manfaat matahari bagi alam

Matahari adalah sumber energi yang dapat diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manfaat matahari bagi alam dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan, dan manusia. Bintang besar ini tersusun dari gas bertekanan tinggi dan merupakan pusat tata surya.

Matahari menjadi sumber energi terbesar di bumi karena dapat memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Terdapat dua macam energi yang dipancarkan oleh matahari, yakni energi cahaya dan energi panas. Kedua energi tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi bumi.  Nah, apa saja manfaat energi matahari bagi alam dan makhluk hidup di bumi? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini.

BACA JUGA: Proses Gerhana Matahari Beserta Jenis-jenis dan Pengaruhnya

Matahari adalah

manfaat matahari
iStock

Matahari merupakan bintang yang terdiri dari gas panas yang besar, berputar, dan bersinar. Bintang ini tersusun dari 75% hidrogen, 24% helium, dan sejumlah kecil unsur oksigen, karbon, neon dan besi yang terbagi menjadi 4 lapisan, yakni inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

Fungsi matahari untuk bumi tentu sangatlah besar. Selain sebagai pusat tata surya ketika bumi melakukan revolusi, matahari juga memiliki fungsi dan manfaat bagi makhluk hidup di dalam bumi. Bintang besar ini memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik, yakni gelombang cahaya tampak, sinar X, sinar inframerah, sinar gamma, sinar ultraviolet, dan gelombang mikro yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Bagaimana manfaat matahari bagi alam? berikut adalah manfaat matahari bagi tumbuhan dan manfaat matahari bagi hewan beserta penjelasannya.

1. Sumber energi yang tak terbatas

manfaat matahari
iStock

Manfaat matahari bagi alam adalah menjadi sumber energi yang tidak terbatas. Hal ini karena matahari mampu memancarkan sinarnya ke seluruh permukaan bumi tanpa terkecuali. Energi yang dikeluarkan matahari dalam bentuk cahaya dan panas tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi tak terbatas bagi bumi? Karena matahari memiliki jari-jari 695 x 106 m, sehingga luas permukaannya adalah 6.07 x 1018 m². Dengan begitu, matahari akan mampu mengeluarkan daya sebesar 64 x 10 kali 6.09 x 1018 m², atau setara dengan 3.9 x 1026 Watt. Jumlah energi tersebut tentu sangat besar karena penggunaan energi di seluruh dunia kira-kira hanya 16 TW.

BACA JUGA: Urutan Planet dalam Tata Surya yang Terdekat dari Matahari

2. Sumber penerangan di bumi  

manfaat matahari
iStock

Manfaat selanjutnya adalah sebagai sumber penerangan bagi bumi seisinya. Matahari memancarkan sinar yang dapat mengenai seluruh bagian bumi. Adanya rotasi bumi juga menciptakan waktu siang dan malam. Wilayah yang mengalami siang adalah wilayah yang menghadap ke pancaran sinar matahari, sementara wilayah yang mengalami malam adalah wilayah yang membelakangi pancaran sinar matahari.

Manfaat matahari sebagai sumber penerangan ini sangat penting bagi bumi. Pasalnya, ketiadaan cahaya matahari akan membuat bumi terlihat sangat gelap. Bahkan bulan pun tidak akan bisa bersinar menerangi bumi. Hal ini karena bulan dapat bersinar dengan memantulkan cahaya matahari. 

3. Sumber energi bagi kehidupan makhluk hidup

manfaat matahari
iStock

 

Selanjutnya adalah manfaat matahari sebagai sumber energi bagi kehidupan makhluk hidup. Matahari merupakan sumber energi yang paling penting untuk menunjang kehidupan, hal ini karena seluruh makhluk hidup di muka bumi tidak bisa hidup tanpa bantuan energi matahari. 

Bagi manusia, matahari bermanfaat untuk mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Proses ini terjadi ketika kulit terkena sinar matahari secara langsung. Setelah itu, tubuh akan memproduksi vitamin D dengan membakar kolesterol yang ada di sel kulit. Vitamin D merupakan vitamin yang berguna untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, dan mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Sementara manfaat matahari bagi alam dan hewan adalah memperkuat tulang hewan, menjaga kestabilan suhu tubuh hewan untuk tetap hangat, membantu pertumbuhan dan proses adaptasi hewan, dan membantu proses pengeringan bulu dan rambut hewan yang basah.

Sedangkan manfaat matahari bagi alam dan tumbuhan, yaitu membantu proses pertumbuhan tumbuhan dengan menjadi sumber nutrisi terbaik, menjaga temperatur tumbuhan, dan membantu proses pertumbuhan kecambah.

4. Pusat tata surya

manfaat matahari
iStock

Manfaat matahari selanjutnya adalah menjadi pusat galaxy bima sakti bagi seluruh benda langit. Planet, bintang, komet, hingga satelit akan bergerak mengelilingi matahari karena adanya gaya gravitasi yang sangat besar. 

