Tips menyimpan sayur di kulkas

Kulkas menjadi alat rumah tangga yang memiliki banyak fungsi dari menjaga daging, telur, hingga makanan agar tidak cepat basi. Kulkas juga bisa membuat buah-buahan dan sayuran terjaga kesegarannya. Namun, ada beberapa tips menyimpan sayur di kulkas yang mungkin Sedulur wajib ketahui.

Hal ini tidak lepas dari sayuran termasuk ke dalam makanan mentah yang cepat busuk. Umumnya, sayuran bisa bertahan di luar ruangan dalam 2 sampai 3 hari saja. Setelah itu sayur akan mulai layu dan warnanya berubah.

Agar sayuran bisa tetap segar dan tidak mudah berubah warna. Sebaiknya Sedulur coba ikuti beberapa tips menyimpan sayur di kulkas berikut ini.

BACA JUGA: Legendaris! 6 Minuman Khas Surabaya Segar Yang Wajib Dicoba

-->

Pisahkan buah dan sayuran

Tips menyimpan sayur di kulkas
That Salad Lady

Tips pertama agar sayur bisa lebih awet ketika disimpan dalam kulkas adalah sortir sayur sebelum menyimpannya. Pisahkan antara sayuran dengan buah. Umumnya, kebanyakan orang akan menjadikan tempat penyimpanan sayur bersama dengan buah. Namun hal ini ternyata malah membuat sayur menjadi lebih cepat busuk.

Dilansir dari Wirecutter New York Times, buah ketika disimpan akan menghasilkan zat etilen. Zat ini ternyata bisa membuat makanan mentah menjadi lebih cepat matang. Dan ketika zat etilen ini terserap oleh sayuran, maka malah akan mempercepat proses pembusukan.

Sehingga sebaiknya Sedulur pisahkan antara buah dan sayuran dalam tempat yang berbeda. Atau jika kondisi kulkas tidak cukup menyimpannya dalam kondisi terpisah, bisa masukkan buah ke dalam kantong plastik.

Jangan lupa bersihkan sayuran

Tips menyimpan sayur di kulkas
Kitchn

Sedulur juga harus memperhatikan keadaan sayuran yang hendak disimpan ke dalam kulkas. Karena ketika sayuran yang dibeli berasal dari supermarket, umumnya sayur akan berkondisi baik.

Namun, saat sayur dibeli dari pasar biasanya kondisinya tidak terlalu baik. Misalnya terdapat daun yang layu dan membusuk atau masih ada ulat. Sehingga perlu untuk dibersihkan dan dicuci sebelum disimpan.

Ini menjadi tips menyimpan sayur di kulkas yang sangat penting, karena zat yang menempel di sayuran bisa mempercepat pembusukan saat disimpan.

Pastikan sayuran yang disimpan dalam keadaan baik

Reader’s Digest

Langkah selanjutnya dalam tips menyimpan sayur di kulkas adalah cara penyimpanannya. Sedulur harus menyimpan sayur dalam keadaan baik. Keadaan baik disini yaitu tidak melipat sayur atau memaksa sayur masuk ke dalam kulkas hingga terjept.

Hal-hal semacam itu malah bisa membuat kondisi sayur menjadi tidak baik. Karena keadaan sayur menjadi rusak atau tergencet.

BACA JUGA: 18 Jenis Bunga Hias Merambat yang Tahan Panas & Bikin Teduh

Hilangkan akar dan bagian yang sudah jelek

 

Beberapa orang biasanya lebih suka memilih sayuran yang masih ada akarnya. Hal ini karena ada anggapan bahwa akar ini tanda sayur masih segar saat dibeli. Namun, Sedulur sebaiknya memotong akar dan membersihkannya.

Selain itu, sayuran biasanya ada juga daun dan batang yang sudah jelek. Biasanya kondisi sayur dan batang ini bisa berpotensi untuk mempercepat pembusukan jika kondisinya tidak baik. Jadi sebaiknya pastikan hilangkan akar dan buang bagian sayur yang sudah rusak sebelum disimpan.

Jaga kelembapan sayuran

Tips menyimpan sayur di kulkas
Life Storage

 

DIlansir dari Eat Well, sayuran mengandung sekitar 90 persen air. Agar terhindar dari pembusukan saat di dalam kulkas, maka kadar air ini perlu dijaga.

Sedulur perlu memberikan kelembapan pada sayur saat disimpan di dalam kulkas agar sayur tidak cepat layu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memasukkan sayur ke dalam plastic dan beri lubang-lubang kecil di sisi-sisinya.

