Sebagian dari Sedulur mungkin ada yang belum mengetahui empon-empon itu apa. Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), empon empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional. Rimpang sendiri merupakan batang tanaman yang menjalar ke dalam tanah.

Beberapa rimpang yang umum digunakan sebagai empon-empon adalah jahe, kunyit, serai dan temulawak. Beberapa rimpang tersebut dibersihkan dan direbus. Lalu kemudian airnya bisa diminum sebagai ramuan untuk mendapatkan khasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Sekoteng, Minuman Hangat yang Menyegarkan

Apa itu empon-empon?

Apa itu empon-empon?
hellosehat

Secara sederhana empon empon adalah minuman tradisional menggunakan rempah-rempah untuk dapat diminum dengan tujuan agar bisa mendapatkan khasiat untuk kesehatan tubuh. Rimpang dan rempah yang digunakan untuk membuat empon empon sangat bervariasi.

-->

Namun bahan yang umum digunakan adalah jahe, kunyit, serai, kayu manis, temulawak dan gula merah agar minuman yang dihasilkan tidak begitu pahit. Empon empon sendiri memiliki berbagai khasiat yang dapat dirasakan oleh tubuh secara efektif. Apa saja khasiat tersebut? Yuk, mari langsung kita simak daftar khasiatnya di bawah ini:

1. Menghangatkan tubuh

1. menghangatkan tubuh
klikdokter

Seperti dalam penjelasan apa itu empon-empon di atas, diketahui rempah yang terdapat dalam empon empon sangat efektif untuk memberikan kehangatan dalam tubuh. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, serai, dan temulawak mengandung gingerol dan curcumin yang dapat merangsang peningkatan suhu tubuh serta melancarkan aliran darah.

Tidak heran jika empon empon merupakan minuman herbal yang cocok dikonsumsi di tengah musim hujan saat ini. Sedulur juga bisa menambahkan gula merah untuk memberikan rasa manis pada empon empon agar tidak begitu terkesan pahit sebagaimana saat kita meminum jamu.

BACA JUGA: Mengenal Wedang Uwuh, Minuman ‘Sampah’ yang Kaya Manfaat

2. Mencegah infeksi bakteri dan virus

2. Empon-empon encegah infeksi bakteri dan virus
lemonilo

Empon empon yang dapat menangkal serangan virus harus terdiri dari minimal jahe, kunyit, serai dan temulawak. Karena dari campuran rempah tersebut terdapat kandungan senyawa aktif yaitu gingerol. Senyawa tersebut dapat membuat tubuh untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

Selain bakteri, jahe segar juga efektif mencegah infeksi virus RSV. Virus ini menyerang saluran pernapasan dan menimbulkan gejala pilek ringan. Infeksi RSV biasanya hilang dalam beberapa hari, tapi bisa menjadi parah pada anak-anak. Agar empon empon disukai oleh anak-anak, Sedulur bisa menambahkan lebih banyak gula merah. Karena setiap anak-anak sangat menyukai rasa manis.

3. Mencegah peradangan

3. Mencegah peradangan
tirto.id

Manfaat empon-empon selanjutnya adalah dapat mencegah peradangan. Peradangan jangka panjang dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, untuk menghindari hal tersebut Sedulur bisa membuat berbagai resep empon-empon agar dapat terlepas dari kemungkinan mengalami peradangan.

Manfaat satu ini didapatkan dari kunyit yang merupakan rempah-rempah yang mengandung senyawa untuk menghambat molekul NF-kB, yang menjadi penyebab utama peradangan. Oleh karena itu, kunyit juga dianggap sebagai obat antiradang paling alami yang dapat dikonsumsi oleh kita.

BACA JUGA: Resep Wedang Tahu Atau Kembang Tahu Kuah Jahe Khas Semarang

4. Melindungi tubuh dari radikal bebas

4. empon-empon mencegah radikal bebas
kompas

Selanjutnya dalam manfaat empon empon yaitu dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel tubuh dan merupakan cikal-bakal dari banyak penyakit kronis. Untungnya, jahe, temulawak, dan kunyit sangat kaya akan senyawa antioksidan. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan.

Sebagai tambahan, temulawak juga meningkatkan kerja enzim antioksidan yang sudah ada pada tubuh Anda. Jadi, tubuh Sedulur tidak hanya mendapatkan tentara antioksidan dari luar, tapi juga memiliki pertahanan diri yang lebih kuat. Dengan mengetahui hal ini, tentu saja kita menjadi sangat tergiur untuk membuat empon-empon.

Terutama bagi Sedulur yang bekerja dan tinggal di kota besar atau kota metropolitan. Mengkonsumsi minuman herbal seperti empon empon dapat mencegah Sedulur untuk terkena radikal bebas. Di kota metropolitan banyak radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh yang berasal dari polusi dan kualitas udara yang buruk.

5. Mencegah flu

5. mencegah flu
alodokter

Sakit flu merupakan sakit yang sangat umum diderita saat musim hujan atau saat pergantian dari musim kemarau ke musim hujan. Setelah mengetahui empon empon itu apa, tentu kita tidak akan melewatkan segudang khasiat yang ada di dalamnya. Termasuk khasiat untuk mencegah terserang penyakit flu di musim penghujan ini.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan gingerol yang dapat secara efektif menghambat infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernafasan dan dapat membuat kita terserang penyakit flu. Disarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak dua kali sehari, saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tubuh kita dijamin akan kuat menangkat influenza.

BACA JUGA: 20 Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Minuman Berjuta Manfaat

6. Menaikan imunitas tubuh

6. imunitas tubuh
alodokter

Jelas jika empon-empon bisa menangkal covid-19, karena dengan meminumnya imunitas tubuh kita bisa bertambah kuat. Dengan begitu berbagai virus akan mental dan tidak akan berani menyerang tubuh kita. Termasu virus corona itu sendiri. Meski harus diakui, minuman herbal ini tidak bisa membunuh virus corona itu sendiri.

Empon empon apa saja dapat menguatkan imunitas tubuh, terutama empon empon yang terbuat dari kunyit, jahe, kencur dan temulawak. Hal tersebut disebabkan kandungan dari beberapa rempah-rempah tersebut yang dapat meningkatkan kerja imunitas tubuh dengan cepat.

Sekian penjelasan terkait empon-empon, semoga bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait berbagai khasiat dari bahan-bahan herbal. Sebagai persediaan untuk membuat empon empon, Sedulur bisa membeli bahan-bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Agar Sedulur bisa mendapatkan bahan rempah herbal yang berkualitas. Untuk itu, yuk klik di sini dan download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur.