Punya kondisi badan berlebih seperti obesitas memang membuat rasa percaya diri seseorang bisa terganggu. Tak hanya itu, punya berat badan berlebih juga rentan terhadap penyakit dan sulit untuk melakukan aktivitas. Sedulu perlu tahu cara menurunkan berat badan yang sesuai dan menggunakan cara-cara alami.

Ada langkah paling mudah dalam cara menurunkan berat badan seperti melakukan olahraga secara rutin. Kemudian diimbangi dengan mengonsumsi makanan berserat, mengurangi asupan lemak, karbohidrat seperti nasi, kentang, dan gandum. Penasaran seperti apa lengkapnya cara menurunkan berat badan secara alami dan bisa kamu lakukan di rumah? Yuk simak artikel di bawah ini, Sedulur.

BACA JUGA: Cara Takar Jumlah Kalori Nasi Putih untuk Menjaga Berat Badan

1. Mengukur indeks massa tubuh

cara menurunkan berat badan
Ydhartono

Langkah pertama cara menurunkan berat badan di rumah adalah dengan menghitung indeks masa tubuh atau bisa dinamakan dengan BMI. Indeks masa tubuh ini biasa dipakai apakah Sedulur mempunyai kekurangan, kelebihan atau bahkan sedang berada pada kondisi berat badan ideal. Dengan Sedulur melakukan perhitugan indeks masa tubuh, maka bisa diketahui berapa banyak berat badan Sedulur yang perlu diturunkan.

Kemudian jika Sedulur sudah mengetahui berapa indeks massa tubuh Sedulur, selanjutnya adalah melakukan perancangan terhadap pola makan dan apa saja aktivitas yang perlu dalam mengurangi berat badan berlebih.

2. Tidak telat sarapan

cara menurunkan berat badan
Detik

Banyak orang terburu-buru melakukan aktivitas di pagi hari dan telat melakukan sarapan. Namun ternyata hal ini bisa berdampak sangat buruk untuk kesehatan tubuh seperti kenaikan berat badan berlebih. Cara menurunkan berat badan secara alami, maka Sedulur tidak boleh melewatkan waktu sarapan.

Untuk mendapatkan kondisi tubuh ideal pastikan Sedulur mengonsumsi menu sarapan dengan gizi seimbang. Sehingga bisa memberikan energi bagi tubuh untuk melewati aktivitas sehari-hari.

3. Kurangi porsi makan

cara menurunkan berat badan
Line Today

Berikutnya ada lagi cara menurunkan berat badan 3 kg dalam 1 hari tentunya dengan cara mengurangi porsi makan. Jika sebelumnya Sedulur makan lima atau enam kali dalam sehari, maka mulai usahakan untuk mengurangi porsi makan Sedulur menjadi 3 kali dalam sehari. Dengan porsi makan seimbang mampu membantu tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan pastinya dapat mencegah kenaikan berat badan.

Tak hanya mengurangi porsi makan, Sedulur juga wajib mengurangi konsumsi gula guna menghindari masalah kadar glukosa naik secara drastis. Bila perlu Sedulur juga bisa melakukan sesekali puasa atau biasa dinamakan dengan intermittent fasting supaya bisa mengurangi berat badan.

4. Banyak konsumsi buah dan sayur

cara menurunkan berat badan
Halodoc

Selain mengurangi porsi makan, cara menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 minggu bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Hanya saja Sedulur juga perlu mengkombinasikan dengan menu gizi seimbang supaya berat badan bisa turun secara ideal.

Konsumsi buah dan sayur juga menekan risiko penyakit kronis yang bisa saja menyerang area tubuh. Diketahui bahwa buah dan sayuran memiliki kandungan air dan serat yang dapat menambah volume pada menu Sedulur. Jika Sedulur belum terbiasa mengonsumsi buah dan sayur, maka bisa memasukkan keduanya dalam menu sarapan ataupun camilan.

