pulau terbesar di indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan karena memiliki 17.000 pulau yang terdiri dari pulau besar maupun kecil. Besar kecilnya pulau tersebut dapat diketahui dari perhitungan luas wilayah masing-masing pulau. Dengan demikian, definisi pulau besar di Indonesia adalah pulau yang memiliki luas wilayah lebih dari 10.000 km², dimana pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Papua.

Setelah Pulau Papua, masih banyak pulau-pulau besar lainnya yang menyusun Indonesia. Wilayah pulau-pulau tersebut dapat termasuk ke dalam wilayah Indonesia secara keseluruhan, atau sebagian wilayahnya termasuk ke dalam wilayah negara lain. Nah, apa saja pulau yang termasuk ke dalam 10 pulau terbesar di Indonesia tersebut? Berikut adalah daftarnya.

BACA JUGA: Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia Beserta Bisnisnya

1. Pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Papua

pulau terbesar di indonesia adalah
iStock

Pulau Papua memiliki luas wilayah 786.000 Km². Pulau ini terbentang seluas lebih dari 1.500 mil dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Laut Koral, dan Laut Arafura di Kepulauan Melayu bagian timur. Papua merupakan pulau besar di dunia kedua setelah Greenland yang biasa disebut sebagai New Guinea.

Pulau Papua tidak hanya masuk ke dalam wilayah negara Indonesia, namun pulau ini juga termasuk ke dalam wilayah Papua Nugini. Pulau ini terdiri dari 5 provinsi, yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah. Sebagai informasi, pulau ini menjadi satu-satunya pulau Indonesia yang berada di dalam Oseania.

Sebagai Pulau terbesar di Indonesia, Papua menyimpan kekayaan alam yang sangat melimpah. Selain memiliki flora dan fauna endemik, Papua juga menyimpan tambang emas Grasberg yang terletak di Tembagapura dan dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

2. Pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Kalimantan

pulau terbesar di indonesia adalah
iStock

Pulau Kalimantan memiliki luas wilayah sekitar 743.330 Km². Pulau yang dikenal sebagai Borneo ini merupakan pulau yang wilayahnya terbagi ke dalam tiga negara, yakni Indonesia (73%), Malaysia (24%), dan Brunei (3%). Saat ini, Pulau Kalimantan sedang dalam tahap pembangunan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia menggantikan Jakarta.

Sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia, Pulau Kalimantan juga menyimpan kekayaan alam yang melimpah. Disana terdapat orangutan Kalimantan yang merupakan spesies kera besar yang hanya ditemukan di Kalimantan. Selain itu, Kalimantan juga memiliki hutan hujan yang berusia lebih dari 100 juta tahun dan merupakan salah satu hutan hujan tertua di bumi.  

BACA JUGA: 12 Mall Terbesar di Indonesia, Mall di Kota Mana Juaranya?

3. Pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Sumatera

pulau terbesar di indonesia adalah
iStock

Pulau Sumatera memiliki luas 473.481 Km². Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Besar yang berada di Indonesia bagian barat. Terletak di selatan Semenanjung Malaya dan barat Pulau Jawa, Pulau Sumatera menjadi pulau terbesar keenam di dunia setelah pulau Baffin.

Pulau Sumatera merupakan pulau di Indonesia dengan jumlah provinsi terbanyak, yaitu 10. Provinsi tersebut yaitu, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung. Pulau ini memiliki bentuk membujur dari utara ke selatan dan dikenal subur karena berlokasi di kawasan Ring of Fire dengan jajaran gunung api. 

Pulau Sumatera memiliki keanekaragaman hayati yang sangat istimewa dan danau kawah gunung berapi raksasa. Disana terdapat beberapa satwa liar yang luar biasa namun sudah terancam punah, yakni harimau Sumatera, badak Sumatera, dan orangutan Sumatera.

4. Pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Sulawesi

peta pulau sulawesi
Detik.com

Pulau Sulawesi memiliki luas wilayah sekitar 180.681 Km². Pulau yang sering disebut sebagai Celebes ini juga merupakan bagian dari empat Kepulauan Sunda Besar di Indonesia. Pulau Sulawesi memiliki enam provinsi, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Bentuk Pulau Sulawesi pada peta dinilai unik karena menyerupai huruf K. Letak pulau yang tersebar di empat semenanjung dan dipisahkan oleh tiga teluk ini juga membuat Pulau Sulawesi dikenal dengan pesona bawah lautnya. Sebagai contoh, Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara merupakan salah satu destinasi wisata laut terbaik di dunia.

