wisata lumajang

Wisata Lumajang yang cukup banyak dikunjungi adalah Gunung Bromo. Namun, masih ada banyak sekali wisata alam yang dimiliki Kota Pisang ini. Bila Sedulur tertarik untuk melakukan eksplorasi wisata Lumajang, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasinya nih.

Berada di daerah yang dikelilingi pegunungan, memang membuat Lumajang memiliki pesona alam yang ciamik. Jadi langsung saja, berikut ini deretan destinasi wisata Lumajang yang wajib Sedulur kunjungi!

BACA JUGA: Wisata Banyuwangi Songgon yang Harus Dikunjungi!

1. Air terjun Kapas Biru

wisata lumajang
Marjaya Trans

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru baru dibuka sebagai objek wisata sekitar tahun 2015 silam, meskipun terbilang baru namun selalu ada pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam yang disajikan di sekitarnya.

Dengan memiliki dua tingkatan, airnya mengalir dengan cukup derasnya menuju kolam alami yang ada di bawahnya. Air yang dialirkannya berasal dari Sungai Lengkong dan Besukbang yang berhulu dari kaki Gunung Semeru.

Maka jangan heran, jika bersih seperti kapas serta menyegarkan. Ketinggian air terjunnya mencapai 100 meter, karena aliran airnya cukup deras sehingga kamu tak dapat mendekatinya.

2. Danau Klakah

Danau Klakah ini adalah suatu tempat wisata yang berbentuk danau yang termasuk ke dalam danau segitiga. Dengan ketinggian yang dimiliki sekitar 900 meter dpl dan luasnya yang mencapai 22 hektar serta kedalamannya sekitar 28 meter.

Danau ini memang sangat menarik untuk didatangi. Apalagi Gunung Lemongan menjadi background pemandangan di sana juga. Walaupun lokasinya tidak terlalu jauh dari tengah kota, masih belum ada alat transportasi umum yang menuju kesana. Sedulur bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Dalam perjalanan ke Danau Klakah Sedulur juga bisa menemukan buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya.

3. Ranu Regulo

Ranu Regulo lokasinya berada di Desa Ranu Pani dan masuk kedalam kawasan taman nasional Bromo, Tengger, Semeru. Desa Ranu Pani ini memiliki 3 buah danau, yaitu danau Ranu Kumbolo, danau Ranu Pani dan danau Ranu Regulo. Lokasi Ranu Regulo letaknya tak jauh dari Ranu Kumbolo yang merupakan surga pendakian Gunung Semeru.

Danau ini memiliki air yang jernih berwarna biru kehijauan. Terbentuk secara alami dengan keindahan alamnya yang membuat takjub. Jika ingin menikmati keindahan Ranu Regulo dari sisi lain Sedulur dapat naik ke Bukit Gending. Letaknya tidak jauh dari danau, pemandangan yang disguhkan sangat indah dan menawan.

Daya tarik dari danau ranu Regulo ini yaitu tersedianya camping area di tepian danau. Tanahnya luas dan relatif rata dan landai, cocok untuk mendirikan tenda untuk berkemah. View alamnya begitu indah dan asri, tampak hutan lebat hijau mengelilingi area danau.

4. Situs Biting

Selain wisata yang mengasyikan, tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu untuk datang ke obyek wisata sejarah menarik yang ada di Lumajang seperti Situs Biting. Situs Biting adalah sebuah situs arkeologi yang diperkirakan merupakan peninggalan dari kerajaan Lumajang. Situs bersejarah ini berada di area dengan luas sekitar 135 hektar.

Salah satu bangunan yang paling menarik di kompleks Situs Biting ini adalah bekas tembok benteng yang memiliki panjang 10 kilometer, lebar 6 meter dan tinggi 10 meter. Jadi selain berwisata, Sedulur juga bisa mempelajari sejarah-sejarah yang ada di negeri kita.

5. Kebun teh Kertowono Gucialit

Kebun Teh Gucialit atau Kebun Teh Kertowono Gucialit berada di wilayah Perkebunan nusantara (PTPN) XII, dengan luas sekitar lebih dari 2000 hektar. Konsep yang ditawarkan kebun teh ini ialah agrowisata, dimana kamu dapat melihat proses memetik daun teh hingga menyaksikan proses pembuatan teh dan mencicipinya.

Selain itu tersedia juga area camping untuk kamu yang ingin mendirikan tenda dan menghabiskan malam hanya bersama alam. Mengelilingi area kebun bisa dilakukan dengan berjalan di jembatan kayu yang kece dan dilengkapi juga dengan aneka spot foto, atau bisa juga dengan menjajal motor trail yang disewakan untuk kamu yang ingin mencobanya.

6. Pura Mandara Giri

wisata lumajang
Tempat Wisata

Nah untuk Sedulur yang menyukai wisata religi atau napak tilas sejarah, Sedulur bisa datang ke Candi atau Pura Mandara Giri yang ada di Lumajang ini. Tempat yang menawarkan sejarah agama Hindu ini lokasinya juga tidak jauh dari tengah kota, hanya sekitar 25 km menuju ke bagian barat.

