merek cream cheese

Sedulur yang suka membuat roti, tentu sudah tidak asing dengan bahan bernama cream cheese. Bahan ini merupakan nama lain dari krim keju yang cukup sering digunakan untuk membuat kue kering maupun cake. Namun, agar makanan yang dibuat memiliki rasa lezat, merek cream cheese yang dipilih ternyata cukup berpengaruh besar.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba membuat makanan menggunakan cream cheese tapi bingung memilih produk mana yang bagus dan nggak bikin enek. Kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi merek cream cheese yang lezat tapi juga tidak bikin enek lho. Penasaran apa saja produknya? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Keju untuk MPASI yang Aman & Bergizi

Mengenal Cream Cheese

Pexels/Roman Odintsov

Cream cheese merupakan keju muda yang belum difermentasi. Produk ini juga menjadi hasil olahan susu yang cukup terkenal di Amerika, dimana karakter tekstur yang lunak dan lembut, warnanya putih mirip tofu serta rasanya yang asam lembut.

Krim keju ini sendiri juga cukup populer dikalangan para pembuat roti karena menjadi bahan utama dalam pembuatan cheese cake baik yang dipanggang atau yang didinginkan. Jika Sedulur ingin menggunakannya, maka wajib untuk selalu mengeluarkan keju krim dari lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit sebelum penggunaan. Hal ini dilakukan supaya cream cheese melunak dan lebih mudah digunakan.

Produk olahan susu murni ini sangat mudah ditemukan, tak hanya di toko roti, Sedulur juga bisa mendapatkannya di toko kelontong atau warung di sekitar rumah. Umumnya produk cream cheese akan dijual dalam bentuk kemasan kertas alumunium atau wadah mangkuk plastik.

Jenis krim keju yang dijual juga memiliki ukuran yang hampir seragam, yaitu sekitar 250 gram untuk per cup. Dimana jika dilihat dari bentuk produknya, maka Sedulur bisa menemukan dua jenis yaitu spreadable cream cheese yang mengandung lemak 65 persen dan jenis jenama yang mengandung lemak 45 persen. Jenis terakhir yang paling sering digunakan untuk membuat roti dan beberapa cake.

Umumnya banyak orang menyangka bahwa cream cheese yang mempunyai rasa yang gurih ini juga mempunyai kesamaan dengan keju, padahal bentuk keju lebih padat dan cream cheese lebih lembut. Oleh karena itu cream cheese lebih mudah rusak dan basi, maka sebaiknya Sedulur harus menyimpannya dengan teliti agar bisa tahan lama.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merek Keju Mozzarella Terbaik, Enak,dan Lumer

Cara Memilih Produk Krim Keju

merek cream cheese
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Tak hanya bisa dipakai untuk kue, cream cheese juga bisa dipakai ke makanan seperti salad maupun minuman lainnya. Sifatnya menambah cita rasa, maka pilihlah cream cheese yang benar agar tak merusak rasa makanan Sedulur. Nah, berikut ini tips memilih cream cheese yang tepat.

  • Teksturnya padat

Salah satu cream cheese yang enak memang punya tekstur lembut sehingga dapat dengan mudah dibentuk menjadi berbagai tampilan. Namun, tak seharusnya Sedulur memilih tekstur cream cheese yang lembek.

Sebaliknya, cream cheese terbaik yaitu punya tekstur kokoh hingga padat. Tekstur lembek menandakan kandungan air di dalamnya cukup tinggi. Dalam keadaan demikian untuk menjaga teksturnya, Sedulur bisa mendiamkannya di lemari pendingin beberapa saat.

  • Perhatikan merek

Umumnya masyarakat memilih merek cream cheese terbaik hanya melihat dari harga yang murah. Apakah hal ini benar? Tentu kurang tepat, karena Sedulur juga harus memperhatikan merk. Meski terdengar terlalu berpihak ke salah satu merk, tapi hal ini akan membantu dalam mendapatkan produk berkualitas.

Keju berkualitas tak hanya dimiliki brand yang impor produk dari luar negeri karena brand lokal pun juga ada yang bagus. Biasanya orang memilih merek yang sudah terkenal dan percaya kualitasnya pasti bagus.

Namun, merek yang masih belum terkenal bukan berarti tidak bagus. Sebelum membeli memang harus melakukan berbagai pertimbangan dan cobalah mencari tahu informasi sebanyak mungkin.

