22 Bumbu Dapur & Rempah dan Manfaat di Baliknya – Wajib Tau

Ingin tau apa saja bumbu dapur dan rempah yang memiliki manfaat untuk tubuh dan kesehatan? Yuk, cek penjelasannya di sini.

Bagi Sedulur yang memiliki hobi memasak, terutama masakan Indonesia, wajib sekali mengetahui nama bumbu dapur dan rempah juga beserta dengan manfaatnya. Hal ini dikarenakan masakan Indonesia merupakan makanan yang menggunakan bumbu dan rempah sangat banyak.

Hal tersebut merupakan keunggulan dan kekayaan masakan khas Indonesia, dengan berbagai macam bumbu dapur dan rempah yang digunakan dalam sebuah makanan. Budaya makanan dan masakan di Indonesia yang kaya akan rempah dipengaruhi oleh ketersediaan bahan bakunya.

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan rempah yang dijadikan sebagai bumbu dapur dan juga bumbu masak. Beberapa macam bumbu dapur berasal dari rempah-rempah yang bahkan hanya tumbuh di Indonesia.

Bagi Sedulur yang baru mulai memasak dan belum mengetahui nama bumbu dapur dan juga manfaatnya. Berikut akan dijelaskan beberapa jenis bumbu dapur beserta dengan manfaatnya. Apa saja? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

Daftar Bumbu Dapur Beserta Manfaatnya untuk Tubuh

1. Daun Salam

Daun Salam

Daun salam dapat ditemukan di Indonesia biasanya dalam bentuk segar dan kering. Kedua bentuk tersebut, baik segar dan kering bisa menghasilkan aroma sedap dan wangi pada makanan ketika dimasak.

Daun salam biasanya dibutuhkan dalam setiap masakan tradisional, terutama masakan berkuah seperti dalam bumbu sop, dan bumbu kari. Daun salam dapat memberikan manfaat bagi tubuh, terutama untuk beberapa jenis penyakit, daun salah dapat mengurangi gejala diabetes dan jantung.

2. Ketumbar

Ketumbar

Rempah dan bumbu dapur selanjutnya yaitu adalah ketumbar, biasanya ketumbar kita jumpai dalam bentuk bubuk atau biji. JIka ingin lebih efisien dan praktis digunakan, memilih ketumbar yang telah dalam bentuk bubuk.

Ketumbar sangat dibutuhkan untuk makanan berkuah dan juga makanan kental yang bersantan. Makanan seperti sop dan rendang biasanya menggunakan ketumbar sebagai bumbu rempahnya. Ketumbar sendiri memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh, terutama jika dimakan dalam keadaan cuaca dingin.

3. Serai

Serai

Bumbu dapur selanjutnya adalah serai, serai berfungsi untuk menambah rasa dan wangi sebuah makanan. Biasanya makanan khas Bali banyak menggunakan serai sebagai bumbu utamanya. Serai terdiri dari dua jenis, yaitu serai merah dan juga serai sayur.

Serai merah memiliki bentuk lebih besar dibanding serai sayur. Serai memiliki manfaat untuk pencegahan kanker, anti inflamasi, anti septik, mengobati arthritis, dan menurunkan darah tinggi. Penggunaan serai biasanya dengan digeprek lalu dimasukan kedalam masakan.

4. Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu bumbu dapur yang khas Indonesia. Lengkuas banyak digunakan pada setiap makanan Indonesia seperti soto, rendang, kari ayam, dan juga masakan berkuah dan juga bersantan. Karena lengkuas bisa menambah rasa makanan menjadi lebih kuat lagi.

Lengkuas sendiri memiliki manfaat untuk mencegah kanker, menghentikan diare, dan meringankan gejala penyakit asma. Selain itu, jika lengkuas dihaluskan dapat digunakan sebagai obat untuk luka bakar atau luka infeksi pada kulit.

5. Kemiri

Kemiri

Dalam penggunaannya, kemiri biasanya dibakar terlebih dahulu agar dapat mengeluarkan aroma yang kuat. Atau digoreng di atas wajan tanpa menggunakan minyak, atau biasanya proses ini oleh orang sunda disebut dengan nama disangrai.

Ekstrak minyak dalam kemiri dapat memberikan manfaat untuk perawatan rambut agar rambut memiliki warna yang mengkilap, dan juga kemiri dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut bagi yang memiliki masalah kebotakan pada rambut.

Kemiri selain sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut dan juga kecantikan. Hal ini merupakan kelebihan dari manfaat kemiri yang bisa kita manfaatkan secara maksimal.

6. Kunyit

Kunyit

Bumbu dapur selanjutnya yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia adalah kunyit. Makanan seperti soto, kari, dan rendang menggunakan kunyit untuk menambah rasa agar lebih kuat dan juga untuk mempercantik warna makanan.

