bouquet garni

Pernahkah Sedulur mendengar tentang bouquet garni? Ia merupakan sebutan untuk beberapa rempah-rempah atau bumbu yang diikat menjadi satu kesatuan (buket) dan digunakan sebagai penambah aroma serta perasa masakan. Mirepoix, nama lain dari buket tersebut, menjadi salah satu ciri khas kaldu dan masakan Eropa yang berkuah.

Seiring berkembanganya zaman, bouquet garni dan mirepoix kini telah digunakan dalam berbagai hidangan. Aroma serta rasa yang unik menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan buket ini semakin lazim.  Sedulur penasaran? Yuk, ikuti ulasan lebih lanjut mengenai bouquet garni komposisi berikut ini!

BACA JUGA: Rumus HPP (Harga Pokok Penjualan) & Cara Menghitungnya

Bouquet garni, apa itu?

bouquet garni
Lilyvolt

Bouquet garni adalah sebuah istilah dari bahasa Prancis yang berarti garnished bouquet atau buket bumbu. Secara harfiah, ia merupakan sekumpulan bumbu atau rempah-rempah yang diikat menjadi satu. Biasanya, buket tersebut digunakan pada masakan sup, kaldu, dan juga semur.

Penggunaan bouquet garni sangat lazim di banyak masakan Eropa. Pada zaman dahulu, pembuatan kaldu oleh para koki Eropa masih mencampur tulang, daging, sayuran, dan rempah-rempah lain dalam satu wadah besar. Tetapi, ketika akan menyajikan hidangan tersebut, para koki kesulitan untuk memisahkan atau mengangkat rempah-rempah dari wadah.

Maka dari itu, mereka memutuskan untuk mengikat semua bumbu dan rempah-rempah menjadi satu dengan benang kasur agar mudah diangkat nantinya. Ikatan tersebut mirip seperti buket bunga yang pada akhirnya disebut sebagai bouquet garni.

BACA JUGA: Pengertian Revolusi Industri 4.0 Beserta Dampak & Contohnya

Bahan-bahan komposisi bouquet garni

bouquet garni
Online Culinary School

Secara tradisional, bouquet garni terdiri dari tiga bahan saja, yaitu thyme, dedaunan bay, serta peterseli dan batangnya. Perbandingan ketiganya adalah 1:1:3, dengan benang kasur sebagai tali pengikatnya. Selain dibentuk seperti buket bunga, terkadang rempah-rempah tersebut juga dimasukkan ke dalam kain yang kemudian ujungnya diikat.

Beberapa bumbu atau rempah-rempah lain pun juga dapat ditambahkan dalam buket tersebut, seperti lada hitam, rosemary, batang seledri, bawang bombay, daun salam, dan juga wortel.

BACA JUGA: Sejarah Hari Raya Waisak Beserta Makna dan Tujuannya

Cara pembuatan dan cara penggunaannya

CHEFIN Australia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bouquet garni terdiri dari bahan rempah-rempah utama yaitu thyme, dedaunan bay, peterseli dan batangnya, serta bumbu-bumbu dapur yang lain. Pembuatannya pun sangat sederhana, batang seledri dibelah memanjang menjadi dua bagian. Di antara dua bagian batang seledri akan diisi lada hitam, dedaunan bay, peterseli, serta thyme. Setelah itu ikat erat.

Apabila Sedulur ingin menggunakan kain, maka semua bahan rempah-rempah tinggal dimasukan ke dalam kain kantong lalu diikat erat agar tidak jebol pada saat proses memasak.

Setelah berhasil membuat buket tersebut, saatnya Sedulur menggunakan rempah-rempah itu untuk penyedap hidangan di rumah. Ketika rebusan kaldu dirasa mulai mendidih, masukkan buket tersebut ke dalam panci sampai rebusan kaldu menyusut.

BACA JUGA: 10 Olahraga Peninggi Badan, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah!

Langkah-langkah penyimpanan

Etsy

Penyimpanan dari ikatan rempah-rempah ini sangatlah gampang. Taruh buket tersebut di wadah yang kedap udara. Ingin bertahan lebih lama hingga 2-3 bulan? Keringkan buket dan taruh di dalam wadah bersih. Bouquet garni pun siap digunakan kapanpun Sedulur membutuhkannya.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai bouquet garni, salah satu bumbu rempah penambah cita rasa dan aroma masakan. Diskusi di atas telah mencakup bahan-bahan komposisi, cara pembuatan, cara penggunaannya dalam masakan, serta bagaimana langkah-langkah penyimpanan yang benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.