Urutan planet dalam tata surya

Sistem tata surya adalah kumpulan benda di langit yang memiliki satu bintang utama yaitu Matahari. Beberapa benda tersebut juga termasuk delapan planet yang semuanya berurutan dan terikat dengan gaya gravitasi. Bumi sendiri termasuk dari delapan planet yang beredar di tata surya. Namun urutan planet yang pertama adalah Merkurius

Merkurius mempunyai jarak paling dekat dengan Matahari yaitu 57,9 km dan menjadikan planet ini berada para urutan planet pertama dari delapan planet yang kita tahu. Guna membahas lebih lengkap mengenai urutan planet terpanas sampai terdingin, yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Perbedaan Cuaca dan Iklim, Kenali Jenis & Penjelasan Lengkap

1. Merkurius

urutan planet
Langit Selatan

Urutan planet terdekat dari matahari pertama adalah Merkurius. Diketahui, planet dengan permukaan gersang ini mempunyai jarak dengan matahari sejauh 57,9 km. Merkurius membutuhkan waktu berotasi selama 59 hari, sedangkan saat melakukan revousi hanya 88 hari saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu rotasi sampai revolusi planet ini hanya mencapai 29 hari.

Ciri khas planet Merkurius adalah dapat dilihat langsung dari bumi, tentunya saat matahari akan terbit. Dalam catatan sejarah, bangsa pertama kali yang melakukan pengamatan pada Merkurius adalah bangsa Sumeria yang hidup 2500 tahun sebelum masehi. Pemberian nama merkurius diambil dari nama dewa bangsa Romawi yaitu Hermes sehingga dikenal dengan nama Merkurius.

2. Venus

urutan planet
CNBC

Venus merupakan salah satu dari 10 nama planet dan termasuk juga dalam urutan planet terdekat dari matahari setelah Merkurius. Venus punya jarak 108,2  juta km dari matahari. Untuk  waktu edarnya, Venus membutuhkan 225 jam untuk melakukan revolusi. Kesimpulannya adalah waktu antara proses rotasi dan revolusi mencapai 18 hari.

Venus diaanggap punya ciri khas seperti bumi, sebab komposisi pada permukaan planet venus sama yaitu banyak ditemukan gunung. Tak hanya sampai disitu, dalam hal ukuran planet Venus mempunyai ukuran sama dengan bumi dan hanya mempunyai sedikit perbedaan sekitar 605 km.   

Diketahui diameter planet Venus berkisar 12.105 km, sementara untuk jarak planet Venus dari matahari berkisar 108 juta km. Planet ini punya suhu cukup tinggi berkisar 462 – 500 derajat Celcius. Dengan demikian suhu pada planet Venus cukup tinggi dibandingkan Merkurius meski sama-sama dekat dengan Matahari.

BACA JUGA: Sistem Tata Surya: Definisi, Sususan & Teori Pembentukannya

3. Bumi

urutan planet
Popmama

Urutan planet terdekat dari matahari selanjutnya adalah Bumi. Diketahui, planet tempat kita  tinggal sekarang mempunyai jarak 149, 7 juta km dari Matahari.  Sedangkan Bumi membutuhkan setidaknya 24  jam untuk melakukan rotasi, kemudian saat akan ber revolusi Bumi membutuhkan paling tidak 365 hari atau bahkan mencapai 366 hari. Dengan demikian jarak waktu rotasi dengan revolusi cukup jauh.

Permukaan bumi dikelilingi lautan dan samudera serta gunung-gunung berapi. Kondisi bisa diaanggap memiliki kesamaan dengan planet terdekat kedua setelah Venus. Bumi menjadi tempat  tinggal manusia, karena mengandung oksigen yang dibutuhkan manusia. Meski beberapa ahli mulai membuat ekprerimen memilih Mars sebagai planet kedua yang bisa ditinggali manusia mengingat Bumi sudah banyak kerusakan.

4. Mars

urutan planet
Pexels

Kerap dijuluki planet merah, Mars dianggap sebagai planet terdekat dengan bumi. Sedangkan jarak Mars dengan Matahari berkisar 228 juta km. Permukaan Mars cenderung bersahabat buat peneliti untuk kemungkinan ditinggali umat manusia. Sebab, punya gunung tertnggi di sistem tata surya.

Nama Mars diambil dari salah seorang dewa perang Romawi. Sedangkan mengapa dikatakan sebagai planet merah karena ini mengingatkan kita terkait orang Romawi kuno soal darah perang. Mars mempunyai waktu rotasi sekitar 25 jam, sedangkan waktu Mars dalam melakukan berevolusi mencapai 687 hari.

