merek baterai yang tahan lama

Seperti yang kita ketahui bersama, banyak sekali peralatan elektronik yang menggunakan merek baterai yang tahan lama agar bisa berfungsi secara maksimal. Tak hanya arus dayanya bisa disalurkan menjadi lebih mudah, setiap merek baterai juga memiliki kekuatan yang berbeda.

Baterai memiliki beberapa jenis jika dilihat menurut kapasitasnya. Ada baterai AA dan AAA yang paling sering digunakan untuk perangkat elektronik. Ada yang mengenalnya sebagai baterai sedang dan baterai kecil. Baterai AA memiliki kapasitas daya lebih besar dibandingkan baterai AAA.

Baterai AA memiliki dua jenis baterai lagi jika dilihat dari pemakaiannya, yaitu baterai AA sekali pakai dan baterai AA yang dapat diisi ulang. Tentu dari dua jenis baterai ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Bedanya, dari sisi pemakaian baterai sekali pakai bisa langsung digunakan tanpa harus mengisi dayany terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Webcam Terbaik dan Terbaru 2022

Rekomendasi Baterai Tahan Lama

Unsplash/Roberto Sorin

Baterai sekali pakai sering menjadi masalah kesehatan lingkungan. Pasalnya, produk baterai sekali pakai ini menjadi sumber pencemaran lingkungan yang beracun. Sedangkan untuk baterai yang dapat diisi ulang lebih ramah lingkungan dan tidak perlu terlalu sering membeli baterai.

Untuk harga baterai isi ulang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan baterai sekali pakai. Bagi Sedulur yang sedang membutuhkan rekomendasi merek baterai yang tahan lama, dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap. Tentunya akan membantu kamu dalam memilih baterai terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

1. ABC Alkaline LR6/AA

Unsplash/Brett Jordan

Merek baterai yang tahan lama dan populer di Indonesia ini memang menghadirkan berbagai solusi dan kualitas untuk kebutuhan baterai Sedulur. Produk baterai ABC Alkaline LR6 atau sering disebut baterai AA ini memiliki tegangan nominal 1.5 volt dengan dimensi baterainya adalah berdiameter 13.7 hingga 14.5 milimeter.

Produk baterai AA ini dapat kamu pergunakan untuk mainan, kalkulator, jam dinding, remote control, mouse, radio, pointer, kamera digital, lampu portabel dan audio digital. Cukup banyak yang alat elektronik yang membutuhkan daya listrik dan bisa disuplai menggunakan baterai AA ini.

Tentu yang dikenal dari produk Alkaline ini adalah kemampuannya dengan daya yang lebih besar sehingga cukup awet otomatis kamu akan lebih hemat pengeluaran. Baterai Alkaline AA ini lebih awet jika dibandingkan dengan jenis zinc carbon. Selain itu produk ini tidak mengandung merkuri dan kadmium di dalam kandungannya

2. Energizer E96 Alkaline

Energizer sudah lama dikenal sebagai salah satu merek baterai terbaik dan memproduksi berbagai jenis baterai yang tahan lama. Produk baterai Alkaline dari Energizer dengan seri E96 ini memiliki cell size A4 (AAAA), sangat berbeda dibandingkan dengan produk baterai kecil pada umumnya yang biasanya berukuran A2 (AA) atau A3 (AAA).

Berkat ukurannya yang mini, baterai ini cocok digunakan ke perangkat-perangkat yang umumnya digunakan dalam keadaan standby, seperti jam dinding. Dengan teknologi powerseal, baterai ini mampu menyimpan daya listrik yang besar dan dialirkan ke perangkat elektronik dengan efisien, sehingga relatif kuat untuk waktu lama.

Selain itu, baterai ini juga ramah lingkungan karena tidak mengandung mercury.

3. Energizer Max 9V

Selain seri A, C, dan D, standard ukuran baterai yang paling umum ditemukan di pasaran lainnya adalah ukuran 9 volt. Berbeda dengan saudara-saudaranya yang biasanya berbentuk silinder dan memiliki kutub positif di bagian atas terpisah dari kutub negatif di bagian bawah.

Baterai jenis ini berbentuk kotak dan memiliki kutub positif dan negatif di bagian atas di sisi kiri dan kanannya. Baterai kotak buatan Energizer ini merupakan jenis alkaline, sehingga lebih lama daya tahannya.

Terdapat teknologi powerseal yang diaplikasikan, memperkecil risiko baterai bocor dan menggembung. Masa hidup baterai jika tak digunakan pun tergolong lama, mencapai 5 tahun. Tegangan yang dihasilkan 9 volt, cukup umum digunakan untuk perangkat elektronik sekarang.

