manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah dan di sekitarnya sangatlah banyak. Adanya tumbuhan di lingkungan rumah juga menambah hawa sejuk dan segar bagi penghuninya. Keberadaan tumbuhan di lingkungan rumah juga dapat menjadi sarana belajar dan bermain anak lho. Misalnya dengan mengenalkan nama-nama tumbuhan dan manfaatnya pada si buah hati.

Beberapa tumbuhan yang biasanya ditanam di area rumah yaitu pohon mangga, pandan wangi, bunga sepatu dan lain sebagainya. Dan berikut manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah beserta namanya yang perlu Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : Daftar 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur Tidak Masuk?

1. Menciptakan ruang terbaru hijau

manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah
iStock

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah yang pertama adalah dapat menciptakan ruang terbuka hijau. Mengingat bahwa ruang terbuka hijau selalu menurun tiap tahunnya, maka Sedulur dapat membuka ruang terbuka hijau sendiri dengan memanfaatkan halaman rumah. Selain membuat udara sekitar menjadi lebih asri, adanya ruang terbuka hijau juga dapat menjadi sarana bermain sekaligus belajar bagi anak-anak. 

-->

2. Membantu mengurangi pemanasan global

iStock

Adanya tumbuhan di lingkungan rumah juga bermanfaat untuk membantu mengurangi pemanasan global. Salah satu penyebab pemanasan global adalah gas emisi pada rumah kaca dan juga penebangan hutan secara liar. Nah, dengan Sedulur menanam tumbuhan di area rumah sudah turut membantu mengurangi pemanasa global meski dalam skala kecil lho. Jadi tunggu apa lagi, yuk tanam tumbuhan di sekitar rumah sekarang juga!

3. Memberikan suasana menjadi lebih rindang

iStock

Menanam tumbuhan yang berukuran besar akan membuat suasana rumah  menjadi lebih rindang dan sejuk. Tak heran jika banyak orang yang menanam tumbuhan besar di lingkungan rumahnya. Rimbunnya sebuah tanaman membuat udara sekitar menjadi lebih segar dan sejuk, selain itu juga membuat suasana menjadi lebih tenang. 

Tumbuhan yang berukuran besar yang cukup umum untuk ditanam antara lain pohon mangga, pohon kelengkeng, pohon nangka dan pohon rambutan.

BACA JUGA : Advertising: Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tipsnya

4. Memperindah lingkungan rumah

manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah
iStock

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya adalah dapat mempercantik area lingkungan rumah. Warna-warna tanaman akan memberi suasana yang berbeda pada rumah. Agar lebih menarik, Sedulur dapat membuat pagar di depan rumah menggunakan tanaman seperti tanaman pucuk merah hingga tanaman pagar cemara kipas. 

Selain dapat mempercantik lingkungan rumah, membuat pagar dari tanaman tersebut juga dapat berfungsi sebagai pembatas kavling atau kepemilikan tanah, menyaring debu dan juga dapat menjadi penyaring kebisingan suara kendaraan bermotor.  

5. Mencegah adanya genangan air

manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah
iStock

Manfaat tumbuhan di lingkungan rumah selanjutnya adalah dapat mencegah adanya genangan air. Sedulur tentu sudah megetahui bahwa akar pada tumbuhan berfungsi untuk menyerap dan mengangkut air dari dalam tanah. Biasanya, setelah hujan lebat turun banyak genangan di sekitar rumah karena minimnya daerah resapan air.

Nah, Sedulur dapat menanam beberapa tumbuhan  di sekitar rumah untuk resapan air agar tidak terjadi genangan jika turun hujan. Tanaman yang menyerap air lebih banyak diantaranya, pisang etipia, dahlia, hingga pandan wani. 

