Mencari webcam terbaik rasa-rasanya menjadi salah satu aktivitas yang susah-susah gampang. Webcam adalah kependekan dari web camera, salah satu perangkat keras berupa kamera digital yang biasanya disambungkan ke komputer (PC) atau laptop. Apabila komputer (PC) atau laptop Sedulur tidak memiliki kamera yang mumpuni untuk berkegiatan, maka solusinya adalah menambahkan webcam agar gambar terlihat jelas, jernih, dan juga memiliki mikrofon yang bagus.

Ya, webcam terbaik memang menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki bagi Sedulur yang sering mengoperasikan komputer (PC) atau laptop. Terlebih lagi pasca pandemi COVID-19 ini, dimana hampir semua rapat dan komunikasi lain memanfaatkan online meeting. Pastinya Sedulur tidak ingin terlihat buram di layar dengan suara yang putus-putus pada online meeting, kan?

Jadi, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk mencari webcam terbaik yang ada di pasaran. Berbagai jenis produsen perangkat keras teknologi sudah menciptakan varian produk webcam-nya sendiri. Kesemuanya sangat bervariasi, mulai dari besar resolusi, bentuk, serta fitur-fitur lainnya.

Maka dari itu, tidak jarang yang menganggap mencari webcam terbaik di pasaran begitu tricky karena saking banyaknya pilihan yang ada. Akan tetapi, jangan khawatir terlebih dahulu, Sedulur! Pada kesempatan ini, akan kita bahas 12 rekomendasi webcam paling mutakhir dan paling baru di tahun ini! Mulai dari merek Logitech, Razer, AVerMedia, Microsoft, dan lain sebagainya. Yuk, simak ulasan singkatnya di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Beserta Resepnya

Rekomendasi webcam terbaik dan terbaru tahun ini

Depositphotos

Sudah penasaran dengan rekomendasi webcam terbaik apa saja yang paling laku di tahun ini? Yuk, langsung simak daftarnya berikut ini!

BACA JUGA: Apa Arti Love Language Quality Time? Ini Pengertian & Caranya

1. Logitech C920 HD Pro Webcam

Logitech

Rekomendasi webcam terbaik yang pertama datang dari merek Logitech. Logitech C920 HD Pro Webcam menawarkan kamera yang dapat beradaptasi dengan pencahayaan lingkungan sekitar Sedulur. Walaupun berada di ruang gelap, tetapi hasil gambar yang dihasilkan tetap terlihat jelas dengan minim gangguan.

Mikrofon yang hadir bersama webcam ini juga dapat menjadikan suara Sedulur sangat jelas. Resolusinya 1080p, dengan frame rate 30 FPS. Apakah Sedulur tertarik?

2. Logitech C922 Pro HD Stream Webcam

Logitech

Logitech juga mengeluarkan saudara dari seri C920 HD Pro Webcam, yaitu Logitech C922 Pro HD Stream Webcam. Kemampuan yang dimiliki oleh webcam ini sebenarnya sangat mirip dengan saudaranya. 

Akan tetapi, Logitech C922 Pro HD Stream Webcam membawa teknologi frame rate yang lebih tinggi, yaitu 60 FPS pada resolusi 720p. Gambar yang dihasilkan sudah jelas akan sangat memanjakan mata. Selain itu, terdapat juga fitur background removal yang dapat mengaburkan latar belakang Sedulur, bahkan bekerja tanpa green screen.

3. Logitech Brio Ultra HD Pro Business Webcam

Logitech

Mencari webcam terbaik dengan lebih banyak fitur daripada webcam konvensional biasanya? Coba pilih Logitech Brio Ultra HD Pro Business Webcam! Seri dari Logitech ini diklaim dapat menghasilkan gambar yang nyaris setara dengan kualitas kamera DSLR.

Resolusinya mencapai 4K dengan frame rate hingga 90 FPS pada resolusi 720p. Dengan resolusi sebesar ini, tak hanya video call atau live streaming, produksi video pun bisa!