5. Jupiter

urutan planet
Okezone

Berikutnya ada urutan planet terbesar bernama Jupiter dan termasuk juga dalam urutan planet terdekat dari Matahari. Matahari diketahui punya jarak berkisar 778,8 juta KM. Jupiter membutuhkan waktu setidaknya 10 jam untuk melakukan rotasi. Sementara ketika akan ber revolusi setidaknya membutuhkan waktu 12 tahun.

Dikatakan sebagai planet terbesar dalam tata surya karena Jupiter punyai diameter 300 kali ukuran bumi .Ukuran besar dari Jupiter menjadikan planet ini dianggap paling terang ketiga pada langit malam setelah bulan dan Venus. Ciri lain Jupiter adalah planet tersebut tidak punya permukaan padat sampai berbatu.

Jupiter mempunyai cincin untuk mengitari sama halnya dengan Saturnus. Akan tetapi cincin Jupiter tidak mengandung es, sehingga kurang begitu terlihat cerah layaknya Saturnus. Kemudian sistem cincin pada Jupiter dianggap lebih kecil dibandingkan dengan planet Saturnus sebagai planet dengan cincin terindah pada sistem tata surya.

BACA JUGA: Struktur Lapisan Bumi Beserta Pengertiannya

6. Saturnus

Kompas

Urutan planet selanjutnya adalah planet Saturnus dan bisa dikenali dari cincin yang mengitarinya. Saturnus pun termasuk dalam urutan planet terbesar setelah Jupiter dan planet tersebut mempunyai volume lebih besar dari Bumi. Diketahui Saturnus punya massa sekitar 95 kali lebih berat dari Bumi dan punya ukuran 10 kali ipat lebih besar dari ukuran bumi.

Saturnus mempunyai  jarak dengan Matahari berkiar 1.430,2 juta km. Sementara waktu rotasi planet Saturnus bisa mencapai 10 jam dan membutuhkan waktu dalam berevolusi mencapai 29 tahun. Kandungan atmosfer pada planet Saturnus bagian luar tersusun atas 96,7% , 3% Helium, Metana skurang lebih mencapai 0,2%. Kemudian punya kadar amonia sebesar 0,02%.

Tidak hanya itu, Saturnus tersusun atas kandungan asetilana, fosfin dan etana meski jumlahnya tidak banyak. Meski demikian, Saturnus tetap menjadi planet paling indah dalam tata surya karena cincin planetnya.

7. Uranus

Viva

Urutan planet terpanas sampai terdingin berikutnya adalah Uranus, Uranus dianggap mempunyai jarak cukup jauh dari pusat tata surya Matahari yaitu 2.876,6 juta km. Rotasi planet Uranus hanya membutuhkan sekitar 11 jam sedangkan waktu revolusinya mencapai 165 tahun.

Planet Uranus masuk dalam urutan planet terbesar ketiga setelah Jupiter dan Saturnus. Diketahui diameter planet Uranus mencapai 4 kali lebih besar dari bumi. Jarak Uranus dengan Matahari berkisar 2,9 miliar kilometer. Sehingga cahaya Matahari baru sampai ke Planet Uranus setelah 2 jam 40 menit. Ciri khas Uranus selanjutnya yaitu dalam satu hari di Uranus setara 17 jam di Bumi. Kemudian waktu satu tahun di Uranus setara dengan 84 tahun Bumi saat berevolusi.

Kondisi permukaan di Uranus cukup dingin karena Uranus diibaratkan es besar. Inti di planet ini merupakan batuan cukup kecil lalu untuk sisa massa pada planet Uranus tersusun dari cairan padat seperti air, metana hingga amonia. Sehingga bisa disimpulkan planet ini sangat dingin dan mustahil ada kehidupan di sana.

8. Neptunus

Kompas

10 nama planet selanjutnya adalah Neptunus dan planet ini punya jarak cukup jauh dari Matahari. Diketahui Neptunus punya jarak 5.957,3 juta KM ke Matahari sedangkan waktu rotasi mencapai 6 hari. Neptunus memiliki waktu evolusi sekitar 284 tahun sedangkan di area permukaan planet ini kerap terjadi pergantian musim.

