Keju untuk mpasi

Orang tua pasti ingin memberikan makanan yang bergizi untuk sang buah hati. Memasuki waktu MPASI, bayi biasanya sudah mengenal rasa dan tekstur makanan. Bayi yang memasuki MPASI umumnya menyukai rasa gurih dengan tekstur lembut. Salah satu menu MPASI yang baik untuk tumbuh kembang bayi adalah keju. Jenis keju untuk MPASI pun beragam dari mulai cheddar, krim hingga permesan. 

Kandungan gizi keju yang begitu banyak membuat makanan ini memiliki jutaan manfaat untuk bayi. Misalnya, keju memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi buah hati. Agar Sedulur bisa mendapatkan informasi yang tepat soal keju untuk MPASI. Berikut tips memilih dan jenis rekomendasi merk keju yang cocok untuk MPASI. 

BACA JUGA : Kata Mutiara untuk Anak Islami, Bermakna & Menyejukkan Hati

Tips memilih keju MPASI

keju untuk mpasi
iStock

Sebelum memberikan keju MPASI, alangkah baiknya Sedulur mengetahui tips memilih keju untuk bayi. Hal ini penting karena tidak semua jenis keju cocok untuk si buah hati. Khususnya dalam hal rasa dan tekstur, jadi simak ulasannya berikut ini.

-->
  1. Pertimbangkan jenisnya

Tips yang pertama memilih keju untuk bayi yaitu mempertimbangkan jenisnya. Terdapat beberapa jenis keju seperti cheddar, krim, dan parmesan. Jenis keju yang banyak ditemui di pasaran yaitu keju cheddar.

  1. Pilihlah berdasarkan kemasannya

Umumnya produk keju mempunyai dua lapis kemasan. Kemasan pertama merupakan kemasan primer yang langsung bersentuhan dengan produk. Kemasan kedua yaitu kemasan sekunder yang menjadi kemasan akhir sebagai perlindungan ekstra untuk produk.

  1. Perhatikan kandungan garam

Tips selanjutnya yaitu Sedulur perlu memperhatikan kandungan garam per sajian keju. Mengingat ginjal bayi tidak sama dengan orang dewasa saat mencerna garam. Dilansir dari WHO, takaran aman untuk bayi dibagi menjadi dua. Pertama bayi di usia 6–12 bulan hanya boleh mengkonsumsi sekitar 0,4 gram atau 400 mg per hari. Selanjutnya adalah bayi  berusia 1–3 tahun dengan konsumsi maksimal 0,8 gram atau 800 mg per hari.

  1. Perhatikan berat bersih

Berat bersih produk keju untuk MPASI biasanya tidak terlalu besar, yaitu antara 60–250 gram. Akan tetapi, memperhatikan berat bersih sebelum membeli jugaharus diperhatikan. Bagi Sedulur yang baru pertama kali memberikan keju padasang buah hati, pilihlah produk dengan berat bersih kecil. Sebaliknya, jika sudah terbiasa menyetok guna kebutuhan harian, pilih yang berat bersihnya besar dan banyak isinya.

Nah, setelah mengetahui tips memilih keju untuk bayi, berikut rekomendasi keju MPASI yang berkualitas yang wajib Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik yang Aman & Nyaman

1. Prochiz Cheddar

Keju untuk mpasi
Prochiz

Rekomendasi keju MPASI dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya premium adalah Prochiz Cheddar. Meski keju ini merupakan produk lokal, akan tetapi kualitasnya berstandar internasional lho Sedulur. Keju ini sangat cocok dikonsumsi untuk bayi karena teksturnya yang lembut.

Bahan utamanya adalah keju cheddar alami yang cukup padat dan memiliki kandungan garam yang lebih rendah, sehingga sangat aman dikonsumsi untuk bayi. Selain dapat diolah sebagai masakan, keju ini juga dapat dikonsumsi secara langsung.

2. The Laughing Cow Baby Chese

keju untuk mpasi
Detikfood

Salah satu merk keju yang dapat jadi pelengkap MPASI yang tepat adalah The Laughing Cow Baby Chese. Keju ini sangat cocok dikonsumsi untuk bayi karena mempunyai tekstur yang lembut. Bentuknya yang seperti dadu sangat cocok dikonsumsi untuk bayi usia 6 bulan.

Kandungan gizi seperti protein, vitamin dan lemak sangat baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Diketahui produk keju ini berasal dari Perancis yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Jadi buat Sedulur tidak perlu khawatir memberikan keju ini untuk bayi ya.

3. Kiri Cream Cheese

keju untuk mpasi
Popmama

Kiri with Cream Cheese terbuat dari susu sapi asli dan sudah melalui proses pasteurisasi, sehingga aman dikonsumsi oleh si kecil. Keju untuk MPASI 6 bulan ini mempunyai rasa manis dengan tekstur yang creamy sehingga sangat disukai si kecil. Jangan khawatir, nutrisi dalam produk ini sangat baik untuk si kecil seperti kalsium dan Vitamin D yang berperan penting untuk pembentukan tulang dan gigi sang buah hati.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Sepeda Anak Perempuan Terbaik & Berkualitas

4. Keju Lembang Mozarella Balita Whole Milk

Popmama

Produk keju lokal ini perlu jadi pertimbangan keju untuk MPASI bayi lho Sedulur. Keju Lembang ini memiliki rasa yang nikmat dan juga terbaik. Kandungan laktosa yang rendah dapat menghindari bayi dari alergi.

