Biaya pembuatan kamar mandi rumah

Saat Sedulur merenovasi bagian rumah, tentu hal pertama yang diperhatikan adalah estimasi biaya yang dibutuhkan. Apalagi jika Sedulur merenovasi kamar mandi, agar bisa nyaman, tentu biaya pembuatan kamar mandi harus dihitung dengan baik.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama gambaran biaya pembuatan kamar mandi yang bisa Sedulur jadikan patokan agar dapat merenovasi kamar mandi sesuai kebutuhan dan perkiraan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Inspirasi & Tips Bikin Model Atap Dapur Paling Praktis, Bebas Sumpek!

Kebutuhan kamar mandi

biaya pembuatan kamar mandi
iStock

Saat akan merenovasi kamar mandi, beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui adalah kebutuhan kamar mandi itu sendiri. Sebelum Sedulur menghitung biaya membuat kamar mandi sederhana, Sedulur perlu menentukan kamar mandi ukuran berapa yang akan Sedulur buat.

Karena, biaya membuat kamar mandi ukuran 2×2 atau biaya membuat kamar mandi ukuran 1×1 akan berbeda dengan biaya buat kamar mandi 1.5×1.5. Proses pembuatan kamar mandi serhana tidak oleh asal-asalan, sehingga Sedulur perlu membuat perincian dengan seksama.

Jadi, perlu ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebelum melakukan proses pembangunan, salah satunya dari bahan material yang hendak digunakan.

Jenis material kamar mandi budget 2 juta

biaya pembuatan kamar mandi
iStock

Nah, bagi Sedulur yang mempertimbangkan budget saat renovasi kamar mandi, tentu biaya pembuatan kamar mandi akan disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dalam hal ini, misalkan Sedulur memiliki budget sekitar 2 juta. Tentu jenis material kamar mandi perlu Sedulur pertimbangkan.

Berikut ini adalah rekomendasi pilihan jenis material serta perabot kamar mandi sederhana yang bisa jadi pertimbangan Sedulur, antara lain yaitu:

1. Keramik dinding dan lantai

Sedulur dapat memilih keramik yang sesuai selera dan konsep rumah, tujuannya agar kamar mandi dengan keseluruhan bagian rumah memiliki desain yang selaras dan dapat membuat Sedulur lebih nyaman lagi berada di rumah.

Ada baiknya, pilih keramik lantai yang tidak licin untuk meminimalisir kemungkinan terpeleset. Selain itu, keramik lantai dan dinding yang tidak licin juga akan lebih tahan lama dan tidak harus begitu sering dibersihkan secara rutin.

2. Kloset jongkok

Harga kloset jongkok lebih murah daripada Sedulur membeli kloset duduk, harganya pun bisa beda dua hingga tiga kali lipat. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan penggunaan kloset yang akan Sedulur gunakan di kamar mandi. Namun jika Sedulur akan menggunakan kloset duduk, maka Sedulur perlu menyiapkan anggarannya terlebih dahulu.

3. Shower

Meskipun membuat kamar mandi sederhana, namun penggunaan shower ini bisa menjadi pilihan tepat. Karena, shower tidak terlalu memakan tempat seperti bak mandi atau kolam renang mandi, serta dapat menghemat penggunaan air.

Penggunaan shower juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasi ruangan kamar mandi yang terbatas. Cocok bagi Sedulur yang memiliki rumah minimalis.

4. Perabotan lainnya

Sedulur dapat memilih rak untuk meletakkan perlengkapan mandi minimalis dengan harga terjangkau. Hal ini untuk membuat kamar mandi lebih rapi. Jadi, untuk meminimaliasi budget dan biaya membuat kamar mandi sederhana dapat terlaksana, baiknya gunakan kloset jongkok saja. Hal tersebut juga sangat sesuai dengan budget yang dimiliki hanya 2 juta.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Rumah Batu Alam Berbagai Gaya, Pasti Suka!

Desain kamar mandi sederhana

iStock

Sedulur juga sangat penting untuk mempertimbangkan desain kamar mandi yang digunakan, tentu saja desain yang dipilih akan sangat mempengaruhi biaya pembuatan kamar mandi itu sendiri. Meski ukurannya kecil, desain kamar mandi sederhana tersebut terlihat unik dan tidak biasa.

Pasalnya, kamar mandi ini memiliki bak air unik berwarna hijau toska yang berpadu dengan gayung batok kelapa yang menjadi daya tarik kamar mandi. Keunikan lainnya adalah hadirnya batu putih sebagai penghias sekaligus penyerap air di lantai kamar mandi.

Selain itu, tampak sejumlah tanaman hias seperti pohon palem dan English ivy yang membuat suasana terasa lebih alami. Area bersih-bersih ini pun terlihat sederhana dengan kloset jongkok minimalis. Desain kamar mandi ini juga memadukan unsur modern dan tradisional. Selain keran air, tersedia juga shower set berwarna hitam yang terlihat modern.

Sementara untuk area penyimpanan, kamar mandi ini memiliki area khusus yang dirancang built-in di bagian dalam dindingnya. Untuk desain ventilasi kamar mandi, sang pemilik memilih menggunakan jenis dinding roster semen yang berbentuk memanjang.

Biaya pembuatan kamar mandi

iStock

Nah kali ini kita masuk ke pembahasan utama terkait biaya pembuatan kamar mandi bagi Sedulur yang akan merenovasi kamar mandi. Untuk ukuran kamar mandi 2×2 m, kurang lebih biaya yang bisa jadi patokan Sedulur adalah sebagai berikut:

  • Tukang bangunan 7 hari x Rp150.000: Rp1.050.000
  • Keramik lantai: Rp180.000
  • Keramik dinding: Rp200.000
  • Semen: Rp7 sak @53.000: Rp371.000
  • Pasir: Rp180.000
  • Kloset jongkok: Rp300.000
  • Cat: Rp120.000
  • Rak: Rp150.000
  • Shower: Rp200.000
  • Total Rp2.751.000

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

Tips yang perlu diperhatikan

Bukan hanya biaya pembuatan kamar mandi saja yang perlu diperhatikan, namun juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips. Tips ini bisa jadi informasi yang sangat penting bagi Sedulur saat akan merenovasi kamar mandi.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat kamar mandi yang tidak kalah pentingnya dengan biaya pembuatan kamar mandi itu sendiri, yaitu:

  • Harga bahan dan upah tukang tiap daerah bisa berbeda-beda sehingga harus disiapkan dengan matang.
  • Ada beberapa item yang tidak tertulis seperti pasir, alasannya karena sang pemilik memilikinya sehingga bisa menekan bujet.
  • Ada beberapa barang yang didapatkan dengan harga murah, karena membelinya dari teman, salah satunya batu putih. Ini bisa kamu tiru jika punya koneksi teman yang menjual bahan bangunan.
  • Budget overview di atas adalah gambaran kasar, untuk itu buatlah RAB kamar mandi secara rinci.
  • Biaya tersebut belum termasuk makan, rokok, dan snack tukang bangunan yang membuatnya maka siapkan biaya yang tak terduga ke dalam rincian biaya kamar mandi.
  • Hal yang terpenting, rencanakan baik-baik sebelum melakukan renovasi. Ada baiknya memiliki dana cadangan dari rencana awal untuk mengantisipasi kebutuhan yang tak terduga.

Nah itulah penjelasan terkait rincian biaya pembuatan kamar mandi yang bisa jadi inspirasi dan patokan Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama agar dapat memiliki kamar mandi yang cantik, bersih dan sesuai dengan keinginan Sedulur.