keindahan wisata brakseng

Belakangan ini, objek wisata Puncak Brakseng sedang menjadi perbincangan banyak orang. Salah satu destinasi wisata alam ini mampu menarik perhatian banyak pengunjung, bahkan dari luar daerah. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan udara yang sejuk.

Tentu saja para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru di sana. Untuk itu, bagi Sedulur yang sedang mencari objek wisata alam terbaik, jangan lupa untuk memasukkan Puncak Brakseng ke dalam daftar. Nah, berikut akan dijelaskan ulasan lengkap mengenai objek wisata alam tersebut.

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

Objek Wisata Alam Puncak Brakseng

keindahan wisata brakseng
Instagram/jjsmalang

Puncak Brakseng merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di jawa Timur. Objek wisata ini tempatnya berlokasi di Desa Sumber Brantas, Cangar, Kota Batu, Jawa Timur. Nama Brakseng sendiri diambil dari kata “brak” yang berarti puncak, dan “seng” yang artinya singkong.

Di tempat ini, Sedulur dapat menikmati pemandangan alam yang sangat memesona dan memanjakan mata dari ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Apalagi dengan luas lahan sekitar 200 hektare, membuat para pengunjung bisa berlibur dan bersantai sepuasnya.

Pemandangan alam yang ada di sekitar tempat wisata ini, dipenuhi dengan berbagai macam tanaman pertanian. Selain itu, objek wisata ini juga dikelilingi dengan lembah, jurang, serta pegunungan sebagai latar tambahannya.

Sedulur juga dapat melihat Gunung Welirang, Gunung Arjuno, dan Gunung Panderman yang berjajar dengan megahnya. Tidak hanya menikmati pemandangan alam, pengunjung jika bisa belajar mengenai berbagai tanaman dan hewan yang ada di kawasan pegunungan.

Bagi yang suka permainan, telah tersedia wahana permainan seperti sepeda gantung, flying fox, hingga ayunan langit. Setelah selesai dengan permainan, para pengunjung bisa langsung menikmati hidangan lezat dari berbagai menu makanan khas dari Malang dan menginap di villa yang sudah disediakan.

BACA JUGA: Wisata Kawah Wurung Bondowoso: Sejarah, Harga Tiket, dan Jalur

Daya Tarik Objek Wisata Puncak Brakseng

wisata brakseng
Instagram/ngalam_mblarah

Brakseng menghadirkan banyak daya tarik yang tentu saja mampu membuat Sedulur dan keluarga atau teman-teman, betah untuk berlama-lama di sini. Nah, beberapa daya tarik yang bisa dinikmati selama di tempat ini yaitu seperti berikut.

1. Pemandangan alam nan indah

Ketika tiba di objek wisata Puncak Brakseng, Sedulur akan langsung disambut oleh pemandangan alam yang sangat indah dan memukau. Bukit-bukit hijau yang membentang sejauh mata memandang, mampu menghipnotis siapa saja dengan keindahan alamnya.

Di samping itu, udara segar yang terasa di tempat ini akan membuat perjalanan Sedulur terasa semakin nyaman. Nah, bagi yang ingin berkunjung, disarankan untuk tiba di sini saat pagi hari.

Pasalnya, jika Sedulur berkunjung pada pagi hari, mata akan langsung dimanjakan dengan keindahan matahari terbit yang memancarkan cahaya keemasan melalui kabut tipis. Fenomena tersebut menciptakan pemandangan yang terasa magis.

2. Hamparan sayuran hijau

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alamnya, salah satu objek wisata alam terbaik di Malang ini juga dikenal dengan hamparan lahan petak yang rapi. Lahan-lahan tersebut ditanami dengan berbagai macam dan jenis sayuran hijau yang tumbuh dengan subur.

Menikmati pemandangan berupa hamparan sayuran yang tersusun dengan rapi di tengah pegunungan seperti ini, tentu mampu memberi perasaan yang damai dan menyejukkan. Terlebih jika Sedulur tinggal di kawasan perkotaan yang sibuk dan padat.

Selain melihat keindahannya, Sedulur juga bisa membeli sayuran segar langsung dari para petani setempat sebagai oleh-oleh yang lezat dan tentu saja sehat.

3. Dekat dengan wisata air panas Cangar

Keistimewaan lain yang bisa ditemukan di tempat wisata ini, yakni lokasinya yang berdekatan dengan Air Panas Cangar. Jadi setelah seharian menjelajahi keindahan alam dari objek wisata Puncak Brakseng, Sedulur bisa langsung merilekskan diri di air panas yang mengalir secara alami.

Perlu untuk diketahui, jika sumber Air Panas Cangar ini dipercaya oleh warga sekitar mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, air panas yang satu ini juga dapat meredakan kelelahan otot setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang melelahkan.

Ya, berendam di tempat ini bisa menjadi cara yang paling sempurna untuk mengakhiri hari petualangan Sedulur di objek wisata puncak ini.

4. Nongkrong di Cafe Sawang Alam

Setelah puas menikmati keindahan alam Puncak Brakseng dan juga berendam di Air Panas Cangar, Sedulur bisa melanjutkan pengalaman wisata dengan nongkrong di Cafe Sawang Alam. Cafe yang satu tentu saja berbeda degan cafe-cafe yang biasa ditemui di perkotaan.

Cafe Sawang Alam menawarkan suasana yang santai dan nyaman, dengan pemandangan yang sangat memukau. Di tempat ini, Sedulur bisa menikmati kopi atau makanan ringan sambil mengobrol dengan keluarga atau teman-teman sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekitar.

Ya, bisa dibilang jika Cafe Sawang Alam merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati momen yang istimewa dan tidak terlupakan di Puncak Brakseng.

BACA JUGA: 12 Destinasi Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Puncak Brakseng

wisata brakseng
Kompasiana/Ajeng Mei Linda

Jika Sedulur mulai tertarik untuk berkunjung, ketahui dulu harga tiket masuk ke objek wisata tersebut. Nah, hingga saat ini, para pengunjung yang berwisata dan menikmati pemandangan di Puncak Brakseng tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Namun, apabila ke depannya ada pengembangan wisata, mungkin saja akan diadakan tiket masuk. Sedulur juga bisa bebas datang kapan saja, dari pagi sampai petang. Hal ini karena tempat wisata alam tersebut mulai dibuka dari pukul 07.00 sampai 17.00.

Hanya saja, Sedulur perlu mempersiapkan biaya retribusi parkir. Untuk kendaraan roda dua, tarif parkir yang dikenakan sebesar Rp5.000. Sementara untuk kendaraan roda empat alias mobil, biaya parkirnya yakni Rp10.000. Kemudian untuk toilet hanya dikenakan biaya Rp2.000 saja.

Demikian beberapa informasi lengkap tentang objek wisata Puncak Brakseng yang wajib diketahui, sebelum pergi mengunjunginya. Sedulur bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman ketika libur panjang dengan mengunjungi wisata alam yang indah dan eksotis ini.