mengenal 9 naga Indonesia

Pernahkah Sedulur mendengar istilah 9 Naga? Istilah tersebut sering disebut-sebut dalam diskusi perekonomian Indonesia. Pasalnya, peran mereka yang termasuk ke dalam 9 Naga ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi nasional kita.

Penasaran 9 Naga siapa saja yang tergabung ke dalamnya? Simak ulasan berikut ini sampai selesai, ya!

BACA JUGA: 60 Motto Hidup Bermakna yang Bisa Bangkitkan Semangat

9 Naga siapa mereka?

Istilah 9 Naga maksudnya adalah sekelompok tokoh-tokoh pengusaha kaya raya yang memiliki pengaruh signifikan dalam perekonomian Indonesia. Dengan kata lain, mereka inilah yang menguasai laju ekonomi nasional dan sering disebut sebagai konglomerat negara.

-->

9 Naga Indonesia terdiri dari nama-nama terkenal seperti Dato’ Sri Tahir, Anthoni Salim, Tommy Winata, Rusdi Kirana, Sofjan Wanandi, Jacob Soetoyo, Edward Soeryadjaya Robert Budi Hartono, James Riady. Kesembilan orang tersebut merupakan pemilik berbagai macam perusahaan yang berfokus dalam berbagai industri, seperti keuangan, transportasi, makanan, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan penjelasan profil dari masing-masing tokoh 9 Naga perekonomian Indonesia.

BACA JUGA: Manfaat Kitolod untuk Kesehatan, Begini Cara Penggunaannya

1. Dato’ Sri Tahir

9 naga
IDX Channel

Dato’ Sri Tahir, atau yang memiliki nama lahir Ang Tjoen Ming, merupakan seorang pengusaha sekaligus investor, filantropis, sekaligus pendiri dari Mayapada Group. Mayapada Group sendiri adalah sebuah perusahaan induk yang menaungi berbagai industri-industri, seperti perbankan, media cetak serta TV, properti, rumah sakit, serta retail chain. Ia lahir di Surabaya, pada 26 Maret 1952 silam. Selain menjadi seorang pengusaha, ia saat ini menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden Petahana sejak 2019 kemarin.

Kegigihannya untuk terus menekuni dunia usaha akhirnya berbuah manis, dimana tahun 1986 untuk pertama kalinya ia mendirikan Mayapada Group. Perusahaan tersebut merambah cakupannya hingga ke dealer mobil, garmen, perbankan, dan juga kesehatan. Pada tahun 1990, Bank Mayapada menjadi salah satu usaha tersuksesnya, bahkan bertahan di tengah loyonya perekonomian di tahun 1998.

Dato’ Sri Tahir dan keluarganya saat ini diprediksi memiliki kekayaan sekitar US$2,4 milyar. Pada tahun 2022, ia menjadi orang ke-1196 terkaya di dunia. Ia pun masuk ke dalam daftar 50 orang paling kaya se-Indonesia di urutan ke-16 pada tahun 2021.

2. Anthoni Salim

9 naga
VOI

Anggota 9 Naga underground yang selanjutnya datang dari pemilik Salim Group, yaitu Anthoni Salim. Anthoni Salim merupakan seorang pengusaha kelahiran Kudus, 25 Oktober 1949, yang lahir dengan nama asli Liem Hong Sien. 

Ia merupakan pimpinan dari Salim Group, sebuah perusahaan konglomerat yang berdiri pada 4 Oktober 1972 silam. Salim Group berfokus pada beberapa industri, seperti media, telekomunikasi, keuangan, otomotif, ritel, makanan serta minuman, dan juga restoran. Beberapa nama bisnis milik Anthoni Salim yang mungkin Sedulur kenal adalah Elshinta Media Group, Indolife, Indomaret, Indomobil Group, Indofood, Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia, dan juga Super Indo.

Pada tahun 2021 lalu, Anthoni Salim dinobatkan sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia, dengan total kekayaan sekitar US$8,5 milyar.

BACA JUGA: Cara Menghitung Diskon di Excel. Gampang Banget!

3. Tomy Winata

9 naga
Liputan 6

Tomy Winata adalah seorang pengusaha kelahiran 23 Juli 1958 di Pontianak. Ia merupakan pimpinan dan pendiri dari Artha Graha Network atau Artha Graha Group. Perusahaannya tersebut berfokus pada bidang keuangan, properti, sumber daya alam, telekomunikasi, serta sebagai yayasan sosial dan lingkungan. 

