manfaat biji pepaya

Sejumlah kandungan serta nutrisi yang penting bisa ditemukan oleh Sedulur dalam pepaya sebagai buah yang berwarna jingga ini ketika matang. Beberapa kandungan seperti karoten serta vitamin C bisa ditemukan pada buah ini yang tentunya penting bagi kesehatan tubuh. Tak hanya memiliki nutrisi pada buahnya, manfaat biji pepaya juga bisa Sedulur temukan dan kandungannya juga tak kalah banyak dari buahnya.

Buah yang selalu ada hampir di setiap musim di Indonesia ini bijinya aman untuk dikonsumsi, sama seperti daging buahnya. Lalu, apa manfaat yang terkandung dalam biji buah pepaya? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Kersen Untuk Tubuh & Cara Mengolahnya

1. Menjaga kesehatan organ pencernaan

manfaat biji pepaya untuk kesehatan
pixabay

Biji buah berwarna jingga ini merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh, sama seperti daging pada buahnya. Maka dari itu, ia berperan sebagai asupan serat yang penting untuk menjaga kesehatan saluran dan organ pencernaan. Dengan mengonsumsinya, maka Sedulur akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Sehingga, pencernaan akan menjadi lancar dan buang air besar akan menjadi lebih mudah.

-->

Tak hanya melancarkan BAB, manfaat biji pepaya untuk lambung juga bisa diperoleh. Juga, makanan yang kaya akan serat ini bisa mencegah luka usus, menurunkan gejala wasir, serta menghindari penyakit radang usus.

2. Melindungi fungsi ginjal

manfaat biji pepaya untuk ginjal
pixabay

Kelebihan cairan pada tubuh yang bisa diatasi dengan adanya filter untuk membuang limbah tersebut adalah salah satu fungsi penting dari ginjal. Dengan rutin mengonsumsi biji pepaya, maka fungsi ginjal akan terjaga kesehatannya, serta tubuh akan terlindungi dari berbagai macam penyakit ginjal.

Manfaat biji pepaya untuk ginjal ini diketahui dari sebuah studi yang dilakukan oleh African Health Science. Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji pepaya yang diberikan pada seekor tikus terbukti untuk mencegah adanya kerusakan pada ginjal. Studi lain mengungkapkan bahwa adanya kandungan antioksidan pada biji buah ini bisa menghambat kerusakan pada sel dalam ginjal sehingga kesehatan akan tetap terjaga. 

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

3. Membunuh bakteri jahat

cara mengolah biji pepaya untuk obat
sehatq

Salmonella Typhi serta Staphylococcus Aureus merupakan dua contoh bakteri jahat dalam tubuh yang bisa terbunuh dengan memakan biji kecil berwarna hitam ini. Hal tersebut diperkuat dalam sebuah penelitian karya Universitas Abdurrab dalam data jurnal farmasinya.

Selain itu, manfaat biji pepaya juga untuk mengobati masuk angin, penyakit kulit, serta untuk mendapatkan minyak dengan kandungan asam lemaknya. Untuk mengonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan menyeduh atau memakan satu sendok biji, dengan didorong oleh air mineral seperti minum obat pil pada umumnya.

4. Menurunkan risiko kanker prostat

manfaat biji pepaya untuk pria
ayosemarang

Risiko mengalami kanker prostat dapat menurun dengan mengonsumsi biji dari buah berwarna jingga ini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan bernama beta karoten yang memiliki banyak khasiat. Manfaat biji pepaya untuk pria ini diketahui melalui sebuah jurnal Cancer Epidemiology and Prevention yang berisi kandungan dari beta karoten yang diimbangi dengan pola makan yang tinggi, bisa melindungi dan mencegah kanker prostat pada remaja lelaki.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

5. Meningkatkan kualitas sperma

kualitas sperma
pexels

Selain menurunkan risiko kanker prostat, manfaat biji pepaya untuk pria lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas sperma. Kualitas sperma yang diproduksi dalam tubuh akan terjaga kesehatannya berkat adanya kandungan dari folat yang bisa ditemukan dalam biji buah yang lezat dimakan ini.

Selain folat, adanya kandungan dari vitamin C juga bisa membantu seorang lelaki yang punya gangguan infertilitas atau gangguan kesuburan. Kualitas sperma yang meningkat karena adanya kandungan vitamin C dalam jumlah tertentu tersebut disebutkan dalam sebuah studi, yaitu Journal of Medicinal Food.

