Tips menyimpan makanan

Apakah Sedulur termasuk yang menyimpan stok makanan? Jika iya, tentu Sedulur harus mengetahui tips menyimpan bahan makanan agar awet sebagai stok. Jika dihitung-hitung, memiliki stok makanan memang membuat pengeluaran bulanan menjadi lebih irit.

Menjadi lebih irit karena kita akan terhindar dari perilaku boros. Bayangkan jika belanja bahan makanan setiap hari atau per dua hari. Sedulur mungkin saja akan membeli bahan makanan yang tidak akan digunakan.

Nah, agar Sedulur bisa lebih irit dengan memiliki stok makanan, Sedulur juga harus tahu bagaimana tips menyimpan bahan makanan agar awet. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

-->

Tips menyimpan bahan makanan agar awet

tips menyimpan bahan makanan
Kompas

Tempat yang tepat untuk menyimpan bahan makanan agar awet adalah kulkas. Selain dapat membuat bahan makanan tetap segar, kulkas juga membuat bahan makanan memiliki waktu lebih panjang sebelum kemudian busuk dan tidak bisa diolah.

Namun, tidak semua makanan yang dapat disimpan di kulkas. Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa Sedulur simpan di kulkas sebagai stok. Berikut ini jenis-jenis bahan makanan yang dimaksud:

  • Daging ayam, daging ikan, daging sapi atau bahan karbohidrat hewani lainnya
  • Daging kemasan dalam kaleng
  • Makanan beku atau frozen food
  • Mentega
  • Buah-buahan seperti jeruk, melon, dan apel
  • Sayur mayur yang masih hijau dan segar, seperti sawi, bayam dan kol

Daftar makanan di atasm termasuk bahan makanan yang bisa Sedulur simpan di kulkas, namun Sedulur juga tidak bisa asal sembarangan menyimpannya. Sedulur tidak boleh mencampur daging, sayur dan buah-buahan dalam keadaan terbuka.

Metode food preparation di kulkas

Mother and Beyond

Salah satu tips menyimpan bahan makanan agar awet adalah dengan menggunakan metode food preparation. Jika diterjemahkan yaitu preparasi bahan makanan. Hal ini dapat membuat bahan makanan menjadi lebih tahan lama.

Urutan food preparation di kulkas di mulai dari jenis bahan makanannya. Di bagian frozen, Sedulur bisa menyimpan makanan seperti daging-dagingan dan frozen food lainnya, hal tersebut untuk membuat daging-daging tersebut membeku sehingga bisa bertahan lebih lama.

Untuk rak kulkas biasa di bagian atas, Sedulur bisa mengisi dengan makanana atau minuman kemasan seperti kornet, keju, susu dan makanan atau minuman kemasan lainnya. Selanjutnya, Sedulur juga bisa mengisi rak bagian atas dengan tahu atau tempe.

Sedulur bisa menyimpan buah-buahan dan sayur mayur di laci bagian bawah. Namun untuk buah alangkah lebih baik jika telah dikupas, dibersihkan dan dipotong-potong. Lalu masukan ke dalam wadah tertutup, tujuannya agar buah bisa bertahan lebih lama.

Untuk setiap makanan yang terdapat dalam kulkas, kamu juga bisa memberi jarak sedikit di antara makanan tersebut, tujuannya agar sirkulasi suhu kulkas diserap oleh makanan secara merata. Disarankan juga atur suhu kulkas sekitar di bawah 5 derajat celcius, tujuannya untuk memperlambat pertumbuhan mikroba berbahaya pada makanan.

Sedulur juga harus memahami untuk tidak menyimpan makanan panas langsung ke dalam kulkas. Biarkan makanan yang panas hingga ke suhu normal atau minimal sudah tidak menghasilkan uap panas. Karena uap panas tersebut akan membuat kulkas bekerja lebih keras dan mempercepat kerusakan kulkas itu sendiri.

BACA JUGA: 13 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami yang Ampuh

Tips menyimpan makanan di rak atau lemari

tips menyimpan bahan makanan
Detik

Bukan hanya menggandalkan kulkas, Sedulur juga bisa menyimpan makanan di rak atau lemari biasa. Namun tidak semua makanan bisa disimpan di rak atau lemari. Umumnya, bahan makanan yang bisa disimpan di rak atau lemari adalah makanan siap saji atau makanan kemasan.

Makanan seperti berikut ini yang bisa disimpan di rak atau lemari:

  • Roti, selai, biskuit atau kue jenis lain
  • Gula, garam, terigu dan bahan kemasan lain
  • Minuman atau makanan kaleng
  • Sirup botolan, keju dan mentega
  • Beras, dan beberapa bumbu masak

Agar lebih tertata dan tahan lama, setiap jenis bahan makanan yang akan disimpan di rak atau lemari bisa Sedulur wadahi dulu dengan topless atau wadah lain yang kedap udara atau minimal tertutup rapat. Ini mencegah makanan diserbu oleh serangga sehingga membuat bahan makanan tidak bisa diolah lagi.

Sedulur juga perlu tahu, untuk setiap jenis makanan kemasan, baik yang disimpan di dalam kulkas atau di rak/lemari, harus benar-benar Sedulur catat masa kadaluarsanya. Hal ini mencegah Sedulur agar tidak mengolah makanan kadaluarsa yang bisa saja mengandung bakteri di dalamnya.

Nah itulah tadi tips menyimpan makanan agar awet yang bisa Sedulur terapkan sebagai tips di rumah. Dengan menyimpan bahan makanan sebagai stok, bisa membuat Sedulur mengatur keuangan rumah agar lebih hemat lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.