kacang mete

Sebenarnya, makanan yang satu ini bukanlah golongan kacang, melainkan biji dari buah jambu mete. Berbagai kandungan nutrisi bisa ditemukan dalam kacang mete. Nutrisi yang terkandung tersebut diantaranya adalah natrium, serta, protein, dan air, yang pastinya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

Tak hanya itu, kacang biji dari buah jambu ini juga mengandung fosfor, kalsium, vitamin, mineral, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Sistem kekebalan atau imun tubuh bisa meningkat jika rutin mengonsumsinya. Lalu, apa saja manfaat dan khasiatnya yang lain? Bagaimana pula cara menggoreng kacang mete yang renyah dan gurih? Simak selengkapnya disini, ya!

BACA JUGA: 13 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Tak Terduga!

1. Menjaga kesehatan kulit

kacang mete
pixabay

Kesehatan kulit dapat terjaga serta penuaan dini dapat dihindari dengan rutin mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan biji dari jambu monyet ini memiliki kandungan tembaga yang berfungsi untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan sebuah protein yang berguna untuk membuat sel kulit baru serta membentuk melanin yang merupakan suatu senyawa untuk mengatur warna kulit.

-->

Dengan kandungan tersebut, maka kulit akan tetap elastis dan penuaan dini pada kulit akan bisa tercegah. Tak hanya itu, manfaat kacang mete ini juga untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi. Sehingga, kulit mengelupas yang diakibatkan dari kulit kering akan bisa dicegah.

2. Menjaga kesehatan otak

kacang mete
pixabay

Adanya kandungan asam lemak sehat di dalam biji jambu monyet ini dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak dan menjaga kesehatannya. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa membantu otak untuk mengatur suasana hati serta fungsi kognitif dalam otak.

Sehingga, masalah otak yaitu berkurangnya kemampuan untuk mengingat yang biasa dialami oleh lansia bisa tercegah dengan baik. Kacang mete juga mendukung berbagai proses otak dengan cara membantu mengatur jalur fluiditas membran dan neurotransmitter, serta juga bisa mendukung transmisi sinaptik.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi

3. Meningkatkan kepadatan tulang

kacang mete
pexels

Mineral dan tembaga yang terkandung dalam biji jambu monyet ini menjadikan kepadatan tulang dapat meningkat. Sebanyak 4.700 mikrogram tembaga terkandung dalam setiap 100 gramnya. Sesuai dengan Permenkes No. 28 tahun 2019, kebutuhan tembaga yang disarankan untuk orang dengan usia 19 tahun keatas adalah sebesar 900 mikrogram per hari. Artinya, dengan mengonsumsi sedikit saja biji jambu monyet ini, tembaga harian yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya bisa tercukupi dan terpenuhi. 

Fungsi penting dari tembaga sendiri adalah sebagai ganti jaringan kolagen dan ikat yang telah rusak. Penyakit tulang seperti disfungsi sendi akan mudah terserang dalam tubuh seseorang juga asupan tembaga hariannya tidak cukup. Risiko penyakit osteoporosis juga dapat meningkat jika seseorang memiliki kekurangan tembaga dalam tubuh. Kacang mete juga kaya akan magnesium yang bisa menjaga pembentukan tulang. Sehingga, tulang akan menjadi lebih kuat dengan adanya magnesium yang bisa membantu penyerapan kalsium ke tulang. 

4. Membantu melawan kanker

kacang mete
pexels

Kanker menjadi salah satu penyakit yang menakutkan dan bisa menyerang siapapun baik pria maupun wanita. Untuk mengurangi bahaya kanker, sebenarnya ada berbagai cara yang dianggap sepele dan sederhana. Kanker bisa dengan mudah dilawan jika asupan nutrisi dalam tubuh terjaga. Berbagai macam makanan sehat bisa dipilih agar pola makan dapat terjaga. Salah satunya dengan biji jambu monyet ini. 

Harga kacang mete yang tidak terlalu mahal diklaim mampu membantu melawan kanker yang menakutkan. Jenis makanan ini memiliki berbagai kandungan antioksidan yang kuat, seperti asam anakardat dan cardols yang bisa melawan tumor bahkan kanker. Tak hanya itu, ia juga diklaim bisa mencegah penyebaran serta pertumbuhan sel kanker. Bahkan, biji jambu ini juga mampu untuk mengurangi efek samping kemoterapi dan berbagai perawatan kanker lainnya. 

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa biji jambu ini mengandung senyawa fenolik yang bisa membantu tubuh melawan stres oksidatif karena adanya radikal bebas. Mutasi sel dan kerusakan DNA juga dapat dicegah karena adanya komponen penting tersebut.

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Biji Pepaya, Jangan Langsung Dibuang!

5. Menjaga kesehatan mata

kacang mete
pixabay

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Health Line mengungkapkan bahwa biji jambu ini mengandung antioksidan berupa zeaxanthin serta lutein yang bisa melindungi mata dari berbagai kerusakan. Selain itu, penyakit katarak pun bisa dihindari dengan mengonsumsinya secara rutin. Apabila Sedulur rutin mengonsumsi kacang mete goreng setiap hari, maka nutrisi berupa antioksidannya dapat menjaga penglihatan dengan baik. Tak hanya itu saja, infeksi yang bisa didapatkan dari polusi dan lingkungan pun juga bisa dicegah dengan baik. Retina juga dapat terlindungi dari sinar UV yang berbahaya karena adanya kandungan Zeaxanthin. 