6. Mengatasi berbagai permasalahan pada rambut

manfaat biji pepaya untuk rambut
pixabay

Disamping memiliki manfaat untuk berbagai macam masalah kesehatan, biji buah yang memiliki nama latin Carica ini juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut. Hal tersebut berkat adanya kandungan glikosida cacirindan yang berfungsi untuk menghitamkan dan merangsang pertumbuhan pada rambut. Berikut adalah rangkuman manfaat biji pepaya untuk rambut yang bisa Sedulur ketahui:

Mengobati masalah ketombe pada rambut

Ketombe merupakan permasalahan rambut yang cukup mengganggu penampilan seseorang. Cara untuk mengatasinya secara alami salah satunya dengan menggunakan biji pepaya. Adanya sifat antijamur dalam biji tersebut menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk membasmi jamur penyebab infeksi jamur. Seperti yang diketahui bahwa ketombe adalah masalah yang diakibatkan dari infeksi jamur.

Rambut menjadi lebih bervolume

Untuk Sedulur yang memiliki rambut tebal serta ikal, volume rambut bisa menjadikannya terlihat lebih sehat dan menarik. Dengan menggunakan biji pepaya sebagai bahan alami, volume rambut akan bertambah, serta batang rambut pun juga lebih ternutrisi.

Mencegah kebotakan rambut

Jika Sedulur mengalami penipisan pada rambut karena adanya rambut yang rontok secara berlebihan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengoleskan masker biji pepaya secara rutin di rambut. Karena adanya kandungan nutrisi pada biji, maka kebotakan akan tercegah. Tak hanya itu, batang rambut juga akan semakin kuat dan terjaga.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

7. Melawan peradangan

peradangan
tribun

Untuk mencegah serta melawan peradangan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan, seperti pepaya. Tak hanya dagingnya, bijinya pun juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan peradangan kronis.

Proses peradangan dalam tubuh tersebut diakibatkan oleh konsumsi makanan serta gaya hidup yang tidak sehat. Manfaat biji pepaya untuk peradangan bisa diraih karena adanya kandungan antioksidan serta vitamin C.

8. Melawan infeksi

melawan infeksi
pixabay

Infeksi yang disebabkan oleh jamur serta parasit tertentu dapat diperangi dengan biji pepaya. Cara mengolah biji pepaya untuk obat melawan infeksi bisa dilakukan dengan meminum ekstrak bijinya bersamaan dengan madu. Selain itu, Sedulur bisa juga menumbuk biji terlebih dahulu kemudian disimpan ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih satu minggu.

Setelah itu, Sedulur bisa memakannya bersama dengan hidangan lain seperti sup hangat atau salad. Tak hanya melawan infeksi, kerja usus juga semakin lancar karena efektif untuk membunuh parasit yang berada di dalam usus.

BACA JUGA: Manfaat Buah Bidara & Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

9. Sebagai alat kontrasepsi alami

dosis makan biji pepaya
pexels

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan lainnya adalah sebagai alat kontrasepsi alami. Seperti yang dilansir dari deherba.com. Namun, ketika Sedulur sedang merencanakan kehamilan, perlu berhati-hati ketika ingin mengonsumsinya. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan tanyakan apakah boleh untuk mengonsumsinya sebagai alat kontrasepsi alami.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan papain yang biasanya ibu hamil alergi terhadap kandungan tersebut. Dosis makan biji pepaya pun tidak boleh terlalu banyak, yaitu 1-2 sendok makan sehari saja sudah cukup.

10. Untuk mengobati dan mencegah diabetes

manfaat biji pepaya untuk diabetes
pexels

Seorang tenaga kesehatan bernama Devyani Diah Wulansari S. Farm, Apt mencoba untuk mencari alternatif obat diabetes karena adanya lonjakan cukup tinggi kasus diabetes di Indonesia. Beliau kemudian menemukan adanya manfaat biji pepaya untuk diabetes dengan menggunakan ekstraknya.

Biji yang sebelumnya dianggap tidak berguna ini ternyata memiliki manfaat yang berlimpah diantaranya untuk mencegah diabetes. Glukosa darah akan menurun serta memiliki efek samping yang cukup minimal.

Itu tadi merupakan apa saja manfaat biji pepaya baik untuk pencegahan atau pengobatan penyakit tertentu serta khasiatnya untuk kesehatan rambut. Perlu diketahui bahwa untuk mengonsumsi ekstrak tersebut harus dalam kadar yang tepat serta disarankan untuk memakannya langsung tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Apapun yang berlebihan itu tidaklah baik, termasuk dalam memakan biji ini. Pastikan untuk memakannya tidak secara berlebihan agar tidak berdampak pada kesehatan. Semoga bermanfaat!

Selain mengobati atau mencegah penyakit melalui konsumsi biji pepaya, Sedulur harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat secara teratur. Berbagai pilihan bahan makanan bisa Sedulur dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi Super. Seperti beras, gula, mie, garam, dan lain sebagainya bisa dibeli di sini. Unduh sekarang, ya!