mall terbesar di indonesia

Saat ini, mal tidak hanya berfungsi sebagai pusat perbelanjaan semata. Mal telah berkembang menjadi pusat hiburan maupun gaya hidup, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Beragam fasilitas ditawarkan sebagai daya tarik maupun untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Hal itu pun membuat kebanyakan mal, termasuk di Indonesia memiliki luas area yang cukup besar. Misalnya Pakuwon Mall di Surabaya yang disebut memiliki luas mencapai 180 ribu meter perseg dan dinobatkan sebagai mall terbesar di Indonesia.

Lantas, mall apa saja yang juga mendapat gelar sebagai mall terbesar di Indonesia? Berikut sudah Super rangkum list mall terbesar di Indonesia. Perlu dicatat, daftar berikut tidak menunjukan urutan luas mal.

BACA JUGA: 12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

1. Mall terbesar di Indonesia Pakuwon Mall, Surabaya

mall terbesar di Indonesia
Liputan 6

Mall terbesar di Indonesia adalah Pakuwon Mall yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Bukan tanpa alasan, Pakuwon Mall disebut memiliki luas net leasable area (NLA) atau area sewa mencapai 180.000 meter persegi atau 18 hektare.

Pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Central Business District (CBD) Surabaya Barat ini pertama kali dibuka pada November 2003. Mal ini berada di bawah naungan Pakuwon Permai yang merupakan anak perusahaan PT Pakuwon Jati Tbk.

Pakuwon Mall yang terletak dalam lingkup Pakuwon Indah Superblock ini memiliki beragam fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung. Tak hanya itu, beragam tenant atau toko dari merek-merek kenamaan dunia pun dapat ditemui di mal yang dirancang oleh konsultan arsitek kelas dunia, DP Architect Singapore.

2. Mall terbesar di Indonesia Tunjungan Plaza, Surabaya

mall terbesar di Indonesia
Kompas

Mall terbesar ke 2 di Indonesia juga berada di Kota Pahlawan, Surabaya. Adalah Tunjungan Plaza, mal dengan luas net leasable area (NLA) mencapai 170.000 meter persegi. Maka tidak mengherankan, mal ini dinobatkan sebagai mal terbesar kedua setelah Pakuwon Mal.

Fakta menarik lainnya adalah pusat perbelanjaan yang didirikan pada tahun 1986 ini berada di bawah naungan PT Pakuwon Jati Tbk, yakni perusahaan yang juga membangun Pakuwon Mall, mall terbesar di Indonesia. Adapun pada awalnya, Tunjungan Plaza diresmikan dengan nama Plaza Tunjungan. Kemudian dalam perkembangannya, mal ini mengalami perubahan nama menjadi Tunjungan Plaza yang juga disertai dengan perubahan logo.

Adapun kompleks Tunjungan Plaza terdiri atas Tunjungan Plaza 1 hingga Tunjungan Plaza 6. Mal dengan luas belasan hektar itu pun disebut mampu menampung sekitar 600 toko atau tenant.

3. Grand Indonesia, Jakarta

mall terbesar di Indonesia
grand-indonesia.com

Bicara tentang mal terbesar di Indonesia rasanya tidak boleh melewatkan mal satu ini, yaitu Grand Indonesia. Pusat perbelanjaan dan hiburan yang terletak di Jalan M. H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat ini memiliki luas total mencapai 263.226 meter persegi dengan luas area yang disewakan atau net leasable area (NLA) adalah 140.000 meter persegi.

Grand Indonesia terdiri atas East Mall dan West Mall yang mana keduanya dihubungkan oleh sky bridge. Menurut informasi yang tertera pada laman resminya, West Mall dibuka untuk umum pada bulan April 2007 dan diikuti oleh East Mall pada bulan Agustus 2007.

Selain dikenal sebagai salah satu mal terbesar di Indonesia, Grand Indonesia juga dikenal sebagai mal termewah. Beragam merek fashion kenamaan dunia dapat ditemukan di mal yang berdekatan dengan Bundaran Hotel Indonesia (HI) ini.