BACA JUGA: 28 Macam Rempah Rempah Indonesia Beserta Manfaatnya

5. Pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Jawa

pulau terbesar di indonesia adalah
Gudviral

Pulau Jawa memiliki luas wilayah sekitar 128.297 Km². Pulau ini menjadi pulau terpadat penduduk di Indonesia karena dihuni lebih dari 140 juta orang. Terdapat 6 provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan dua wilayah khusus, yaitu DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Dengan adanya Pulau Jawa di urutan kelima, maka 5 pulau terbesar di indonesia adalah Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa.

Pulau Jawa menjadi pusat industri dan perekonomian yang paling berkembang di Indonesia. Tak heran, banyak penduduk dari daerah lain yang merantau ke pulau ini. Pulau Jawa terdiri dari berbagai budaya, agama, dan bahasa. Meskipun masih dalam satu pulau, namun bahasa yang digunakan penduduknya dapat berbeda-beda, seperti bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Madura. 

6. Pulau Timor

peta pulau timor
Wikipedia

Pulau Timor memiliki luas wilayah 30.777 Km² dan menjadi urutan ke-6 pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini tidak hanya menjadi bagian dari Indonesia, melainkan juga menjadi bagian dari Republik Demokratik Timor-Leste. 

Nama Timor dalam bahasa Melayu memiliki arti berarti ‘timur’, hal ini karena Pulau Timor terletak di paling timur dari kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: 12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

7. Pulau Halmahera

pulau terbesar di indonesia adalah
Cruising Indonesia

Pulau Halmahera memiliki luas sekitar 17.780 Km². Pulau ini merupakan pulau terbesar ke-50 di dunia yang tergabung dalam wilayah Provinsi Maluku Utara. Menurut beberapa ahli sejarah, Pulau Halmahera memiliki nama lain Gilolo, yakni pulau yang dihuni oleh suku bangsa Gilolo yang merupakan kerajaan tertua disana saat itu.

8. Pulau Seram

peta pulau seram
Wikipedia

Pulau Seram memiliki luas wilayah sekitar 17.100 Km². Pulau ini menjadi pulau terbesar dan paling terlihat di Provinsi Maluku. Pulau Seram memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dalam hutan hujan dan garis pantainya.

Pulau Seram merupakan rumah bagi gua terdalam dan salah satu sungai bawah tanah terbesar di bumi. Pulau ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 100 jenis burung dengan spesies berbeda, dimana 14 diantaranya merupakan burung endemik. 

BACA JUGA: Gaji Pramugari 6 Maskapai di Indonesia Beserta Syaratnya

9. Pulau Sumbawa

pulau terbesar di indonesia adalah
Bisnis Bali

Pulau Sumbawa memiliki luas wilayah sekitar 15.414 Km². Pulau ini terletak di jantung Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia yang sejak ratusan tahun lalu dihiasi dengan gunung berapi dan sabana kering. 

Pulau Sumbawa memiliki kekayaan alam yang terkenal, yakni sumber madu, kayu cendana, dan kayu gubal. Sumbawa merupakan rumah bagi dua budaya, yakni orang-orang yang berbahasa Sumbawa di timur dan orang-orang yang berbahasa Bima di barat. 

10. Pulau Flores

peta pulau flores
Peta Kota

Pulau Flores memiliki luas wilayah sekitar 13.540 Km². Pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Lembata dan sebelah timur Pulau Komodo. Pulau Flores merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil, yakni gugusan pulau di Indonesia bagian timur. Pulau yang dalam bahasa Portugis berarti bunga ini terkenal dengan gunung berapi yang sangat besar, yakni Gunung Kelimutu.

Setelah menyimak uraian di atas, maka urutan pulau terbesar di Indonesia adalah Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa, Timor, Halmahera, Seram, Sumbawa, dan Flores. Berapa pulau di Indonesia? Pulau di Indonesia adalah sekitar 17.000 pulau. Sementara jumlah pulau besar di Indonesia adalah 10 pulau, seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.

Demikian informasi mengenai daftar 10 pulau terbesar di Indonesia beserta luas wilayahnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur mengenai pulau-pulau yang ada dan dapat semakin menambah rasa cinta kepada tanah air Indonesia. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.