Berencana renovasi rumah? Yuk, simak daftar inspirasi desain rumah di bawah ini. Bisa jadi rekomendasi, lho!

Rumah merupakan istana bagi setiap keluarga. Memiliki rumah yang sesuai selera dan keinginan adalah idaman setiap keluarga. Namun biasanya, tidak semua keluarga memiliki rumah idaman di masa awal rumah tangga. Harus menabung dan mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Setelah dana terkumpul, baru selanjutnya melakukan renovasi rumah untuk mendapatkan bentuk rumah idaman. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan daftar ide dan inspirasi desain rumah. Mulai dari referensi untuk renovasi rumah minimalis, renovasi rumah murah, renovasi rumah sederhana, hingga renovasi rumah kecil.

Melakukan renovasi rumah pun tidak harus langsung secara keseluruhan. Sedulur bisa memulai dengan renovasi interior rumah, renovasi ruang tamu, atau mengubah sentuhan rumah dari awalnya rumah biasa menjadi terlihat sangat nyaman. Seperti apa saja contoh renovasi rumah dan beberapa tips renovasi rumah yang bisa Sedulur ikuti? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Mau Bangun Rumah Minimalis? Intip Estimasi Biaya & Trik Jitu Ini

Daftar Inspirasi Desain Rumah untuk Renovasi Rumah yang akan Sedulur Lakukan!

1. Desain Back to Basic

1. Desain Back to Basic
blackigambar.blogspot.com

Semakin rumit ide desain rumah yang dipikirkan, semakin lama eksekusi renovasi rumah terlaksana. Maka dari itu ide desain rumah yang pertama yang bisa dipilih dan menjadi desain rumah yang ramai adalah desain back to basic. Desain rumah ini juga sering kali digunakan dalam cara renovasi rumah lama.

Menggunakan elemen-elemen dasar pada rumah, dan mengembalikan rumah sebagaimana basic atau dasarnya. Sedulur bisa menggunakan warna-warna dasar seperti putih, hitam dan juga abu-abu. Gunakan juga perabot rumah dengan menggunakan warna kayu, agar kesan natural bisa didapatkan dengan merenovasi rumah.

2. Desain Rustik Minimalis

2. Desain Rustik Minimalis
rumah.com

Gaya rustik merupakan salah satu desain rumah minimalis. Di benua Eropa dan Amerika sudah umum menggunakan desain rumah ini. Karena desain rumah ini menggunakan banyak elemen dasar yang memberikan sentuhan rumah yang sangat nyaman dan dapat membantu untuk beristirahat.

Desain rumah minimalis mengusung gaya rustik yang menampilkan bagian depan rumah dengan dominasi dari elemen kayu dan bebatuan. Konsep desain rumah minimalis rustik memiliki bagian kayu dan batu yang sangat menonjol, hal tersebut yang kemudian menciptakan nuansa rustik yang kental.

3. Desain All-White

3. Desain All-White
popmama.com

Inspirasi desain selanjutnya yang bisa dipilih adalah menggunakan warna dasar putih secara keseluruhan. Selain sentuhan rumah dengan dominasi warna putih, dengan desain ini juga rumah akan memberikan sentuhan ketenangan dan dapat membuat nyaman untuk beristirahat.

Biasanya desain rumah satu ini dipadukan dengan desain rumah industrial, yang saat ini ramai digunakan sebagai desain cafe dan restoran. Salah satu jenis desain rumah yang merupakan turunan dari desain rumah minimalis ini bisa menjadi pilihan saat Sedulur melakukan renovasi pada rumah Sedulur.

4. Desain Modern Kontemporer

4. Desain Modern Kontemporer
bangun-rumah.com

Desain rumah minimalis dengan gaya kontemporer yang khas dengan bentuk bangunan geometri yang dibangun seolah bertumpukan. Kombinasi warna elegan juga akan semakin membuat kesan modern terhadap rumah model ini. Rumah model ini bisa digunakan untuk membangun lahan terbatas.

Biasanya, desain rumah ini menjadi dasar desain bagi beberapa pengembang properti ekslusif. Perumahan cluster dengan target pasangan yang berpenghasilan menengah ke atas. Perpaduan dari modern dan kontemporer memberikan kesan elegan dan makmur.

Baca Juga: 20 Inspirasi Desain Rumah Minimalis & Estetik, Mana Pilihanmu?

5. Desain Back to Nature

5. Desain Back to Nature
edupaint.com

Desain rumah satu ini menekankan dengan penggunaan banyak tanaman hias dan unsur-unsur alam yang sangat dominan yang terdapat di dalam rumah. Desain rumah ini bisa memberikan sentuhan menyegarkan dalam rumah. Suasana rumah menjadi segar dan sirkulasi udara pun lebih terasa alami.