  • Cek varian rasa cream cheese

Hal yang mungkin sering terlupa oleh kebanyakan orang yaitu banyaknya variasi rasa yang terdapat dalam cream cheese. Tambahan rasa yang beragam akan mengubah rasa asli cream cheese.

Ada banyak variasi rasa yang bisa dipilih seperti rasa kacang, rasa buah, rasa rempah-rempah dan sebagainya. Sedulur bisa memilih rasa yang paling sesuai untuk olahan makanan yang akan dibuat.

  • Pastikan kegunaannya

Setiap merek cream cheese terbaik memiliki tekstur yang berbeda-beda. Tekstur ini akan berkaitan dengan kegunaan produk tersebut. Sebaiknya Sedulur menyesuaikan kegunaan dengan tekstur yang memungkinkan untuk ditambahkan dalam makanan yang akan dibuat.

Misalnya untuk olesan makanan, Sedulur butuh cream cheese dengan tekstur yang lunak dan mudah dioles. Sebaliknya, jika butuh untuk topping, maka Sedulur bisa pilih yang bertekstur padat.

  • Selalu pilih natural cheese atau processed cheese

Cream cheese terbuat dari dua jenis bahan, yaitu natural cheese (keju alami) dan processed cheese (keju hasil olahan). Lantas, apa perbedaan dari kedua jenis keju tersebut?

Natural cheese merupakan hasil fermentasi susu yang punya kultur bakteri hidup, yaitu bakteri asam laktat. Keberadaan bakteri ini berpengaruh terhadap pembentukan rasa keju. Seiring dengan proses pematangan keju, rasa keju terus berubah. Jika Sedulur menginginkan cream cheese yang enak dan alami, pilihlah yang terbuat dari keju segar.

Sedangkan Processed cheese merupakan produk fermentasi susu. Pembuatan keju ini melibatkan proses pemanasan untuk menghentikan proses fermentasi. Sehingga cream cheese cita rasanya dari processed cheese tidak gampang berubah. Cream cheese yang bagus berbahan processed cheese ini lebih tahan lama saat disimpan.

BACA JUGA: Resep Saus Keju yang Simple, Enak, dan Creamy!

Rekomendasi Cream Cheese

Unsplash/Maude Frederique

Setelah mengetahui cara memilih cream cheese yang enak dengan benar. Berikut ini beberapa rekomendasi produk cream cheese yang bisa Sedulur pilih.

1. Elle & Vire Cream Cheese

Merk cream cheese terbaik pertama dan sangat mudah ditemukan di supermarket adalah Elle & Vira. Tak hanya terkenal, biasanya produk ini memiliki rak khusus sehingga Sedulur bisa dengan mudah sekali menemukannya. Produk cream cheese ini ternyata berasal dari Prancis. Kegunaannya sebagai olesan roti maupun cake.

Bahan-bahan pembuatnya berkualitas sehingga punya kandungan nutrisi yang tinggi. Tenang, produk ini tidak akan mengubah rasa makanan jika dipakai sebagai campuran. Sedulur pun bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan karena Elle & Vire punya beberapa jenis ukuran kemasan.

2. Cheesy Cream Cheese

Cheesy Cream Cheese mengandung lemak susu sebesar 30%. Angka ini termasuk lebih besar dibandingkan cream cheese umumnya. Untuk itu, cream keju ini bisa menjadi alternatif olahan makanan untuk menaikkan bobot tubuh.

Krim keju ini juga kaya akan kandungan protein, vitamin A, B, dan D, serta kalsium yang baik untuk tubuh. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsi produk ini secara berlebihan, ya! Silakan imbangi dengan makanan lainnya agar asupan gizi seimbang dan berat badan ideal Sedulur dapat tercapai. 

3. Kiri Spreadable Creamy Cheese

Salah satu merek cream cheese yang ada di Indonesia ini pun tak kalah jika diadu dengan merek cream cheese yang lainnya. Produk dari Kiki Cream Cheese bisa dipilih untuk membuat berbagai jenis makanan atau olesan roti.

Teksturnya yang creamy sangat cocok dijadikan topping makanan. Tak hanya itu, ternyata Kiri juga bisa dimanfaatkan sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Jumlah gizi yang cukup tinggi di dalam produk ini bisa membantu memenuhi nutrisi anak, sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal.

Kelebihan Kiri Cream Cheese yang jarang diketahui yakni memiliki kandungan gizi tinggi, bisa sebagai MPASI, dan memiliki tekstur lembut jika dibandingkan dengan merek cream cheese enak lainnya di luaran sana.

