Cara merebus daging sapi

Saat memasak daging, mungkin Sedulur selalu kesulitan karena daging tidak empuk dan malah sulit dikunyah. Untuk membuat daging empuk, sebenarnya ada beberapa tips merebus daging agar empuk yang perlu Sedulur lakukan.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa saja tips merebus daging agar empuk. Dengan mengetahui tips ini, Sedulur tidak akan kesulitan lagi saat memasak daging nanti. Lantas seperti apa tipsnya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi

1. Gunakan daun pepaya

tips merebus daging agar empuk
iStock

Tips merebus daging agar empuk yang pertama yaitu dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya dapat membuat daging empuk, bukan hanya dalam keadaan mentah namun juga saat merebus daging. Caranya pun sangat mudah, Sedulur hanya tinggal meremas daun pepaya dan masukan dalam rebusan daging.

-->

Sedulur juga perlu cek daging rebusan untuk mengetahui sudah seberapa empuk daging. Bisa juga menggunakan pepaya muda, karena getahnya juga bisa mengempukkan daging.

2. Dengan potongan nanas

iStock

Tips merebus daging agar empuk yang kedua yaitu dengan potongan nanas. Sama dengan menggunakan daun pepaya, potongan nanas ampuh untuk membuat daging menjadi empuk.

Caranya sangat mudah, rebus dahulu daging hingga mendidih, tambahkan potongan buah nanas sepanjang jari telunjuk untuk 1-2 kg daging sapi atau kambing. Bisa juga dipotong jadi 3 bagian. Jangan terlalu banyak karena bisa membuat daging hancur karena terlalu empuk. Jadi sesekali cek juga sudah seberapa empuk daging yang direbus.

3. Daun jeruk dan cuka

Kompas

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun jeruk dan cuka. Sedulur bisa menambahkan daun jeruk saat merebus daging yang pertama. Untuk 500 gram daging sapi, Sedulur bisa menggunakan 3 lembar daun jeruk, bahkan lebih tidak masalah untuk memastikan daging agar empuk.

Selanjutnya, rebus selama sekitar 10 menit, lalu tiriskan daging. Lalu perebusan kedua, tambahkan 2 sdm cuka masak dalam air rebusan. Dengan cara ini, daging bisa cepat empuk dan lembut. Sama seperti menggunakan nanas atau daun pepaya.

4. Gunakan pengempuk daging

iStock

Jika Sedulur kesulitan mendapatkan daun pepaya, buah nanas atau daun jeruk dan cuka sulit didapatkan, Sedulur bisa membeli bubuk pengempuk daging yang mungkin lebih mudah dibeli dan disimpan untuk waktu lama.

Selanjutnya Sedulur bisa menggunakan bubuk pengempuk daging sesuai kebutuhan atau aturan pakai di kemasan sebelum atau selama merebus daging. Rebus daging menggunakan bubuk tersebut, dijamin daging sapi yang Sedulur olah akan mendapatkan hasil yang empuk.

5. Perhatikan potongan daging

tips merebus daging agar empuk
Unsplash

Potongan daging juga perlu diperhatikan, potong daging mengikuti seratnya. Cara ini cukup efektif membuat daging yang direbus cepat empuk. Setelah mendidih, kecilkan api, gunakan api kecil, tutup pancinya dan masak dalam waktu lama agar daging empuk hingga ke seratnya.

6. Gunakan panci presto

iStock

Agar lebih ampuh membuat daging menjadi empuk, Sedulur bisa menggunakan panci presto untuk merebus daging. Umumnya 1-2 kg daging akan cepat empuk jika dipresto selama 30 menit setelah uap panasnya berbunyi. Jika ingin membuat air kaldu sekalian, tambahkan air lebih banyak satu cm dari air yang sudah merendam daging.

BACA JUGA: Sering Keliru! Ini Perbedaan Daun Bawang dan Bawang Prei

Teknik merebus 5-30-7

tips merebus daging agar empuk
Shutterstock

Sedulur juga bisa menggunakan teknik 5-30-7 agar daging cepat empuk. Caranya, rebus daging dengan air mendidih selama 5 menit, matikan kompor dan tutup panci untuk lalu diamkan daging selama 30 menit. Selanjutnya Sedulur bisa merebus lagi daging selama 7 menit.

Lebih lengkapnya, berikut ini teknik atau tips merebus daging agar empuk dengan teknik 5-30-7:

1. Merebus selama 5 menit

Tips merebus daging agar empuk dengan teknik 5-30-7 yang pertama yaitu dengan merebus selama 5 menit. Didihkan air terlebih dahulu, kemudian masukkan daging. Rebus hingga daging berubah warna dan buang air rebusan. Langkah pertema ini bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan api besar.

2. Diamkan selama 30 menit

Setelah api kompor dimatikan, daging yang sudah direbus biarkan tetap di panci dalam keadaan masih tertutup rapat. Lalu, diamkan selama 30 menit. Selama 30 menit ini, tutup panci sangat rapat dan jangan pernah dibuka selama 30 menit. Semakin rapat tutup panci maka semakin cepat empuk dagingnya.

3. Rebus kembali selama 7 menit

tips merebus daging agar empuk dengan teknik 5-30-7 menit yang terakhir adalah dengan merebus kembali selama 7 menit dengan menggunakan api besar. Selama merebus daging dalam waktu 7 menit itu, Sedulur wajib menutup daging.

Setelah selesai 7 menit, matikan kompor dan angkat daging. Daging sapi dijamin sudah empuk dan dapat diolah atau dibumbui sesuai selera. Dijamin teknik ini sangat ampuh untuk Sedulur gunakan agar daging bisa empuk.

Nah itulah penjelasan tentang tips merebus daging agar empuk. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mengolah daging menjadi masakan yang enak dan menghasilkan daging yang empuk dan mudah dimakan oleh setiap anggota keluarga.

Jangan lupa untuk membeli berbagai kebutuhan memasak daging yang dibutuhkan, agar Sedulur semakin mudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan memasak di Aplikasi Super.

Belanja dan kulakan di Aplikasi Super banyak untungnya, dari tersedianya beragam promo menarik seperti cashback hingga diskon spesial setiap hari. Jadi tunggu apalagi, segera download Aplikasi Super dan belanja kebutuhan memasakmu sekarang.