tepung protein sedang

Salah satu makanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia adalah olahan yang berasal dari tepung terigu, seperti martabak dan juga aneka kue.Perlu Sedulur ketahui bahwa ternyata tepung terbagi menjadi tiga jenis  yaitu tepung terigu protein rendah, protein sedang dan protein tinggi.

Meski pada dasarnya semua tepung terigu terdiri dari karbohidrat yang dikenal dengan pati dan protein yang membentuk gluten, terpung terigu protein sedang biasanya leih sering disebut sebagai tepung serbaguna. Berikut rekomendasi tepung terigu protein sedang beserta tips memilihnya yang perlu Sedulur perhatikan.

BACA JUGA : 12 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik & Terbaru 2022

Perbedaan tepung protein tinggi dan sedang dan rendah

tepung protein sedang
Freepik

a. Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu protein tinggi dapat dikatakan demikian karena mempunyai kadar protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 12% hingga 14%. Tepung ini akan menghasilkan tekstur kue yang kenyal, mengembang, dan juga lebih bervolume. Makanan yang cocok diolah menggunakan tepung ini di antaranya aneka roti dan juga mi. Hindari menggunakan jenis tepung ini jika ingin membuat kue kering.

-->

b. Tepung terigu protein rendah

Berbanding terbalik dengan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah tentunya memiliki kadar protein yang rendah, yaitu hanya sekitar 8% sampai 11%. Daya serap air dan gula dari tepung jenis ini juga termasuk kurang baik sehingga cocok diolah menjadi makanan renyah. Contoh makanan yang bisa dibuat adalah kue kering, cookies dan juga keripik.

c. Tepung terigu protein sedang

Tepung terigu protein sedang dikenal sebagai tepung serbaguna. Tepung ini merupakan kombinasi dari protein tinggi dan rendah dengan kandungan protein 10,5% hingga 12%. Makanan yang dapat mengolah menggunakan tepung ini di antaranya makanan kering hingga makanan basah.

Cara memilih tepung terigu protein sedang

tepung protein sedang
Freepik

Berikut tips memilih tepung terigu protein sedang yang harus Sedulur perhatikan.

Pilihlah tepung yang tidak menggumpal

Selain warna, tekstur juga dapat memengaruhi kualitas tepung terigu. Sedulur tentu dapat merasakannya dengan cara menggenggam sejumput tepung. Apabila teksturnya halus dan menempel di tangan, artinya tepung tersebut layak dikonsumsi. Hindari tepung terigu yang teksturnya menggumpal karena menandakan tepung sudah cukup lama dan kualitasnya kurang baik. 

Jangan beli tepung yang berbau apek

Tepung terigu yang berkualitas baik memiliki bau dan aroma yang tidak apek. Bau apak biasanya dihasilkan dari tepung terigu yang sudah tercemar jamur maupun mikroorganisme, seperti kutu, ulat, belatung, dan sejenisnya. Pastikan juga tepung bebas dari kotoran atau kutu karena hal tersebut menandakan kualitas tepung tidak baik.

Perhatikan fortifikasi pangannya

Tips selanjutnya adalah Sedulur perlu memperhatikan fortifikasi pangannya. Biasanya oada kemasan tepung terigu ditemukan tulisan “difortifikasi” dengan zat gizi tertentu. Fortifikasi merupakan sebuah proses penambahan zat gizi mikro ke dalam bahan pangan. Tujuan dilakukannya fortifikasi adalah untuk mengembalikan zat-zat gizi yang hilang saat proses pengolahan sekaligus memperkaya kandungan nutrisi. Secara umum, tepung terigu difortifikasi dengan zat gizi berikut ini.

  • Zat besi: mencegah anemia dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh, kulit, dan rambut.
  • Seng: meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  • Vitamin B1: membantu pembentukan energi dan memaksimalkan fungsi sistem saraf, jantung, dan otot.
  • Vitamin B2: membantu pengolahan energi dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.
  • Asam folat: membantu pembentukan sel darah merah dan produksi DNA.

Cek warna tepung terigu

Berbagai jenis tepung tampak memiliki warna yang  serupa, yaitu putih. Hal ini bisa saja menimbulkan kesalahan memilih tepung jika membeli tepung kiloan atau tidak mengecek kemasannya secara detail terlebih dahulu. Akan tetapi, sebenarnya terdapat perbedaan dari warna tepung tersebut meski tidak begitumencolok, misalnya tepung beras ketan berwarna putih gading dan tepung beras berwarna putih agak bening. Sementara itu, untuk tepung terigu protein sedang, memiliki warna putih pucat atau putih kekuningan.