4. Puck Cream Cheese Spread

Puck Cream Cheese Spread menawarkan kelezatan yang tak tertandingi dalam setiap sendoknya. Dibuat dari susu sapi segar berkualitas tinggi, keju ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya. Dengan rasa yang lembut dan gurih, krim keju ini dapat menambahkan sentuhan mewah pada roti panggang pagi Sedulur. 

Produk ini kami rekomendasikan jika Sedulur mencari alternatif sehat untuk selai atau sekadar ingin menambahkan variasi pada menu sehari-hari. Nikmati Puck Cream Cheese Spread dan rasakan bedanya!

5. Anchor Cream Cheese

Merk yang berasal dari New Zealand ini sangat familiar di kalangan pecinta kuliner. Bahkan toko online maupun offline hampir semua menjual merek cream cheese terbaik Anchor. Tak hanya dikenal dengan kualitas produk dairy yang diakui kualitasnya di berbagai negara, Anchor sekarang terkenal sebagai brand cream cheese yang viral.

Sedulur bisa menemukannya dalam kemasan 1 kg hingga 20 kg. Buat pemilik bisnis makanan, produk ini sangat cocok untuk dijadikan bahan baku. Namun tenang, kalau Sedulur tidak membutuhkan cream cheese sebanyak itu, terdapat juga banyak produk repack mulai dari 100 gram. Krim keju ini dapat dimasak dalam suhu panas maupun dingin.

6. Royal Victoria Cream Cheese

Produk ini kami rekomendasikan untuk Sedulur pecinta cream cheese dengan tekstur super lembut dan creamy. Royal Victoria Cream Cheese menggunakan susu sapi segar dari peternakan sapi di Australia yang menghasilkan krim keju bertekstur creamy dan lezat.

Berkat teksturnya tersebut, produk ini cocok dijadikan sebagai campuran berbagai bahan makanan, baik untuk dessert bercita rasa manis maupun asin.

7. Meg Cheese Processed Cream Cheese

Krim keju yang satu ini tidak membutuhkan chiller atau pendingin lain untuk membuatnya tetap fresh. Meski disimpan di suhu ruangan, tekstur dan rasa dari Meg Cheese tidak mudah berubah. Selain itu, bentuknya yang berupa spread serta rasanya yang plain membuat krim keju ini terasa pas untuk olesan.

Sedulur pun tidak perlu melelehkan krim keju yang baru dikeluarkan dari kulkas terlebih dahulu jika ingin menjadikannya olesan roti atau bagel. Apabila Sedulur mencari krim keju untuk dijadikan stok olesan atau cocolan, pertimbangkanlah produk ini.

8. Calf Cream Cheese

Kelezatan cream cheese bisa Sedulur nikmati dalam Calf Cream Cheese yang tahan lama dan tak harus menyimpannya dalam lemari pendingin. Meski diletakkan di suhu ruangan, produk ini tetap terjaga kualitasnya.

Rasa natural yang dimiliki merek cream cheese terbaik ini tak mengubah rasa makanan yang ingin dibuat. Sangat cocok digunakan sebagai olesan roti maupun pendamping makanan lainnya. Selain itu, untuk bahan pembuat kue, Calf Cream Cheese juga bisa diandalkan.

Calf  Processed Cream Cheese juga cocok untuk dioleskan pada makanan yang dipanggang. Perbedaan Calf Cream Cheese dengan produk lain yakni tidak cepat rusak sehingga Sedulur bisa menggunakannya dalam beberapa kali. Hal ini juga bisa menghemat biaya serta bagi Sedulur yang belum memiliki lemari es menjadi lebih praktis.

9. Almarai Cream Cheese Spread

Almarai Cream Cheese Spread merupakan pilihan sempurna untuk menambahkan kelezatan pada setiap hidangan. Dengan tekstur lembut dan rasa yang kaya, keju krim ini membantu memberikan sentuhan mewah pada menu hidangan Sedulur. Produk ini cocok untuk dipadukan dengan roti, biskuit, atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai resep.

Jika Sedulur sedang mencari tambahan rasa yang lezat dan kaya pada makanan, jatuhkan saja pilihan pada produk ini. Sedulur bisa menikmatinya baik untuk sarapan sehat, camilan siang hari, maupun makan malam yang elegan. Nikmati kelezatan dan kenyamanan dengan Almarai Cream Cheese Spread!