Diketahui Keju Lembang Mozarella Balita Whole Milk merupakan keju untuk MPASI halal karena sudah bersertifikat dari MUI. Tak hanya itu, keju ini juga mempunyai kadar sodium yang rendah yaitu dibawah 0,1 gram per 100 gram keju dan juga tanpa bahan pengawet.

5. Babybel Mini

Popmama

Keju asal Perancis ini kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Produk ini dibuat dari keju murni tanpa adanya campuran garam di dalamnya. Hal ini tentu jauh lebih aman bagi kesehetan ginjal bayi. Babybel Mini juga snagat kaya protein dan kalsium yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Disarankan untuk mengolah keju ini dalam campuran menu MPASI karena  teksturnya jauh lebih kental dan padat dibanding keju lainnya.

6. Almarai Triangle Cheeses

Popmama

Keju Almarai adalah produk yang berasal dari Arab saudi dan mempunyai bentuk segitiga. Keju ini termasuk golongan plain cheese yang lezat dan memiliki aroma khas dengan tekstur yang lembut. Almarai merupakan keju MPASI anak dengan usia lebih dari 6 bulan.

Selain itu, keju ini snagat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil. Kandungan protein di dalamnya cukup untuk memenuhi nutrisi untuk ibu dan juga bayi. Keju ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan campuran makanan.

BACA JUGA : 15 Makanan yang Mengandung Vitamin D yang Baik untuk Anak

7. Diamond Cheddar

Detik.com

Bayi membutuhkan garam yang tidak sama dengan orang dewasa. Hal ini tentu perlu diperhatikan bagi para ibu. Ketika memberikan keju, ibu harus memilih keju yang mengandung garam rendah. Salah satu keju yang mempunyai kadar garam rendah adalah Diamond Cheddar. Keju asal Australia ini mempunyai kualitas yang sangat baik dengan tekstur padat dan juga lembut sehingga cocok untuk camilan atau menjadi campuran olahan masakan.

8. Anchor Keju Parmesan

Popmama

 Keju Anchor mempunyai bentuk bubuk yang dapat dituangkan di berbagai olahan MPASI. Selain digemari bayi, banyak orang dewasa yang juga menyukai karena rasanya yang nikmat. Keju ini sangat bermanfaat untuk pembentukan otot hingga meningkatkan kualitas tidur pada bayi lho Sedulur. 

9. Kraft Cheddar

Popmama

Keju Craft Ceddar sudah tidak asing di tengah masyarakat. Merk keju ini sangat populer di Indonesia. Mudah ditemui di pasaran dengan harga yang terjangkau menjadikan keju Cheddar menjadi salah satu merk keju yang menjadi idola masyarakat berbagai kalangan.

Sedulur dapat menambahkan keju ini dalam MPASI dengan cara diparut maupun dipotong dalam bentuk dadu. Jika si kecil sudah berusia lebih dari 7 bulan, Sedulur dapat memotong keju ini dalam bentuk dadu untuk bisa melatih anak makan secara mandidi. Tak hanya itu, biasanya bayi cenderung lebih menyukasi jika makanannya dipegang sendiri dari pada disuapin.

10. Kraft Milky Soft

Popmama

Nama Kraft sudah tidak lagi asing di Indoensia. Terdapat berbagai macam varian Kraft yang disukai para bayi dan orang tua, Salah satunya adalah Kraft Mily Soft. Produk keju ini mempunyai tekstur jauh lebih lembut serta sangat cocok menjadi menu pendamping bayi. Mempunyai kalori yang tidak terlalu besar dan kandungan kalsium yang tinggi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan si kecil.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Gamis Anak Perempuan Terbaik & Termurah

11. Keju Ricotta

DetikFood

Keju Ricotta dapat menjadi protein tambahan dan juga sumber lemak bagi bayi. Jadi keju ini cocok dijadikan MPASI. Sedulur dapat mengolahnya menjadi pasta atau menu lain. Teksturnya yang berbulir sangat cocok dijadikan campuran pada saus pasta yang akan membuat bayi semakin lahap saat menyantapnya.

12. Kids Sticks Cheese

Theasiaparent

 

Berbeda dengan produk keju lainnya, Kids Sticks Cheese memiliki bentuk yang mudah digenggam oleh bayi. Selain itu, teksturnya yang lembut membuat bayi lebih mudah mengunyahnya. Keju Kids Stick ini menghadirkan rasa yang tidak terlalu tajam tapi tetap gurih, jadi sangat cocok untuk lidah bayi yang sedang belajar mengenal berbagai macam rasa.

Manfaat keju untuk MPASI

keju untuk mpasi
iStock

Kandungan gizi pada keju sangat bermanfaat untk tumbuh kembang bayi. Berikut manfaat keju untuk MPASI anak:

  • Sebagai sumber energi.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Sebagai antioksidan.
  • Memenuhi asupan nutrisi bayi.
  • Menangkal alergi susu pada bayi.
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi.

Itu tadi 12 rekomendasi keju untuk MPASI anak beserta cara memilih dan manfaatnya. Selain fokus pada MPASI, Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan anak yang lain, seperti popok, bedak bayi, dan susu yang berkualitas. 

Nah, Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan bayi di atas melalui Aplikasi Super. Selain produk yang lengkap, harga produk yang ditawarkan juga murah meriah. Apalagi dengan diskon, cashback, dan gratis ongkir tanpa minimal pembelian, dijamin belanja makin untung.

Selain itu, proses pengiriman barangnya juga cepat. Sehingga Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super ketika keadaan mendesak. Tunggu apalagi? Download aplikasinya di PlayStore dan nikmati belanja murah meriah sekarang juga!