4. Fujitsu AA Rechargeable Battery White

Untuk kamu yang membutuhkan baterai isi ulang dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, sepertinya baterai berwarna putih dari Fujitsu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Produk berteknologi Jepang ini berukuran AA dan memiliki kapasitas 1900 mAh.

Daya tahannya sendiri juga mengagumkan. Fujitsu mengklaim baterai ini dapat diisi ulang hingga 2100 kali tanpa cela. Bahan yang digunakan pun ramah lingkungan, sehingga tidak menimbulkan efek limbah kimia yang mengganggu.

Baterai ini biasa dipakai untuk perangkat elektronik kecil, seperti MP3 Player atau mouse wireless. Meski begitu, satu-satunya kekurangan baterai ini adalah harga jualnya yang lebih mahal dibandingkan dengan baterai isi ulang sejenis. Meskipun sebetulnya harga itu sebanding dengan kualitas dan daya tahannya.

5. Dynamax Ni-CD Rechargeable Battery

Meskipun lebih efisien untuk penggunaan jangka lama, baterai isi ulang kadang-kadang juga menjengkelkan, karena butuh waktu untuk mengisi dayanya. Ada waktu di antara baterai habis dan baterai terisi penuh, dan saat itu pula peralatan yang menggantungkan hidupnya pada baterai itu tidak akan bisa dipakai.

Nah, baterai Dynamax Ni-CD ini tidak termasuk golongan baterai yang menjengkelkan itu karena waktu recharging-nya yang cepat. Baterai ukuran AA ini akrab digunakan oleh mereka yang gemar bermain mini 4WD atau yang akrab disebut tamiya.

Tegangan yang dimilikinya 1,2 volt dan berkapasitas 1000 mAh. Daya tahannya juga kuat, sanggup hingga 500 kali pengisian. Pengisiannya pun cenderung cepat, sehingga tidak memakan banyak waktumu. Semua itu berkat bahan dasarnya, yakni nikel-metal hidrida.

6. Enelong Ni-MH Battery 900 mAh

Buat kamu yang mencari baterai berkualitas tinggi tetapi harganya sangat terjangkau, mungkin bisa melirik produk yang satu ini. Baterai ukuran A3 Ni-MH dari Enelong ini memenuhi kedua persyaratan tersebut. Kapasitasnya mungkin hanya 900 mAh, tetapi generasi baru baterai isi ulang Enelong ini memiliki beberapa keunggulan fitur. 

Selain masuk kategori high quality dan durable battery, karena terbuat dari bahan kualitas tinggi, dia juga memiliki konsumsi sangat rendah dan penyimpanan daya panjang. Sedangkan untuk kinerjanya, baterai ini memiliki kepadatan yang tinggi dan sel dalam murni tinggi yang menjamin siklus pengisian berulang kali.

Tak hanya itu saja, dengan fitur tersebut, maka dapat memperpanjang usia baterai. Baterai ini nyaman dipakai seperti Alkaline dan dapat terus bekerja pada perangkat elektronik.

7. GP ReCyko Rechargeable D 2200

Meskipun pada umumnya baterai ukuran standar yang bisa diisi ulang adalah baterai dari tipe AA dan AAA, tetapi tidak hanya baterai kecil saja yang dapat diisi ulang. Baterai dengan standar ukuran besar seperti ukuran D sekalipun memiliki versi isi ulangnya.

Salah satunya adalah produk dari GP ini. Memiliki ukuran yang besar dan kapasitas yang besar pula, yakni hingga 2200 mAh. Kelebihan lain dari baterai ini adalah masa hidupnya yang bertahan hingga 6 tahun dan pengisiannya mencapai 1000 kali.

Bahan yang digunakan adalah Nickel Metal Hydride Chemistry yang menghasilkan kapasitas tenaga lebih banyak dengan tegangan 1,2 volt. Maka dari itu, baterai ini juga termasuk jenis yang “green” atau bisa disebut lebih ramah lingkungan.

8. Panasonic CR2016

Walaupun disebut sebagai baterai dengan ukuran paling umum, baterai seri A, C dan D tidak selalu kompatibel dengan semua peralatan. Apalagi jika peralatan tersebut memiliki ukuran lebih kecil daripada baterai itu sendiri.

Karena itulah ada standar ukuran baterai lainnya, seperti baterai CMOS ini. Salah satu merek baterai CMOS yang bagus adalah Panasonic CR2016.  Baterai dengan bentuk seperti kepingan uang logam ini umumnya digunakan untuk jam tangan atau mainan anak yang kecil, seperti gamebot, atau bisa juga perangkat kesehatan.

