Ikan merupakan salah satu sumber protein yang banyak digemari masyarakat. Selain mudah diperoleh di pasaran, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai masakan, misalnya digoreng dan kemudian disantap bersama sambal atau saus. Meski terlihat sederhana, ternyata belum banyak orang yang tahu bagaimana cara menggoreng ikan agar tidak lengket.

Padahal hal tersebut cukup penting diperhatikan agar hasil gorengan ikan tetap utuh dan matang sempurna. Jika ikan menempel, maka akan ada beberapa daging ikan yang hancur dan membuat penampilan ikan goreng menjadi tidak menarik.

Ingin tahu bagaimana cara menggoreng ikan agar tidak lengket? Berikut sudah dirangkum beberapa tips yang bisa Sedulur coba di rumah.

Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

resep ikan goreng bumbu kuning
Pexels/RDNE Stock Project

Perlu Sedulur ketahui, ada banyak penyebab ikan menjadi lengket saat digoreng. Salah satunya adalah karena kadar air dalam ikan yang bertemu dengan minyak panas. Di sisi lain, minyak yang kurang panas juga bisa menyebabkan ikan menjadi lengket.

Nah, agar Sedulur tidak makin bingung, berikut sudah dirangkum 9 tips atau cara menggoreng ikan agar tidak lengket. Yuk, langsung disimak!

1. Pilih ikan yang masih segar

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket yang pertama dimulai dari saat Sedulur memilih ikan yang akan dimasak. Pastikan Sedulur memilih ikan yang masih segar dan dalam kondisi baik. Adapun ikan segar memiliki ciri, di antaranya adalah sisik atau kulitnya berwarna terang, mata bening, serta tidak berbau amis.

Di sisi lain, ikan segar memiliki daging atau tekstur yang lebih padat. Hal itu menyebabkan ikan tidak akan lengket ataupun mudah hancur ketika digoreng.

2. Marinasi ikan dengan bumbu

Tips selanjutnya adalah memarinasi atau merendam ikan di dalam bumbu selama 1-2 jam dalam wadah tertutup. Tidak sekadar membuat ikan menjadi lezat, proses marinasi ternyata juga dapat meminimalisasi risiko ikan lengket saat digoreng.

Selain itu, minyak juga tidak akan meletup ketika Sedulur menggoreng ikan yang sudah dimarinasi.

3. Lumuri ikan dengan tepung sebelum digoreng

Pexels/RDNE Stock Project

Selain merendam ikan dalam bumbu, Sedulur juga bisa melumuri atau membalut ikan dengan tepung sebelum menggorengnya. Caranya adalah balut seluruh permukaan ikan dengan tepung kering, lalu masukkan ke dalam minyak panas.

Lapisan tepung tersebut akan membuat bagian kulit ikan menjadi kering sehingga tidak lengket saat digoreng. Tak hanya itu, tepung juga membuat ikan menjadi lebih krispi. Salah satu produk tepung kriuk yang jadi rekomendasi menggoreng ikan adalah Tepung Bumbu Kriuk Cap Opung. Tidak hanya memberikan sensasi kriuk yang renyah, rasa tepung yang gurih juga akan membuat masakan ikan makin sedap.

4. Pastikan wajan dalam keadaan bersih

Hal lain yang juga penting diperhatikan ketika menggoreng ikan adalah kondisi wajan. Pastikan wajan dalam keadaan bersih dan kering dari air. Adanya kandungan air dapat menyebabkan ikan menjadi lengket saat digoreng.

Di sisi lain, ada baiknya Sedulur juga menggunakan minyak goreng baru. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang bisa membuat ikan menjadi lengket pada wajan.

5. Perhatikan jumlah minyak yang digunakan

Cara menggoreng ikan agar tidak lengket yang selanjutnya adalah menuangkan minyak dengan takaran yang pas. Perlu diketahui bahwa saat menggoreng, minyak akan mengalami kenaikan suhu yang dapat membuatnya naik ke permukaan wajan.

Untuk itu, sebaiknya Sedulur menuangkan minyak tidak lebih dari 1/3 wajan. Dengan begitu, ikan dapat tetap terendam namun minyak tidak mudah meluap saat dipanaskan.

6. Pastikan minyak dalam kondisi panas

merek wajan anti lengket terbaik
Pexels/RDNE Stock Project

Selain kebersihan dan takaran minyak, Sedulur juga perlu memperhatikan suhu minyak ketika memasukkan ikan ke dalam wajan. Untuk menghindari risiko ikan menempel pada wajan, pastikan suhu minyak sudah cukup panas.

Sebab, apabila minyak belum panas, ikan malah akan menempel pada wajan dan sulit untuk dibalik. Akibatnya, ikan dapat menjadi hancur ketika diangkat. Tak hanya itu, memasukkan ikan ke dalam minyak yang belum panas juga bisa menyebabkan ikan menyerap minyak. Hal ini tentu dapat mengganggu cita rasa ikan goreng ketika disantap.

7. Tambahkan perasan lemon atau garam ke dalam minyak

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan lemon atau garam dapur. Tak banyak yang tahu, kedua bahan tersebut cukup efektif membuat ikan menjadi tidak lengket dan minyak tidak meletup saat menggoreng.

Caranya pun cukup mudah, Sedulur dapat menambahkan air perasan lemon atau sejumput garam ke dalam minyak yang sedang dipanaskan. Kemudian, tunggu sampai kedua bahan tersebut larut, lalu masukkan ikan yang akan digoreng. 

8. Gunakan api sedang

Sebelumnya disampaikan bahwa cara agar ikan tidak lengket saat digoreng adalah dengan memasukkan ikan ketika minyak sudah panas. Perlu dicatat, hal ini tidak berarti Sedulur harus menggunakan api besar saat menggoreng. Melainkan cukup atur api sedang, yakni tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Sebab, api yang terlalu besar akan membuat suhu minyak terus meningkat dan ikan menjadi cepat gosong. Sebaliknya, api yang terlalu kecil juga berisiko membuat ikan tidak cepat matang dan kulitnya tidak kering.

9. Balik ikan setelah kering

Pexels/RDNE Stock Project

Tips yang terakhir adalah pastikan Sedulur membalik ikan setelah kering. Setelah memasukkan ikan ke dalam minyak, tunggu sampai kulit ikan mulai mengering baru kemudian dibalik. Membalik ikan ketika masih basah akan menyebabkan ikan menjadi lengket dan hancur.

Untuk itu, pastikan bagian bawah ikan terendam minyak dan gunakan api sedang agar ikan cepat matang serta teksturnya tetap padat.

Itu dia beberapa cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Bagaimana? Menggoreng ikan ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Kalau Sedulur ingin mencari bahan-bahan seperti tepung dan minyak goreng untuk memasak ikan, bisa langsung mencarinya di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!