cara melancarkan bab

Kesulitan buang air besar tentu saja dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Kesulitan BAB juga membuat seseorang tidak fokus dan merasa serba tidak enak. Karena hal itulah, banyak orang mencari cara melancarkan BAB maupun cara cepat BAB di pagi hari. 

Sebenarnya, cara untuk membuat BAB menjadi lancar dapat dilakukan dengan alami tanpa mengonsumsi obat-obatan pencahar. Cara ini juga mudah dilakukan oleh siapa saja yang sedang mengalami kesulitan buang air besar atau BAB.

Ingin tahu apa saja cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar buang air besar? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Ampuh

-->

Kondisi susah buang air besar (BAB)

cara melancarkan bab
iStock

Kesulitan buang air besar juga sering disebut dengan sembelit atau konstipasi. Kondisi ini ditandai dengan buang air besar yang tidak lancar, tidak nyaman, lebih jarang, atau terasa sulit dan menyakitkan.

Sembelit dapat terjadi jika kontraksi otot-otot usus besar tidak berjalan dengan lancar. Hal ini karena otot-otot usus besar akan berkontraksi untuk memindahkan feses menuju rektum dan keluar dari tubuh. Jika prosesnya tidak lancar, maka feses dapat mengeras dan terjadi sembelit.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi sembelit. Salah satu cara tercepat adalah menggunakan obat pencahar. Namun, beberapa masyarakat lebih memilih mengatasi sembelit dengan cara yang alami. Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat Sedulur coba.

Cara melancarkan BAB

Jika Sedulur enggan menggunakan obat pencahar, Sedulur bisa memperbaiki pola makan dan gaya hidup untuk mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, Sedulur juga dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Secara rutin minum air putih

cara melancarkan bab
iStock

Sembelit ringan bisa diatasi dengan pola hidup sehat. Sedulur dapat memulainya dengan cara minum air putih sebanyak 2 sampai 4 gelas setiap hari. Tidak hanya itu, sebisa mungkin untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena bisa membuat dehidrasi. 

Dehidrasi dapat menyebabkan kandungan air dalam feses berkurang dan mengakibatkan BAB tidak lancar. Asupan makanan yang mengandung gula seperti sorbitol, mannitol, dan xylitol serta makanan pedas dan berlemak juga perlu dikurangi untuk melancarkan BAB. 

BACA JUGA: Cara Cepat Menambah Tinggi yang Cepat, Alami dan Sehat

2. Konsumsi serat yang cukup

cara melancarkan bab
iStock

Makanan berserat tinggi ada di roti gandum, sereal, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Sedulur juga dapat mengonsumsi suplemen serat jika sembelit terjadi terus menerus. Hal ini karena suplemen sangat efektif untuk mendorong feses di usus besar.

Contoh buah untuk melancarkan BAB yang keras adalah apel, strawberry, raspberry, srikaya, sukun, nangka, mangga, sawo, jeruk, pir, persik, dan buah beri. Sedangkan sayuran yang mengandung serat adalah brokoli, selada, lobak, wortel, labu dan bayam. Sementara jenis kacang yang mengandung serat adalah kacang hitam, kacang merah, dan kacang almond. 

3. Olahraga secara teratur

cara melancarkan bab
iStock

Olahraga secara teratur dapat merangsang kontraksi otot-otot bagian bawah dalam sistem pencernaan. Olahraga dapat membantu membuat usus tetap aktif bergerak sehingga pergerakan makanan di dalam usus besar akan menjadi lebih cepat. 

Ketika makanan lebih cepat melewati usus besar, maka air yang diserap tubuh dari feses akan semakin sedikit. Tekstur feses akan menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Contohnya adalah berlari atau berjalan 20-30 menit beberapa kali dalam seminggu. 

4. Konsumsi biji rami

cara melancarkan bab
iStock

Biji rami merupakan makanan pelancar buang air besar yang berupa biji-bijian. Biji rami biasa dibuat menjadi tepung untuk mengolah makanan serta dibuat menjadi suplemen herbal untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. 

5. Jangan menahan BAB

cara melancarkan bab
iStock

Cara melancarkan BAB selanjutnya adalah dengan mengurangi kebiasaan menahan BAB. Hal ini karena kebiasaan menunda buang air besar dapat menyebabkan usus besar menyerap air lebih banyak dari tinja dan membuat feses menjadi lebih keras dan susah dikeluarkan. 

Feses sebisa mungkin harus dikeluarkan secepatnya. Menghilangkan kebiasaan menahan BAB tidak hanya membuat sistem pencernaan menjadi lancar, tetapi juga mencegah terjadinya sembelit.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan & Cara Konsumsinya

6. Perbanyak makanan probiotik dan prebiotik

cara melancarkan bab
iStock

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang ada dalam makanan yang bisa berkembang biak dalam pencernaan manusia dan berdampak baik untuk pencernaan. Makanan yang mengandung probiotik contohnya adalah keju, yogurt, dan tempe. 

Sementara prebiotik adalah komponen makanan yang memberi manfaat kesehatan. Prebiotik mengandung serat yang bisa meningkatkan frekuensi BAB dan menjadikan feses lebih lembut. Makanan yang mengandung prebiotik contohnya adalah apel, kacang merah, oat, dan pisang.

