gaji pramugari

Salah satu pekerjaan yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus SMA adalah pramugari. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Karena tugas yang sangat penting tersebut, tak heran jika gaji pramugari termasuk dalam golongan yang tinggi.

Sebagai contoh gaji pramugari Qatar Airways adalah sekitar 7,000 QAR hingga 13,000 QAR atau. Bila dikonversikan adalah kurang lebih Rp28.500.000 hingga Rp55.500.000.

Sementara itu, gaji pramugari tertinggi di dunia diraih oleh Maskapai Hawaiian. Reratanya yakni ada di kisaran Rp108.000.000. Sangat fantastis, bukan?

Apalagi jika Sedulur mengetahui gaji pramugari private jet, pasti akan lebih terkejut. Bagi Sedulur yang tertarik mencoba berkarir sebagai pramugari, artikel berikut akan membantu memberikan informasi mengenai hal tersebut. Simak dengan baik, ya!

-->

BACA JUGA: Pesawat Terbesar di Dunia yang Dihancurkan Rusia

Apa itu pramugari?

gaji pramugari qatar airways
iStock

Pramugari adalah staf atau karyawan perusahaan pengangkutan umum, baik udara, darat, dan laut yang bertugas untuk melayani penumpang. Tugas utama seorang pramugari adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. 

Berapa gaji pramugari pesawat terbang? Jawabannya adalah tidak pasti. Hal ini karena gaji per bulan biasanya akan ditentukan berdasarkan status, jam terbang, dan maskapai penerbangannya.

Lalu, berapa gaji pramugari tertinggi di Indonesia? Sedulur dapat menyimak pada pembahasan selanjutnya.

Syarat menjadi pramugari

gaji pramugari tertinggi di dunia
iStock

Untuk menjadi seorang pramugari, tentu ada syarat-syaratnya. Berikut adalah syarat-syarat menjadi pramugari yang dapat Sedulur perhatikan. 

  • Pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat
  • Tinggi dan berat badan ideal
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Menguasai Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya
  • Sertifikat Sekolah Pramugari atau Flight Attendant Training

BACA JUGA: Kepanjangan SPG Beserta Tugas, Syarat, Gaji dan Fungsinya

Garuda Indonesia

gaji pramugari garuda indonesia
Bisnis.com

Maskapai Garuda Indonesia termasuk dalam maskapai yang memberikan gaji dengan nominal yang besar. Maskapai BUMN yang menjadi salah satu maskapai terbaik di Indonesia ini memberikan gaji pramugari Garuda Indonesia junior atau dalam masa training sebesar Rp15 juta per bulan. 

Sementara itu, gaji jenjang senior pada maskapai Garuda Indonesia dengan jam terbang tinggi berada dalam kisaran Rp30 juta per bulan. Total gaji tersebut didapatkan dari bonus-bonus di luar gaji pokoknya. Lebih dari itu, gaji tersebut belum termasuk pada fasilitas yang didapatkan, seperti akomodasi selama perjalanan dan jatah tiket untuk keluarga inti.

Citilink

Citilink
Harian Jogja

Maskapai Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang juga memberikan gaji fantastis bagi para pramugarinya. Pramugari Citilink akan mendapatkan gaji yang terdiri dari gaji pokok, uang makan, uang terbang, uang kerajinan, uang remain over night atau RON dan fasilitas pendukung yang lain.

Maskapai ini memberikan gaji minimal sebesar Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan untuk pramugari junior. Sementara pramugari senior akan memiliki gaji sebesar Rp5 juta per bulan. Jika dihitung kembali, total seluruh gaji yang akan didapatkan oleh pramugari Citilink senior dapat mencapai Rp20 juta per bulan. 

BACA JUGA: Gaji Presiden Indonesia per Bulan Beserta Tunjungannya

Lion Air

lion air
Ayo Indonesia

Maskapai Lion Air juga tidak kalah fantastis dalam memberikan gaji kepada pramugarinya. Seorang pramugari Lion Air junior bisa mendapatkan gaji antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan, sementata pramugari seniornya berada pada kisaran Rp5 juta hingga Rp6 juta per bulan. 

Besaran gaji tersebut belum termasuk bonus, seperti uang terbang, asuransi, jaminan kesehatan, uang makan, dan uang pendukung lainnya. Jika dihitung-hitung, total gaji yang didapatkan dalam sebulan dapat mencapai kisaran Rp15 juta hingga Rp20 juta.

Batik Air

gaji pramugari tertinggi di indonesia
LineToday

Meskipun masih terdengar awam bagi sebagian orang, namun maskapai Batik Air mampu memberikan besaran gaji yang cukup besar kepada para pramugarinya. Besaran gaji pramugari Batik Air ditentukan oleh jam terbang mereka. Semakin sering terlibat dalam perjalanan, maka semakin besar pula gaji yang akan didapatkan.

Secara umum, para pramugari maskapai Batik Air akan menjalani jam terbang selama 6 jam perjalanan setiap harinya dengan uang makan Rp15 ribu hingga Rp45 ribu per hari. Selama itu pula mereka akan mendapatkan uang terbang sebesar Rp40 ribu per jam bagi pramugari junior. Jika mereka memiliki 25 hari terbang dalam sebulan, maka selain dari gaji pokok Rp3 juta per bulan, para pramugari Batik Air akan mendapatkan gaji total antara Rp ,5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

BACA JUGA: Mengenal Golongan PNS Beserta Gaji dan Tunjangannya

AirAsia

AirAsia
AirAsia

Maskapai AirAsia merupakan salah satu maskapai yang memiliki tarif yang jauh lebih murah dari Lion Air, namun maskapai ini tidak bisa dipandang sebelah mata saat memberikan gaji kepada para kru pesawat mereka. Pramugari AirAsia mendapatkan gaji sebesar Rp3 juta per bulan dengan tunjangan berupa uang terbang sebesar Rp50 ribu per jam.

Gaji pramugari AirAsia dapat dijumlahkan secara keseluruhan dengan uang tambahan yang didapatkan. Gaji tersebut akan menjadi Rp8 juta hingga Rp15 juta per bulan untuk pramugari junior dan bisa jadi dua kali lipatnya untuk pramugari seniornya. Sangat menarik, bukan?

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air
bicarabisnis.co

Pramugari maskapai Sriwijaya Air dalam satu bulan mendapatkan gaji yang berada dalam kisaran Rp19,5 juta per bulan. Gaji ini didapatkan dari akumulasi gaji pokok dengan beberapa bonus yang didapatkan. 

Pramugari junior maskapai Sriwijaya Air memiliki gaji pokok Rp 6 juta per bulan, sementara untuk pramugari senior dapat mencapai Rp12 juta per bulan. Pramugari maskapai ini juga akan mendapatkan uang terbang sebesar Rp500 ribu dalam satu kali waktu penerbangan.

Sekian informasi mengenai gaji pramugari di 6 maskapai yang beroperasi di Indonesia beserta syarat menjadi seorang pramugari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang ingin berkarir menjadi seorang pramugari profesional. Semangat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.