model atap dapur

Salah satu desain dapur yang banyak digemari belakangan ini adalah open kitchen atau dapur terbuka. Dengan desain seperti ini, dapur akan memiliki penampilan yang lebih minimalis dan tidak sumpek karena memiliki penyinaran alami. Namun, menentukan dapur terbuka ini tidak boleh sembaranga, Sedulur harus mengetahui cara dan tips pemilihan model atap dapur agar efektif dan maksimal.

Dengan berkembangnya zaman dan inovasi dalam dunia arsitektur, terdapat banyak sekali model atap dapur yang dapat Sedulur pilih. Tentunya harus dengan mindset pengembangan dapur agar menjadi lebih nyaman saat digunakan untuk memasak. Nah, berikut inspirasi model atap dapur yang dapat Sedulur jadikan referensi!

BACA JUGA: 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

1. Atap Polikarbonat Transparan

model atap dapur
Dekoruma

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dapur dengan desain terbuka masih menjadi piliha favorit. Sedulur dapat menggunakan model atap polikarbonat transparan agar dapur terlihat lebih terang. Sifatnya yang transparan akan menyalurkan 90% cahaya matahari sehingga akan membuat dapur jadi hangat dan juga terang. Atap ini umumnya memiliki bentuk lembaran, sehingga Sedulur dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan ukuran dapur. Model atap dapur ini sangat cocok untuk dikombinasikan dnegan kitchen set berwarna abu-abu. 

-->

2. Atap Alderon Anti-UV

HelloShabby

Dapur dengan nuansa monokrom akan membuat kesan yang lebih tegas saat dikombinasikan dengan atap alderon. Atap ini terbuat dari material UPVC yang kuat dan tahan lama. Atap alderon juga termasuk hemat energi dan dilengkapi perlindungan sinar UV, yang akan membuat ruangan menjadi tidak mudah panas meski terkena sinar matahari. Atap alderon juga tidak terlalu bising saat hujan datang, sehingga tidak mengganggu kenyamanan di rumah. Untuk harganya, atap alderon dibanderol dari harga Rp 55.000 – 479.000, tergantung dari kualitas dan ketebalan atap.

3. Skylight

Grid.id

Rekomendasi model atap dapur yang selanjutnya adalag Skylight. Skylight merupakan sebutan untuk jendela kaca yang berada di bagian atap suatu ruangan. Jendela ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti dapat dipasang mati atau dapat dibuka untuk sirkulasi udara. Kelebihan dari desain ini ada pada kemampuannya dalam membuat ruangan menjadi lebih cerah dan segar.

4. Atap Rangka Kayu

model atap dapur
99.co

Sekarang ini sudah banyak pilihan jenis rangka, seperti besi, baja, dan kayu. Rangka kayu dapat dipilih untuk mendapatkan kesatuan desain dengan dapur dengan sentuhan nuansa kayu. Kehadiran kayu akan memberikan kesan hangat dan alami di dalam ruangan terbuka. Tak hanya itu, Sedulur  juga bisa menyesuaikan ukuran rangkanya dengan kebutuhan.

5. Atap Asbes dan Polikarbonat

Bildeco

Jika Sedulur berniat merenovasi dapur namun keterbatasan baiaya, Sedulur dapat mendesain atap kombinasi asbes dengan polikarbonat. Dengan menggunakan kombinasi ini dijamin biaya renovasi tidak akan membengkak karena atap asbes harganya cukup terjangkau. Di area memasak sendiri dapat dipasangi lembaran atap polikarbonat yang ukurannya sekitar 1 x 1.5 meter. Atap polikarbonat ini berfungsi untuk memancarkan cahaya alami saat di siang hari, jadi Sedulur tak perlu menghidupkan lampu. Cukup praktis dan hemat, bukan?

6. Atap Polikarbonat Bening 

model atap dapur
Kumparan

Atap polikarbonat memang masih menjadi pilihan atap dapur terbuka. Dari segi harga atap transparan ini terbilang masih cukup terjangkau. Atap ini pun memiliki model yang sangat beragam. Selain permukaan bergelombang, atap polikarbonat hadir dengan permukaan datar dan bening. memiliki teksturnya halus dan juga intensitas cahaya maksimal yang berfungsi untuk menerangi dapur menjadi salah satu faktor atap ini menjadi favorit banyak orang. 

BACA JUGA : Cara Menjaga Baju Putih Agar Tak Menguning, Ampuh!

7. Atap Fiber Transparan 

Atap fiber terbuat dari serat plastik (fiber) yang sangat kuat. Atap ini sangat cocok digunakan untuk desain dapur outdoor yang menyatu dengan ruang bersantai lainnya, seperti ruang keluarga. Meski terbuat dari serat plastik, atap transparan ini mampu bertahan terhadap perubahan cuaca, meredam sinar UV dan awet. Harganya juga cukup terjangkau, dimulai dari harga Rp 55.000 –  Rp 500.00 per lembarnya terganrung dai model fibernya. 

8. Atap Galvalum

99.co

Galvalum merupakan jenis atap yang terbuat dari baja ringan yang dilapisi dengan seng, aluminium dan silikon. Material ini cocok digunakan untuk atap dapur minimalis dengan konsep terbuka. Pasalnya, meskipun mempunyai ketahanan yang kuat, bahan atap ini cukup ringan dan tipis sehingga memudahkan dalam proses pemasangan dan tidak membuat dapur terasa panas. 