Salah satu perusahaan properti yang ia miliki juga adalah PT Danayasa Arthatama Tbk., dimana dengan perusahaan tersebut ia secara tidak langsung memiliki dan mengelola salah satu kawasan bisnis bergengsi di Jakarta. Kawasan bisnis yang dimaksud adalah Sudirman Central Business District atau yang lebih dikenal luas dengan kawasan SCBD.

4. Rusdi Kirana

9 naga
Amartha Blog

Anggota 9 Naga yang selanjutnya adalah Rusdi Kirana. Ia merupakan pengusaha sukses sekaligus politisi di Indonesia. Lahir pada 17 Agustus 1963 silam, Rusdi Kirana merupakan pendiri Lion Air. Lion Air adalah sebuah maskapai penerbangan Indonesia yang terkenal akan penerbangan dengan tarif terjangkaunya. Selain Lion Air, ia juga membawahi beberapa maskapai lain seperti Wings Air, Batik Air, Malindo Air, Thai Lion Air, dan Super Air Jet.

Selain menjadi pengusaha, ia juga berkiprah di dunia politik Indonesia. Rusdi Kirana sempat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Malaysia ke-17, dari 2017 hingga 2020. Sebelumnya, ia juga pernah didapuk menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dari tahun 2015 hingga 2017.

BACA JUGA: 20 Pertanyaan untuk Pasangan Agar Tidak Membosankan

5. Sofjan Wanandi

Tribun Manado

Sofjan Wanandi menjadi pengusaha selanjutnya yang akan kita bahas. Ia lahir pada 3 Maret 1941 di Sawahlunto. Ia merupakan pendiri dari Santini Group, sebuah perusahaan induk yang memiliki berbagai usaha dengan fokus bermacam-macam bidang. Pada tahun 2020 yang lalu, ia sempat masuk ke dalam daftar 100 orang terkaya di Indonesia, dengan urutan ke-65. Total aset yang ia miliki pada saat itu diperkirakan sekitar US$580 juta.

6. Jacob Soetoyo

Amartha Blog

Jacob Soetoyo adalah salah satu anggota dari 9 Naga. Tidak terdapat banyak informasi yang bisa digali mengenai pria satu ini. Tetapi, diketahui bahwa Jacob Soetoyo merupakan presiden direktur dari PT Gesit Sarana Perkasa, dan juga pemilik dari hotel berbintang JS Luwansa di Jakarta. Jacob Soetoyo pun pernah menjadi komisaris di PT Alakasa Industrindo Tbk. pada tahun 1980 silam.

BACA JUGA: Pengertian Slow Living Beserta Cara Penerapan dan Manfaatnya

7. Edward Soeryadjaya

Kabar24

Edward Soeryadjaya memiliki nama asli Tjia Han Poen. Ia lahir pada 17 Juli 1949 di Jakarta. Edward Soeryadjaya merupakan putra dari pengusaha sukses William Soeryadjaya, yang merupakan pendiri dari Astra International. Pada tahun 1998, Edward Soeryadjaya mendirikan Saratoga Capital, salah satu perusahaan investasi yang berfokus pada bidang sumber daya alam dan infrastruktur. Kemudian sejak 2004, ia menjabat sebagai presiden komisaris dari PT Adaro Energy Tbk., pun ia juga menjadi ketua Yayasan Universitas Kristen Indonesia.

8. Robert Budi Hartono

Republika

Sedulur tentunya sering mendengar nama Robert Budi Hartono. Ia merupakan orang terkaya nomor satu di Indonesia versi Forbes pada tahun 2021. Ia merupakan seorang kelahiran 28 April 1941, di Semarang. Beberapa perusahaan terkenal miliknya adalah Djarum, Bank BCA, dan juga Polytron. Robert Budi Hartono mewarisi perusahaan Djarum Group dari ayahnya, dan kemudian dikelola bersama kakaknya yang bernama Michael Hartono. 

Mereka berdua harus membanting tulang karena pada saat diwariskan, Djarum Group berada dalam kondisi yang tidak baik. Namun, usaha Robert Budi Hartono dan sang kakak berbuah manis, hingga saat ini keluarga mereka menjadi salah satu keluarga terpandang di Indonesia karena kekayaan masifnya.

9. James Riady

Futuready

Anggota 9 Naga yang terakhir adalah James Riady. James Riady lahir pada 7 Januari 1957 di Jakarta. Ia merupakan ketua dari Lippo Group, yang menaungi berbagai macam industri di Indonesia. Pun ia juga membantu pembangunan salah satu universitas swasta bergengsi di Indonesia, yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH).

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai profil anggota dari 9 Naga, beberapa pengusaha yang memiliki pengaruh penting dalam roda perekonomian Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.