merk garam

Mengkonsumsi garam beryodium memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apalagi garam merupakan bumbu penyedap alami yang selalu digunakan dalam setiap masakan. Memilih merk garam beryodium tentu menjadi sangat penting bagi para ibu. 

Kandungan yodium pada garam sangat berperan dalam membantu menghasilkan hormon tiroid. Yang mana jika seseorang kekurangan hormon tiroid dapat berdampak buruk pada perkembangan otak. Nah, berikut merk gram beryodium tinggi yang dapat Sedulur pakai untuk memasak sehari-hari. 

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Tepung Protein Sedang Terbaik dan Harganya

Manfaat mengkonsumsi garam

merk garam
Freepik

Sebelum beranjak ke pembahasan merk garam terbaik untuk Sedulur simpan di rumah. Alangkah baiknya jika Sedulur mengetahui manfaat dari mengkonsumsi garam beryodium terlebih dahulu, karena ada cukup banyak hal baik yang bisa dirasakan dari mineral satu ini.

-->
  1. Menjaga produksi hormon tiroid

Seperti yang sudah disinggung di atas, kekurangan yodium membuat tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan pembesaran tiroid, konstipasi, kelelahan, hingga sulit fokus dan berkonsentrasi. Hal ini jelas bisa berdampak buruk pada produktivitas seseorang.

  1. Mencegah tekanan darah rendah

Manfaat mengonsumsi garam dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tekanan darah rendah atau hipotensi. Orang yang memiliki darah rendah biasanya akan mengalami gejala berupa pusing, mual, pandangan kabur, hingga pingsan. Akan tetapi, selalu ingat untuk mengkonsumsi garam secukupnya saja ya Sedulur!

  1. Memelihara keseimbangan cairan tubuh

Garam mengandung natrium yang bermanfaat untuk menahan cairan dalam sel-sel tubuh. Dengan mencukupi konsumsi garam setiap harinya, Sedulur akan terhindar dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

  1. Meredakan gejala cystic fibrosis

Kadar garam dan air dalam tubuh penderita cystic fibrosis akan lebih cepat hilang melalui keringat. Maka dari itu, mereka membutuhkan lebih banyak asupan air dan garam untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

  1. Memelihara fungsi organ tubuh

Kandungan sodium pada garam memiliki peranan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot tubuh. Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa garam berperan penting dalam mencegah gangguan pada saraf, otot dan juga otak. 

  1. Membantu perkembangan otak

Kekurangan yodium dalam garam selama masa kehamilan akan mengakibatkan gangguan perkembangan otak pada janin. Selain itu, kekurangan asupan garam pada bayi dan anak juga akan membuat mereka memiliki IQ yang lebih rendah.

BACA JUGA : Apa itu Toko Kelontong? Ini Pengertian, Asal Mula dan Jenisnya

Merk garam beryodium terbaik

Setelah membahas tentang manfaat garam beryodium. Maka Sedulur perlu mengetahui beberapa rekomendasi merk garam terbaik yang cocok untuk dijadikan kebutuhan pelengkap dapur sehari-hari. Berikut ini rekomendasi merk garam beryodium terbaik yang dapat Sedulur jadikan referensi. 

1. Garam Dolphin

merk garam
Orami

Garam beryodium terbaik pertama adalah garam Dolphin. Garam ini terbuat dari mineral alami di dalam air. Garam Dolphin diproduksi oleh PT Susanti Megah yang juga telah mendapatkan berbagai sertifikat seperti SNI, ISO MUI dan lain sebagainya, sehingga kualitas dan mutu dari garamnya sudah terjamin.

2. Garam Garena

Orami

Rekomendasi merek garam selanjtunya yaitu produk dari  Garena. Garam ini mengandung natrium hanya 40% yang membuat tubuh tidak meningkatkan resiko darah tinggi, sehingga ramah bagi kesehatan tubuh.U.S Food and Drug menjelaskan bahwa takaran ideal natrium per harinya, yakni kurang dari 2.300 miligram. Konsumsi natrium terlalu berlebihan tak hanya berisiko menyebabkan hipertensi, tapi juga serangan jantung bahkan hingga stroke.

3. Garam Popcorn Flavacol

Garam popcorn
Flavacol

Bagi Sedulur yang penasaran dengan cara membuat popcorn ala bioskop,  garam Popcorn Flavacol adalah jawabannya. Garam Popcorn Flavacol merupakan garam yang memiliki aroma mentega yang kuat. Terkesan unik dan berbeda dari yang lainnya,  merek garam Popcorn Flavacol patut dicoba bagi pecinta popcorn.

Garam ini akan lebih cocok digunakan untuk membuat popcorn, gula kapas, bahkan berbagai kreasi roti tawar. Rasa mentega yang khas dan gurih tentunya akan menambah cita rasa popcorn menjadi lebih lezat. Konon, rahasia kelezatan popcorn yang dijajakan di bioskop adalah karena menggunakan garam jenis ini. Apakah Sedulur tertarik membuat popcorn menggunakan garam ini? 