Kehadiran tanaman dalam rumah juga bisa menjadi solusi untuk membuat rumah memiliki udara yang menyehatkan. Banyak tanaman hias yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan sentuhan rumah Sedulur. Ciri khas dari desain rumah ini juga adalah menggunakan sebagian dari bagian rumah untuk dijadikan sebagai ruang terbuka.

6. Desain Modern Klasik

6. Desain Modern Klasik
liputan6.com

Aksen batu bata merah dengan menggunakan warna-warna klasik bisa memberikan aksen rumah yang elegan. Dengan desain minimalis dan klasik, Sedulur bisa mendapatkan bentuk rumah yang minimalis, elegan dan nyaman. Menggunakan bata merah dan bata hitam, dengan mengkombinasikannya bisa menghasilkan kesan klasik yang baik.

Ide desain ini bisa Sedulur jadikan sebagai inspirasi saat melakukan renovasi rumah. Sedulur akan mendapatkan sentuhan rumah yang menarik dan lebih menyegarkan lagi. Cocok sebagai tempat beristirahat setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan.

7. Desain Rumah Industrial

7. Desain Rumah Industrial
haibunda.com

Salah satu desain yang saat ini ramai digunakan sebagai desain cafe atau restoran. Ciri khas utama yang sangat menonjol dari desain rumah industrial adalah eksposur terhadap material rumah yang sangat tinggi. Material mentah rumah menjadi sentuhan utama yang diekspos seperti batu bata, semen hingga benton.

Balutan kayu yang digunakan juga akan ditonjolkan. Umumnya, desain rumah ini tidak menggunakan warna untuk dinding, karena tujuannya dalam ekspos material tersebut. Namun, biasanya perabotan rumah yang digunakan akan memainkan warna putih.

8. Desain Rumah Bernuansa Netral

8. Desain Rumah Bernuansa Netral
dekoruma.com

Rumah dengan lahan yang terbatas namun ingin menonjolkan aksen yang netral, desain rumah ini merupakan solusi yang efektif dan efisien. Konstruksi dengan 2 atau 3 lantai dan menggunakan kombinasi warna netral, dapat membuat rumah ini sangat cantik dan nyaman untuk ditinggali.

Bagi Sedulur yang ingin melakukan perbaikan rumah dan merenovasinya dengan desain rumah yang lebih baik, namun memiliki keterbatasan lahan dan lain sebagainya, desain rumah satu ini bisa menjadi pilihan untuk Sedulur lakukan.

9. Desain Rumah Minimalis

9. Desain Rumah Minimalis
popbela.com

Desain rumah selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Sedulur ketika renovasi rumah adalah desain rumah minimalis. Selain itu, desain rumah ini juga banyak digunakan oleh para pengembang properti dalam setiap perumahan yang mereka kembangkan. Selain sederhana, desain rumah minimalis juga memiliki sentuhan yang elegan.

Dengan konstruksi bagunan persegi, desain rumah minimalis ini tidak banyak bagian dan bentuk yang rumit, sangat sederhana dan elegan. Aksen tembok yang geometris juga digunakan untuk melengkapi tampilan eksterior lantai dua yang akan semakin memperkuat kesan elegan terhadap rumah.

10. Desain Rumah Modern Sederhana

10. Desain Rumah Modern Sederhana
123berita.com

Ide desain rumah selanjutnya adalah rumah modern sederhana. Rumah ini mengusung konsep minimalis dengan sentuhan sederhana. Banyak perumahan yang menggunakan konsep ini, karena dengan lahan terbatas, rumah bisa tetap trendy dengan menggunakan kombinasi warna yang elegan. Biasanya perumahan dengan desain seperti ini, menyasar target para pasangan baru.

Semoga daftar desain rumah yang dijelaskan di atas bisa memberikan ide bagi Sedulur yang tengah melakukan renovasi rumah. Sedulur bisa memulai untuk menabung biaya untuk membangun ulang rumah dari sekarang. Agar cepat terkumpul, Sedulur bisa menghemat pengeluaran yang dibutuhkan.

Sedulur bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari agar dapat cepat terkumpul. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan membeli kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super. Banyak barang berkualitas yang dijual dengan harga super murah, sisa biayanya bisa ditabung untuk biaya membangun rumah.

Sedulur bisa klik di sini untuk melihat barang kebutuhan sehari-hari yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan pemesanan dengan mudah melalui smartphone. Di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk membeli segala kebutuhan. Termasuk kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan dapur.