Meski ukurannya kecil dan pipih, tenaga yang dimilikinya begitu besar. Rata-rata jangka hidup baterai paling awet bertegangan tiga volt ini adalah sekitar 3 sampai 5 tahun.

9. Lipo 720 mAh

Salah satu kekurangan baterai umum adalah masalah standar daya dan tegangan. Untuk mendapatkan daya atau tegangan yang lebih besar dari standar yang tersedia, baterai harus disusun secara seri atau paralel.

Akan tetapi resiko dari metode tersebut adalah jika salah satu baterai lepas dari rangkaian, semisal karena guncangan, maka seluruh fungsi akan berhenti. Karena itulah dibuat paket baterai berdaya besar seperti Lipo 720 ini.

Baterai berbentuk kotak ini diciptakan khusus sebagai sumber tenaga perangkat drone. Ukurannya kecil dan ringan, tetapi menyimpan tenaga cukup besar 720 mAh. Dalam sekali pengisian penuh, suplai tenaga produk ini sanggup untuk menerbangkan drone rata-rata sekitar 30 menit.

Sel baterainya pun tersusun rapat untuk mencegah penggembungan. Produk ini juga dapat diisi ulang, dengan daya tahan hingga ratusan kali pengisian.

10. Ultrafire 18650 Rechargable Battery

Salah satu kekurangan baterai umum lainnya adalah sifatnya yang sekali pakai lalu dibuang. Selain tidak ramah kantong dan tambahan kerepotan untuk keluar membeli baterai baru, dalam jangka panjang baterai-baterai buangan ini juga akan berkontribusi dalam mencemari lingkungan.

Oleh karena itu, meskipun harus merogoh kantong sedikit lebih dalam, banyak orang yang mulai beralih ke tipe baterai isi ulang. Produk yang satu ini adalah baterai yang dapat diisi ulang. Jadi, kamu relatif tak usah berkali-kali membeli yang baru dan membuang yang lama.

Kapasitasnya 4200 mAh dengan masa hidup total baterai mencapai hingga 10 tahun. Biasanya produk ini dipakai untuk senter outdoor jarak jauh yang memerlukan suplai power besar atau juga di vaporizer.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pompa Galon Elektrik Awet dan Terbaik 2023

11. Doublepow 900mAh Rechargeable Battery

merek baterai yang tahan lama
Unsplash/Claudio Schwarz

Tentu kamu sudah tahu, bahwa hampir seluruh jenis baterai dapat mengoperasikan mobil tamiya secara optimal. Namun, jika kamu membutuhkan baterai Tamiya terbaik yang tidak hanya tahan lama dan juga bisa diisi ulang kembali, maka Doublepow 900mAh Rechargeable Battery merupakan baterai AAA rechargable terbaik yang bisa kamu miliki saat ini.

Meskipun hanya memiliki kapasitas daya sebesar 900 mAh, baterai rechargeable terbaik ini mampu beroperasi dalam waktu yang relatif lama. Tidak hanya itu, sebagai baterai rechargable terbaik, produk ini juga dirancang untuk memiliki tingkat keamanan yang baik.

Oleh karena itu, produsen baterai AAA ini juga menyematkan lapisan perlindungan khusus berkualitas tinggi. Lapisan perlindungan khusus dari baterai rechargeable terbaik ini mampu menghindari risiko ledakan atau korsleting akibat suhu baterai yang terlampau tinggi atau overheat, serta mampu meminimalisasi hadirnya arus pendek.

Baterai yang bisa di-charge ini juga dirancang untuk dapat ramah terhadap lingkungan dan juga bebas akan kandungan merkuri. 

12. ABC Dry Cell

ABC juga merupakan salah satu merek yang terkenal di Indonesia, khususnya untuk soal baterai. Kita bisa melihat produk baterai AA maupun baterai AAA ABC dijual di berbagai tempat mulai dari warung kecil sampai supermarket besar. Selain mudah didapatkan, harganya juga sangat terjangkau.

Sumber tenaga jenis dry cell ini memang mudah dijumpai di mana pun berkat kualitasnya yang mumpuni sebagai pemberi tenaga beragam alat elektronik. Produk yang satu ini tersedia dalam berbagai ukuran yang umum seperti AAA, AA, C, D, dan 9V.

Ukuran-ukuran tersebut membuat baterai ini sangat ideal untuk menjadi penyuplai tenaga bagi senter, ataupun barang elektronik kecil lainnya, karena keawetan baterai ini dan daya kerja yang maksimal.

13. Smartoools MicroBatt Size AA Batteries

Produk baterai AA rechargeable ini adalah salah satu produk yang didesain unik  dengan memberi kesan modern. Dengan kemampuan baterai yang dapat diisi ulang sehingga memudahkan kamu yang tidak ingin terlalu sering beli baterai.