6. Dapat meningkatkan kualitas udara

manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah
iStock

Tumbuhan berfungsi untuk membantu penyerapan karbondioksida kemudian mengubahnya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen inilah yang akan digunakan bagi makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan. Selain itu, oksigen juga membuat udara lebih segar dan iklim tetap terjaga dengan baik. Dengan adanya tumbuhan di lingkungan rumah, maka udara yang ada di sekitar rumah akan lebih bagus dan minim karbondioksida.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Laptop Terbaik 2022 Beserta Harga Terbarunya

7. Menjaga kualitas tanah

manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah
iStock

Selanjutnya manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah adalah dapat menjaga kualitas tanah dengan baik. Dakar dan mikroorganisme yang dihidup di sekitarnya dapat menyatu dengan tanah sehingga dapat mengurangi terjadinya pengikisan tanah atau erosi. Tak hanya itu, daun mati yang gugur dari tanaman juga dapat menyuburkan tanah. Kesuburan tanah tersebut akan membuat tumbuhan lainnya dapat berkembang dengan baik.

8. Meningkatkan kualitas kesehatan

Pixabay

Sedulur dapat menanam tumbuhan jenis obat-obatan di lingkungan rumah seperti tumbuhan kemangi, kumis kucing, lidah buaya dan sebagainya. Tanaman tersebut dapat menjadi obat herbal bagi keluarga ketika sedang sakit.

Misalnya saja, tumbuhan daun kemangi yang bermanfaat untuk menambah nasfu makan serta mengobati goresan luka pada kulit. Atau juga lidah buaya yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut dan meningkatkan kesehatan pada pencernaan. 

9. Memelihara iklim agar tetap stabil

Adanya tanaman di lingkungan rumah juga bermanfaat untuk menstabilkan kondisi iklim dan membantu menurunkan suhu. Adanya tumbuhan karbondioksida yang dapat menyebabkan perubahan iklim akan diserap dan diubah menjadi oksigen yang digunakan untuk bernafas makhluk hidup lainnya.

Tumbuhan juga diyakini dapat membantu menurunkan suhu karena tumbuhan mempunyai naungan yang akan berfungsi untuk melepaskan air, sehingga lingkungan sekitar menjadi lebih sejuk dan teduh.

BACA JUGA : Pengertian Slow Living Beserta Cara Penerapan dan Manfaatnya

10. Tumbuhan yang cocok ditanam di rumah

iStock

Berikut tumbuhan yang biasanya ditanam di lingkungan rumah untuk mempercantik area rumah. 

  • Pohon palem

Pohon palem menjadi tanaman andalan yang biasanya ditanam di lingkungan rumah. Selain ditanam di depan rumah, tumbuhan ini juga dapat ditanam di dalam rumah untuk mempercantik interior lho Sedulur. Pohon palem ini banyak digemari karena membuat suasana tropis dalam ruangan dan juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. 

  • Bunga melati

Bunga melati sangat cocok untuk ditanam di depan rumah maupun di dalam rumah. Jika diletakkan di dalam rumah, bunga melati akan mengharumkan ruangan. Perlu Sedulur ketahui bahwa ruangan yang harum dipercaya dapat mengurangi stress lho. 

  • Pohon mangga

Pohon mangga menjadi tumbuhan rindang yang sangat cocok ditanam di lingkungan rumah lho Sedulur. Selain buanhya bisa dimakan, pohon mangga juga dapat dijadikan tempat berteduh karena ukurannya yang besar sera memiliki daun yang cukup lebat. 

  • Lidah buaya

Jika Sedulur ingin menanam tumbuhan di dalam rumah, maka Sedulur dapat menanam lidah buaya. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tumbuhan ini juga bermanfaat membersihkan udara di dalam rumah bahkan dipercaya dapat membantu meredakan stress. 

  • Kembang sepatu

Selain dapat mempercantik lingkungan rumah, ternyata kembang sepatu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu dapat menguatkan imun, menurunkan berat badan bahkan dapat menurunkan resiko kanker. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah dan sekolah. Menanam tumbuhan di lingkungan rumah memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu dapat mengurangi pemanasan global, memperindah lingkungan rumah dan menjaga agar suasana di sekitarnya tetap rindang.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.