BACA JUGA: 18 Makanan Berkalori Tinggi Penambah Berat Badan & Aturannya

5. Berolahraga

cara menurunkan berat badan
Halodoc

Cara menurunkan berat badan 10 kg selanjutnya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga adalah aktivitas paling murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Seperti dengan joging, berenang, senam, atau bahkan bersepeda. Diketahui dengan rutin berolahraga maka bisa membakar kalori dalam tubuh. Sehingga impian mendapatkan berat badan ideal bukan mimpi belaka.

Selain bisa membakar lemak dan kalori, rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan otot, mempercepat metabolisme, dan pastinya dapat memudahkan berat badan turun secara bertahap.

6. Rutin minum air putih

cara menurunkan berat badan
Klikdokter

Selain melakukan olahraga ringan, sedang, hingga berat, ada cara menurunkan berat badan dengan cepat tanpa olahraga yaitu dengan rutin minum air putih. Konsumsi air putih diketahui bisa menurunkan berat badan ideal. Sebab tubuh manusia umumnya tersusun dari 60 persen air.

Adapun manfaat mengonsumsi air putih pertama adalah dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, memudahkan tubuh bergerak, membantu dalam mengurangi asupan kalori cair, meningkatkan motivasi kerja, hingga bisa mengurangi stres yang berkepanjangan.

7. Konsumsi makanan berserat

Doktersehat

Jika selama ini Sedulur kerap mengonsumsi makanan berlemak, maka mulai sekarang kurangi konsumsi makanan tersebut. Sebab, cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu ternyata bisa dilakukan dengan cara rutin mengonsumsi makanan berserat. Makanan kaya serat dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Kemudian salah satu serat paling mudah larut dinamakan serat larut. Serat ini bisa membentuk gel saat berkontak dengan air.

Ada beberapa sumber makanan yang termasuk serat larut. Di antaranya adalah sereal gandum, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan hingga biji rami. Dengan mengonsumsi makanan berserat, maka bukan hal mustahil lagi untuk Sedulur mendapatkan berat badan ideal.

BACA JUGA: Cara Akurat Menghitung Berat Badan Ideal dan Menjaganya

8. Makan sampai tidak merasa lapar

Halodoc

Mungkin sebagian Sedulur masih bingung mengenai penjelasan ini. Namun sebenarnya, ini merupakan cara menurunkan berat badan di rumah yang bisa Sedulur coba. Usahakan untuk makan sampai Sedulur tidak merasa lapar.

Maka dari itu, cobalah mulai mendengar rasa lapar yang dialami dan makan ketika lapar. Tidak hanya itu, Sedulur pun bisa mencoba cara lain yang lebih praktis dengan sarapan dengan porsi besar kemudian saat makan malam untuk kurangi porsinya menjadi sedikit. Proses diet sehat ini,  bisa Sedulur sesuaikan seiring berjalannya waktu.

9. Tidur cukup

Klikdokter

Banyak mitos menjelaskan jika kurang tidur bisa meningkatkan berat badan. Sebenarnya mitos ini ada benarnya sebab kurang tidur dapat menyebabkan laju metabolisme dalam tubuh menjadi sangat buruk. Dalam penjelasan lebih lengkapnya, kebiasaan kurang tidur sebenarnya bisa mengurangi produksi hormon leptin. Dimana hormon ini berguna dalam menekan nafsu makan dan mendorong tubuh untuk selalu mengeluarkan energi.

Kemudian hormon ghrelin dapat memunculkan rasa lapar untuk bertambah terus-menerus sehingga berdampak pada meningkatnya berat badan. Maka dari itu cara menurunkan berat badan secara alami, maka Sedulur bisa melakukan tidur dengan porsi cukup. Dengan tidur yang cukup, badan akan kembali fresh dan pastinya terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

10. Hindari makan saat stres

Detik

Jangan sampai stress dibawa saat makan ya Sedulur, sebab boleh jadi kebiasaan ini justru membuat berat badan menjadi tak wajar. Fenomena makan saat stress atau biasa dinamakan dengan emotional eating kerap terjadi pada orang-orang yang merasa frustasi karena mungkin program diet tak kunjung membuahkan hasil.    

