cara cepat tinggi

Secara umum, pertumbuhan tinggi pada seseorang akan berhenti pada usia remaja. Wanita akan berhenti tumbuh tinggi pada usia 14 sampai 15 tahun, sedangkan pria akan berhenti tumbuh tinggi pada usia 16 tahun. Setelah melewati masa itu, pertumbuhan tinggi badan tidak akan berubah secara drastis sehingga banyak orang yang mencari cara cepat tinggi.

Meskipun begitu, beberapa cara alami dapat digunakan untuk menambah tinggi seseorang kecuali cara menjadi tinggi dalam 5 menit. Sedulur dapat melakukan cara cepat tinggi dalam 1 minggu, yakni dengan melakukan peregangan secara rutin. Beberapa cara alami lainnya juga patut dicoba, walaupun hasilnya tidak terlalu signifikan, namun cara ini bisa dijadikan pilihan.

Nah, apa saja cara alami untuk menambah tinggi badan yang cepat dan sehat? Simak penjelasan berikut ini, ya!

BACA JUGA: Cara Membuat Spotify Pie Chart yang Saat Ini Lagi Trend

-->

1. Konsumsi makanan bergizi

cara cepat tinggi
iStock

Konsumsi makanan bergizi dapat menjadi cara cepat tinggi badan usia 13 tahun maupun cara cepat tinggi badan usia 14 tahun. Hal ini karena selama masa pertumbuhan, anak sangat membutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang bergizi untuk bisa tumbuh maksimal. Bahkan, pada usia yang lebih kecil lagi, asupan nutrisi yang tercukupi akan berperan dalam pencegahan stunting. 

Asupan nutrisi dapat berasal dari sayuran, buah-buahan, ikan, telur, tahu, tempe, biji-bijian, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt. Konsumsi makanan bergizi tersebut dapat menunjang pertumbuhan tinggi badan sekaligus menjaga kepadatan tulang karena kaya akan kalsium, protein, dan vitamin D.

Namun, perlu diingat bahwa cara menambah tinggi dengan mengonsumsi makanan bergizi biasanya hanya efektif pada usia anak-anak hingga remaja. Sementara bagi orang dewasa, cara yang terbukti paling efektif adalah dengan melakukan operasi.

2. Istirahat yang cukup

cara cepat tinggi
iStock

Berbagai masalah kesehatan dapat muncul akibat tubuh kekurangan waktu istirahat. Pada anak-anak dan remaja, kurang tidur dapat menyebabkan tumbuh kembang menjadi terganggu. Hal ini karena proses pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan asupan energi yang tinggi.  

Jumlah waktu tidur ideal juga dibedakan berdasarkan usia. Bayi 0–3 bulan membutuhkan waktu 14–17 jam untuk tidur, sementara bayi 3–11 bulan membutuhkan waktu 12–17 jam. Selanjutnya balita 1–2 tahun membutuhkan waktu 11–14 jam untuk tidur, sedangkan balita 3–5 tahun membutuhkan waktu 10–13 jam.

Sementara itu, anak usia 6–13 tahun membutuhkan waktu 9–11 jam dan remaja 14–17 tahun membutuhkan 8–10 jam untuk tidur. Sementara orang dewasa 18–64 tahun membutuhkan waktu 7–9 jam.

Selain memperhatikan waktu tidur, Sedulur juga harus tidur dengan posisi yang benar. Hal ini karena posisi tidur yang salah dapat menyebabkan tulang menjadi melengkung dan postur tubuh menjadi bungkuk. Posisi tidur agar cepat tinggi dapat dilakukan dengan tidur tanpa memeluk guling serta tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

BACA JUGA: 3 Cara Menghitung Persentase Kenaikan Beserta Contohnya

3. Perbaiki postur

cara cepat tinggi
iStock

Memperbaiki postur menjadi salah satu cara menambah tinggi secara alami. Semakin bertambahnya usia, maka postur tubuh akan semakin terlihat lebih pendek. Hal ini dapat terjadi karena kebiasaan duduk, berdiri, dan tidur yang tidak benar. Dengan memperbaiki postur, tubuh akan kembali tegak dan terlihat lebih tinggi serta proporsional.

