buah kundur

Buah kundur adalah buah yang berpenampilan seperti kombinasi timun dengan labu. Buah kundur nama lainnya adalah buah beligo. Rasa buah kundur sangatlah segar dan nikmat. Buah ini memiliki rasa yang mirip dengan buah mentimun.

Buah kundur dalam islam dipercaya dapat digunakan sebagai ikhtiar untuk menghindari diri dari gangguan makhluk halus maupun sihir. Buah kundur manfaatnya juga sangat banyak bagi kesehatan. Buah ini dapat digunakan untuk menambah energi hingga mencegah terjadinya penyakit diabetes Tipe-2.

Jika ada yang bertanya, buah kundur untuk apa? Maka berikut adalah 10 manfaat buah kundur untuk kesehatan. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Nanas, Buah Bebas Lemak untuk Kesehatan

-->

1. Menambah energi

buah kundur
iStock

Manfaat buah kundur sebagai penambah energi disebabkan karena buah ini mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Riboflavin merupakan satu dari delapan vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Adanya vitamin B2 ini sangat bermanfaat untuk memecah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi. Vitamin B2 juga membantu mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP). Dengan demikian, senyawa ini sangat penting untuk menjaga dan menyimpan energi di otot.

Sebagai informasi, cara mengonsusmsi buah ini tidak jauh berbeda dengan cara mengonsumsi timun maupun labu. Sedulur dapat mengonsumsi buah kundur dengan cara memakan mentah,  merebus, mengukus, atau mengolahnya menjadi sup.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

buah kundur
iStock

Manfaat kedua adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah ini mengandung fosfor sehingga mampu melaksanakan fungsi tersebut. Fosfor merupakan salah satu bentuk mineral yang ada pada setiap sel di dalam tubuh yang berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah keropos.

Selain itu, fosfor juga memiliki manfaat untuk memelihara jaringan sel, memproduksi protein, dan membantu tubuh menyimpan energi. Dengan demikian, apabila tubuh kekurangan asupan fosfor maka akan menyebabkan nyeri tulang, lemah otot, hingga rentan mengalami patah tulang.

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Melindungi sel dalam tubuh

buah kundur
iStock

Buah yang juga disebut sebagai buah beligo ini juga mengandung mineral potasium atau biasa disebut sebagai kalium. Mineral tersebut membantu menjaga agar sel di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. 

Sel yang sehat akan mampu bekerja dengan baik. Sel tersebut akan menjaga otot dan saraf tetap aktif, menjaga keseimbangan detak jantung, dan membuat tubuh mampu mencerna protein dan karbohidrat. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah ataupun sayuran yang kaya akan kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga kadar cairan dalam tubuh

buah kundur
iStock

Manfaat lain dari buah beligo adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh. Hal ini disebabkan kadar air pada buah ini cukup tinggi sehingga tidak hanya membantu meningkatkan sistem pencernaan, namun juga mampu menjaga kadar cairan supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Suhu badan yang stabil, rendahnya terkena infeksi, mampu menyerap nutrisi secara maksimal dan memiliki kualitas tidur yang baik merupakan manfaat yang akan diperoleh apabila tubuh terhidrasi dengan baik. Sebagai tambahan informasi, selain air mineral, kebutuhan 20% cairan tubuh didapatkan dari makanan seperti buah, susu, dan sayuran.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Zuriat untuk Program Kehamilan & Kesuburan

5. Menjaga sistem pencernaan

buah kundur
iStock

Manfaat selanjutnya adalah menjaga sistem pencernaan. Hal ini karena buah kundur memiliki kandungan gizi yang tergolong rendah kalori serta mempunyai kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Serat pada makanan yang juga terdapat pada buah dapat mengoptimalkan sistem pencernaan serta mencegah masalah pencernaan.

Konsumsi rutin buah ini juga dapat mencegah beberapa masalah pencernaan, seperti sembelit, kram, wasir, dan sakit perut. Tidak hanya itu, konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu melancarkan penyerapan nutrisi dari usus.

6. Menjaga kadar kolesterol

buah kundur
iStock

Selain kelima manfaat di atas, buah beligo juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol. Disebutkan bahwa buah ini memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh dan jumlah kalori yang rendah. Dengan begitu, konsumsi buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat tanpa membuat kelebihan kalori sehingga memiliki risiko lebih kecil mengalami kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

7. Mencegah diabetes Tipe-2

buah kundur
iStock

Diabetes tipe-2 merupakan kondisi yang disebabkan oleh dua masalah yang saling terkait, yaitu sel di otot, lemak, dan hati menjadi resisten terhadap insulin. Apabila sel-sel tidak berinteraksi normal dengan insulin, maka sel tersebut tidak akan mengonsumsi gula yang cukup. Pankreas pun tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk mengatur kadar gula darah. 

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa kandungan dalam buah beligo ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, trigliserida, dan insulin. Dengan demikian, konsumsi buah ini dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes Tipe-2.

8. Mengurangi peradangan

buah kundur
iStock

Manfaat selanjutnya dari buah beligo adalah mengurangi peradangan.Sebuah penelitian menggunakan tabung reaksi dan hewan mencatat bahwa ekstrak buah ini dapat mengurangi peradangan. Kondisi tersebut merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh yang berperan dalam proses penyembuhan. 

Perlu diketahui bahwa saat tubuh mendeteksi adanya penyerang, maka tubuh akan meluncurkan respons biologis untuk menghilangkannya. Penyerang tersebut dapat berupa benda asing seperti bahan iritan, duri, maupun patogen seperti virus, bakteri, dan organisme lain yang menyebabkan infeksi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kedondong yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

9. Menurunkan berat badan

buah kundur
iStock

Manfaat lain dari buah kundur adalah mampu menurunkan berat badan. Hal ini dapat terjadi karena tingginya kandungan air dan serat serta rendahnya kandungan kalori sehingga buah ini dapat membantu meningkatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Makanan rendah kalori dan padat air seperti buah beligo dapat membantu menurunkan berat badan karena merupakan sumber serat larut yang baik. Serat ini akan membentuk zat seperti gel di usus yang berfungsi untuk memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Rendahnya kandungan karbohidrat pada buah ini juga cocok digunakan untuk diet rendah karbohidrat. 

10. Bermanfaat bagi ibu hamil

buah kundur
iStock

Manfaat buah kundur untuk promil serta manfaat buah kundur untuk bayi dapat dilihat dari beberapa aspek. Buah beligo merupakan sumber asam folat yang dibutuhkan ketika merencanakan program hamil hingga saat masa kehamilan. Asam folat merupakan zat yang berperan untuk membantu menyuburkan kandungan.

Buah ini juga dapat menambah nutrisi tubuh yang cukup, baik untuk ibu hamil maupun bayinya. Buah kundur memiliki kandungan mineral, vitamin, zat besi, niacin, kalium, piridoksin, magnesium, asam pantotenat dan mangan. Nutrisi tersebut juga berkontribusi dalam persiapan kandungan wanita sebelum hamil.

Buah beligo tersebut juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bermanfaat saat mempersiapkan kehamilan karena dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat buah kundur untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Sedulur yang sedang mencari alternatif pengobatan secara alami dan semoga kita semua diberikan kesehatan untuk dapat beraktivitas dengan baik sehari-hari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.