merk beras

Nasi merupakan asupan karbohidrat yang paling utama bagi masyarakat Indonesia. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa belum makan jika belum makan nasi. Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai nasi yang terksturnya pulen serta memiliki aroma khas nusantara. Untuk itu, Sedulur tentunya harus merk beras yang berkualitas. 

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarnang ini sudah banyak merk beras yang beredar di pasaran. Nah, agar Sedulur tidak keliru dalam memilih jenis beras dan merk beras, berikut tips dan rekomendasinya yang harus Sedulur perhatikan!

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Merk Garam Beryodium Terbaik

Jenis beras

merk beras
Freepik

Terdapat beberapa jenis beras yang akan Sedulur temui di pasaran. Nah agar tidak salah beli, yuk kenali jenis-jenis beras di bawah ini!

1. Beras putih

Beras putih merupakan beras yang paling populer di Indonesia sehingga jenis beras putih biasanya paling banyak dan mudah dijumpai di pasaran.  Beras putih berasal dari padi yang sudah dihilangkan sekam, bekatul, dan juga benihnya. Setelah itu, beras ini diproses menjadi lebih bersih dan cerah. Karena melewati proses panjang, beras putih cenderung kehilangan banyak nutrisi di dalamnya. Umumnya, rasa beras putih terbilang paling enak dibandingkan dengan jenis beras lainnya. 

2. Beras cokelat

Seperti namanya beras yang satu ini memiliki warna cokelat kusam serta memiliki tekstur yang cukup kasar. Sebenarnya, beras cokelat juga dihasilkan dari jenis padi yang sama, akan tapi jenis beras ini hanya dihilangkan bagian sekamnya. Kandungan nutrisi beras cokelat masih sangat kaya. Beras cokelat memiliki kandungan nutrisi penting, seperti magnesium, fosfor, selenium, thiamine, niasin, vitamin B6, mangan, dan juga serat. Nah, jika Sedulur ingin memasak beras cokelat maka dibutuhkan waktu lebih lama ketimbang beras putih. Sedulur juga pun harus menghabiskannya segera karena jenis beras yang satu ini tidak tahan lama.

3. Beras merah

Sedulur mungkin mengenal beras merah sebagai pengganti nasi putih bagi sebagian orang yang sedang menjalankan program diet. Kandungan nutrisi beras merah terbilang kaya dan sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti melawan radikal bebas, menjaga gula darah, sekaligus menurunkan berat badan. Warna merah dari beras ini berasal dari kandungan antosianin yang berperan sebagai antioksidan. Namun sayangnya, beras merah merupakan bahan makanan yang cepat basi jika tidak disimpan dengan baik. Sebaiknya Sedulur langsung menghabiskannya setelah proses pemasakan. Selain itu, harga beras merah juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

4. Beras hitam

Jenis beras yang banyak Sedulur temui di pasaran seanjutnya adalah beras hitam. Kandungan antosianin dalam beras hitam sangat tinggi hingga membuat warnanya menjadi hitam pekat. Warna ini akan berubah menjadi ungu setelah ditanak. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa kandungan nutrisi beras hitam sangat tinggi. Beras hitam memiliki vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Sedulur bisa mendapatkan beragam nutrisi, seperti protein, vitamin B, vitamin E, zinc, magnesium, dan fosfor di dalamnya.  Selain itu, berat hitam juga mengandung serat yang sangat tinggi. Makanan ini bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan.

5. Beras ketan

Beras ketan memiliki tekstur yang lengket setelah dimasak. Hal ini disebabkan oleh kandungan amilopektin yang tinggi dan amilose yang rendah di dalamnya. Jenis beras ini juga diperkaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin B, zinc, tembaga, dan fosfor. Jenis beras ini banyak dijumpai di berbagai negara di Asia Tenggara dan Asia Timur. Sebagian besar masyarakat menggunakan beras ketan sebagai makanan tradisional maupun menjadi campuran membuat sushi. Akan tetapi, ada juga yang mengolah beras ketan menjadi menu utama yang mengenyangkan. 

