Manfaat Jintan

Ada banyak ragam rempah yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu yang paling terkenal dan cukup sering digunakan dalam berbagai macam masakan nusantara adalah jintan.

Bumbu rempat satu ini memiliki bentuk biji-bijian dengan warna kuning kecoklatan. Namun, tak hanya jintan putih saja ada juga jintan hitam yang tak kalah terkenal. Rempah ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Penasaran jintan itu apa dan seperti apa manfaatnya? Langsung simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Opor Ayam Putih Istimewa Gurih & Enak, Wajib Coba

Asal usul jintan

Jintan
Clean Green Simple

Untuk memulai pembahasan terkait jintan itu apa, tentu Sedulur perlu mengetahui asal-usul rempah satu ini. Dilansir dari laman Britanica, jintan merupakan salah satu rempah-rempah tertua yang pernah ditemukan oleh manusia.

-->

Jintan adalah biji dari tumbuhan menjalar dengan nama latin Trachyspermum roxburghianium syn. Carum roxburgianium. Sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu, jintan banyak dijumpai di wilayah Eropa, Asia Barat, hingga Asia Tenggara.

Salah satu negara yang paling banyak menggunakan jinten di dunia untuk aktivitas sehari-harinya adalah India. Di Negara Para Dewa itu, jinten tak hanya menjadi bumbu penyedap masakan tapi juga obat alternatif untuk beragam penyakit.

Jenis

Jinten hitam
Grid ID

Jintan memiliki beberapa jenis yang biasanya digunakan dalam bumbu masakan. Dimulai dari jintan putih, jinten manis, sampai jintan hitam. Untuk nama pertama, Sedulur pasti cukup familiar karena cukup sering digunakan oleh para koki untuk menciptakan sebuah masakan.

Namun, jintan hitam menjadi rempah yang paling dicari dan memiliki nilai jual paling mahal. Hal ini tidak lepas dari khasiat jintan hitam yang lebih banyak bisa digunakan untuk pengobatan dibandingkan untuk menyedapkan rasa.

jinten hitam sendiri lebih banyak dijumpai di wilayah Asia seperti India, Pakistan, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Karakteristik

Jenis jintan
Trade Valley

Jinten memiliki karakteristik rasa dan aroma yang khas. Bahkan, karakter rempah satu ini cukup berbeda dengan rempah-rempah lainnya.

Dilansir dari The Spruce Eats, jinten memiliki rasa yang dominan pedas dan sedikit manis. Tekstur spicy inilah yang terkadang dijadikan senjata para koki untuk membuat makanan jadi lebih lezat dan menghangatkan tubuh.

Selain itu, jinten memiliki aroma yang khas. Baunya tidak sangit dan menyengat, aroma jinten biasanya wangi apalagi setelah disangrai.

BACA JUGA: Khasiat Buah Pir Untuk Asam Lambung, Aman Dikonsumsi

Manfaat jintan

Manfaat jintan tak hanya bisa dirasakan dalam sebuah masakan, Sedulur juga bisa menggunakan khasiat jintan hitam, putih, dan manis untuk menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan.

1. Mengurangi efek stres

Unsplash

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jinten mampu menjadi bahan yang bisa mengurangi stres seseorang.

Salah satu alasannya karena jinten mengandung zat alami yang bekerja sebagai antioksidan. Zat ini terdiri dari apigenin dan luteolin yang ampuh mencegah radikan bebas.

Bahkan, penelitian yang dirilis oleh Healthline ini diperkuat oleh Medical News Today, dimana para peneliti menemukan fakta bahwa antioksidan dari jinten lebih efektif mencegah radikal bebas dari pada vitamin C.

Efek spicy dari jinten yang bisa melepaskan keringat juga membantu untuk menghilangkan stres yang dialami seseorang.

2. Mengatasi sindrom iritasi usus besar

Masalah usus
Unsplash

Tak hanya memiliki kandungan antioksidan, manfaat jintan juga bisa dirasakan bagi Sedulur yang memiliki masalah pada usus besar.

Hasil studi dari Medical News Today yang dilakukan pada 2013 silam, menemukan hasil jika jinten mampu mengatasi gejala sindrom iritasi usus besar atau IBS.

Dalam penelitian tersebut, gejala seperti sakit perut dan kembung bisa teratasi setelah melakukan pengobatan jinten selama 4 minggu. Tak hanya itu, pasien yang mengalami sembelit juga berhasil disembuhkan hingga akhirnya bisa BAB dengan lancar.

3. Mengobati diare

Diare
Prevention

Khasiat jintan memang sangat baik untuk organ dalam tubuh. Jika Sedulur mengalami diare, jintan bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakannya.

Bahkan, dalam beberapa teknik pengobatan alternatif herbal di India dan China, para pakar kesehatan menggunakan jintan dalam pengobatannya.

4. Meningkatkan aroma masakan

Delishably

Dilansir dari NPR, jinten merupakan rempah yang mampu meningkatkan aroma makanan secara kuat. Aroma masakan ini jadi salah satu kunci untuk menggugah selera makan seseorang. Salah satu ciri masakan yang diberi jinten adalah aroma yang wangi dan sedap.

5. Menjadi pengawet alami

Jinten
Unsplash

Catatan sejarah juga menunjukkan bahwa jintan pernah ada di sekitar Suriah dan Mesir Kuno. Ternyata, di wilayah ini jinten pernah menjadi alat pengawet alami. Namun, bukan untuk mengawetkan makanan, tapi dipakai untuk mengawetkan mumi.

BACA JUGA: 18 Macam-Macam Bumbu Dapur Yang Wajib Ada di Rumah!

Masakan yang cocok menggunakan jintan

Opor ayam
Pikiran Rakyat

 

Jika Sedulur penasaran jintan untuk masak apa saja, ternyata bahan ini sangat fleksibel dan cocok untuk berbagai macam menu. Khususnya untuk masakan nusantara seperti gulai, opor dan soto.

jinten sendiri memang sangat cocok untuk makanan yang berkuah. Hal ini tidak lepas dari efek hangat yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang mengkonsumsinya lewat makanan.

Namun, agar bisa mengolah jinten dalam masakan, biasanya rempah ini perlu disangrai terlebih dahulu supaya aroma dan rasa rempahnya bisa muncul.

Terlihat sederhana dan biasa, jintan ternyata menjadi salah satu rempah yang sangat istimewa. Bukan hanya membuat makanan menjadi lebih sedap, tapi juga bisa menyehatkan tubuh.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.