Gaya gravitasi matahari sangatlah kuat, hal ini dibuktikan dengan kemampuannya membuat setiap planet tetap berada di orbitnya meskipun jarak planet-planet tersebut dari matahari adalah ribuan kilometer. Bagi bumi, revolusi akan mengakibatkan pergantian musim, perubahan lamanya siang dan malam, gerak semu tahunan matahari, dan terlihatnya bintang yang berbeda dari bulan ke bulan.

BACA JUGA: 8 Manfaat Menanam Peace Lily, Selain untuk Dekorasi di Rumah

5. Membantu proses fotosintesis

manfaat matahari
iStock

Manfaat selanjutnya adalah membantu proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan. Kita ketahui bersama bahwa proses fotosintesis dapat berjalan karena adanya bantuan dari cahaya matahari. Cahaya matahari ini akan membuat beberapa tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri dana dikenal sebagai organisme autotrof.

Tumbuhan hijau akan tumbuh menghadap ke arah datangnya matahari. Hal ini karena secara alami, tumbuhan tersebut membutuhkan sinar matahari untuk kelangsungan hidupnya. Meskipun beberapa tumbuhan dapat tumbuh dalam gelap, namun tumbuhan tersebut akan mengalami kondisi yang lemah, batang tidak kokoh, daun kecil dan tampak pucat.

6. Terlibat dalam siklus air 

manfaat matahari
iStock

Selanjutnya adalah manfaat matahari mengenai keterlibatannya pada siklus air. Matahari berperan dalam proses evaporasi, yakni proses pada air yang ada di laut, rawa, sungai atau perairan lainnya menguap karena adanya pemanasan dari sinar matahari. Proses ini akan membuat air berpindah dari hidrosfer ke atmosfer.

Proses yang dipengaruhi oleh matahari ini selanjutnya akan mengumpulkan air pada atmosfer dan membentuk gumpalan awan. Gumpalan awan tersebut kemudian jatuh sebagai presipitasi, hujan dan salju. Setelah mencapai permukaan bumi, air tersebut dapat menguap kembali, mengalir di atas permukaan, atau meresap ke dalam tanah menjadi air tanah.

7. Energi matahari mampu membantu mengeringkan tanah

manfaat matahari
iStock

Manfaat selanjutnya adalah membantu mengeringkan tanah. Kita ketahui bersama bahwa 

tanah adalah sumber yang penting bagi kehidupan alam. Sinar matahari yang bisa mengeringkan tanah dapat membantu proses pertumbuhan dari beberapa tumbuhan yang ada di bumi. Contohnya seperti, biji bunga matahari yang akan tumbuh subur jika jatuh ke tanah yang kering.

Manfaat tanah yang kering ini juga dimanfaatkan oleh para petani dalam bertani. Tanah pertanian tidak boleh selalu basah atau terendam air, hal ini akan membuat akar tanaman menjadi busuk dan tanaman lama kelamaan akan mati. Jika tanaman mati, para petani akan gagal panen dan merugikan banyak orang, bahkan para konsumen barang hasil pertanian.

BACA JUGA: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

8. Menyediakan oksigen untuk organisme

manfaat matahari
iStock

Manfaat lain dari keberadaan matahari adalah menyediakan oksigen untuk organisme. Oksigen yang digunakan oleh makhluk hidup di bumi bisa diperoleh dari proses fotosintesis yang dibantu oleh cahaya matahari, maupun proses penguapan matahari. Adanya oksigen ini sangat penting, terutama bagi hewan dan manusia. Tanpa oksigen, bisa dipastikan hewan dan manusia akan punah seketika. 

9. Berperan dalam pergantian musim

manfaat matahari
iStock

Manfaat matahari selanjutnya terkait dengan pergantian musim yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Telah disebutkan sebelumnya jika matahari berperan dalam proses revolusi planet, termasuk planet bumi. Nah, adanya revolusi atau gerakan bumi pada orbitnya dalam mengelilingi matahari ini akan membuat adanya musim yang berbeda-beda.

Di daerah tropis, terdapat 2 musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Sementara di daerah subtropis, terdapat 4 musim, yakni musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Perubahan setiap musim di bumi ini tidak lepas dari adanya peran matahari.

BACA JUGA: 16 Manfaat dan Fungsi Air Bagi Manusia, Hewan & Tumbuhan

10. Efek rumah kaca

manfaat matahari
iStock

Manfaat terakhir adanya matahari adalah membantu adanya efek rumah kaca. Sejatinya, efek rumah kaca dibutuhkan untuk menjaga suhu bumi, yakni membuat perbedaan suhu antara siang dan malam tidak terlalu besar.

Efek rumah kaca berguna untuk menjaga suhu bumi agar cukup hangat untuk ditinggali. Tanpa gas rumah kaca, panas bumi tidak akan bertahan lama di permukaan bumi. Energi panas yang tersimpan di dalam rumah kaca juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman hingga meningkatkan kualitas produktivitasnya.

Demikian informasi mengenai manfaat matahari bagi alam dan makhluk hidup yang ada di bumi. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Sedulur dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam serta menambah rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan selama hidup. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.