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Tepung Protein Sedang Terbaik dan Harganya

Tips memilih merk beras

merk beras
Freepik

Sebelum memutuskan untuk membeli beras, berikut tips memilih beras yang harus Sedulur perhatikan. 

1. Perhatikan warna dan tekstur beras

Tips pertama dalam memilih beras yang harus perhatikan adalah warna beras dan teksturnya. Seperti yang kita ketahui bahwa berras yang beredar di pasaran tak hanya beras putih saja. Bisanya beras putih berwarna bening kekuningan sehingga tampil tidak terlalu putih. Akan tetapi khusus untuk jenis beras mentik susu atau yang biasa disebut dengan mentik wangi, beras ini memang memiliki warna putih seperti susu. Untuk beras merah, beras cokelat dan beras hitam, umumnya beras ini dibuat untuk menjadi alternatif beras putih. Selain itu banyak juga dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. 

2. Perhatikan bentuknya

Selain warna dan tekstur, bentuk beras juga bisa menjadi pertimbangan saat Sedulur ingin membelinya. terdapat 3 bentuk beras putih yaitu long grain, medium grain serta short grain. Beras jenis long grain mempunyai kandungan pati yang sedikit. Beras ini juga memiliki panjang 5 kali dari lebarnya. Jika dimasak, beras ini cenderung kering dan terpisah-pisah atau yang sering disebut dengan istilah pera.

Jenis medium grain menjadi beras yang paling sering ditemukan di pasaran. Kandungan pati untuk jenis beras ini berada di antara jenis long grain dan short grain. Untuk bentuknya sendiri beras ini memiliki panjang 3 kali dari lebarnya.

Terakhir yaitu beras jenis short grain. Jenis beras ini berukuran yang panjangnya yang tak jauh beda dengan lebarnya. Memiliki kandungan pati yang tinggi membuat beras ini akan menempel satu dengan yang lain saat dimasak. Jenis beras ini biasanya banyak digunakan untuk membut sushi. 

3. Pastikan membeli di toko yang terpercaya

Tips yang tak kalah penting dalam membeli beras adalah memilih toko yang sudah terpercaya. Dengan begitu Sedulur dapat memastikan bahwa membeli beras yang aman sekaligus berkualitas untuk dikonsumsi. Hindari membeli beras yang didiskon besar-besaran untuk menghindari hal-hal butuk yang mungkin terjadi. Nah, bagi Sedulur yang ingin membeli beras dari toko yang terpercaya bisa beli di Aplikasi Super. Selain mutu dan kualitasnya yang sudah pasti terjamin, harga produk beras di Aplikasi Super tentunya juga lebih terjangkau. 

4. Belilah ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Tips terakhir dalam membeli beras adalah selalu pastikan untuk membeli ukuran kemasan sesuai dengan kebutuhan. Hindari panic buying dan menyetok beras terlalu banyak. Karena beras juga memiliki masa kadaluarsa yang termasuk cepat dan bisa mengakibarkan beras berkutu. Jadi untuk menghindari hal tersebut, belilah sesuai dengan kebutuhan. 

BACA JUGA : Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

Rekomendasi merk beras terbaik

Berikut ini rekomendasi merek beras yang bagus dan bisa menjadi pilihan kamu untuk konsumsi sehari-hari:

1. Beras Premium Sania

Alyaqoniah

Beras putih Premium dari Sania ini menjadi salah satu merk beras paling banyak dijumpai di sentra beras maupun minimarket. Pasalnya, harga beras Sania terbilang cukup terjangkau untuk segala jenis kalangan. Untuk ukuran 5 kg, beras Sania dibanderol dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah saja. Merk beras premium ini juga mampu menghasilkan nasi yang sangat pulen untuk makanan sehari-hari.  Produsen beras ini pun juga menerapkan teknologi paddy to rice yang artinya beras baru akan diolah ketika ada pesanan, sehingga beras tidak akan didiamkan terlalu lama di dalam gudang.