Memperbaiki postur dapat dilakukan dengan cara melakukan beberapa gerakan yoga, seperti mountain pose, cobra pose, dan child’s pose. Postur tubuh yang kembali baik tidak hanya untuk menambah tinggi saja, hal ini juga baik untuk mencegah sakit kepala dan sakit punggung.

4. Yoga

cara cepat tinggi
iStock

Telah disebutkan bahwa cara menambah tinggi berikutnya adalah melakukan yoga. Yoga merupakan olahraga olah tubuh yang dapat dilakukan di rumah masing-masing untuk menambah tinggi. Rutin melakukan yoga dapat menguatkan otot, meluruskan, dan membantu postur tubuh untuk terlihat lebih tegak dan tinggi.

BACA JUGA: Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi & Online

5. Peregangan

cara cepat tinggi
iStock

Cara cepat tinggi badan usia 14 tahun dan cara cepat tinggi badan usia 15 tahun dapat dilakukan dengan melakukan peregangan secara rutin. Salah satu gerakan yang dapat dilakukan adalah leg stretch, yakni gerakan yang dilakukan sambil duduk dengan meluruskan kedua kaki ke depan dan mencoba menjangkau atau menyentuhnya ujung jari dengan tangan. Setelah berhasil, tahan posisi selama sekitar 10 detik dan ulangi sebanyak lima kali.

6. Olahraga renang

cara cepat tinggi
iStock

Selanjutnya adalah olahraga renang yang banyak digunakan sebagai cara cepat tinggi badan usia 16 tahun. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena ketika seseorang berenang, semua otot-otot tubuhnya akan bergerak sehingga mendorong pertambahan tinggi badan. Nah, jika Sedulur ingin mencobanya, pastikan bahwa Sedulur melakukannya secara rutin.

BACA JUGA: 5 Cara Memulihkan Lupa Kata Sandi FB Mudah & Cepat

7. Bersepeda

cara cepat tinggi
iStock

Olahraga lain selain renang adalah bersepeda. Saat seseorang bersepeda, tulang akan tertarik untuk terus tumbuh. Apalagi saat kursi sepeda diatur lebih tinggi dan hanya jari kaki yang bersentuhan dengan pedal, maka tulang akan semakin tertarik dan membuat seseorang cepat tinggi. 

8. Lompat tali

cara cepat tinggi
iStock

Olahraga lain yang dapat digunakan untuk menambah tinggi adalah lompat tali. Sedulur dapat melakukan olahraga ini sendiri atau bersama-sama. Olahraga ini dipercaya dapat menstimulasi otot kaki sehingga dapat tumbuh lebih tinggi lagi. Sedulur dapat mencoba olahraga lompat tali ini selama 15 menit setiap hari. 

BACA JUGA: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop & PC, Mudah dan Praktis

9. Kuatkan otot tubuh

cara cepat tinggi
iStock

Selanjutnya adalah menguatkan otot tubuh dengan melakukan beberapa olahraga dan aktivitas fisik, seperti push up, basket, plank, dan crunch. Hal ini karena otot tubuh yang kuat akan membantu memelihara postur tubuh menjadi tegap dan terlihat lebih tinggi. Olahraga dan aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin sangat baik untuk memperkuat jaringan dan otot tulang, mempertahankan berat badan ideal, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. 

10. Hentikan kebiasaan tidak sehat

cara cepat tinggi
iStock

Cara terakhir untuk menambah tinggi dengan alami adalah menghentikan kebiasaan yang tidak sehat yang dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan. Kebiasaan tersebut dapat berupa konsumsi junk food berlebihan, merokok, dan mengonsumsi kafein bahkan alkohol.  Pola hidup sehat harus segera diterapkan jika ingin tinggi badan semakin bertambah.  

Demikian informasi mengenai cara cepat menambah tinggi yang alami dan sehat. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan bisa diterapkan kepada siapapun yang membutuhkan saran menambah tinggi badan secara alami. Hindari konsumsi suplemen ataupun obat-obatan untuk menambah tinggi karena belum tentu cocok dengan tubuh.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.