Candi yang masih terawat semenjak dibangun tahun 1991 ini mempunyai pemandangan alam yang eksotis dan bisa membuat Sedulur betah berlama-lama karena di sana bisa melihat pemandangan Gunung Semeru dari kejauhan juga.

Untuk masalah desain bangunan, pura ini memiliki  gaya arsitektur pura-pura di Bali, yaitu arsitektur tradisional Bali yang masih mengikuti gaya arsitektur zaman kerajaan Majapahit. yang digunakannya.

7. Pantai Watu Pecak

Pantai Watu Pecak merupakan lokasi favorite yang selalu dikunjungi wisatawan apalagi jika weekend ataupun hari libur lainnya. Destinasi liburan yang tepat untuk membawa anggota keluarga menghabiskan waktu bersama dengan ditemani deburan ombak di Pantai Watu Pecak.

Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam, terlihat sangat eksotik dengan dihiasi deburan ombaknya yang cukup deras.

Banyak dari pengunjung yang menghabiskan waktu dengan bermain pasir dan bermain air di tepian pantainya. Atau kamu dapat menikmati keseruan bermain kuda di atas hamparan pasirnya.

8. Air terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu dapat diakses dari Malang maupun dari Lumajang. Air terjun ini memiliki bentuk aliran yang menyerupai tirai, terlihat nampak seperti sebuah niagara yang ada di Amerika sana.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian sekitar 120 meter, airnya mengalir dari berbagai sela-sela tebing yang menopangnya. Kamu dapat melihat kemegahan Air Terjun Tumpak Sewu dari sebuah gardu pandang, yang jaraknya sekitar 400 m dari lokasi parkir.

Gardu pandang tersebut berada sekitar 100 meter dari air terjun, namun jika kamu ingin berada lebih dekat dengan aliran airnya kamu harus melakukan trekking yang tidak mudah.

9. Pantai Bambang

Destinasi wisata selanjutnya bertemakan pantai yang bernama Pantai Bambang, dimana memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam dengan kandungan kadar besi yang tinggi.

Konon katanya pasir di Pantai Bambang ini merupakan pasir dari Gunung Semeru yang mengalir terbawa aliran lava. Terlepas dari hal tersebut, keindahan pantainya dihiasi dengan deretan pegunungan yang gagah.

Pantai Bambang memiliki ombak yang besar sehingga harus sangat berhati-hati ketika hendak bermain air di sekitar pantainya. Pantai yang satu ini terkenal memiliki batuan yang indah, dengan berbagai bentuk.

BACA JUGA: Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi, Bikin Nagih!

10. Hutan Bambu Lumajang

wisata lumajang
Sfidn Fits

Wisata Hutan bambu Lumajang lokasinya terletak dikaki gunung Semeru. Tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam berupa pohon-pohon bambu yang rimbun dan menjulang tinggi. Di hutan ini terdapat hampir 20 jenis bambu yang dibudidayakan oleh pengelola.

Selain keindahan hutan bambu, disini juga tersedia beberapa kegiatan menarik lainnya. Seperti menikmati suasana adem dan dinginnya air yang bersumber dari mata sumber deling. Berswafoto ditengah hutan bambu, hingga berenang di kolam renang.

Dan yang tak kalah menarik adalah terdapatnya beberapa fauna yang tinggal disini. Diantaranya terdapat hewan kelelawar, kera ekor panjang, ikan dan masih banyak yang lainnya.

11. Air terjun Coban Pawon

Coban Pawon atau Air Terjun Coban Pawon adalah sebuah obyek wisata alam yang lumayan unik dan mempunyai daya tarik tersendiri karena air terjun yang ada di sana ada di dalam goa sehingga terlihat mirip dengan pawon atau dapur dalam Bahasa Indonesia.

Konon menurut penduduk di sekitar sana, percikan air terjun ini dipercaya bisa membantu mengobati penyakit juga, namun Sedulur boleh percaya boleh tidak. Atau Sedulur datang saja langsung untuk membuktikannya.

Bentuk pawon yang menawan ini bisa terlihat jelas dari kejauhan juga. Bahkan, cahaya matahari yang menerawang masuk pun jadi terlihat lebih indah. Terlebih lagi, jika Sedulur berani masuk ke dalam goa yang berdiameter sekitar 6 meter ini.

12. Pemandian Tirtosari View

TvOne

Yang menjadi daya tarik dari objek wisata Tirtosari View sendiri yaitu pemandian alam. Airnya sangat jernih berasal dari sumber mata air lereng Gunung Semeru. Pemandangan alamnya indah dikelilingi tumbuhan hijau dengan udara sejuk khas pegunungan.

Selain berenang, pengunjung juga bisa berswafoto dibawah air dengan ikan. Beberapa kegiatan alam lainnya yaitu tersedia wahana flying fox. Sarana umum yang tersedia pun cukup lengkap diantaranya terdapat cafe, gazebo, dan beberapa tempat duduk untuk bersantai.

Demikian tadi deretan rekomendasi wisata Lumajang yang wajib Sedulur kunjungi. Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, Sedulur juga bisa merasakan berbagai macam tantangan untuk bisa melihat keindahan wisata-wisata di atas. Jadi selamat berlibur ya!