Menariknya lagi, FOV webcam terbaik ini dapat diubah ke dalam tiga tingkatan, yakni 65, 78, dan 90 derajat. Fitur ini membebaskan Sedulur untuk menentukan luas angle tanpa perlu melakukan zoom digital. Tentunya harga yang perlu dirogoh untuk membeli webcam ini lebih mahal daripada dua seri webcam Logitech sebelumnya, ya. Jadi, apakah Sedulur tertarik?

4. Razer Kiyo

Razer

Razer Kiyo merupakan salah satu produk webcam mumpuni yang ada di pasaran. Resolusinya ada di 1080p, dengan frame rate hingga 60 FPS. Di sisi lain, webcam terbaik ini memiliki fitur unggulan tersendiri yang tidak ada di webcam lainnya, yaitu ring light bawaan yang menjadi bezel di sekeliling lensa. Berkat fitur ini, kualitas video tetap maksimal sekalipun Sedulur tak memiliki sumber pencahayaan yang memadai.

5. Razer Kiyo Pro

Razer

Razer Kiyo Pro termasuk ke dalam salah satu webcam premium yang paling laris di pasaran. Resolusinya 1080p, frame rate hingga 60 FPS. Webcam ini juga menjadi pilihan terbaik apabila Sedulur membutuhkan kamera yang mampu menangkap momen dengan banyak objek.

Dengan badan yang kokoh dan besar dilengkapi lapisan Gorilla Glass 3, Sedulur tidak perlu lagi khawatir apabila ia tidak sengaja terjatuh. Penutup lensa sebagai sarana melindungi privasi Sedulur juga ada, loh!

6. AVerMedia Live Streamer CAM PW513

AVerMedia

Beberapa di antara kita banyak yang khawatir tentang masalah privasi webcam. Jika Sedulur adalah salah satunya, maka mungkin AVerMedia Live Streamer CAM PW513 adalah pilihan yang sangat tepat.

AVerMedia Live Streamer CAM PW513 memiliki penutup lensa yang terpasang di sebelahnya. Selain itu, badan kamera yang besar dan kokoh sangat memberikan kesan serius. Ia mendukung frame rate hingga 60 FPS pada resolusi 1080p. Akurasi kamera akan objek dan ruangan yang gelap sangat baik, sehingga hasil gambarnya sangat memukau. 

Selain itu, Sedulur tidak perlu khawatir kamera akan menghasilkan gambar terlalu putih atau terlalu hitam, warna kulit Sedulur tetap akan terlihat sangat normal.

BACA JUGA: Proses Pembuatan Susu UHT dari Nutrisi Hingga Manfaatnya

7. Ausdom AW635

webcam terbaik
Ausdom

Apabila Sedulur menghendaki webcam dengan harga yang sangat terjangkau, Ausdom AW635 dapat menjadi alternatif pilihan Sedulur. Resolusi dari kamera ini cukup mumpuni, 1080p tidak ketinggalan dari produsen webcam lainnya. Ausdom juga memanjakan pelanggannya dengan memberikan fitur automatic light correction untuk memperbaiki hasil gambar dalam cahaya minim. Selain itu, mikrofon yang datang bersama dengan kamera ini dilengkapi oleh teknologi noise reduction yang mumpuni.

8. Microsoft LifeCam Studio for Business

webcam terbaik
Microsoft

Microsoft LifeCam Studio for Business merupakan sebuah perangkat kamera rilisan 2011 oleh perusahaan Microsoft. Walaupun telah lama dirilis, tetapi kemampuan kamera ini tidak kalah dengan webcam lainnya, loh!

Spesifikasinya serupa dengan webcam lain di kelas harga yang sama. Beresolusi 1080p, frame rate 30 FPS, dan dilengkapi teknologi autofocus. Keunggulan dari Microsoft LifeCam Studio for Business terletak pada teknologi TrueColor yang berfungsi mengatur eksposur secara otomatis untuk menghasilkan gambar dengan warna cerah dan natural.

9. NYK Nemesis A90 Everest

webcam terbaik
NYK

NYK Nemesis A90 Everest adalah opsi lain bagi Sedulur yang ingin membeli webcam resolusi 1080p dengan harga yang murah meriah. Walaupun begitu, jangan khawatir akan kualitas webcam NYK Nemesis A90 Everest. Kualitasnya cukup baik dengan auto exposure white balance yang bisa diandalkan.