Cukup diisi ulang, produk ini dapat digunakan kembali, dengan batas pengecasan hingga 500 kali, tentu akan lebih hemat biaya. Selain itu karena bisa diisi ulang tentu menjadikan produk ini lebih ramah lingkungan karena kamu tidak terlalu sering membuang baterai di tempat sampah.

Produk ini menggunakan baterai NiMH dengan voltase 1.2 volt, dan dilengkapi dengan port micro USB. Proses pengisian ulang baterai ini dari 0 hingga penuh membutuhkan waktu 8.5 jam, masih cukup lama sehingga jika kamu membutuhkan baterai dalam waktu cepat masih kurang efisien.

14. Anker Alkaline AA Batteries

Produk baterai yang dikenal tahan lama dan anti bocor dengan teknologi power lock. Anker memang dikenal sebagai produsen powerbank dan itu tidak lepas dari baterai, oleh sebab itu tidak heran jika produsen ini senantiasa mampu memberi jawaban atas kebutuhan konsumen.

Teknologi power lock merupakan solusi yang baik untuk menjaga bagian dalam baterai tetap tersegel dan kedap udara dan maupun cairan, demi menjaga daya tetap di dalam baterai. Sampai waktu kamu siap menggunakan baterai tersebut, dengan daya simpan yang luar biasa lama yaitu hingga 10 tahun lamanya.

Tentu ini menjadi tidak masalah jika kamu membeli baterai dalam jumlah banyak sekalian demi berjaga-jaga. Seperti halnya produk baterai alkaline AA ini berkapasitas tinggi dengan daya adaptif dan keamanan unggul, dan khusus produk baterai seri ini tidak bisa diisi ulang atau sekali pakai.

Produk dari Anker ini mampu memberi daya pada perangkat kecil seperti remote, selama lebih dari satu tahun atau membuat mainan dan pengontrol mainan lainnya berjalan lebih lama daripada yang dapat dilakukan oleh merek lain. Hal ini dikarenakan baterai Anker Alkaline hanya memberikan daya yang dibutuhkan oleh perangkat kamu, memastikan kompatibilitas universal, dengan kapasitas daya 3200 mAH.

15. Xiaomi ZMI ZI5 Alkaline Batteries AA

Baterai yang didesain khusus dengan lapisan perlindungan baik dengan tujuan untuk menghindari ledakan atau konsleting ketika overheat dan arus pendek. Selain itu kamu tidak perlu khawatir ketika baterai ini digunakan dan telah habis dayanya, tidak berbahaya untuk lingkungan ketika kamu membuangnya karena dipastikan baterai ini sudah teruji bebas merkuri.

Produk baterai dari Xiaomi ini dikenal tahan lama dan dapat digunakan untuk kebutuhan perangkat elektronik kamu yang antara lain adalah senter, kipas portable, dan lain sebagainya. Produk ini juga didesain dengan warna-warna yang eye-catching dengan jenis alkaline yang berdaya cukup besar dengan kisaran kapasitas 2600 mAh.

Warna-warna yang tersedia adalah 10 warna yang berbeda yang akan lebih memudahkan kamu dalam mengenali produk yang sudah terpakai atau belum ketika meletakkan pada wadah penyimpanan baterai yang disertakan ketika membeli produk ini. Dan jika kamu  memiliki baterai ini dan untuk disimpan maka kamu cukup tenang karena kemampuan simpannya tanpa kebocoran bisa bertahan hingga 7 tahun.

Itulah tadi merek baterai yang tahan lama yang bisa menjadi pilihan kamu. Baterai sendiri terdiri dari bahan dasar yang berbeda yang tentu memiliki keunggulan masing-masing.

Baik baterai berbahan dasar alkaline dimana pembuatannya terbuat dari potassium hydroxide yang dikombinasikan dengan zinc dan manganese dioxide (Mn02), dengan daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan jenis lain. Ada juga baterai berbahan dasar zinc carbon, yang dikenal lebih murah dibandingkan produk alkaline. 

Umumnya produk baterai zinc-carbon ini diperuntukkan pada baterai sekali pakai. Untuk baterai lithium, mempunyai umur simpan yang cukup panjang dan tahan kondisi ekstrim sekalipun.

Sedangkan untuk baterai berjenis Ni-MH diaman baterai berbahan dasar ini identik untuk baterai yang dapat diisi ulang, bahkan hingga berkali-kalipun pengisian ulang. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan sudah tidak bingung dalam memilih baterai terbaik serta sesuai dengan kebutuhanmu ya.