiliki gaya unik adalah rak bumbu putar. Biasanya konsep ini digunakan untuk tempat sendok atau garpu. Namun, hal ini juga bisa diterapkan pada tempat bumbu seperti di atas.

Sedulur pun tidak perlu untuk mencari bumbu dapur secara bolak balik dan tinggal mencari  bumbu yang dibutuhkan dengan memutar rak saja.

BACA JUGA: 20+ Inspirasi Dapur Minimaslis Sederhana & Mewah, Bisa Ditiru

Rak dinding kayu rustik

model rak bumbu dari kayu
Penn Rustics

Ini adalah salah satu contoh rak bumbu yang mudah dibuat. Dimana Sedulur bisa membuat rak bumbu dapur dari kayu bekas yang ada di rumah.

Sedulur bisa membersihkan dan menghaluskan dahulu kayu. Setelah itu berikan finishing dengan plitur agar kayu mengkilap. Jika sudah, mulai rangkai kayu dan jadilah model rak bumbu rustik yang cocok menghiasi dapurmu.

Rak bumbu segitiga

Interior dapur
Pinterest

Konsep rak bumbu segitiga adalah cara untuk menyiasati sudut ruangan yang ada di dapur. Dengan metode ini, ruang dapur Sedulur akan bisa memiliki interior yang maksimal dan tidak ada ruang kosong yang terbuang.

Lemari bumbu besar

model rak bumbu dari kayu
CEO

Jika ruang dapur Sedulur cukup besar, maka bisa mencoa lemari bumbu besar. Hal ini bermanfaat untuk menyimpan berbagai macam bumbu dapur dengan ukuran besar seperti kecap, saus, minyak goreng, sampai peralatan dapur lainnya.

Lemari bumbu ini membuat dapur lebih ringkas dan semua kebutuhan memasak bisa dicari dengan cepat dalam satu tempat.

Rak bumbu model laci kayu

Laci bumbu
This Old House

Nah, konsep rak bumbu dari kayu lainnya yang bisa dicoba adalah variasi laci. Sedulur hanya perlu membuat lemari laci yang bisa digeser. Tidak perlu yang berukuran besar, Sedulur bisa memanfaatkan rak laci bertingkat agar bisa mengorganisasi kebutuhan dapur secara tepat.

Rak bumbu gantung stainless

model rak bumbu dari kayu
Pinterest

Salah satu bahan yang tahan lama dan tidak mudah berkarat adalah rak stainless. Rak bumbu ini juga bisa dibersihkan dengan mudah jika ada bumbu dapur yang tumpah.

Dalam beberapa tahun terakhir, rak bumbu gantung menjadi salah satu tipe yang banyak digemari untuk digunakan sebagai peralatan di dapur.

Rak kayu bambu

Rak bumbu tiga tingkat
Ali Express

Terakhir ada rak kayu dari bambu. Ini merupakan model yang sangat murah meriah dan bisa dibuat dengan mudah. Walaupun tingkat ketahanan rak kayu bambu ini cukup rendah, tapi konsep unik bisa Sedulur dapatkan.

Demikian tadi deretan inspirasi rak bumbu dapur dari kayu yang bisa Sedulur coba. Tak hanya membuat suasana dapur menjadi lebih berkelas, penggunaan rak bumbu juga membantu untuk menata segara kebutuhan dapur agar lebih rapi.

Semoga inspirasi di atas bisa membantu Sedulur supaya bisa menciptakan suasana memasak yang asik di rumah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.