BACA JUGA : Daftar Bahan Makanan yang Tahan Lama Tanpa Disimpan di Kulkas

Rekomendasi tepung terigu protein rendah

Setelah mengetahui tips meilih tepung terigu yang baik, berikut rekomendasi tepung protein rendah yang dapat Sedulur gunakan untuk membuat aneka kue dan juga jajan pasar. 

1. Tepung terigu Segitiga Biru

Diadona

Sedulur tentu sudah familiar dengan tepung Segitiga Biru. Tepung ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam masakan, seperti martabak, bolu, brownis, bakpia dan yang lainnya. Merk tepung ini memang sudah terkenal dengan kualitasnya yang sangat bagus. Tepung segitiga biru terbuat dari bulir gandum pilihan yang mengandung vitamin B dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya memuaskan dengan makanan enak yang akan dihasilkan, akan tetapi merk tepung terigu protein sedang yang satu ini juga dipercaya dapat memenuhi kebutuhan gizi harian. Sebab, selain mengandung vitamin, tepung Segitiga Biru ini juga telah difortifikasi dengan mineral.

Jika ingin membuat makanan dengan bahan tepung terigu Segitiga Biru, Sedulur dapat berbelanja di Aplikasi Super. Cukup download di Play Store maka Sedulur sudah bisa berbelanja tepung dan kebutuhan dapur lainnya dengan harga yang dijamin lebih terjangkau. 

2. Sania Tepung Terigu Halus dan Putih

tepung protein sedang
Tovins

Jika Sedulur sedang mencari tepung terigu protein sedang untuk bisa menghasilkan kue dengan tekstur yang lembut, Sania Tepung Terigu Halus dan Putih merupakan pilihan yang tepat. Merk tepung terigu protein sedang ini diketahui memiliki butiran yang halus, sehingga tidak perlu diayak berkali-kali ketika akan digunakan. Produk yang berasal dari gandum pilihan ini cocok sekali digunakan untuk membuat aneka bolu, brownies, bakpao, donat, martabak dan lainnya. 

Sania Tepung Terigu Halus dan Putih juga diklaim memiliki kualitas yang terjamin bagus, dan tidak mudah berjamur. Di samping untuk membuat aneka makanan, Sania Tepung Terigu Halus dan Putih bisa juga Sedulur gunakan untuk membuat mie yang kenyal dan tidak mudah putus. Harga tepung Sania ini harganya hanya Rp13.500/kg. 

3. Mila Tepung Serbaguna

istyle.id

Terbuat dari bahan utama gandum yang berkualitas tinggi, merk tepung terigu protein sedang ini juga menjadi salah satu perung andalan masyrakat. Tepung ini memiliki  kadar protein sekitar 11%. Mila Tepung Serbaguna mempunyai butiran yang sangat halus sehingga cocok dijadikan sebagai bahan aneka makanan, di antaranya seperti cake, martabak manis, bolu, pancake, brownies, muffin, dan donat. Produk ini juga sudah difortifikasi dengan tambahan zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, dan asam folat. Harga tepung ini hanya kisaran Rp11.000-Rp13.000/kg. 

4. Sriboga Flour Mill Double Zero

Sriboga Flour Mill

Sedulur tertarik untuk membuat makanan khas Eropa? Tepung terigu Double Zero dapat menjadi pertimbangkan jika Sedulur ingin mencobanya. Merk tepung terigu protein sedang ini terinspirasi dari tepung terkenal dari Italia yaitu Doppio Zero. Karakternya yang fleksibel menjadikan tepung ini sangat cocok diolah menjadi pizza, focaccia, ciabatta, pastry, serta roti. Produk yang satu ini juga telah diuji kemurnian, kualitas gluten, tingkat protein, kehalusan tepung, warna, dan kadar abunya.

5. Kompas Tepung Terigu Serbaguna Premium

my-best

Kompas Tepung Terigu Serbaguna merupakan salah satu merk tepung terigu protein sedang kelas premium asal Indonesia. Tepung ini terbuat dari gandum dengan kualitas tinggi yang membuatnya cocok dijadikan bahan untuk menghasilkan berbagai jenis kue. Memiliki kadar protein yang pas di dalam Kompas Tepung Terigu Serbaguna ini, membuatnya bisa menghasilkan kue dengan tekstur yang lembut dan juga renyah. Produk ini juga dikenal menawarkan harga yang cukup terjangkau dan juga mudah didapatkan. Dengan menggunakan Kompas Tepung Terigu Serbaguna Premium, Sedulur sudah bisa menghasilkan kue yang memiliki citarasa yang tinggi. Sementara, dari segi kemasan, tepung terigu protein sedang Kompas ini mempunyai berbagai kemasan dengan ukuran yang berbeda. Jadi, Sedulur dapat memilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan, ya! Harga tepung ini dibanderol hanya Rp13.000/kg. 