10. Arla Natural Cream Cheese

Merk cream cheese yang senak selanjutnya adalah Arla. Kelebihan cream cheese ini yaitu bisa dimakan langsung atau dimasak terlebih dulu. Produk ini punya tekstur yang cukup padat dan rasanya tak kalah dengan merek lainnya.

Meski terlihat terlalu creamy, cream cheese yang satu ini tak akan meleleh langsung ketika dimasak. Sedulur butuh suhu tinggi untuk mengubahnya menjadi lebih kental.

Selain itu, Arla Cream Cheese tak mengandung perasa tambahan sehingga tak akan mengubah rasa makanan yang dibuat. Jika Sedulur butuh mengoles makanan atau isi dari roti, maka Arla pilihan yang tepat. Menariknya, Sedulur juga bisa memakainya untuk tambahan salad atau penghias kue.

11. Yummy Cream Cheese Neufchatel

Yummy Cream Cheese Neufchatel adalah pilihan tepat untuk Sedulur yang gemar membuat baked atau no-bake cheesecake. Berkat intensitas rasa yang lebih pekat, setiap gigitan cheese cake atau cheese tart Sedulur pun akan terasa memuaskan. Dengan krim yang lezat, momen bersantai sambil menyantap kue keju pun akan makin asyik!

12. Tatura Neufchatel Cream Cheese

Salah satu merek cream cheese terbaik yang digemari banyak orang yaitu Tatura Cream Cheese. Produk ini punya tekstur yang sangat creamy sehingga bisa membuat kue lebih lembut dan ketika dimakan bisa meleleh di mulut. Hal ini dikarenakan bahan yang dipakai sangat berkualitas.

Cream cheese ini diproduksi di Australia dari susu peternakan sapi dan langsung diolah di sana. Sedulur bisa menggunakannya untuk campuran makanan, penghias kue hingga dipping sauce. Teksturnya yang lembut juga mendukung jika diubah menjadi dessert yang manis maupun asin.

BACA JUGA: Resep Kroket Ayam Keju Lumer yang Lezat dan Praktis

Tips Menyimpan Krim Keju

merek cream cheese
Unsplash/Zoe Schaeffer

Cream cheese tidak bisa disimpan sembarangan. Sedulur harus menyimpannya dengan baik di tempat yang teduh dan steril. Berikut ini ada dua tips menyimpan krim keju yang baik dan benar agar produk olahan susu tersebut bisa tahan lama.

  • Hindari menyimpan cream cheese di freezer

Cara termudah dalam menyimpan cream cheese adalah dilemari pendingin, namun akan lebih baik tidak dimasukkan dalam freezer. Sebab akan membuat rasanya berubah karena tingkat suhu dinginnya yang rendah, maka sebaiknya cream cheese disimpan dalam wadah tertutup rapat dan diletakkan dalam kulkas biasa.

Meskipun disimpan dalam lemari pendingin, cream cheese yang sudah dibuka biasanya tidak akan tahan lebih dari 2 minggu, apalagi jika suhu dalam kulkas tidak stabil. Maka cream cheese akan lebih cepat tumbuh jamur

Sebaiknya simpan cream cheese di bagian chillernya dalam lemari pendingin dan tidak di area dekat lampu maupun di pintu, karena relative suhunya kurang dingin dan suhu fluktuatif ketika kulkas dibuka tutup. Jadi simpan dalam suhu 2 sampai 4 derajat Celcius.

  • Gunakan wadah kedap udara jika sudah dibuka

Cream cheese yang belum dibuka dapat disimpan sebulan lebih lama dari tanggal batas akhir penggunaan yang tertera di kemasan. Syaratnya, harus disimpan di kulkas. Namun, umur simpan cream cheese yang kemasannya sudah dibuka sangat bergantung pada cara penyimpanan.

Sehingga salah satu langkah tepat untuk menyimpan cream cheese adalah menggunakan wadah kedap udara. Sedulur bisa masukkan cream cheese sisa ke dalam wadah kedap udara atau kantong yang dapat ditutup rapat.

Demikian tadi deretan rekomendasi cream cheese yang enak dan cocok untuk berbagai macam kebutuhan di dapur. Sedulur bisa menggunakan produk-produk di atas untuk memasak, membuat roti, atau menyantapnya langsung. Semoga ulasan kali ini membantumu ya!

Oia, kalau Sedulur tertarik mencari bahan-bahan untuk membuat roti atau masakan di rumah. Jangan khawatir semua itu tersedia di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.