Perhatikan suhu kulkas

Suhu kulkas
Choice

Menjaga suhu kulkas juga penting dalam tips menyimpan sayur. Apalagi Sedulur meyimpan sayuran seperti brokoli, sawi, kobis, sampai terong. Sayuran-sayuran tersebut mudah mengering jika suhu terlalu dingin.

Dilansir dari Healthline, sayur sebaiknya disimpan pada suhu sekitar 2-3 derajat Celcius. Pada suhu tersebut, kelembapan dan kadar air pada sayur akan tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

Jangan mencampur sayuran

The Balance Small Business

Ada cukup banyak jenis sayuran yang biasanya dibeli untuk keperluan rumah tangga, seperti sawi, tomat, terong, bayam, brokoli, wortel dan sebagainya. Namun, setiap jenis sayuran ternyata tidak boleh dicampur begitu saja lho Sedulur.

Sayuran harus dipisah dan diletakkan sesuai jenisnya. Selain agar lebih mudah ketika harus memilih dan mencari di dalam kulkas, menata sayur sesuai jenisnya juga untuk menjaga agar sayur tidak terkontaminasi dengan zat yang dilepaskan oleh sayur lainnya.

Apalagi beberapa sayur bisa mengeluarkan zat yang mempercepat pembusukan. Hal ini jelas menjadi hal yang perlu dihindarkan dalam tips menyimpan sayur di kulkas.

Periksa kondisi sayuran secara berkala

Tips menyimpan sayur di kulkas
iStock

Tips selanjutnya adalah selalu memeriksa secara berkala sayur yang disimpan dalam kulkas. Walaupun sayur bisa bertahan lama, tapi pada akhirnya akan ada waktu dimana sayur akan menjadi layu dan membusuk.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya Sedulur menggunakan sayur selagi masih segar dan segera menggantinya dengan yang baru. Umumnya, sayuran perlu segera dihabiskan setelah 3 hari disimpan di dalam kulkas.

Simpan sayuran dalam keadaan utuh

Menyimpan kulkas
Rohtopia

Ada beberapa sayuran yang harus disimpan dalam keadaan utuh. Hal ini lantaran setiap bagian sayuran merupakan satu kesatuan sehingga akan lebih mudah menjaga kadar air di dalamnya. Beberapa sayur yang harus disimpan dalam keadaan utuh misalnya seperti sawi, brokoli, dan juga selada air.

BACA JUGA: Mengenal Bouquet Garni, Bumbu Rempah Penambah Cita Rasa

Perhatikan sayuran yang tidak bisa disimpan di kulkas

Live Science

Selain itu, tips menyimpan sayuran di kulkas selanjutnya adalah memahami jenis sayuran yang tidak bisa disimpan di dalam kulkas. Misalnya adalah tomat yang tidak bisa disimpan di tempat yang terlalu dingin karena bisa mempercepat proses pematangan sayuran tersebut.

Selain itu, ada juga daun kemangi yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Hal ini lantaran kemangi yang sangat sensitif dengan hawa dingin, sehingga membuat sayuran tersebut jadi mudah layu.

Dan ada juga kentang yang sebaiknya disimpan di tempat yang gelap dan dingin. Jangan menyimpan kentang utuh dalam kulkas karena malah bisa menghilangkan zat tepung yang ada di dalamnya.

Manfaatkan wadah kedap udara

Nature Fresh Farms

Sedulur juga bisa memanfaatkan wadah kedap udara untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas. Menggunakan wadah kedap udara juga bisa menjaga kelembapan pada sayuran agar tidak mudah menghilang. Cara simpan sayur dalam wadah yang benar juga tidak terlalu sulit.

Selain itu, cara ini sangat cocok untuk menyimpan sayuran seperti wortel, brokoli, dan juga kentang. Jangan lupa untuk membersihkan kulit luar sayuran sebelum menyimpannya. Dan potong menjadi bagian kecil agar wadah kedap udara bisa menyimpan banyak sayuran dalam satu tempat.

Jaga kebersihan kulkas

Kebersihan kulkas
The List

Ini menjadi hal paling penting dalam tips menyimpan sayur di kulkas, yaitu menjaga kebersihan. Tips ini cukup sederhana tapi masih banyak orang yang kurang memperhatikannya.

Padahal ketika kulkas selalu dijaga dalam keadaan bersih, semua makanan mentah dan matang yang disimpan akan lebih higenis dan awet.

Nah, itu tadi tips menyimpan sayur di kulkas Sedulur. Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar sayur yang disimpan tidak mudah busuk dan tahan lama ketika disimpan di dalam kulkas. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.