Khasiat Ketumbar

Indonesia memiliki kekayaan hayati yang beragam, dari sayur, buah sampai rempah-rempah. Salah satu rempah yang paling istimewa adalah ketumbar. Hal ini lantaran khasiat ketumbar yang begitu banyak.

Pada zaman dahulu, ketumbar menjadi salah satu komoditas rempah yang banyak diperebutkan oleh negara-negara Barat. Selain karena bermanfaat untuk pembuatan obat, ketumbar juga bisa menjadi bumbu masakan yang sangat lezat. Sedulur pasti penasaran tentang apa saja sih manfaat dan khasiat dari ketumbar? Mari simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: Jangan Dimasukkan Kulkas, Begini Tips dan Cara Menyimpan Saus yang Benar!

Menjaga tekanan darah

Serangan Jantung
CNet

Khasiat ketumbar yang pertama adalah menjaga tekanan darah agar tetap normal. Dilansir dari laman WebMD, penelitian yang dilakukan Department of Biological and Biomedical Sciences menemukan bahwa ekstrak ketumbar mengandung mineral diuretik.

-->

Mineral diuretik sendiri merupakan komponen yang bisa mengurai dan mengeluarkan sodiam yang berlebihan di dalam tubuh. Efeknya pun bisa dilihat jelas, dimana orang yang rutin memakan ketumbar memiliki tekanan darah normal sekitar 120/80 mmHg.

Dengan manfaat ketumbar untuk kesehatan ini, jelas bisa membantu orang-orang agar terhindar dari penyakit serangan jantung.

Mencegah penyakit diabetes

Cek diabetes
Unair News

Dilansir dari Healthline, khasiat ketumbar selanjutnya adalah mencegah penyakit diabetes level dua. Khasiat ini bisa dirasakan karena ditemukan kandungan enzim yang membantu mengatur kadar gula dalam tubuh.

Kandungan mineral dari ketumbar juga ternyata bisa memicu produksi insulin bagi pasien yang mengalami gangguan diabetes. Insulin sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh pasien diabetes agar bisa mengurai gula yang mengalir dalam darah.

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

Menurunkan kolesterol

Khasiat ketumbar
Time of India

Dalam literatul kesehatan yang dirilis oleh National Library of Medicine, khasiat ketumbar yang sangat luar biasa adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Beberapa catatan dalam dunia medis juga mencatat bahwa ketumbar sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk dijadikan obat tradisional bagi para penderita kolesterol.

Biji dan ekstrak ketumbar memiliki kandungan antioksidan seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol yang memang memiliki manfaat untuk mengatasi kolesterol berlebihan.

Melancarkan menstruasi pada wanita

Menstruasi
Unsplash

Tak hanya untuk mencegah penyakit-penyakit berat, manfaat ketumbar juga bisa dirasakan langsung oleh kaum Hawa. Dimana mengkonsumsi ketumbar bisa melancarkan menstruasi yang tidak teratur.

Biasanya masyarakat akan memanfaatkan biji dan daun ketumbar untuk mengatasi masalah ini. Ketumbar sendiri memang memiliki kandungan zat anti inflamasi yang bisa memaksimalkan funsi kelenjar endokrin yang mengeluarkan hormon menstruasi agar bisa berjalan normal.

Zat anti inflamasi dalam ketumbar juga meringankan gejala menstruasi lain seperti kram yang berlebihan di bagian pinggul dan perut.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Sehat Bugar Alami

Menjaga kesehatan mata

Khasiat ketumbar
Unsplash

Siapa sangka rempah-rempah satu ini juga memiliki banyak kandungan vitamin C. Jadi tak hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh, khasiat ketumbar juga bisa dirasakan langsung pada kesehatan mata.

Dilansir dari Netmeds, vitamin C yang ada pada ketumbar mampu untuk membantu membentuk jaringan ikat atau kolagen pada bagian kornea mata. Kolagen ini sangat penting karena akan menguatkan setiap sel mata sehingga bisa terhindar dari kerabunan.

Menghalau penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer
Unsplash

Khasiat ketumbar juga dipercaya bisa menguatkan kemampuan sistem saraf dan otak. Bahkan, ketumbar juga bisa mengurangi kadar racun pemicu penyakit neurologis seperti Parkinson dan Alzheimer.

Seperti dilansir dari Merdeka.com, hasil studi dari Fakultas Kedokteran universitas Teknologi Mara mendapatkan temuan bahwa ketumbar memiliki enzim yang dapat menguatkan ingatan. Hal ini jelas sangat membantu para pasien Alzheimer yang memang mengalami gangguan dalam mengingat.

Menangkal pertumbuhan sel kanker

Khasiat ketumbar
The Spruce Eats

Kemampuan ketumbar dalam mengatasi radikal bebas yang ada dalam tubuh memang jadi khasiat yang sangat luar biasa. Dikutip dari Healthline, komponen antioksidan seperti terpinde dan quercetin diketahui memiliki kemampuan untuk menjadi zat anti kanker.

Antioksidan dalam ketumbar diketahui mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di bagian paru-paru, prostat, payudara, sampai kalenjer getah bening.

Meskipun ketumbar terlihat sebagai rempah-rempah yang hanya digunakan sebagai bumbu masak dan penyedap rasa, ternyata ada banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Khasiat ketumbar pun bisa dibilang tidak bisa dianggap enteng, karena selain bisa menguatkan daya tahan tubuh, rempah satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit berat seperti diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.