4. Senayan City, Jakarta

mall terbesar di Indonesia
Liputan6

Senayan City atau biasa disebut Senci juga masuk dalam jajaran mall terbesar dan sekaligus termewah di Indonesia. Mal yang dibangun oleh pengembang Agung Podomoro Group ini disebut memiliki luas mencapai 78.000 meter persegi.

Mengutip dari laman resminya, Senayan City dilengkapi oleh lebih dari 350 tenant atau toko dari berbagai merek kenamaan dunia. Adapun mal yang didirikan pada tahun 2006 itu disebut berhasil menggaet pengunjung hingga 24 juta orang per tahunnya.

BACA JUGA: Mengenal Benua Terbesar di Dunia & Keunikannya

5. Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta

Times Indonesia

Summarecon Mall Kelapa Gading atau MKG merupakan mal terbesar di Jakarta dengan luas sekitar 150.000 meter persegi. Mal yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara ini dibangun dan dikembangkan oleh PT Summarecon Agung.

Summarecon Mall Kelapa Gading diresmikan pertama kali pada tahun 1990 dengan nama Kelapa Gading Plaza. Kala itu, MKG memiliki luas 32.000 meter persegi. Kemudian pada tahun 1995 berubah nama menjadi Mall Kelapa Gading dengan perluasan area hingga 70.000 meter persegi. Selanjutnya pada tahun 2007, MKG merampungkan pengembangan tahap 5 sehingga luasnya mencapai sekitar 150.000 meter persegi.

6. Mall Taman Anggrek, Jakarta

mall terbesar di indonesia
Liputan 6

Mall Taman Anggrek merupakan pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Petamburan, Jakarta Barat. Mal dengan luas net leasable area mencapai 130.000 meter persegi ini dibangun oleh Salimin Prawiro Sumarto, pemilik Perkasa Motor. Sekedar informasi, Salimin bersama Anton Haliman mendirikan perusahaan properti PT Agung Podomoro Group.

Pada tahun 2012 lalu, Mall Taman Anggrek menyelesaikan proyek layar LED Facade yang membungkus eksterior gedung. Proyek tersebut pun berhasil memecahkan rekor dunia Guinnes World Records. Di sisi lain, Mall Taman Anggrek juga dikenal sebagai mal pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang memiliki wahana gelanggang es di dalam ruangan (indoor).

7. Central Park, Jakarta

mall terbesar di Indonesia
centralparkjakarta.com

Central Park merupakan salah satu mall terbesar di Indonesia yang dibangun oleh Agung Podomoro Group. Mal yang diresmikan pada tahun 2009 ini memiliki luas total 188.077 meter persegi dan net leasable area atau area yang bisa disewa mencapai 120.000 meter persegi.

Sesuai namanya, Central Park menawarkan konsep pusat perbelanjaan yang asri. Sebab mal ini dikelilingi oleh sejumlah taman yang indah. Selain itu juga terdapat beragam fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung, seperti Shuttle Bus, Customer Care, Baby Stroller, Car Call, hingga Wheelchair. Central Park juga memiliki sebuah ballroom hall yang kerap digunakan untuk acara resepsi pernikahan dan acara besar lainnya.

8. Paris Van Java, Bandung

tripadvisor

Paris Van Java atau lebih akrab disebut PVJ ini merupakan salah satu mal terbesar dan termewah di Bandung, Jawa Barat. Selain dikenal sebagai pusat perbelanjaan dengan sekitar 200 tenan, PVJ juga menawarkan fasilitas ice skating yang menarik untuk dicoba. Tak berhenti sampai di situ, mal yang resmi dibuka pada 2006 ini berada di lokasi yang cukup strategis. Yakni dekat dengan jalan tol, bandara, dan stasiun kereta api. Sehingga tidak sulit bagi Sedulur yang berasal dari luar Kota Bandung untuk mengunjungi pusat perbelanjaan PVJ.

BACA JUGA: 15 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

9. Hartono Mall, Yogyakarta 

Pakuwon Jati

Tak hanya di Jakarta dan Surabaya, mal terbesar di Indonesia juga ditemukan di Yogyakarta. Adalah Hartono Mall, yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta. Mal yang dibuka pada tahun 2015 tersebut saat ini berada di bawah naungan PT Pakuwon Jati Tbk.