Kunyit dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kanker, penyakit pencernaan, antibiotik dan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain sebagai bumbu dapur, kunyit juga merupakan salah satu rempah penting yang digunakan sebagai minuman jamu.

7. Cengkeh

Cengkeh

Cengkeh atau dalam bahasa Inggrisnya bernama cloves ini biasanya digunakan dalam resep masakan untuk sop dan masakan berkuah. Cengkeh ini memiliki aroma yang kuat dan khas jika digunakan untuk makanan Indonesia.

Selain sebagai bumbu dapur, karena aromanya yang wangi, cengkeh juga digunakan sebagai bahan untuk rokok yang dicampurkan dengan tembakau. Cengkeh memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru dan menjaga agar sistem pernapasan kita tetap sehat.

8. Jahe

Jahe

Ada beberapa jenis jahe yang tersedia di Indonesia, jahe biasa dan jahe merah. Jahe selain digunakan untuk bumbu dapur juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Penggunaan jahe dalam pengobatan telah dilakukan sejak dulu dalam pengobatan tradisional.

Jahe memiliki peran untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan. Biasanya, makanan yang menggunakan bahan utama daging akan menggunakan jahe untuk mengurangi bau amis dan mengeluarkan rasa yang semakin kuat.

9. Pala

Pala

Pala merupakan bumbu dapur dan rempah-rempah khas Indonesia. Pala juga yang membuat negara Eropa datang ke Nusantara dan kemudian menjajah Nusantara dan memonopoli perdagangan yang terjadi di Asia.

Pala memiliki manfaat untuk menghangatkan badan, oleh karena itu bangsa Eropa berani mempertaruhkan nyawa pada zaman dulu untuk datang jauh-jauh ke Nusantara agar dapat tetap hangat pada musim dingin di Eropa.

10. Kapulaga

Kapulaga

Kapulaga merupakan rempah dan bumbu dapur yang memiliki bentuk seperti kuntum bunga dengan warna putih yang khas. Kapulaga biasanya dijual dalam kemasan berbentuk biji atau telah berbentuk bubuk. Untuk lebih praktis, beli kapulaga yang telah dalam bentuk bubuk.

Kapulaga memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai anti oksidan dan juga untuk memperkuat imunitas tubuh. Makanan yang menggunakan kapulaga biasanya masakan berkuah yang memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh.

11. Bunga Lawang

Bunga Lawang

Bunga lawang merupakan jenis bumbu dapur yang biasa digunakan dalam setiap masakan India atau Tiongkok. Karena masakan Indonesia banyak dipengaruhi oleh India dan Tiongkok, hal tersebut menyebabkan bunga lawang juga sering digunakan sebagai bumbu dapur di setiap makanan di Indonesia.

Wangi  bunga lawang yang khas dengan bentuk yang sangat eksotis. Bunga lawang memiliki bentuk seperti bintang, dengan biji kecil di dalamnya. Warna  coklat dari bunga lawang semakin memperindah bentuknya. Bunga lawang biasa dijual dalam bentuk bubuk untuk penggunaan yang lebih praktis.

12. Asam Jawa

Asam Jawa

Asam Jawa merupakan bumbu dapur yang umum digunakan dalam setiap makanan yang ada di daerah pulau Jawa. Asam Jawa juga banyak tersedia di pulau Jawa, oleh karena itu terdapat nama Jawa di belakangnya.

Akibat ketersediaannya yang melimpah di pulau Jawa, banyak makanan di pulau Jawa yang menggunakan asam Jawa. Selain sebagai bumbu dapur, Asam Jawa juga sering digunakan sebagai jamu untuk menjaga kesehatan tubuh.

13. Asam Kandis

Asam Kandis

Memiliki bentuk seperti buah yang telah melalui proses dikeringkan, dengan warna hitam pekat dan bentuk yang bulat dan agak gepeng. Asam kandis banyak digunakan dalam masakan tradisional yang memiliki cita rasa yang khas.

Asam kandis biasa dijual dalam bentuk kering, dan mudah disimpan sampai kapanpun. Hal ini disebakna asam kandis memiliki ketahanan yang sangat lama. Makanan yang menggunakan asam kandis juga biasanya dapat bertahan lama dan tidak mudah basi.

14. Kluwak

Kluwak

Kluwak memiliki bentuk seperti kerikil atau seperti batu. Hal ini disebabkan oleh tekstur kluwak yang sangat keras. Jika dipecahkan, kluwak memilik lapisan daging yang berwarna hitam pekat di dalamnya. Jika dalam keadaan mentah, Kluwak mengandung racun hidrogen sianida yang berbahaya.

Oleh karena itu Kluwak harus diolah dengan baik. Biasanya kluwak sebelum digunakan harus di rebus terlebih dahulu selama satu jam. Lalu simpan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 15 hari setelah itu kluwak baru aman digunakan.