2. Beras Pandan Wangi Si Pulen

onlinegrocer

Merk beras Si Pulen juga juga menjadi merk beras yang bagus untuk konsumsi sehari-hari. Sedulur dapat menemukan beras ini dengan mudah karena sudah banyak tersedia di minimarket dan supermarket. Rahasia dari beras Si Pulen adalah lokasi menanam padinya yang berada di tempat yang sejuk. Hal ini yang membuat berasnya sangat pulen ketika dimasak. Merek beras yang satu ini juga memiliki aroma harum yang khas sehingga bisa menambah selera makan. Beras Si Pulen bisa Sedulur dapatkan dengan harga sekitar 90-100 ribu rupiah untuk ukuran 5 kg.

3. Beras Buncit

Aplikasi Super

Beras terbaik yang pulen selanjutnya adalah beras Buncit. Beras Buncit sendiri merupakan jenis beras putih premium dengan kualitas tinggi dan tentunya harganya juga terjangkau. Produk beras dari Aplikasi Super ini memiliki tekstur yang pulen dan aroma serta citarasa khas nusantara yang tentunya akan menambah selera makan. 

4. Beras Super Rojolele

merk beras
Harga Buah

Beras Rojolele merupakan merek beras yang bagus dan juga berkualitas dan menjadi pilihan banyak pilihan masyarakat Indonesia, termasuk sebagian besar rumah makan. Beras Super Rojolele ini juga memiliki aroma yang harum yang khas dengan bentuk beras sedikit panjang. Beras Rojolele juga cukup pulen saat tanak dan memiliki rasa yang sedikit manis.  Harga beras ini juga sangat terjangkau mulai dari 45 ribu rupiah untuk kemasan 5 kg.

5. Beras BMW Super Pandan Wangi

Ridwan Jaya

Beras BMW Pandan Wangi ini tergolong jenis beras yang banyak diminati di pasaran. Beras ini mampu menghasilkan aroma harum yang tentunya bisa menggugah selera makan. Jenis beras pandan wangi yang satu ini memiliki bentuk beras sedikit bulat dengan warna yang tidak terlalu putih. Jenis beras ini juga mempunyai tingkat kepulenan nasi yang sangat tinggi sehinga baik untuk sistem pencernaan. BMW Super Pandan Wangi termasuk salah satu merek beras yang bagus dan mudah didapatkan di pasaran. Untuk harganya, beras BMW ini dibanderol sekitar 80-85 ribu rupiah untuk ukuran 5 kg.

6. Beras Karya Alam Hijau

Aplikasi Super

Selain beras Buncit, Aplikasi Super juga memiliki beras unggulan lainnya yaitu Beras karya Alam Hijau. Jenis beras putih ini memiliki tekstur yang pulen dan padat ketika dimasak. Beras Karya Alam ini hadir dengan berbagai ukuran yaitu 5kg, 10kg dan 25 kg dengan harga yang lebih murah dari pada di pasaran. 

7. Beras Sumo Merah

Sumo Fodd

Sedulur mungkin mengira bahwa merek ini merupakan beras Jepang. Faktanya, Beras Sumo adalah beras lokal yang memiliki tingkat kepulenan sangat tinggi. Beras yang satu ini juga merupakan gabungan dari jenis pandan wangi dan setra ramos. Untuk varian Beras Sumo, Sedulur hanya akan mendapatkan patahan beras paling banyak 5% saja setiap kemasannya. Sedulur pun tidak perlu mencuci beras ini terlalu lama dan berklai-kali karena Beras Sumo sudah melewati pencucian sebelum dikemas. Harga Beras Sumo dibanderol mulai dari 60 ribu rupiah untuk kemasan ukuran 5 kg.

BACA JUGA : 12 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik & Terbaru 2022

8. Asagri Beras Hitam Organik

merk beras
Asagri

Jika Sedulur bosan dengan mengkonsumsi beras putih, Sedulur dapat mencoba varian beras hitam organik yang lebih menyehatkan.  Sedulurdapat mencoba coba merek beras hitam dari Asgari. Produk ini berasal dari Karanganyar dengan kualitas yang tentunya sudah tak perlu diragukan lagi. Beras hitam Asgari diolah tanpa menggunakan bahan kimia atau pestisida.  Beras hitam ini juga kaya akan kandungan nutrisi penting bagi tubuh yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan termasuk mendukung program diet. Beras hitam Asgari memiliki kandungan tinggi serat dan antioksidan, serta rendah gula, sehingga baik untuk pengganti nasi putih pada pasien diabetes. Produk beras hitam Asgari dibanderol dengan harga mulai dari Rp35.000 untuk ukuran 1 kg. 