7. Minyak zaitun

cara melancarkan bab
iStock

Bagi orang dewasa, cara melancarkan BAB selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi 4 ml minyak zaitun per hari. Hal ini karena lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat membantu menghaluskan bagian dalam usus dan memudahkan BAB. 

Minyak zaitun juga bisa membantu membuat tinja menahan lebih banyak air sehingga sangat baik untuk meredakan sembelit. Namun perlu diketahui untuk mengonsumsi dalam batas wajar, jika berlebihan, maka Sedulur dapat mengalami diare dan kram di perut. 

Sementara itu, bayi dan anak-anak yang sembelit tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun. Anak-anak lebih dianjurkan untuk minum jus apel atau jus pir sementara balita dianjurkan untuk makan buah plum, aprikot, dan gandum yang memiliki serat tinggi.

8. Konsumsi kopi

cara melancarkan bab
iStock

Selanjutnya adalah mengonsumsi kopi. Menurut beberapa penelitian, kopi merupakan minuman untuk melancarkan BAB karena mampu membantu melancarkan buang air besar.

Penelitian yang diterbitkan tahun 2006 tersebut menyebutkan bahwa wanita yang meminum kopi tidak mengalami konstipasi. Sementara penelitian tahun 2015 menyebutkan bahwa kopi tanpa kafein bisa melancarkan BAB setelah operasi usus.

9. Kelola stres dengan baik

cara melancarkan bab
iStock

Cara lain yang dapat Sedulur lakukan adalah mengelola stres dengan baik. Tubuh yang sedang stres dapat memicu pergerakan usus yang menjadi lambat sehingga menyebabkan sembelit. Sedulur dapat mencoba beberapa hal untuk mengurangi stres, seperti membaca buku dan menonton film. 

BACA JUGA: 14 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat, Sehat & Aman

10. Konsumsi vitamin

cara melancarkan bab
iStock

Cara terakhir adalah dengan mengonsumsi vitamin. Jenis vitamin C dan vitamin B9 dapat digunakan sebagai cara mengatasi sembelit karena dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat membantu mengobati konstipasi. Hal ini karena ketika tubuh sudah cukup mendapat asupan vitamin C, maka sisa dari vitamin yang tidak terserap akan memberikan efek osmotik pada saluran pencernaan.

Efek osmotik tersebut maksudnya adalah membawa air ke dalam usus sehingga membantu melembutkan feses. Sementara vitamin B9 atau asam folat akan bekerja dengan cara menstimulasi pembentukan asam pada saluran pencernaan sehingga dapat membantu melancarkan BAB.

Selain tips di atas, Sedulur juga dapat melakukan pijat perut sebagai cara agar cepat BAB setelah makan.

Cara memijat perut agar lancar BAB

cara melancarkan bab
iStock

Berikut adalah cara yang dapat Sedulur ikuti.

  • Siapkan minyak untuk membantu pemijatan.
  • Berbaringlah terlentang sambil membuka perut lalu letakkan tangan di bagian bawah perut.
  • Pegang perut sambil fokus bernapas.
  • Hangatkan tangan dengan menggosokkannya ke perut secara bersamaan selama 30 detik lalu balurkan minyak pada perut.
  • Mulai pijat seluruh bagian perut menggunakan telapak tangan dengan gerakan memutar searah jarum jam selama beberapa kali.
  • Pijat bagian tengah perut dengan gerakan membentuk garis yang diawali dari bagian bawah dada menuju tulang kemaluan.
  • Ulangi pijatan sebanyak tiga kali pada sisi kiri dan kanan perut, masing-masing dengan jarak 3 sentimeter.
  • Tekan dengan lembut bagian pusar menggunakan jari lalu tekan dengan lembut lingkar luar pusar dengan gerakan melingkar searah jarum jam.
  • Pijat perut selama 20 menit untuk hasil yang maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan saat memijat perut

cara melancarkan bab
iStock

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memijat perut adalah melakukannya secara bertahap. Mulailah memijat dengan sentuhan yang ringan, lalu tambahkan tekanannya setelah merasa nyaman. 

Jangan memaksa menambahkan tekanan jika Sedulur merasa nyeri atau tidak nyaman. Selain itu, teknik pijat perut sebaiknya juga diiringi dengan teknik pengaturan napas, yakni sambil memijat perut, tarik napas secara perlahan lalu tahan napas selama beberapa detik dan buang melalui mulut.

Pijat perut tidak dianjurkan bagi siapa saja?

cara melancarkan bab
iStock

Meskipun pijat perut dapat dilakukan untuk membantu melancarkan BAB, namun orang-orang dengan kondisi berikut tidak cocok untuk melakukannya. Pijat perut tidak dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami:

  • Kejang usus terkait sindrom iritasi usus besar (IBS),
  • Penyakit peradangan usus (IBD),
  • Cedera tulang belakang,
  • Luka pada perut yang belum genap enam minggu, dan
  • Ibu hamil.

Nah, itulah 10 cara melancarkan BAB yang ampuh secara alami tanpa menggunakan obat. Semoga informasi tersebut dapat membantu Sedulur yang sedang mengalami masalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.