cara agar beras tidak kutuan

Siapa nih di antara Sedulur yang masih belum tahu cara agar beras tidak kutuan? Walaupun sehari-hari sudah biasa memasak nasi, tetapi ternyata masih banyak ibu rumah tangga Indonesia yang salah teknik dalam menyimpan beras. Ketika cara menyimpannya tidak benar, beras akan menjadi lembab dan berkutu. Kalau sudah begitu, pasti kualitas beras akan menjadi jelek dan nasipun tidak akan sepulen serta seenak biasanya.

Jangan khawatir dulu Sedulur! Di artikel ini kita akan sedikit mengulas bagaimana cara agar beras tidak kutuan. Sedulur bisa menyimak informasi cara menyimpan beras yang benar serta langkah-langkah mengatasi kutu yang sudah menjangkiti beras. Yuk, langsung simak sampai akhir!

BACA JUGA: 12 Merk Mentega atau Butter Terbaik yang Sehat dan Aman

Bagaimana cara agar beras tidak kutuan?

Depositphotos

Ketika beras dipanen, biasanya ia tidak selalu berada dalam keadaan bersih. Begitu juga ketika beras sudah berada di warung kelontong, minimarket, ataupun pasar. Biasanya beras akan membawa sedikit telur kutu yang dalam kondisi tertentu dapat menetas dan mengotori beras. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menyimpan beras yang baik agar terhindar dari kutu.

-->

1. Simpan beras dalam wadah yang bersih

Depositphotos

Lazimnya kualitas beras bisa terjaga selama dua tahun penuh, asalkan ia ditaruh di dalam wadah yang bersih. Sedulur bisa memilih wadah yang besar, lap terlebih dahulu dalamnya sebelum menuang beras.

Untuk material wadahnya sendiri bebas, Sedulur bisa menggunakan wadah dari logam, kaca, maupun plastik. Jangan lupa, selalu tutup rapat beras untuk mencegah kutu dan kotoran masuk ke dalamnya. 

2. Bersihkan wadah beras secara berkala

Depositphotos

Ketika beras sudah disimpan di dalam wadah yang bersih, Sedulur juga harus membersihkannya secara berkala. Beras yang disimpan dalam wadah biasanya akan menyisakan pecahan beras atau bubuk putih. Kotoran ini yang juga bisa memicu wadah menjadi kotor dan mengundang kutu untuk datang. Karena itu, wadah perlu dibersihkan secara berkala sekitar sekali atau dua kali dalam seminggu.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Merek Beras Terbaik yang Pulen dan Bergizi

3. Membatasi jumlah beras yang disimpan

Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa cara agar beras tidak kutuan salah satunya dengan tidak menimbun beras secara berlebihan? Ketika Sedulur menyimpan terlalu banyak beras dalam satu wadah, kemungkinan besar beras paling bawah akan menjadi kotor dan mudah dijangkiti kutu.

Jadi, lebih baik beli beras dengan kemasan ekonomis saja. Beli beras secukupnya, simpan jangan terlalu banyak, dan lebih baik langsung digunakan/dimasak dalam jangka waktu dekat.

4. Simpan pada suhu yang pas

Depositphotos

Suhu juga menjadi salah satu faktor berpengaruh dalam cara agar beras tidak kutuan. Suhu terbaik untuk menyimpan beras adalah kurang dari 4 derajat Celcius. Namun, tidak ada salahnya juga menyimpan beras pada suhu ruang asal tetap memperhatikan kebersihannya.

5. Tambahkan daun jeruk

Depositphotos

Salah satu cara agar beras tidak kutuan adalah dengan menambahkan daun jeruk ke dalam wadah. Kutu beras dikenal tidak menyukai bau-bau menyengat. Untuk mendapatkan aroma daun jeruk yang kuat, Sedulur bisa menumpuk sekitar tiga sampai empat lembar daun jeruk purut. Selain untuk mengusir kutu, daun jeruk dapat membuat beras lebih harum ketika dimasak nanti.

6. Simpan bersama daun salam

Depositphotos

Salah satu cara agar beras tidak kutuan adalah dengan menambahkan daun jeruk ke dalam wadah. Kutu beras dikenal tidak menyukai bau-bau menyengat. Maka dari itu, coba untuk simpan daun salam dalam sebuah wadah dan taruh di dalam berasnya. Selain untuk mengusir kutu, daun salam dapat membuat beras lebih harum ketika dimasak nanti. Daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kualitas tepung, roti, bumbu bubuk, dan lain-lain.

BACA JUGA: Cara Membedakan Bumbu Dapur, Dijamin Jadi Paham!

7. Simpan bersama dengan bawang dan cabai

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Salah satu cara agar beras tidak kutuan adalah dengan menambahkan bawang dan cabai ke dalam wadah. Kutu beras dikenal tidak menyukai bau-bau menyengat. Maka dari itu, coba untuk simpan bawang dan cabai dalam sebuah wadah dan taruh di dalam berasnya.

Akan tetapi, pastikan Sedulur tidak menaruh cabai terlalu lama. Cabai yang diletakkan dalam suhu ruang akan lebih cepat kering. Setelah cabai mengering, Sedulur perlu menggantinya dengan cabai baru yang masih segar.