9. Atap Kaca

Pinterest

Insiprasi atap dapur yang selanjutnya yang dapat dipilih untuk atap dapur terbuka adalah kaca. Kaca memiliki ketebalan dan kualitas yang baik, tidak mudah retak, dan mampu menambah nilai estetis pada hunian. Material ini sangat cocok digunakan di wilayah tropis seperti di Indonesia. Suasana di ruangan dapur terbuka pun akan makin nyaman dengan penggunaan atap kaca.

BACA JUGA: 7 Benda Ini Bisa Jadi Pengganti Setrika Disaat Genting!

10. Atap Transparan

Grand Mile

Atap transparan merupakan atap yang memiliki tampilan bening sehingga sinar matahari dapat memasuki ruangan. Ada berbagai macam varias material atap transparan yang bisa dipilih, di antaranya sebagai berikut. 

  • Polikarbonat inovasi terbaru dengan easy locking system (EZ-Lock)
  • Twinlite
  • Solar tuff
  • Slsynite
  • Lasercool
  • Alderon

11. Solar Tuff

99.co

Solar tuff merupakan jenis atap berbahan polikarbonat  berbentuk gelombang. Atap jenis ini memiliki desain yang elegan dan ketahanan yang kuat seperti kaca. Atap ini memiliki warna bening dan mampu meredam panas tanpa mengurangi cahaya yang masuk. Cocok menjadi salah satu pilihan untuk digunakan di dapur dengan konsep terbuka.

12. Atap Kombinasi

model atap dapur
sisiruang

Inspirasi atap dapur yang berikutnya adalah atap kombinasi yang terdiri dari rangka besi dengan atap bening. Rangka atap di dapur akan membuat atap lebih kuat dan juga kokoh. Jenis atap yang dapat digunakan pun beragam, sehingga Sedulur bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan.

BACA JUGA : Cara Ampuh Mengembalikan Warna Pakaian Yang Memudar

Tips Dapur Minimalis

model atap dapur
iStock

Berikut tips dapur minimalis yang dapat Sedulur praktikkan. 

1. Dapur menyatu dengan teras belakang

Dapur minimalis terbuka berukuran kecil dapat didesainterhubung dengan taman minimalis belakang rumah. Meski dapur ini memang terlihat sederhana, namun justru akan terlihat menarik dengan kehadiran taman dan halaman.

2. Memasang pintu geser kaca

Untuk menyiasati dapur dengan konsep terbuka minimalis, Sedulur dapat memasang pintu geser kaca dan memiliki jendela kaca berukuran besar.

3. Memasang tirai bambu

Jika memiliki desain dapur terbuka, Sedulur dapat memasang tirai bambu sebagai pemisah antara dapur dengan taman belakang.

4. Dapur konsep terbuka

Konsep dapur minimalis terbuka ini sangat cocok jika Sedulur memiliki taman minimalis di belakang rumah. Sedulur dapat merancang dapur bersih untuk menyiapkan makanan ringan ketimbang mempunyai dapur kotor.

5. Desain modern

Desain dapur modern memberikan gambaran untuk membangun atau merenovasi dapur yang terletak di belakang rumah dengan konsep atap dapur transparan.  Selain dapat digunakan sebagai tempat untuk memasak, konsep dari desain model atap dapur transparan ini juga dapat digunakan sebagai tempat laundry atau mencuci pakaian lho. Multifungsi bukan? 

6. Dapur dengan desain melubangi atap

Desain atap dapur modern yang dapat Sedulur jadikan referensi agar tidak sumpek adalah dengan melubangi atap di bagian atas dapur. Hal tersebut dilakukan untuk memasukan cahaya matahari. Sedulur hanya perlu membuat 2 lubang di bagian atap dapur dan meletakan kaca buram sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu silau.

7. Penempatan cahaya yang tepat

Salah satu kunci supaya tampilan dapur minimalis terlihat lebih luas dan tidak sumpek yaitu dengan menempatkan pencahayaan yang tepat. Dapur dengan jendela besar menghadap keluar akan memiliki pencahayaan yang bagus. Jangan lupa juga untuk meletakkan wastafel atau kompor tepat di bawah jendela supaya bisa mendapatkan pencahayaan yang tepat.

Jika dapur tidak ada jendela, maka pastikan Sedulur memasang beberapa lampu sebagai pencahayaan. Lampu dapur tidak hanya satu dan tidak hanya berada di langit-langit atap saja. Tambahkan lampu tepat di atas kompor dan juga di atas wastafel sehingga pencahayaan menjadi lebih tepat.

Demikianlah rangkuman informasi tentang model atap dapur dan tips menata dapur minimalis agar tidak sumpek yang dapat Sedulur jadikan referensi. Jika dapur tidak sumpek maka memasak pun juga akan semakin nyaman bukan? 

Nah, sebelum memasak pastinya Sedulur sudah mempersiapkan bumbu dan bahannya bukan? Sedulur dapat membeli berbagai kebutuhan bahan dan bumbu memasak di Aplikasi SuperProduknya lengkap dan harganya pasti lebih terjangkau dari pasaran. 

Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak promo dan gartis ongkir setiap hari lho. Jangan sampai ketinggalan ya!