lontar sewu

Ketika mendengar nama Lontar Sewu, Sedulur pasti akan langsung terbesit wisata alam yang bagus untuk mengajak anak dan sanak keluarga. Hal ini lantaran tempat wisata yang mengusung konsep educational park itu, memiliki konsep yang menarik untuk memberikan pengetahuan sembari menikmati indahnya pesona alam di Gresik, Jawa Timur.

Bagi Sedulur yang belum pernah datang ke sini, tentu belum mengetahui apa saja daya tarik wisata Lontar Sewu. Nah, agar bisa menjawab keresahan itu, kali ini kita akan mengulas secara lengkap informasi seputar Lontar Sewu. Apa saja kira-kira? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Wisata Ramah Anak Seru dan Terfavorit

Mengenal Edu Wisata Lontar Sewu

lontar sewu
PemkabGresik/Desa Hendrosari

Edu Wisata Lontar Sewu adalah salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Hendrosari, Kabupaten Gresik. Berbeda dengan jenis wisata alam biasa, Lontar Sewu memberikan pengalaman unik kepada para pengunjungnya karena mengkombinasikan wisata edukasi dengan wisata alam pedesaan.

-->

Dengan konsep yang unik ini, tentunya para pengunjung tidak hanya bisa menikmati pesona alam kawasan Lontar Sewu yang asri, tapi juga bisa memberikan banyak ilmu serta pengalaman belajar selama berada di sana.

Konsep wisata alam Lontar Sewu memang begitu kental. Didominasi wilayah pedesaan yang memiliki puluhan hektar sawah hijau, membuat para pengunjung bisa dengan lega menikmatinya.

Tak hanya keberadaan sawahnya saja yang mencuri perhatian, ratusan pohon lontar yang tumbuh di sekitar lokasi ini juga menjadi spot foto yang menarik. Para pengunjung pun dapat berjalan di tengah-tengah sawah ini dengan nyaman karena jalur pedestriannya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan.

Pemandangan sore di kawasan persawahan juga sangat indah. Sedulur tak hanya bisa menikmati suasana senja yang syahdu, tapi juga ada beberapa burung yang sering terbang ketika matahari mulai tenggelam.

Jangan khawatir karena ketika gelap, wisata Lontar Sewu tetap akan penuh cahaya karena ada ratusan lampu warna-warni yang sudah terpasang di area tersebut. Sehingga menjadikan tempat ini semakin berwarna di malam hari.

Sedulur juga tidak perlu khawatir kelaparan karena ada banyak opsi kuliner di dalam Edu Wisata Lontar Sewu. Jadi tidak heran kalau objek wisata Lontar Sewu bisa menjadi pilihan terbaik untuk wisata keluarga di Gresik. Tak hanya menghibur bagi orang dewasa, tapi juga bagi anak-anak.

BACA JUGA: Wisata Kawah Wurung Bondowoso: Sejarah, Harga Tiket, dan Jalur

Fasilitas Wisata Lontar Sewu

PemkabGresik/Desa Hendrosari

Edu Wisata Lontar Sewu menawarkan banyak sekali wahana seru dan kegiatan menarik. Misalnya saja ada permainan untuk untuk anak-anak hingga orang dewasa. Pengunjung bisa mencoba berbagai pilihan wahana seru, seperti sky bike, flying fox, komedi putar, rumah balon, kereta mini, dan lain-lain.

Untuk kegiatan edukatif juga tidak kalah beragam, Sedulur bisa mampir ke taman kelinci atau menikmati area persawahan dan rimbunnya pohon lontar. Namun, selain itu ada beberapa fasilitas yang mungkin jadi spotlight di wisata ini.

1. Suasana pedesaan yang hijau nan asri

Objek wisata ini memadukan wisata edukasi dan alam pedesaan. Pengunjung dapat menikmati sejuknya hawa pedesaan dengan indahnya pemandangan area persawahan. Ditambah dengan pepohonan yang menambah rindang area wisata.

Keindahan alam sekitar yang hijau dan memanjakan mata. Terdapat pohon-pohon lontar hijau dengan hamparan persawahan yang asri. Diatas hamparan persawahan terdapat jembatan kayu. Jembatan yang bisa digunakan untuk berkeliling sekaligus menikmati panorama alam sekitar.

Pemandangan sore di kawasan persawahan juga nampak indah. Apalagi saat matahari mulai terbenam. Pemandangan hamparan persawahan yang luas, asri dan menawan.

2. Wahana kereta sawah

Menikmati keindahan area persawahan tidak hanya berjalan di jembatan kayu saja. Di sini juga terdapat kereta mini untuk berkeliling. Lintasan kereta ini juga berupa rel besi layaknya kereta sungguhan. Wahana ini bernama Kereta Sawah, tidak hanya anak-anak, kereta ini juga bisa dinaiki orang dewasa.

Terdiri dari satu lokomotif dan lima buah gerbong. Masing-masing gerbong bisa terisi hingga empat orang, dan lokomotif untuk satu orang. Tidak memiliki atap maupun pintu, wisatawan dapat langsung duduk seperti menaiki komidi putar. Untuk keamanan wisatawan tetap terjamin karena laju kereta terbilang lambat.