8. Menaruh cengkeh dalam beras

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Ada satu lagi pilihan rempah-rempah yang bisa membantu untuk mengusir kutu beras. Tambahkan satu sendok cengkeh bubuk di sekitar beras. Aroma cengkeh yang sangat kuat ini bisa menangkal kutu, serangga, dan hewan kecil lainnya untuk bersarang di dalam wadah beras.

9. Menjauhkan beras dari bahan makanan lain

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Kutu bisa jadi datang dari mana saja, salah satunya adalah dari bahan makanan lain. Maka dari itu, sebisa mungkin simpan wadah beras secara terpisah agar tidak tertular kutu yang ada di bahan makanan sekitar.

10. Taruh bawang putih di sekitar dapur atau dekat wadah beras

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Masih membahas tentang aroma, kutu memang sangat membenci bau-bauan yang kuat. Bawang putih dapat menjadi senjata ampuh melawan kutu tersebut. Taruh bawang putih di sekitar dapur atau dekat wadah beras agar ia tidak berpindah ke dalam beras.

11. Menutup wadah beras dengan kain lembab

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Selain aroma menyengat, kutu juga tidak menyukai tempat yang lembab. Menutup wadah penyimpanan beras dengan kain yang dibasahi dapat menjadi cara menghilangkan kutu beras dengan ampuh dan alami. Basahi kain, tutup di atas beras selama 30 menit. Cek apakah kutu sudah menempel kepada kain basah tersebut atau belum.

12. Simpan beras di dalam lemari es atau freezer

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suhu terbaik untuk menyimpan beras adalah kurang dari 4 derajat Celcius. Maka dari itu, lemari es atau freezer dapat menjadi tempat yang cocok untuk menaruh wadah beras agar selalu terjaga kualitasnya.

BACA JUGA: 12 Saus Sambal Terbaik, Pedasnya Bikin Ketagihan

13. Menaruh jahe dalam beras

cara agar beras tidak kutuan
Depositphotos

Selain rempah-rempah yang sudah disebutkan tadi, jahe juga bisa menangkal kutu beras yang membandel. Jahe mampu mengeluarkan aroma pekat yang kuat, sehingga kutu akan pergi dengan sendirinya.

Kalau beras sudah terlanjur kutuan, bagaimana cara menghilangkannya?

cara agar beras tidak kutuan
Everypixel

Jangan khawatir apabila beras sudah terlanjur kutuan! Yuk, simak bagaimana cara menghilangkan kutu dari beras berikut ini!

1. Jemur beras di bawah sinar matahari langsung

Beras memang tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam wadah yang terkena matahari langsung. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti beras tidak bisa dijemur untuk menghilangkan kutunya. Jemur beras pada pukul 11.00-14.00 siang, kurang lebih selama 15 menit saja. Kutu pun akan keluar dengan sendirinya dari balik beras.

2. Menyemprotkan cuka murni ke kutu beras

Cuka dinilai cukup efektif dalam cara menghilangkan kutu beras. Sedulur dapat menyemprotkan cuka murni ke kutu beras yang masih hidup untuk membunuhnya.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Sabun Cuci Piring Terbaik Beserta Harganya

3. Menyemprotkan air sabun ke kutu beras

Selain cuka, air sabun juga cukup efektif untuk membunuh kutu, loh Sedulur! Satu gelas air dapat dicampur dengan 8-12 tetes sabun cuci piring. Masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprot ke kutu beras secara langsung.

4. Bilas beras dengan air panas

Terakhir, cara agar beras tidak kutuan yang dapat Sedulur coba adalah dengan menggunakan air panas. Cara ini sendiri ternyata sudah lama diterapkan oleh ibu rumah tangga yang selalu berkutat dengan kutu beras.

Langkahnya cukup sederhana, kok! Yuk, simak poin-poin berikut ini!

  • Masukkan beras ke dalam wadah besar.
  • Siapkan air panas/mendidih.
  • Tuang air panas ke dalam wadah besar yang sudah diisi beras.
  • Biarkan wadah selama beberapa menit, aduk-aduk sedikit hingga kutu keluar dan mengambang di atas air.
  • Sendok atau saring kutu.
  • Ulangi proses di atas tadi selama dua sampai tiga kali, hingga beras benar-benar bersih.

Jika Sedulur merasa cara ini agak terlalu ribet, bisa coba alternatif lain dengan memanggang beras, ya!

Nah Sedulur, di atas merupakan sedikit ulasan mengenai cara agar beras tidak kutuan, mulai dari tips menyimpannya hingga trik menyingkirkan kutu yang sudah ada di dalam beras. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sering berkutat di dapur, ya!

Sebagai ibu rumah tangga, Sedulur pastinya selalu ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga. Termasuk juga beras yang akan dimasak menjadi nasi, tentunya Sedulur akan memilih beras dengan kualitas terbaik agar nasi terasa pulen, nikmat, dengan aroma khas Nusantara.

Nggak perlu bingung cari beras berkualitas untuk keluarga dimana, Sedulur! Di Aplikasi Super, semua kebutuhan sembako sehari-hari sudah pasti terjamin kualitasnya, kok! Mulai dari Beras Buncit, Karya Alam Hijau, Beras Anggur Madu, Beras Cap Lele Lokal, dan masih banyak lagi yang dijamin kualitasnya.

Yuk, langsung dapatkan Aplikasi Super dari Google Play Store dan nikmati kemudahan belanja produk sembako dari rumah! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!