Masakan yang menggunakan kluwak sebagai bumbu dapur adalah masakan rawon yang menjadi masakan khas Surabaya dan daerah di Jawa Timur. Kluwak dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Baca Juga: 10 Resep Rawon Surabaya yang Menggugah Selera. Yakin Nggak Mau Coba?

15. Kencur

Kencur

Cara menggunakan kencur sebagai bumbu dapur adalah dengan dipotong, dicincang atau diparut. Kencur memiliki bentuk yang sangat menyegarkan. Namun jika ingin lebih efisien dan praktis, bisa menggunakan kencur yang telah dalam bentuk bubuk.

Selain sebagai bumbu dapur, kencur juga telah digunakan sebagai jamu yang memiliki khasiat antibiotik untuk pengobatan radang tenggorokan. Jika mulai merasakan radang tenggorokan, bisa langsung minum kencur untuk mencegah peradangan semakin parah.

16. Jinten

Jinten

Bentuk jinten yang seperti beras dan berukuran kecil, panjang dan juga memiliki berat yang ringan. Jinten mempunyai wangi yang khas dengan rasa pedas yang bisa membuat tubuh hangat, dan memberi rasa sedap pada masakan.

Makanan Indonesia yang memakai jinten yaitu kari, opor ayam, gulai. Jinten selain sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk membantu dalam meredakan sakit perut dan bersifat antiseptik. Biasanya, jinten dijual dalam bentuk kering seperti atau juga dalam bentuk bubuk.

17. Kayu Manis

Kayu Manis

Kayu Manis yang di dunia terdiri dari 2 macam. Pertama yaitu Cassia Cinnamon dan kedua Ceylon Cinnamon. Kayu manis yang umum kita jumpai di pasaran adalah kayu manis jenis Cassia Cinnamon. Kayu Manis Cassia ini  memiliki bentuk gulungan keras seperti kayu, bisa ditumbuk sampai jadi bubuk.

Atau juga digunakan begitu saja dalam masakan. Cita rasanya yang khas membuat kayu manis ini sering kali digunakan dalam makanan atau pembuatan kue. Kekurangan dari kayu manis cassia adalah mengandung  unsur coumarin yang tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

18. Daun Jeruk

Daun Jeruk

Daun jeruk digunakan pada setiap makanan di Indonesia agar dapat menambah cita rasa harum sekaligus segar dan juga  menghilangkan bau amis pada masakan yang menggunakan bahan seperti ikan dan juga daging

Cara menggunakan daun jeruk sebagai bumbu dapur  sangat sederhana, kita hanya perlu merobek-robek daunnya dan masukkan ke dalam masakan yang sedang dimasak. Biasanya setiap masakan berkuah menggunakan daun jeruk untuk menimbulkan aroma yang lebih segar.

19. Daun Kunyit

Daun Kunyit

Daun kunyit memiliki bentuk yang panjang dengan tekstur yang sangat lembut. Penggunaan daun kunyit sebagai bumbu dapur sama seperti penggunaan daun jeruk, yaitu dengan cara dirobek terlebih dahulu dan lalu masukan kepada masakan yang sedang diproses.

Daun kunyit dapat menghilangkan bau amis pada bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Menggunakan daun kunyit dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Masakan berkuah biasanya selalu menggunakan daun kunyit untuk membuat citarasa yang lebih kuat.

20. Bawang Merah

Bawang Merah

Dalam setiap masakan di Indonesia, bawang merah selalu menjadi bumbu andalan. Tidak ada makanan yang tidak menggunakan bawang merah sebagai bumbu. Bawang merah dapat membuat sebuah masakan memiliki aroma yang wangi.

Selain digunakan sebagai bumbu, bawang merah juga bisa diolah dengan hanya digoreng kering dan menjadi pelengkap sebuah makanan. Rasa dari bawang merah yang gurih dapat membuat kita lebih semangat untuk makan.

21. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih dengan bawang merah ibarat sepasang sejoli dalam setiap masakan Indonesia. Tidak dapat terpisahkan dan selalu ada bersamaan dalam setiap makanan. Aroma bawang putih juga melengkapi aroma bawang merah.

Bawang putih juga bisa mengurai kepadatan daging dan membuat masakan yang menggunakan olahan daging agar daging menjadi matang dengan sempurna.

22. Daun Bawang

Daun Bawang

Daun bawang juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Dalam masakan nasi goreng misalkan, bawang daun menjadi bumbu utama yang digoreng paling pertama. Daun bawang dapat mengeluarkan aroma yang wangi dan dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Daftar bumbu yang ada di dapur yang telah dijelaskan di atas, semoga bisa menambah pengetahuan dan informasi bagi Sedulur yang baru memulai masak. Sedulur bisa mendapatkan setiap bumbu di atas dengan belanja di Aplikasi Super.Aplikasi Super menyediakan sembako murah dan dengan belanja mudah tanpa harus keluar rumah.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, termasuk cara daftar Aplikasi Super dan juga link download Aplikasi Super tersedia di laman Aplikasi Super.