peace lily

Tahukah Sedulur dengan tanaman Peace Lily? Ya, tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias indoor yang sangat populer digunakan sebagai dekorasi rumah dan kantor. Tanaman hias ini berasal dari hutan hujan tropis Kolombia dan Venezuela. Bunga Peace Lily dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai bunga lili perdamaian. 

Perlu diketahui bahwa bunga lili perdamaian bukan merupakan lili sejati. Bunga ini tidak termasuk dalam anggota Lilium sp., melainkan termasuk dalam keluarga Araceae. Seperti banyak tanaman indoor lainnya, bunga ini juga menyukai cahaya sedang hingga rendah untuk pertumbuhannya. 

Selain untuk dekorasi rumah, ternyata bunga lili ini memiliki banyak manfaat lainnya. Apa sajakah itu? Simak informasi pada artikel berikut ini.

BACA JUGA: Bunga Wijaya Kusuma: Manfaat, Mitos dan Cara Merawatnya

1. Bisa diletakkan di dalam ruangan

peace lily
iStock

Bunga Peace Lily di Indonesia bisa dijadikan Peace Lily outdoor maupun Peace Lily indoor. Jika Sedulur tidak memiliki taman di rumah, maka bunga ini bisa diletakkan di dalam ruangan. Keuntungan ini didapatkan dari sifat bunga yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari serta menyukai tempat yang lembab. 

Secara umum, bunga lili yang belum memunculkan bunga disebabkan karena tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya. Dengan begitu, cara merawat Peace Lily agar cepat berbunga adalah dengan memindahkannya ke lokasi yang lebih terang. Cara mudahnya adalah meletakkan bunga lili perdamaian di dekat jendela rumah saja.

2. Dapat membuat kualitas udara lebih baik

peace lily
iStock

Manfaat yang kedua adalah kemampuan untuk meningkatkan kualitas udara dalam rumah. Hal ini karena bunga lili perdamaian dapat menyerap gas beracun, seperti formaldehid dan karbon monoksida. Dengan kemampuan tersebut, udara akan kembali netral dan kualitasnya akan semakin baik. Jika kualitas udara di dalam rumah baik, tentu seluruh penghuni rumah juga akan semakin sehat.  

BACA JUGA: 12+ Fakta dan Manfaat Hutan Bakau untuk Kehidupan dan Lingkungan

3. Sangat mudah dirawat

peace lily
iStock

Manfaat yang ketiga adalah kemudahan dalam merawat bunga lili perdamaian. Bunga ini relatif lebih mudah dirawat dibandingkan dengan tanaman lain sehingga menjadi pilihan yang cocok untuk pemula dan pecinta tanaman hias yang sibuk. Tanaman hias ini dapat berkembang dalam kondisi cahaya rendah dan terang dan hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali atau bahkan lebih.

Tidak hanya itu, bunga lili perdamaian juga sangat toleran terhadap berbagai suhu. Sedulur dapat menyimpannya di dalam ruangan sepanjang tahun tanpa perlu mengeluarkannya sesekali. Bunga ini juga sangat tahan penyakit dan hama karena mengandung zat kristal kalsium oksalat. 

Namun yang perlu dicatat, meskipun perawatan bunga Peace Lily sangat mudah, sebaiknya gunakan sarung tangan saat menangani tanaman hias ini. Jauhkan bunga dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena daun dan bunganya dapat sangat beracun jika tertelan.

4. Membantu meningkatkan kualitas tidur

peace lily
iStock

Selanjutnya, bunga Peace Lily manfaatnya juga untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain menyaring udara dan membuat kamar menjadi lebih nyaman, bunga ini juga dapat menjaga kelembaban dalam ruangan sehingga menekan pertumbuhan mikroba di udara yang dapat menyebabkan alergi. Dengan demikian, Sedulur kan bernapas dengan lebih baik dan tidur dengan lebih tenang.

BACA JUGA: Kenali Pohon Ketapang, Pohon dengan Segudang Manfaat

5. Bisa menyerap uap aseton

peace lily
iStock

Manfaat memelihara bunga lili perdamaian di rumah selanjutnya adalah bisa menyerap uap aseton. Perlu diketahui bahwa udara di dalam ruangan belum tentu bebas polutan, bisa jadi, udara di dalam ruangan juga terkontaminasi oleh uap-uap berbahaya yang berasal dari cat, pernis, ataupun penghapus cat kuku yang digunakan. Uap ini dapat menyebabkan sakit kepala hingga membuat seseorang terkena tekanan darah rendah.

Nah, manfaat dari bunga lili perdamaian ini dapat menyerap gas-gas tersebut dan mengendalikannya di dalam ruangan. Dengan begitu, Sedulur dapat meletakkan bunga tersebut pada beberapa sudut ruangan rumah dalam pot berukuran kecil. 

6. Dapat menghilangkan spora jamur di udara

peace lily
iStock

Kamar mandi dan dapur merupakan dua contoh ruangan yang biasanya menjadi tempat perkembangan jamur paling cepat. Nah, disini adalah manfaat lain yang bisa didapatkan dari bunga lili perdamaian yaitu kemampuannya untuk mengatur tingkat kelembaban pada suatu ruangan. Ketika kelembaban ruangan menjadi lebih rendah, maka ruangan akan terhindar dari pertumbuhan jamur maupun lumut. Dengan begitu, Sedulur dapat meletakkan bunga lili perdamaian ini di salah satu sudut dapur dan kamar mandi.

BACA JUGA: 6 Fakta Mangga Irwin, Mangga Ungu Australia Kaya Manfaat

7. Dipercaya membawa keberuntungan

peace lily
iStock

Bunga lili dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi siapapun yang menanamnya. Menurut feng shui, Peace Lily bisa membawa keberuntungan untuk orang-orang yang tinggal di dalam rumah tersebut. Hal ini karena dalam feng shui, beberapa tanaman dianggap memiliki energi positif sehingga mampu memurnikan atmosfer yang ada di sekitarnya.  

Feng shui merupakan praktik Tiongkok dalam menata furnitur dan benda-benda untuk menciptakan ruang hidup yang lebih mendukung. Dalam feng shui, bunga lili perdamaian sering digunakan untuk membantu membawa ketenangan dan keseimbangan ke dalam rumah atau lingkungan kerja. Jadi, jika Sedulur ingin menambahkan tanaman ke rumah atau kantor untuk tujuan feng shui, bunga lili perdamaian merupakan pilihan yang sangat baik.

8. Membantu mengurangi stress

peace lily
iStock

Terakhir, bunga lili perdamaian juga dipercaya dapat membantu mengurangi stress dan baik dalam terapi kesehatan mental karena memiliki manfaat terapeutik. Studi menunjukkan bahwa tanaman yang diletakkan di dalam ruangan berpotensi menurunkan gejala stres fisik dan mental.

Berada di sekitar tanaman dapat menekan aktivitas sistem saraf simpatik. Hal ini akan membantu seseorang untuk menanamkan sensasi yang lebih santai dalam tubuh dan pikirannya.  Selain itu, bunga lili perdamaian juga dapat membantu meningkatkan produktivitas saat bekerja di lingkungan kantor karena lebih banyak tanaman hijau di lingkungan kantor dapat meningkatkan produktivitas sebesar 15 persen.

Nah, itulah informasi mengenai 8 manfaat menanam Peace Lily selain untuk dekorasi rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang memulai mengoleksi tanaman hias di rumah. Selamat berkebun!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.