Menariknya, webcam terbaik NYK Nemesis A90 Everest ini sudah memakai lensa dari kaca. Hasil gambar akan lebih tajam dan jelas dari produk lain di kelasnya yang umumnya memakai lensa plastik. Apakah ini webcam impian Sedulur?

10. NYK Nemesis A95 Albatros

webcam terbaik
NYK

Jika merasa kurang mantap dengan NYK Nemesis A90 Everest, Sedulur dapat memilih saudaranya yaitu NYK Nemesis A95 Albatros. NYK Nemesis A95 Albatros menawarkan beberapa peningkatan dengan selisih harga yang tak terlalu jauh. Salah satunya resolusi yang ditingkatkan menjadi 2K. Di samping itu, terdapat penutup lensa untuk melindungi privasi Sedulur. Gambar jelas, resolusi tinggi, beserta perlindungan privasi mumpuni? Siapa yang tidak tertarik!

11. Logitech B525

webcam terbaik
Logitech

Rekomendasi berikut masih datang dari Logitech. Seri Logitech B525 merupakan webcam terbaik yang dapat diandalkan. Desain menarik, ringkas, beserta resolusi 1080p dengan frame rate 30 FPS.

12. A4Tech PK-836F

webcam terbaik
A4Tech

A4Tech PK-836F adalah salah satu webcam portable favorit banyak orang. Pemasangannya juga tidak sulit, tentu akan sangat memudahkan Sedulur.

BACA JUGA: 10 Makanan Burung Hantu Sesuai Jenisnya yang Mudah Didapat

Tips memilih webcam terbaik

webcam terbaik
Depositphotos

Setelah menyimak beberapa rekomendasi webcam terbaik di atas, mungkin Sedulur akan bertanya-tanya webcam mana yang seharusnya Sedulur pilih. Di tengah banyaknya produk webcam yang dijual luas, mungkin tips berikut ini dapat menjadi pertimbangan yang sempurna bagi Sedulur yang kebingungan pada saat berbelanja webcam. Apa saja tips-tips tersebut? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

1. Pilih webcam dengan resolusi minimal 720p

Tips yang pertama adalah memilih webcam dengan resolusi minimal 720p atau 720 pixel. Ya, setiap webcam pastinya memiliki ukuran resolusinya masing-masing. Semakin besar resolusi sebuah webcam, maka semakin bagus dan mahal pula harganya.

Jumlah pixel biasanya akan diukur dalam hitungan dimensi horizontal dan vertikal (width x height). Jadi, jangan bingung, ya apabila di kemasan produk webcam tertera tulisan 1280x720p. Maka, ia dapat disingkat dengan sebutan 720 pixel.

Resolusi minimal agar gambar dari webcam terlihat jelas adalah 720 pixel tersebut. Apabila di bawah itu, dikhawatirkan kualitas gambar yang dihasilkan tidak maksimal. Lebih lanjut lagi, jika Sedulur memiliki kocek lebih, coba pilih webcam dengan resolusi yang lebih tinggi, seperti 1080p atau 4K yang dapat menghasilkan gambar super jelas.

2. Perhatikan frame rate

Ketika mencari webcam terbaik, usahakan juga untuk memperhatikan frame rate yang dihasilkan oleh perangkat tersebut. Frame rate dalam hal ini menunjukan seberapa banyak jumlah frame yang dapat ditangkap oleh perangkat tiap detiknya. Di era sekarang, biasanya webcam akan memiliki kemampuan sekitar 30 FPS (frame rate per second). Kebanyakan video yang beredar di internet juga biasanya memiliki frame rate tersebut.

Tetapi, perlu diingat bahwa perangkat dengan frame rate yang tinggi biasanya akan memakan lebih banyak data di internet. Jadi, pertimbangkan kembali ketika sedang memilih-milih webcam mengenai frame rate-nya, ya!

3. Sesuaikan field of view dengan luas viewing angle

Pernahkah Sedulur mendengar istilah field of view atau viewing angle? Field of view (FOV) adalah istilah teknologi yang merujuk pada luas bidang pandang yang mampu ditangkap oleh sebuah kamera. Semakin besar jumlah derajat pada FOV, maka semakin besar pula luas pandang (viewing angle) yang dapat ditangkap oleh sebuah kamera.

