air terjun tumpak sewu

Tentu Sedulur pernah melihat keindahan air terjun Niagara di film maupun acara TV, bukan? Kini Sedulur tidak perlu jauh-jauh pergi ke perbatasan antara Kanada dan Amerika, karena di Kabupaten Lumajang terdapat air terjun yang tidak kalah indah, yakni air terjun Tumpak Sewu.

Salah satu air terjun yang terkenal di kalangan wisatawan ini, menghadirkan hawa sejuk serta pemandangan kehijauan yang sangat asri di sekitarnya. Ya, air terjun yang satu ini memang menghadirkan banyak daya tarik tersendiri.

Hal ini membuatnya terlihat sangat megah dan juga mempesona, membuatnya juga dijuluki sebagai Tebing Nirwana. Bagi Sedulur yang penasaran, berikut informasi mengenai air terjun Tumpak Sewu!

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

-->

Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu
Instagram/foto.kan

Nama dari wisata Lumajang ini diambil dari dua kata, yakni tumpak yang artinya naik dan sewu yang berarti seribu. Jadi Tumpak Sewu sendiri bisa diartikan sebagai air terjun yang terlihat seolah sedang menaiki atau menumpang di tebing atau dinding air terjun.

Walaupun tidak benar-benar berjumlah seribu, jumlah curahan air yang membentuk air terjun di tempat ini memang sangat banyak. Membuatnya terlihat sebagai air terjun raksasa seperti air terjun Niagara. Deretan air yang berjejer terjun melebar bagaikan tirai. Dan sesekali membiaskan pelangi yang sangat menawan.

Air terjun yang satu ini berada di ketinggian 500 meter dpl, sementara ketinggian air dari atas ke bawah mencapai 120 meter. Air terjun Tumpak Sewu masuk dalam kategori tiered waterfall atau air terjun bertirai, terbentuk dari aliran Sungai Glidik yang berhulu di Gunung Semeru.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi dari air terjun Tumpak Sewu berada di Jalan Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Objek wisata yang satu ini mulai dibuka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Letaknya sendiri ada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang serta Kabupaten Malang.

Untuk bisa sampai di lokasi air terjun, para wisatawan dapat menggunakan jalur Lumajang. Jalur ini memang direkomendasikan, karena dinilai lebih aman untuk menuju ke area bawah. Nah, loket resminya ada di jalur Lumajang. Sementara di jalur Malang terbuat dari tangga vertikal yang cukup berbahaya.

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Tiket Masuk ke Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu
Instagram/pesonasahabattour.id

Bisa dibilang jika air terjun ini merupakan objek wisata yang murah meriah. Para pengunjung hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp10.000 rupiah saja. Apabila membawa kendaraan, Sedulur perlu membayar tiket parkir sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp5.000 rupiah untuk roda dua.

Nah, di tempat ini Sedulur juga dapat menikmatinya melalui gardu pandang, sebuah bangunan layaknya monumen seluas 30 meter. Gardu pandang ini dapat naik dan menampung hingga 50 orang, dan semuanya bisa menikmati pemandangan air terjun bersama-sama.

Tidak usah khawatir, gardu pandang tersebut juga sangat aman karena telah dilengkapi dengan pagar besi di sekelilingnya. Jarak dari tempat ini ke air terjun Tumpak Sewu yakni sekitar 100 meter. Jadi jika Sedulur malas turun dan basah-basahan, bisa memanfaatkan gardu pandang ini untuk menikmati air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu

Bicara tentang air terjun Tumpak Sewu, tentu saja ada banyak hal yang mampu membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Bukan tanpa sebab, hal itu karena air terjun yang ada di Lumajang ini mempunyai beberapa daya tarik, seperti yang ada di bawah ini.

1. Banyak air terjun kecil

Di objek wisata Lumajang ini, Sedulur juga dapat menemukan beberapa air terjun dengan ketinggian yang lebih rendah dari Tumpak Sewu. Airnya juga sangat jernih dan segar, bahkan Sedulur dapat berenang atau bermain air di kolam yang ada di bawahnya. Ya, dasar kolam dapat dilihat karena airnya sangat jernih.

2. Goa bidadari di Tumpak Sewu

Ketika Sedulur sedang berkunjung di sini, maka akan menemukan sebuah goa yang bersembunyi di balik air terjun. Goa ini diberi nama Goa Bidadari, tempat yang umumnya digunakan untuk kegiatan spiritual seperti bertapa atau bersemedi. Namun pengunjung juga boleh masuk dan melihat-lihat bagian dalamnya.

3. Lembah di sekitar air terjun

Masih di area bagian bawah, Sedulur juga bisa menemukan lembah hijau yang dapat dijadikan sebagai spot foto yang sangat menarik. Di sini para pengunjung dapat melihat keindahan dan juga kemegahan air terjun dari bawah, lho! Menariknya, jika Sedulur berteriak di sini, maka suara yang keluar akan bergema.

BACA JUGA: Wisata Kawah Wurung Bondowoso: Sejarah, Harga Tiket, dan Jalur

Fasilitas Tumpak Sewu

Unsplash/Nick Decorte

Seperti halnya tempat wisata alam lain yang ada di Jawa Timur, beberapa fasilitas pendukung juga turut disediakan di objek wisata air terjun Tumpak Sewu ini untuk menunjang kenyamanan dari para pengunjung yang datang.

Jadi Sedulur akan menemukan beberapa fasilitas dasar seperti toilet dan tempat parkir yang terbilang cukup luas. Bukan hanya itu saja, di area ini juga tersedia tempat nongkrong, warung makan, dan tentu saja mushola.

Dengan begitu, Sedulur dapat memesan minuman dan makanan ringan seperti aneka gorengan untuk mengusir lapar ketika berkunjung. Nikmati suasana alami di sekitar yang sangat nyaman, asri, dan tentram sambil menyeruput kopi panas dan gorengan yang lezat.

Nah, itulah informasi singkat mengenai air terjun Tumpak Sewu yang perlu diketahui. Sebelum pergi berkunjung, ada beberapa tips tambahan yang tidak boleh dilewatkan. Pertama, pastikan kondisi fisik dan mental benar-benar siap, karena menjelajahi alam bukanlah hal yang mudah.

Selain itu, kenakan sandal anti selip, pakaian yang tidak terlalu tebal, topi, serta bawa air minum untuk perjalanan. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan spot-spot menarik yang ada di sekitarnya, ya.

Agar menikmati suasana air terjun Tumpak Sewu makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas mulai dari jalan-jalan dan bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga dSuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.