Dirangkum dari berbagai sumber, Hartono Mall Yogyakarta yang memiliki luas mencapai 77.266 meter persegi ini menjadi rumah untuk sekitar 300 tenan. Adapun bangunan mal ini terdiri atas 2 basement dan 8 lantai utama. Bagi Sedulur yang tertarik mengunjungi mal ini dapat menemukannya di Jalan Ring Road Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

10. Beachwalk Shopping Mall, Bali

Detik

Mall terbesar di Indonesia berikutnya berada di Pulau Dewata, Bali. Adalah Beachwalk Shopping Mall, pusat perbelanjaan dengan konsep terbuka yang memiliki luas mencapai 3,7 hektare. Mal yang dibangun pada tahun 2012 ini memiliki area hijau yang cukup luas. Tak hanya itu, Beachwalk Shopping Mall juga menyuguhkan pemandangan pantai yang bisa menyegarkan mata pengunjung. Beachwalk Shopping Mall ini pun cocok menjadi pilihan destinasi Sedulur kala mengunjungi Pulau Bali. Terlebih jika Sedulur menginginkan konsep mewah namun tetap asri sebagai tempat liburan.

11. Plaza Indonesia, Jakarta

WartaKota

Di samping 10 mall terbesar di Indonesia seperti yang telah dipaparkan di atas, ada pula Plaza Indonesia yang dikenal sebagai salah satu mal termewah di Indonesia. Plaza Indonesia yang terletak di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat ini diresmikan pada tahun 1990. Mal yang memiliki luas lahan mencapai 105.000 meter persegi ini menjadi rumah bagi sederet merek kenamaan dunia.

12. Plaza Senayan, Jakarta

coconuts directory

Plaza Senayan merupakan salah satu mal terbesar sekaligus termewah yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pusat perbelanjaan yang memiliki luas bangunan mencapai 130.500 meter persegi ini telah beroperasi sejak tahun 1996 silam. Berbagai merek internasional kenamaan pun dapat dijumpai di mal yang terletak di kawasan strategis, yakni dekat dengan pusat hiburan Plaza Senayan Arcadia, apartemen Plaza Senayan, hingga gedung perkantoran Sentral Senayan. Plaza Senayan juga memiliki fasilitas lahan parkir yang disebut dapat menampung sekitar 3.600 mobil.

BACA JUGA: 15 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Nomer Berapa?

Mengenal mall terbesar di dunia

Setelah mengetahui daftar mall-mall terbesar di Indonesia, tak ada salahnya Sedulur menyimak informasi tentang mall terbesar di dunia berikut ini. Dirangkum dari berbagai sumber, saat ini Iran Mall dinobatkan sebagai mall terbesar di dunia. Sementara, Central Plaza Westgate Mall yang berada di Thailand merupakan mall terbesar di kawasan Asia Tenggara. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Iran Mall

World Architecture Community

Mal yang terletak di barat laut Teheran ini dinobatkan sebagai mall terbesar di dunia. Bagaimana tidak, luas area mal yang memiliki beragam fasilitas ini disebut mencapai 1,9 juta meter persegi.

Dubai Mall

Trivago

Mal yang terletak di sebelah gedung tertinggi di dunia, yakni Burj Khalifa ini juga masuk dalam daftar mall terbesar di dunia. Dubai Mall disebut memiliki luas mencapai 1 juta meter persegi.

Central Plaza Westgate Mall

Central Pattana

Central Plaza Westgate Mall atau juga biasa disebut Central Westgate dianggap sebagai Super Regional Mall atau mall terbesar di Asia Tenggara. Mal seluas 550.278 meter persegi ini berlokasi di Provinsi Nonthaburi, Thailand.

Demikian tadi ulasan mengenai mal terbesar di Indonesia dan di dunia. Mal yang semula banyak dimanfaatkan sebagai pusat perbelanjaan rupanya telah berkembang menjadi pusat hiburan dan gaya hidup. Oleh karenanya tidak heran apabila saat ini banyak bermunculan mal yang menawarkan berbagai fasilitas di luar kebutuhan belanja serta memiliki ukuran yang begitu besar dan luas. Sedulur tertarik mengunjungi mal yang mana, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.