Penasaran bagaimana cara memilih webcam dengan FOV sesuai kebutuhan? Simak poin-poin di bawah ini.

  • Apabila Sedulur membutuhkan viewing angle untuk seorang diri saja, maka pilih FOV yang kecil, mulai dari 60 derajat hingga 78 derajat.
  • Apabila Sedulur membutuhkan viewing angle untuk dua orang, maka pilih FOV yang ukuran sedang, mulai dari 78 derajat hingga 90 derajat.
  • Apabila Sedulur membutuhkan viewing angle untuk menampilkan banyak objek dalam satu tangkapan kamera, maka pilih FOV yang besar, mulai dari 90 derajat ke atas.

4. Autofocus atau fixed focus?

Pertimbangan lainnya yang perlu Sedulur lakukan dalam memilih webcam terbaik adalah menimbang antara webcam dengan kemampuan autofocus atau fixed focus. Sudah tahu apa perbedaan autofocus dengan fixed focus?

  • Autofocus berarti lensa bisa mengatur fokus secara otomatis sesuai jarak diri Sedulur dari kamera. Ketika Sedulur berpindah tempat, webcam akan kembali menyesuaikan fokus secara otomatis agar penampakan diri Sedulur selalu jelas.
  • Fixed focus artinya fokus lensa webcam perlu disetel secara manual untuk fokus pada diri Sedulur. Alhasil, ketika Sedulur berpindah tempat, fokusnya harus disesuaikan lagi.

Biasanya, webcam dengan kemampuan autofocus akan sedikit lebih mahal ketimbang webcam dengan fixed focus. Maka dari itu, buat pertimbangan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Sedulur, ya!

5. Pastikan komputer (PC) atau laptop memiliki spesifikasi yang cocok

Satu hal yang terkadang lupa dari perhatian Sedulur ketika memilih webcam terbaik adalah spesifikasi dari komputer (PC) atau laptop yang dimiliki. Tidak semua webcam yang paling mutakhir mampu digunakan pada perangkat lama. Ada baiknya sebelum Sedulur membeli webcam, pastikan dulu Sedulur sudah memahami spesifikasi komputer (PC) atau laptop yang dimiliki untuk menghindari error pada saat pemasangan webcam.

6. Fitur tambahan webcam yang mungkin perlu Sedulur timbangkan

Apabila Sedulur sudah menentukan webcam favorit yang akan menjadi pilihan, mungkin Sedulur masih ingin sekali lagi mempertimbangkan fitur-fitur tambahan agar tampilan gambar dan suara pada saat online meeting lebih mantap lagi. Kira-kira apa saja fitur-fitur tambahan yang biasanya ada di dalam sebuah webcam terbaik? Berikut ini adalah daftarnya.

  • HDR (High Dynamic Range), untuk membuat warna video lebih hidup dan akurat.
  • Integrasi dengan Windows Hello, supaya Sedulur dapat masuk ke komputer lewat deteksi wajah.
  • Noise cancellation, jika Sedulur menggunakan mikrofon internal dari perangkat webcam. Sehingga tidak perlu menjalankan program noise cancellation tambahan dari komputer (PC) atau laptop.
  • Auto light correction, agar kamera beradaptasi dengan kondisi pencahayaan ruangan sekitar Sedulur secara otomatis.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat webcam terbaik dan terbaru di tahun ini. Webcam adalah piranti yang rasa-rasanya wajib dimiliki oleh Sedulur yang kesehariannya berkutat dengan komputer (PC) atau laptop. Perangkat tersebut akan membantu online meeting Sedulur agar lebih maksimal lagi, mulai dari kualitas gambar kamera yang ditampilkan dan kualitas mikrofon untuk merekam suara.

Beberapa rekomendasi di atas berasal dari merek-merek produsen perangkat teknologi kenamaan dunia, mulai dari Logitech, Razer, Microsoft, NYK Nemesis, sera A4Tech. Informasi di atas juga mencakup beberapa tips untuk memilih webcam terbaik agar senantiasa awet, mulai dari mencari resolusi yang tepat, memperhatikan frame rate-nya, autofocus atau fixed focus, serta memastikan komputer (PC) atau laptop memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.