kawah wurung

Bondowoso merupakan salah satu kota kecil di sudut timur Pulau Jawa. Namun, walaupun tidak seterkenal Surabaya atau Malang, kota ini memiliki satu wisata alam yang begitu fenomenal bernama Kawah Wurung.

Wisata Kawah Wurung merupakan kawasan perbukitan yang memiliki hamparan rumput hijau yang begitu asri. Jadi tidak heran jika beberapa orang sering menyebut area ini sebagai Bukit Wurung. Bahkan, beberapa orang menganggap pemandangan perbukitan di sana cukup mirip negara-negara Eropa.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk datang ke Bukit Wurung, sebaiknya simak ulasan kali ini. Akan ada banyak informasi tentang lokasi, harga tiket, dan pesona apa saja yang ada di sana. Jadi langsung kita bahas ya!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Wisata Ramah Anak Seru dan Terfavorit

Pesona Kawah Wurung

kawah wurung
Instagram/discoverbondowoso

Bagi Sedulur yang belum pernah datang ke Bondowoso, wisata Kawah dan Bukit Wurung mungkin asing di telinga. Namun, kawasan yang masuk ke dalam area konservasi Ijen park ini memiliki pemandangan dan pesona alam yang begitu indah.

Objek wisata ini terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Area Kawah Wurung merupakan barisan perbukitan dengan hamparan padang rumput yang begitu luas.  

Memiliki bentuk seperti cekungan melingkar, para wisatawan juga sering menyebut wisata ini sebagai Bukit Cincin. Bahkan, ada juga lho yang memiripkannya dengan Bukit Teletubbies karena hamparan rumput hijaunya.

Dengan keindahan wisata Bukit Wurung ini, tak heran banyak orang yang menyebutnya sebagai zamrud Bondowoso. Belum lagi suasana Bukit Wurung yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.500 mdpl.

Jalur Trekking Puncak Wurung

Pexels/Josh Hild

Agar Sedulur tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri ketika tiba di Kawah Wurung, maka perlu memahami jalur trekkingnya. Tidak perlu khawatir, area trekking menuju puncak Bukit Wurung tidak terlalu terjal dan bisa dilakukan dengan lama perjalanan 15 menit saja.

Sedulur akan menemukan satu jalur tanjakan, yang sudah dibentuk dengan anak tangga. Tanjakan tersebut cukup tinggi dan memiliki jalur sepanjang 100 meter. Masyarakat lokal sendiri menyebut jalur ini sebagai Tanjakan Cinta.

Setelah mencapai ujung, tibalah di puncak bukit yang melingkar, yaitu Bukit Cincin dengan hamparan pemandangan hijau di seluruh sudutnya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe Trawas dengan Pemandangan Indah

Harga Tiket Masuk dan Akses

Pexels/Scott Webb

Bukit Wurung sekarang sudah dikelola dengan profesional oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Perhutani. Jadi Sedulur tidak bisa sembarangan ketika ingin datang ke sana.

Ada beberapa syarat yaitu dengan membayar tiket masuk untuk bisa datang ke Kawah Wurung. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena biaya retribusi ke Kawah Wurung hanya dibanderol Rp3 ribu saja lho. Sementara itu, untuk bisa datang ke Bukit Wurung ada beberapa akses jalan yang bisa dilalui.

Pertama melalui jalur Kabupaten Bondowoso. Kawah Wurung dengan jalur Bondowoso dapat melewati rute perjalanan ke Kawah Ijen hingga ke Desa Sempol. Lama perjalanan ini hanya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam.

Sementara, untuk jalur kedua adalah melewati Kabupaten Banyuwangi. Sedulur bisa mengambil jalan menuju ke Kawah Ijen dengan jarak sekitar 40 kilometer. Setelah sampai di pos pendakian Kawah Ijen, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah jalur Bondowoso.

Sejarah Terbentuknya

kawah wurung
Instagram/dailyhijabjourney

Bukit Wurung merupakan salah satu anak gunung Ijen Purba. Area ini termasuk ke dalam kekayaan alam situs Ijen Geopark di wilayah Bondowoso. Konon, kawah ini sudah terbentuk ratusan tahun lalu.

Berdasarkan kisah warga setempat, nama Kawah Wurung diambil dari bahasa Jawa yang bermakna gagal. Hal ini tak lepas dari sejarah kawah Wurung yang gagal terbentuk karena aktivitas vulkanisnya tiba-tiba berhenti dan menjadi gunung mati.

Ratusan tahun berlalu, kawasan yang jauh dari perhatian orang-orang ini lantas tumbuh alami hingga menciptakan perbukitan hijau. Keindahan alam ini pun menjadi sebuah harta karun yang akhirnya hits pada beberapa tahun kebelakang.

Kini, area Bukit Wurung menjadi salah satu unggulan pariwisata di Bondowoso. Hal ini tak lepas dari masuknya area ini ke dalam Unesco Global Geopark.

Demikian tadi informasi lengkap tentang wisata Kawah Wurung. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur ketika ingin berkunjung kesana dan bisa mempersiapkan semua hal agar liburan makin nyaman ya.