Pergantian musim disebakan oleh kemiringan pada sumbu di Neptunus, sehingga membuat  musim sangat panjang pada planet  ini dan durasinya berkisar 41 tahun. Planet Neptunus merupakan planet pertama dan kebradaannya diketahui melalui perhitungan matematis sebelum benar-benar terlihat dengan nyata dan jelas pada tanggal 23 September 1846.

9. Pluto

Kompas

Urutan planet selanjutnya adalah Pluto, namun menurut beberapa ahli sekarang Pluto tak masuk dalam sistem tata surya. Pluto sempat dikeluarkan dalam sistem tata surya kita pada tahun 2006. Sehingga menimbulkan pedebatan di kalangan para peneliti. Alasan utama Pluto dikeluarkan karena benda langit di area Sabuk Kuiper memiliki orbit tidak bersih.

Ditambah lagi pada area planet Pluto ditemukan beberapa objek-objek pada area Tata Surya dan punya ukuran sama dengan Pluto. Sehingga dengan tegas Pluto dianggap bukan lagi sebagai planet. Ciri khas planet Pluto adalah mereka punya jarak relatif jauh dari Matahari, penjelasan ini dikuatkan oleh pendapat NASA bahwa jarak antara Pluto dan Matahari sebesar 39,5 unit astronomi atau sekitar 40 kali lebih jauh dibandingkan jarak Bumi dengan Matahari.

10. Satelit yang ada pada setiap planet

Belajar Sampai Mati

Bumi

Bumi sebagai tempat tinggal umat manusia dan seluruh makhluk hidup, mempunyai satelit bernama Bulan. Bulan tersusun dari pecahan puing-puing akibat tabrakan antara Bumi dengan benda lain di tata surya.

Mars

Mars dijuluki sebagai planet paling terang karena punya warna kemerah-merahan. Namun siapa sangka planet terdekat dengan bumi ini mempunyai satelit bernama Phobos dan Deimos. Bentuk dua satelit itu lonjong dan punya permukaan tidak beraturan.

Jupiter

Sebagai planet terbesar dalam tata surya, Jupiter tercatat punya 79 satelit alami, dengan rincian sekitar 53 sudah terkonfirmasi sementara 26 lainnya masih pada tahap penelitian.

Saturnus

Planet dengan cincin indah di sekitarnya itu diketahui punya 82 satelit dengan rincian 53 sudah terkonfirmasi dan 29 lainnya masih dalam penelitian oleh ilmuan. Total 82 satelit dimiliki planet Saturnus menjadikannya sebagai gelar satelit terbanyak pada sistem tata surya Sedulur.

Uranus

Berikutnya ada lagi planet Uranus memiliki lima satelit utama dan terkenal yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Oberon sampai dengan Titania. Sehingga total keseluruhan satelit ini 27 satelit alami.

Neptunus

Urutan planet dengan satelit di sisinya adalah Neptunus dimana mereka punya 14 satelit dan mengorbit pada planetnya. aiad, Thalassa, Despina, Galatea, Larissa, S/2004N1, Proteus, Triton, Nereid, Halimede, Sao, Laomedeia, Psamathe, Neso, dan beberapa planet lainnya.

11. Komet

Tirto

Selain planet ada lagi benda-benda di langit bernama Komet. Komet tersusun atas debu dan gas serta mengalami proses pembekuan. Umumnya benda langit itu dinamakan dengan bintang berekor. Diketahui panjang ekor komet bisa mencapai jutaan kilometer dan mereka punya sifat menjauhi matahari.

Salah satu komet paling terkenal dan populer di kalangan peneliti adalah Komet Halley. Komet dapat terlihat dengan jelas dari bumi setiap 75-76 tahun. Diberikan nama Halley, karena komet ini ditemukan oleh Edmund  Halley. Sehingga menjadikan komet halley cukup terkenal dibandingkan komet-komet periodik lainnya.

12. Obyek meteor

Liputan 6

Benda-benda langit selanjutnya dan umum bisa disaksikan oleh mata manusia adalah meteor. Meteror masuk dalam bagian tata surya dan mereka bergerak bebas dengan kecepatn tinggi. Meteor kerap dinamakan sebagai bintang jatuh ataupun bisa dinamakan bintang beralih. Sebab ketika Sedulur menyaksikan di langit mereka bergerak dengan kecepatan tinggi kemudian berpijar.

Demikian ulasan mengenai urutan planet pada sistem tata surya. Mulai dari ukuran, bentuk, diameter hingga obyek-obyek lain di langit. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita akan sistem tata surya, bahkan siapa tahu Sedulur berminat menekuni dunia astronomi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!