cara menyimpan kurma

Apakah Sedulur sudah tahu cara menyimpan kurma yang tepat sehingga bisa awet sampai berbulan-bulan? Seperti diketahui, kurma merupakan jenis buah yang biasa dikonsumsi saat bulan Ramadan. Kurma akan disajikan sebagai pelengkap menu sahur dan berbuka puasa.

Kurma sendiri termasuk jenis buah yang tahan lama meski disimpan di suhu ruangan. Meski begitu, ada jenis kurma tertentu yang mudah berjamur dan bahkan berkutu. Hal ini biasanya disebabkan oleh tekstur kurma yang basah dan tempat penyimpanannya yang kurang memadai. Oleh karenanya, Sedulur perlu mengetahui cara menyimpan kurma yang tepat agar terhindar dari risiko tersebut. Misalnya dengan menyimpan kurma di dalam kulkas.

Di sisi lain, ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti agar kurma yang disimpan menjadi lebih awet atau tahan lama. Berikut rangkuman informasi selengkapnya!

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini Tips Menyimpan Sayur di Kulkas

Cara menyimpan kurma di kulkas agar awet

Cara menyimpan kurma di kulkas
MSN

Secara umum, cara menyimpan kurma cenderung sederhana dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Beberapa jenis kurma bahkan bisa awet meski disimpan di suhu ruangan. Kendati begitu, menyimpan kurma di suhu ruang ternyata memiliki risiko untuk ditumbuh jamur hingga berkutu. Oleh karenanya, banyak orang yang kemudian memilih untuk menyimpannya di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Akan tetapi, cara menyimpan kurma di kulkas juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Melainkan ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan agar kurma tahan lama dan rasanya tetap lezat ketika dikonsumsi. Berikut beberapa tips yang bisa Sedulur coba di rumah.

1. Kenali jenis-jenis kurma

cara menyimpan kurma
iStock

Tips pertama untuk menyimpan kurma adalah mengenali jenis-jenisnya. Ada beragam jenis kurma yang bisa Sedulur temukan di pasaran, di antaranya adalah kurma ajwa, medjool, sukari, dan turnis. Berbagai jenis kurma tersebut dikelompokkan menjadi dua kategori besar berdasarkan teksturnya, yaitu kurma basah dan kurma kering.

Kurma basah memiliki kandungan air yang lebih banyak. Hal ini membuat tekstur dagingnya cenderung lembut. Sementara, kandungan air pada buah kurma kering tidak sebanyak kurma basah. Oleh karenanya, tekstur buah kurma kering pun berbeda dengan kurma basah.

2. Cari tahu masa simpan kurma

cara menyimpan kurma
iStock

Perbedaan tekstur daging pada buah kurma basah dan kurma kering ternyata tidak hanya berdampak pada sensasi yang diberikan saat dikonsumsi. Melainkan juga mempengaruhi masa simpan atau ketahanannya.

Rata-rata, kurma kering bisa bertahan hingga 3-6 bulan jika disimpan di suhu ruangan. Sementara jika disimpan di lemari pendingin, kurma bisa awet sampai satu tahun.

Di sisi lain, kurma basah cenderung mudah ditumbuhi jamur hanya dalam kurun waktu beberapa hari apabila disimpan di suhu ruang. Agar lebih awet, Sedulur bisa menyimpannya di kulkas di mana kurma bisa bertahan dalam kondisi layak dimakan sampai satu bulan.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

3. Cek tanggal kedaluwarsa

iStock

Biasanya kurma yang dijual di pasaran sudah dikemas dalam ukuran tertentu dan diberi penanda tanggal kedaluwarsa. Informasi tersebut bisa menjadi acuan ketika memilih kurma sebelum membelinya. Sebab, tanggal kedaluwarsa atau juga biasa disebut expired date dapat menunjukkan seberapa lama kurma bisa bertahan dalam kondisi layak untuk dimakan.

Bagi Sedulur yang lebih tertarik membeli kurma dalam bentuk curah bisa langsung menanyakan tanggal kedaluwarsa kepada penjual. Di sisi lain, Sedulur juga bisa menggunakan patokan kapan stok kurma tersebut dikirim ke toko untuk memastikan kondisinya masih cukup baik.

4. Simpan kurma basah di freezer

iStock

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, kurma secara umum bisa bertahan lama meski hanya disimpan di suhu ruang. Hal ini terutama berlaku untuk kurma kering karena kandungan air yang rendah membuatnya tidak mudah busuk ataupun berjamur.

Sementara untuk kurma basah, Sedulur dianjurkan menyimpannya di kulkas. Biasanya kurma basah yang disimpan di kulkas bisa bertahan sampai satu bulan. Jika ingin lebih awet lagi, Sedulur bisa menyimpannya di dalam freezer sehingga kualitas kurma tetap terjaga sampai enam bulan.

Namun perlu diperhatikan bahwa menyimpan kurma di dalam kulkas maupun freezer bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada tekstur kurma. Suhu dingin dari kulkas atau freezer akan membuat kurma menjadi lebih keras. Untuk mengatasi hal itu, Sedulur bisa merendamnya di dalam air hangat sehingga teksturnya menjadi lebih lembut.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Beras yang Benar Agar Bebas dari Kutu

5. Simpan kurma dalam wadah tertutup dan kedap udara

iStock

Tips atau cara menyimpan kurma yang selanjutnya adalah menggunakan wadah yang bersih, tertutup, dan kedap udara. Hal ini bisa menghindari risiko kurma terpapar bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya pembusukan. Sehingga kualitas kurma akan terjaga dan tetap lezat saat dikonsumsi.

Adapun Sedulur bisa menggunakan kotak makan plastik ataupun plastik kedap udara untuk menyimpan kurma. Penggunaan wadah kedap udara ini tidak hanya berlaku untuk menyimpan kurma di suhu ruang. Melainkan juga berlaku apabila hendak menyimpannya di dalam kulkas atau freezer.

Selain memindahkannya ke wadah lain, Sedulur bisa menggunakan kemasan asli yang terbuat dari mika atau plastik. Adapun Sedulur tidak dianjurkan untuk menyimpan kurma di dalam kardus apalagi jika hendak disimpan di kulkas. Pasalnya, permukaan karton kardus memiliki celah yang bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri.

6. Gunakan madu asli

iStock

Cara menyimpan kurma agar tahan lama yang terakhir adalah menggunakan madu murni yang tidak dicampur bahan apapun. Cairan madu murni yang melumuri kurma ini bisa membuat kurma menjadi lebih awet. Namun pastikan Sedulur hanya mengoleskan atau menuangkan sedikit madu agar kurma tidak malah menjadi terlalu basah saat disimpan.

Nah itu dia beberapa tips cara menyimpan kurma yang bisa Sedulur ikuti. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk Sedulur khususnya terkait masalah penyimpanan makanan agar tahan lama.

Selain memperhatikan cara menyimpan kurma, Sedulur juga perlu memastikan terpenuhinya kebutuhan memasak dan dapur sebagai bekal untuk memenuhi kebutuhan gizi harian keluarga. Kabar baiknya, kini Sedulur bisa belanja hemat dan praktis hanya dengan Aplikasi Super.

Sebab, Aplikasi Super menawarkan beraneka ragam kebutuhan rumah tangga termasuk bahan-bahan untuk memasak dengan harga terjangkau. Selain itu juga tersedia layanan pengiriman gratis ongkir sehingga Sedulur tidak perlu repot keluar rumah untuk belanja. Menarik bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!