4. Garam Lodan

Ceklist.id

Identik dengan gambar ikan paus, garam Lodan merupakan garam hasil produksi PT Kusuma Tirta yang sudah ada sejak tahun 1987. Garam Lodan merupakan garam berkualitas tinggi karena menggunakan bahan-bahan alami dan juga tanpa bahan pengawet. Garam ini dihasilkan dari penguapan air laut secara alami. Garam beryodium terbaik ini juga mudah larut dan mengandung mineral yang sangat diperlukan tubuh.

5. Garam Refina

merk garam
Orami

Garam refina merupakan satu-satunya garam yang telah melalui proses refinery, yakni sebuah proses pengolahan dengan tahap pelarutan, pengendapan kotoran, dan juga penyaringan logam berat. Proses tersebut kemudian dilanjutkan dengan pengkristalan sehingga menghasilkan garam yang memiliki karakterisitik putih, halus dan tentunya bersih. Garam yang mengandung yodium ini sangat cocok dipakai untuk berbagai masakan dan lauk-pauk.

BACA JUGA : 10 Susu Penambah Tinggi Badan Terbaik untuk Anak & Remaja

6. Garam Cap Kapal

merk garam
Orami

Sama halnya dengan garam Dolpin, Garam Cap Kapal berada di bawah naungan PT Susanti Megah. Garam ini cocok digunakan untuk menambah rasa pada sayuran, daging dan kue secara langsung. Dengan menggunakan garam Cap Kapal, makanan sehari-hari akan terasa lebih lezat dan juga nikmat. Dengan kualitas yang baik, harga garam ini termasuk murah dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

7. Garam Tradisional Balinese

Garam Tradisional Balinese memang sedikit berbeda dari garam lainnya karena memiliki rasa gurih khas dari Bali yang tidak dapat ditemukan pada produk garam lainnya. Seperti namanya, garam ini diproduksi dengan cara tradisional mengandalkan sinar matahari langsung. Sehingga tak heran jika harga garam ini lebih mahal jika dibanding garam pada umumnya. 

8. Natural Pink Himalayan Salt

iHerb

Garam Pink Himalaya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki garam lain, yaitu warna merah muda pada setiap kristalnya. Warna tersebut berasal dari kandungan zat besi yang melengkapi garam Himalaya. Tak seperti garam meja yang banyak diproduksi di wilayah pesisir pantai, garam ini diambil langsung dari pegunungan Himalaya. Maka dari itu, garam ini memiliki keunggulan pada kadar nol untuk zat aditif dan pengawet.

Selain bagus digunakan untuk keperluan memasak dan konsumsi harian, garam Himalaya ini juga dimanfaatkan untuk bahan dasar D.I.Y scrub agar kulit menjadi sehat dan halus, lho Sedulur. 

9. Garam Redmond

merk daram
Orami

Rekomendasi merk garam beryodium selanjutnya adalah garam Redmond. Merk ini memang cukup asing dan jarang terdengar, karena diproduksi di Amerika Serikat. Meski demikian, mempertimbangkan Redmond ke dalam rekomendasi garam terbaik tentu bukan tanpa alasan. Merk garam ini hadir dengan produk garam berkualitas premium.

Redmond juga telah menjadi pilihan nomor satu para chef di banyak restoran masakan Eropa. Untuk itulah, garam dengan tekstur kasar ini sangat cocok untuk Sedulur yang sering berkreasi dan menyajikan masakan Eropa. Memiliki rasa yang tidak begitu asin menjadikan merk garam beryodium ini andalan terbaik untuk garnish pada masakan di rumah. 

BACA JUGA : 12 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik & Terbaru 2022

10. Garam MamaSuka

Mamasuka

Siapa yang tidak mengenal merk MamaSuka? Merk ini tentunya sudah sangat akrab di telinga para ibu rumah tangga, karena ragam produk bumbu masakannya yang lezat. Di antara produk-produk tersebut, MamaSuka juga menghadirkan produk garam beryodium tinggi yang tentunya patut Sedulur pertimbangkan. Merk garam beryodium yang satu ini sudah cukup dikenal karena kualitas dan mutunya yang terbaik. Tidak hanya hadir sebagai garam masak, garam MamaSuka juga dapat menjadi garam tabur yang dapat diletakkan di meja makan. 

11. Garam Nutrisalin

Ceklist

Nutrisalin bisa menjadi solusi bagi Sedulur yang memiliki penyakit stroke. Kandungan sodium pada garam ini 50% lebih rendah dibanding garam biasa, namun tetap memiliki kandungan yodium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan harian keluarga.

Untuk rasanya sendiri, garam Nutrisalin mempunyai rasa asin yang nikmat seperti garam dapur pada umumnya. Merk garam beryodium ini juga telah memenuhi syarat mutu SNI dan dapat dikatakan layak konsumsi. Hingga kini, garam Nutrisalin terus berkomitmen untuk setia dalam membantu dan mencegah kasus kematian dini pada penderita stroke dan hipertensi di Indonesia.

Demikianlah rekomendasi garam beryodium terbaik yang dapat Sedulur gunakan untuk keperluan memasak sehari-hari. Garam beryodium terbaik juga dapat Sedulur beli di Aplikasi Super lho! Cukup dowload di Play Store, Sedulur sudah bisa belanja kebutuhan harian sepuasnya. Yuk langsung belanja di Aplikasi Super sekarang! Belanja mudah, harga dijamin lebih murah.