6. Mencegah anemia

pexels

Anemia merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dan juga sel darah merah yang tidak lagi berfungsi secara aktif di dalam tubuh. Untuk mencegah masalah kesehatan ini, cara alami dan mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengandalkan manfaat dari kacang mete ini. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Health Line menyebutkan bahwa biji jambu ini kaya akan zat besi yang bisa meningkatkan kinerja tubuh serta membantu melancarkan produksi sel darah merah. Sehingga, penyakit anemia bisa dicegah dengan mudah dengan mengonsumsinya secara rutin. Tak hanya itu, kandungan zat besi yang dimilikinya juga bisa menjaga kesehatan saraf secara efektif.

BACA JUGA: Manfaat Empon-empon Bisa Menangkal Covid, Benarkah?

7. Menghindari operasi kolesistektomi

pixabay

Kolesistektomi disebut juga dengan operasi pengangkatan kandung empedu. Proses pengangkatan tersebut adalah dengan melalui prosedur pembedahan. Kandung empedu sendiri memiliki tugas untuk menyimpan cairan pekat yang dihasilkan oleh hati yaitu empedu. Cairan tersebut digunakan untuk membantu tubuh mencerna lemak dengan baik.

Dengan rutin memakan kacang, maka risiko operasi kolesistektomi dapat menurun, seperti yang dijelaskan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Dalam hasil penelitian yang melibatkan lebih dari satu juta orang pada rentang waktu 20 tahun ini menghasilkan kemungkinan seseorang yang menjalani prosedur operasi tersebut cenderung menurun jika rutin mengonsumsi kacang mete sekitar 141 gram atau 5 ons setiap minggu.

8. Mencegah batu empedu

pixabay

Masih berkaitan dengan kolesistektomi, semua orang pasti memiliki potensi untuk menderita penyakit batu empedu. Adanya gaya hidup yang tidak sehat dapat mengakibatkan adanya masalah dalam kantung empedu. Tak hanya itu, keturunan pun juga menjadi salah satu penyebab yang cukup berpengaruh dalam adanya masalah penyakit ini. Maka dari itu, mencegah batu empedu sebisa mungkin dilakukan dengan memulai gaya hidup yang sehat.

Salah satu cara untuk mencegah batu empedu adalah dengan rutin mengonsumsi kacang mete. Hal ini dikarenakan biji jambu monyet ini kaya akan kandungan vitamin, folat, serta kalium yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol yang bisa mengakibatkan batu empedu. Dengan rutin mengonsumsinya, seseorang akan terhindar atau memiliki risiko rendah terkena permasalahan kesehatan yang satu ini.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Kersen Untuk Tubuh & Cara Mengolahnya

9. Membantu menurunkan berat badan

pixabay

Selain mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit, biji jambu monyet ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition yang menyebutkan bahwa rutin memakannya selama dua kali seminggu bisa menjaga berat badan agar tetap stabil.

Hal tersebut tentunya perlu memperhatikan cara goreng kacang mete yang benar. Meskipun adanya berbagai pendapat dari peneliti yang mengungkapkan bahwa jenis kacang-kacangan tidak menyebabkan adanya kenaikan badan dan bisa menjaga berat badan agar tetap ideal, namun perlu juga mempertimbangkan cara menggorengnya dengan benar serta tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Penumpukan lemak akan turun karena adanya kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam biji jambu monyet ini.

Adanya kandungan protein juga bisa membuat seseorang kenyang lebih lama, sehingga bisa mencegah seseorang untuk makan banyak dan tidak teratur. Maka dari itu, biji jambu ini sering menjadi menu untuk menurunkan berat badan. Perlu diingat meskipun manfaatnya untuk menurunkan berat badan, namun juga perlu diimbangi dengan nutrisi dari jenis hidangan lain agar berat badan tetap terjaga dengan baik. Untuk mengoptimalkannya, imbangi juga dengan melakukan olahraga secara teratur. 

10. Menjaga kesehatan gigi

pexels

Kesehatan gigi dapat terjaga tak hanya dengan rajin menyikat gigi saja. Dengan mengonsumsi kacang mete, maka kesehatan gigi juga akan terjaga. Hal ini dikarenakan adanya salah satu senyawa bernama asam anakardat yang manfaatnya luar biasa. Bakteri jahat yang menjadi salah satu penyebab utama dalam kerusakan gigi dapat terbunuh karena kandungan asam anakardat ini.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

Cara mengolah kacang mete yang masih mentah

Salah satu camilan yang menjadi favorit hampir setiap orang saat lebaran adalah kacang mede. Adapun cara menggoreng kacang mete harus dilakukan secara hati-hati agar rasanya tidak pahit karena terlalu gosong. Berikut adalah beberapa tips mengolahnya:

  • Teliti dan pilih biji jambu yang berkualitas sebelum akhirnya membelinya. Pastikan biji masih memiliki bentuk yang utuh, tidak berbau tengik, serta tidak berjamur. Jangan lupa juga untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara atau bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin.
  • Untuk menghilangkan getah yang menempel, rendam terlebih dahulu menggunakan air garam. Sehingga, mede tidak akan menjadi pahit.
  • Untuk menggorengnya, gunakan minyak goreng yang cukup banyak agar matang dengan sempurna serta merata. Saat proses penggorengan, usahakan untuk menggunakan api sedang dan terus diaduk agar tidak gosong dan pahit.
  • Setelah matang, tiriskan dan angin-anginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Simpan di dalam wadah tertutup agar tidak melempem saat dikonsumsi.

Sedulur perlu memperhatikan kadar garam dan gula dari kacang mete sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. Tak hanya itu, usahakan juga untuk mengonsumsinya dengan jumlah secukupnya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pastikan Sedulur tidak memiliki alergi kacang terlebih dahulu karena biji jambu monyet ini bisa memicu reaksi alergi. Hindari juga memakannya dalam keadaan mentah karena mengandung senyawa racun, ya.

Untuk pengolahan kacang mete, Sedulur bisa lho membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Unduh aplikasinya sekarang, dijamin mudah dan murah!