Mengelola stres merupakan cara menurunkan berat badan secara alami. Sehingga dengan Sedulur sukses mengelola stres, maka bisa membantu Sedulur dalam menyesuaikan diri terhadap program diet yang mungkin sedang Sedulur jalani. Bila Sedulur kesulitan dalam mengelola stres, maka bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi atau bahkan ahli diet.

11. Menikmati proses

Liputan6

Mempunyai berat badan berlebih memang membuat siapapun merasa khawatir akan kesehatannya. Bahkan tak jarang mempunyai berat badan tak ideal bisa mengacaukan suasana hati. Sebagai solusinya, banyak orang melakukan beragam cara menurunkan berat badan supaya mendapat badan ideal. Namun nyatanya melakukan aktivitas menurunkan berat badan, tidak semudah yang dibayangkan.

Cara menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 minggu memang terkesan tidak mudah. Ada banyak rintangan atau hadangan untuk mewujudkan tubuh ideal. Sehingga menurunkan berat badan harus benar-benar menikmati prosesnya.

12. Ubah mindset

Viva

Tak hanya selalu tentang pola makan dan pola tidur yang selalu disorot mengenai cara menurunkan berat badan. Sebab, mindset kita ternyata sangat berpengaruh dengan kondisi berat badan kita Sedulur. Pastikan Sedulur mempunyai cara pandang atau mindset, lebih jauh daripada diet hanya untuk membuat badan kurus saja. Mulailah untuk Sedulur mengatur mindset untuk bisa hidup sehat. Selain itu jadikan kesehatan adalah investasi jangka panjang.

Dengan komiten Sedulur seperti itu, maka Sedulur bisa menerapkan pola hidup sehat sepanjang hari dan sepanjang waktu. Sebab, mindset sangat berpengaruh sekali dalam upaya menurunkan berat badan supaya ideal.

13. Aktif bergerak

Anlene

Selanjutnya cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari bisa dengan rutin bergerak. Dengan mengajak anggota tubuh bergerak, maka tubuh akan mengeluarkan banyak kalori. Sehingga berbeda halnya dengan Sedulur hanya berdiam diri dan memilih tak banyak melakukan aktivitas. Langkah mudah untuk mulai membiasakan bergerak adalah dengan, mengurangi kegiatan penggunaan sepeda motor jika tempat yang akan dituju tidak terlalu jauh.

Lebih baik berjalan kaki untuk menyehatkan badan sekaligus mengajak tubuh untuk senantiasa bergerak dan menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit kronis ya Sedulur.

14. Kurangi junkfood

Liputan6

Bukan lagi mitos jika makan junkfood ternyata membuat berat badan menjadi melonjak drastis. Makan-makanan junkfood kaya akan lemak, gula, hingga garam. Sehingga jika Sedulur kerap mengonsumsi makanan ini, maka bukan hal yang tidak mungkin buat Sedulur dapat mengalami masalah kronis khususnya kesehatan. Jadi cara menurunkan berat badan 10  kg dalam 2 minggu bisa dengan mengurangi mengonsumsi junkfood.

Tidak hanya mengurangi junkfood, Sedulur pun juga harus mengimbangi dengan mengonsumsi makanan berserat dan rutin melakukan olahraga. Sehingga impian mendapatkan berat badan ideal bukan lagi mimpi.

Mendapatkan berat badan ideal memang membutuhkan kesabaran dan proses yang tidak sebentar. Banyak cobaan dan tantangan yang harus dihadapi untuk mewujudkan itu semua. Semoga ulasan di atas dapat membantu Sedulur dalam upaya mendapatkan berat badan ideal.  

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.