Wedang uwuh adalah minuman tradisional khas Imogiri, Yogyakarta, yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Jika berbicara tentang minuman penghangat tubuh, sepertinya Sedulur akan lebih familiar dengan wedang jahe dan wedang ronde. Lantas, bagaimana dengan wedang uwuh? Ya, wedang rempah yang satu ini merupakan salah satu pilihan minuman bagi Sedulur untuk menghangatkan sekaligus menyehatkan tubuh.

Nama wedang uwuh berasal dari bahasa jawa, wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Itulah mengapa, tidak jarang penyebutannya pun menjadi teh sampah. Namun tenang saja, sampah yang dimaksud adalah sampah dedaunan kering yang justru menyehatkan. Terbuat dari rempah-rempah yang kaya manfaat dengan pengolahan dicampur dengan air.

Layaknya wedang, minuman tradisional ini memiliki rasa manis bercampur pedas dengan aroma yang menenangkan. Rasa pedas berasal dari jahe dan rasa manisnya berasal dari gula batu. Aroma yang dikeluarkan merupakan perpaduan dari rempah-rempah pala, kayu manis, sereh, cengkeh, serta kapulaga.

Wedang uwuh dibuat dari rempah-rempah yang dicampur dengan air. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kini minuman ini juga sering dijumpai dalam bentuk kemasan instan berbentuk celup. Wedang jenis uwuh sangat mudah ditemui di Kota Solo atau di daerah Imogiri, Yogyakarta.

Baca Juga: 6 Cara Unik Membuat Wedang Jahe, Mudah & Praktis!

Resep Wedang Uwuh Komplit dan Manfaat Wedang Uwuh

Meski wedang uwuh terhitung sebagai minuman khas, Sedulur juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Dengan demikian, Sedulur bisa menikmati hangatnya wedang sekaligus merasakan khasiat dari minuman penghangat yang satu ini. Berikut adalah resep sekaligus manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dari wedang uwuh.

1. Bahan Membuat Wedang Uwuh

1. Bahan Wedang Uwuh
kompas.com

Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat 4 cangkir wedang uwuh.

  • 200 gram jahe segar, iris tipis
  • 5 butir cengkeh
  • 4 cm kayu manis
  • 1 butir biji pala
  • 2 batang serai bagian putih, memarkan
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 batang daun pandan, potong-potong
  • 1000 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 10 gram serutan kayu secang

2. Cara Membuat Wedang Uwuh

2. Cara Membuat Wedang Uwuh
winnetnews.com

Masukan jahe, cengkeh, kayu manis, pala, serai, daun jeruk, dan daun pandan ke dalam panci. Tambahkan air, lalu masak hingga mendidih dengan api sedang. Kemudian, kecilkan api, lalu masak kembali selama 15 menit hingga harum. Kemudian, masukan gula dan serutan kayu secang, masak lagi hingga gula larut dan mendidih. Angkat, wedang uwuh siap disajikan.

3. Khasiat Wedang Uwuh untuk Menguatkan Sistem Imun

3. Khasiat Wedang Uwuh untuk Menguatkan Sistem Imun
lifebuoy.co.id

Rutin minum wedang uwuh mampu membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain berfungsi untuk menghangatkan, jahe merah dan kapulaga merupakan komposisi wedang uwuh yang berkhasiat untuk menangkal penyakit flu dan batuk yang mudah menyerang saat musim hujan.

Salah satu khasiat jahe merah adalah mencegah dan membunuh bakteri berbahaya yang bersarang dalam tubuh. Rimpang jahe merah mengandung gingerol yang memiliki aktivitas antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, antikarsinogenik, antimutagenik, antitumor. Sedangkan kapulaga, melawan bakteri dan patogen lainnya dan menjaga tubuh tetap sehat.

4. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan

4. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan
kompas.com

Sebagai salah satu minuman penghangat tubuh, tentunya wedang uwuh memiliki manfaat untuk melegakan tenggorokan. Isi wedang uwuh yang terdiri dari rempah-rempah bermanfaat, terutama kandungan minyak atsiri yang ada dalam jahe merah dapat membantu mengatasi batuk pada anak-anak maupun orang dewasa.

Tak hanya jahe merah, pala pun tak kalah bermanfaat untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Pala berkhasiat untuk mengatasi batuk berlendir, mengobati masuk angin membantu melegakan pencernaan, dan mengurangi nyeri pada tubuh dengan kandungan flavonoid, saponin, dan polifenol yang dimilikinya.

Baca Juga: Super Mudah! 9 Kreasi Minuman Segar Ini Bisa Kamu Coba

5. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kanker

5. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kanker
alodokter.com

Serai yang terkandung dalam wedang uwuh memiliki antikanker yang mampu melawan beberapa sel kanker. Cara kerja anti kanker ini bisa menyebabkan kematian sel kanker secara langsung atau melalui peningkatan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih tahan melawan kanker.

Selain serai, rempah-rempah yang bekerja melawan sel kanker adalah kayu manis. Kayu manis berguna untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah di tumor. Dengan demikian, risiko terkena penyakit kanker bisa lebih diminimalisasi.

6.  Mengurangi Nyeri pada Tubuh

6.  Mengurangi Nyeri pada Tubuh
liputan6.com

Kayu secang yang menjadi bahan wedang uwuh dapat mengurangi nyeri pada tubuh. Ini juga berlaku untuk menghilangkan nyeri yang biasa diderita oleh perempuan pada masa menstruasi hingga pasca melahirkan. Fungsi utama kayu secang adalah menyegarkan darah, meningkatkan menstruasi, dan mengurangi rasa sakit serta bengkak-bengkak pada tubuh.

7. Membersihkan Racun pada Hati dan Ginjal

7. Membersihkan Racun pada Hati dan Ginjal
tribunnews.com

Kandungan pala pada minuman tradisional yang satu ini bermanfaat untuk mencegah serta mengobati penyakit hati dan batu ginjal. Cara kerjanya adalah dengan detoksifikasi atau mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Racun yang menghinggapi tubuh sendiri akan bermuara dan bersarang pada organ tubuh hati dan ginjal.

Itulah khasiat-khasiat yang bisa Sedulur dapatkan dari wedang uwuh Jogja. Jangan lewatkan untuk meminumnya selagi hangat untuk mendapatkan fungsi menghangatkan dan menenangkan tubuh. Sedulur akan merasakan manfaat yang lebih optimal apabila mengkonsumsinya dengan rutin dan teratur.

Sedulur bisa mendapatkan bahan untuk membuat Wedang Uwuh dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan dan barang lengkap untuk kebutuhan sehari-hari. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar bisa melakukan pembelian melalui smartphone dengan mudah tanpa ribet.