9. Lingkar Organik Beras Merah

SESA.ID

Lingkar Organik menjadi jenis beras yang dapat Sedulur jadikan alternatif jika ingin lebih sehat. Merek beras yang bagus ini terbuat dari beras cempo merah yang ditanam menggunakan pupuk alami dan menggunakan cara tradisional untuk mengusir hama. Beras merah Lingkar organik juga bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya. Beras merah ini juga mengandung tinggi serat serta kaya nutrisi dan antioksidan yang dapat menunjang kesehatan serta menurunkan risiko penyakit kronis. Harga beras merah Lingkar Organik dibanderol mulai dari 24 ribu rupiah untuk ukuran 1 kg.

10. Mlatiharjo Beras Cokelat

Jagapati

Beras cokelat dari Mlatiharjo juga bisa menjadi pilihan alternatif makanan pokok yang lebih menyehatkan dibandingkan dengan beras putih pada umumnya. Mlatiharjo beras cokelat ditanam secara organik oleh petani lokal dengan tanah dan pengairan yang steril. Beras ini juga bebas pestisida dan bahan kimia lainnya sehingga kualitasnya sudah terjamin. Sedulur bisa mendapatkan beras premium organik ini dengan harga mulai dari Rp24.900 untuk ukuran 1 kg.

11. Beras Ngawiti Mas

Hawwa

Harga beras ini terbilang cukup terjangkau, merk beras terbaik Ngawiti Mas merupakan beras yang berasal dari gabah kering yang kemudian diproduksi dengan teknologi tinggi tanpa adanya campuran bahan kimia ataupun pengawet lainnya terlebih pemutih. Beras ini merupakan beras jenis setra ramos yang cocok untuk dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa. Meski dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, Sedulur tida perlu takut akan kualitas dari beras ini. Beras ini akan menghasilkan rasa yang gurih dan tekstur yang pulen setelah dimasak. 

12. Beras Idola

Citrasembako

Memiliki kualitas yang sangat bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal, beras Idola merupakan salah satu merk beras best seller yang cocok untuk dikonsumsi keluarga. Beras ini akan menghasilkan nasi putih yang sangat enak dan pulen, bebas untuk disandingkan dengan lauk apa saja. Untuk kemasannya, beras ini dibungkus menggunakan teknologi yang cukup tinggi sehingga kualitas dan keasliannya dapat terjaga sampai ke perut. 

13.Puregreen Organic Brown Rice

merk beras
Pure Green

Beras ini Pure Green ini mempunyai  kandungan serat yang lebih tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.  Beras ini ditanam di lahan yang yang langsung diairi mata air alami dari pegunungan yang tentunya terbebas dari polusi. Tak hanya itu,  beras organik ini sudah mendapatkan sertifikasi FDA mulai dari kemasan bahkan hingga isi kemasannya sehingga sudah dijamin kualitasnya. 

14. Beras Maknyus

merk beras
berasmaknyus.com

Beras Maknyus sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Beras ini tidak mengandung pemutih, pengawet dan juga pewangi. Tak hanya itu beras . Sedulur dapat dengan mudah menemukan beras ini di swalayan. Beras ini juga dikemas dengan menggunakan teknolgi yang tinggi sehingga tahan lama. Beras Maknyus dikemas dengan ukuran ekonomis yaitu 5kg. 

Demikianlah tips memilih serta rekomendasi merk beras terbaik yang pulen saat dimasak. Mana nih beras pulen favorit Sedulur? 

Bagi Sedulur yang ingin membeli beras pulen berkualitas terbaik seperti Beras Buncir dan karya Alam Hijau dapat beli di Aplikasi Super. Selain harganya yang lebih murah, Belanja beras di Aplikasi Super gratis ongkir tanpa minimal pembelian lho. Tunggu apalagi! Yuk, download Aplikasi Super di Play Store segera dan nikmati kemudahan belanja produk beras pulen berkualitas sekarang juga!