3. Rasakan adrenalin bermain swinger

Wahana permainan ini mirip seperti ayunan. Hanya saja sudah dimodifikasi, tidak hanya mengayun maju dan mundur. Tapi juga berputar seperti komidi putar. Anak-anak dan orang dewasa dapat menikmati wahana ini.

Wisatawan akan duduk pada sebuah kursi Swinger. Setiap kursi memiliki pengaman serta pegangan dari besi. Kemudian, wahana akan berputar sambil mengayun-ayun. Awalnya perlahan, lama-kelamaan ayunan dan putaran semakin kencang.

Wahana satu ini cukup memancing adrenalin. Namun, jangan khawatir karena keamanannya selalu dijaga dan dirawat berkala oleh pengelola ya.

4. Taman kelinci

Objek wisata yang instagramable dan ramah anak ini juga menyediakan wahana edukasi, yaitu Taman Kelinci. Di sini anak-anak dapat masuk ke kawasan taman dan berinteraksi langsung dengan hewan kelinci.

Memegang dan memberi makan kelinci menjadi aktivitas seru yang dapat dilakukan anak-anak. Para orang tua dapat memperkenalkan kelinci. Serta mengajari anak tentang hal yang berkaitan dengan kelinci.

5. Panen legen dan nira

Salah satu kegiatan wisata edukasi yang tak kalah menarik ketika datang ke Lontar Sewu adalah melakukan panen legen dan nira. Namun, Sedulur harus menemukan waktu panen yang tepat karena momen ini tidak terjadi setiap hari.

Legen dan nira merupakan hasil sulingan dari buah pohon palem yang memiliki rasa manis. Umumnya, legen dan nira bisa dijadikan minuman biasa. Namun hasil alam ini juga bisa diolah kembali menjadi gula atau manisan.

6. Spot foto di semua sudut

Wisata ini juga menyediakan berbagai spot foto yang unik dan instagramable. Spot yang paling menarik di Lontar Sewu yaitu Jembatan Pelangi. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang persawahan hijau yang asri.

Pihak pengelola juga menyediakan beragam spot foto instagramable lainnya. Didesain sedemikian rupa menarik sebagai tempat mengabadikan momen. Berikut beberapa spot foto di lokasi Edu Wisata Lontar Sewu.

  • Rumah Indian
  • Jembatan Titian
  • Rumah Kurcaci
  • Titik Sayap Kupu-kupu
  • Gardu Pandang di Pohon
  • Taman Bunga dan lainnya

Jadi kemanapun Sedulur berjalan, pasti bisa menjadikan sudut di Edu Wisata Lontar Sewu sebagai spot foto terbaik. Selain itu, ada juga fasilitas pendukung lain seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, dan foodcourt.

BACA JUGA: 48 Wisata Alam di Ponorogo yang Keren dan Wajib Dikunjungi!

Rute Lokasi

lontar sewu
PemkabGresik/Desa Hendrosari

Cara untuk bisa menuju Edu Wisata Lontar Sewu sebenarnya cukup mudah. Aksesnya bisa lewat dari pusat Kota Gresik dengan mengambil rute menuju Terminal Bunder. Kemudian Sedulur tinggal belok ke selatan menuju Jalan Banjarsari hingga Pasar Cerme. Lanjutkan perjalanan ke arah selatan, ikuti jalan lurus hingga melewati jembatan dekat SPBU. Setelah itu ikuti jalan lurus sedikit, kemudian belok ke kiri.

Dari belokan tersebut, lanjutkan perjalanan hingga 200 meter sampai bertemu jembatan lagi. Lanjutkan terus perjalanan sekitar 1,5 kilometer, hingga bertemu minimarket yang berada di sebelah kiri jalan.

Dari minimarket tersebut, lanjutkan perjalanan sejauh 100 meter, Sedulur akan bertemu perempatan dan gerbang masuk Desa Hendrosari. Dari gerbang desa tersebut, lanjutkan perjalanan sekitar 500 meter lagi. Setelah itu, Sedulur bisa melihat papan arah menuju Lontar Sewu.

Apabila Sedulur sedikit kebingungan di jalan, ada beberapa akses penunjuk jalan yang bisa membantu untuk menemukan lokasi Lontar Sewu. Selain itu, titik google maps lokasi ini juga sudah bisa diikuti dengan mudah.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Edu Wisata Lontar Sewu memiliki jam buka yang sangat lama. Sedulur bisa datang mulai dari pagi sampai malam, yaitu 08.00 sampai 21.00 WIB. Khusus pada hari Minggu, jam buka objek wisata ini akan lebih pagi lagi yaitu pukul 07.00 WIB.

Sementara untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau dan murah. Sedulur cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 8.000 pada hari biasa, sedangkan pada hari libur dan akhir pekan akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Harga parkir kendaraannya juga murah, yaitu Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jadi Sedulur bisa berwisata dengan nyaman dan aman.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang Edu Wisata Lontar Sewu di Gresik. Wisata yang menggabungkan konsep alam dan pendidikan ini memang jadi pilihan menarik untuk berekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Semoga informasi ini membantu dan memberikan gambaran untuk Sedulur yang ingin berwisata ke Lontar Sewu ya.