BACA JUGA : Perlu Dicatat, Ini Daftar Harga Gula Pasir 1 Kg Terbaru 2022

6. Bungasari Jawara

Bungasari Flour Mill

Merk tepung terigu protein sedang dari Bungasari lainnya adalah tepung Jawara. Tepung ini sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai masakan, terutama gorengan. Dengan menggunakan Jawara, gorengan yang dibuat akan menjadi lebih renyah, lezat, dan tidak berminyak. Merek yang satu ini memang mengeklaim bahwa gorengan dapat tetap renyah meski berada di luar yang terbuka. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp13.000/kg. 

7. Tulip tepung terigu

mybest

Tulip Tepung Terigu merupakan produk dari salah satu perusahaan yang sudah tak asing lagi, yakni Wilmar. Merk tepung terigu protein sedang yang satu ini cocok digunakan untuk membuat aneka jajanan pasar dan juga gorengan. Tak hanya itu, tekstur dari produk ini juga sangat halus dan tidak mudah menggumpal. Tepung terigu yang satu ini terhitung masih cukup baru di pasaran, namun produk yang dihasilkannya sangat berkualitas dan tak kalah dengan merek tepung terigu lainnya. Tak hanya itu, Tulip Tepung Terigu sangat mudah dan praktis untuk diolah untuk berbagai macam masakan. Produk ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dengan tepung ini,Sedulur akan menghasilkan adonan yang sempurna. Tulip Tepung Terigu berasal dari bahan alami yang telah melewati proses penggilingan terbaik.

8. Falcon Serbaguna

mybest

Tepung Terigu Falcon Serbaguna ini memiliki kadar protein sekitar 8%–11% dan sudah memperoleh sertifikasi halal dari MUI. Tepung terigu protein sedang ini akan memberikan tekstur yang lembut dan mengembang pada olahan yang dibuat, jadi cocok digunakan untuk membuat kue bolu, martabak, cakwe, lapis legit, waffle, bolu kukus, dan juga aneka cake.

Falcon Tepung Terigu Serbaguna juga cocok digunakan untuk membuat makanan sehari-hari, seperti gorengan. Tepung terigu protein sedang ini dijual dengan harga 9.000-an rupiah saja per 1 kg, sehingga menjadi pilihan tepat bagi Sedulur yang ingin menjalankan bisnis catering atau restoran. Harganya cukup Rp10.000-Rp15.000/kg. 

9. Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Premium

Bungasari Flour Mills

Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Premium terbuat dari bahan utama gandum yang sudah diformulasikan sebagai tepung terigu protein sedang yang memiliki kadar protein sekitar 11.5%. Produk ini juga mengandung moisture 14%, wet gluten 28%, water abs 62%, dan ash hanya 0.55%.

Sedulur bisa menggunakan Tepung Terigu Bola Salju dari Bungasari ini untuk banyak jenis olahan, seperti kue, brownies, donat, bolu kukus, gorengan, pukis, waffle, martabak manis, hingga pancake. Harganya hanya dibanderol sekitar Rp13.000/kg. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik & Paling Enak 2022

Cara menyimpan tepung terigu yang benar

Freepik

1. Simpan di wadah yang kering

Cara pertama yang dapat Sedulur lakukan untuk menjaga kualitas tepung terigu yaitu dengan menyimpannya di wadah yang kering. Hal ini dilakukan agar tepung tidak mudah berjamur. Pilihlah wadah dengan bahan yang tidak mudah lembap seperti kaca. Selain itu,  pastikan juga Sedulur sudah menyimpan tepung terigu pada wadah tertutup yang tidak terkena matahari. Dengan menerapkan cara ini, tepung akan lebih awet dan warnanya tidak mudah berubah.

2. Pisahkan tepung baru dengan yang lama

Apakah Sedulur sering  mencampurkan tepung terigu lama dengan yang baru? Jika iya, segeralah untuk tinggalkan kebiasaan ini. Tepung yang lama dan baru sebaiknya dipisah untuk memudahkan Sedulur dalam memberi label tanggal kedaluwarsa pada wadahnya. Dengan demikian, Sedulur akan mengetahui secara jelas mana tepung yang harus digunakan terlebih dahulu.

Nah, bagi Sedulur yang ingin membuat aneka kue, bolu ataupun jajan pasar lainnya, Sedulur dapat berbelanja tepung di Aplikasi Super. Selain tepung, Sedulur juga dapat berbelanja kebutuhan membuat kue dan bahan dapur lainnya lho. Banyak promo dan tentunya harganya lebih murah. Yuk langsung belanja di Aplikasi Super, dan dapatkan promo menarik lainnya!

Demikianlah tips memilih dan juga rekomendasi tepung protein rendah yang dapat Sedulur jadikan referensi ketika akan membuat aneka kue, bolu maupun martabak. Jangan lupa untuk menyimpan tepung di wadah yang kering dan tertutup ya!